11 Bahaya Es Teh Manis Bagi kesehatan

bahaya es teh manisBagi beberapa orang, es teh menjadi minuman favorit. Banyak yang beranggapan jika es teh atau khususnya teh di dalam minuman kemasan bisa bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, banyak juga yang mempercayai jika es teh bisa membantu menurunkan berat badan. Es teh yang kita kenal bahkan saat ini sudah banyak dikemas dengan berbagai kemasan dan merk. Tetapi, tahukah anda jika ternyata bahaya es teh sedang tersembunyi di dalamnya?

Es teh saat ini tidak hanya memiliki rasa teh, tetapi juga memiliki varian rasa yang beragam dari es teh yang membuatnya menarik. Bahkan, banyak dari para penggemar soda atau penggemar jenis minuman ringan lainnya yang akhirnya beralih lebih memilih untuk meminum es teh. Namun hal ini belum tentu anda mendapatkan manfaat teh atau malah bahaya dari mengkonsumsi es teh yang bisa didapatkan, seperti berikut ini :

1. Menyebabkan Obesitas

Teh memang sehat, tetapi es teh dengan gula atau bahkan pemanis buatan lain halnya. Es teh bisa menjadi pilihan lebih baik daripada bahaya minuman bersoda atau minuman ringan lainnya, jika es teh yang dikonsumsi tidak mengandung gula apalagi. Namun jika es teh tersebut mengandung gula, es teh bisa menyebabkan kegemukan (obesitas) bahkan bisa menyebabkan penyakit komplikasi lainnya.

2. Nutrisi di dalam teh tidak terserap

Teh merupakan salah satu tanaman yang bisa dijadikan minuman yang sehat. Di dalam teh mengandung banyak nutrisi hingga tinggi antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi kandungan nutrisi yang terdapat di dalam teh dingin tidak dapat diserap baik oleh tubuh karena bahaya minum air es.

Penelitian juga menemukan jika teh yang diseduh hangat lebih mudah diserap kandungan nutrisinya oleh tubuh daripada teh yang dingin.

3. Menyebabkan Diabetes

Bahaya es teh dengan pemanis bisa menyebabkan terganggunya kesehatan. Gula di dalam es teh bisa menyebabkan gula di dalam darah naik. Dalam beberapa kondisi, hal tersebut bisa menjadi penyebab penyakit diabetes.

4. Meningkatkan tekanan darah

Satu hal yang harus anda ingat, teh atau es teh mengandung bahaya kafein. Kandungan kafein di dalam teh memang tidak sebanyak di dalam kopi, namun di dalam teh hitam dan teh hijau mengandung cukup banyak kafein yang bisa meningkatkan bahaya darah tinggi. Jika ingin mengkonsumsi es teh sebaiknya pilih es teh yang tidak mengandung pemanis apalagi pemanis buatan.

5. Dapat membuat dehidrasi

Kafein dalam jumlah yang sedikit bisa sangat bemanfaat bagi tubuh.

Kandungan kafein di dalam es teh memang tidak sebanyak pada kopi atau soda, tetapi bahaya es teh manis yang dikonsumsi setiap hari bisa membuat kafein menumpuk di dalam tubuh. Efek kafein yang dapat secara langsung anda rasakan adalah menyebabkan anda sering merasa haus.

6. Menyebabkan kulit kering

Es teh mengandung sekitar 50 miligram kafein. Kafein selain bisa membuat anda menjadi lebih hyper, juga bisa membuat dehidrasi dan sering kehausan setelah meminum es teh. Di samping itu, dehidrasi menimbulkan kulit menjadi kering sebagai gejala dari dehidrasi tersebut.

Baca juga efek kurang minum air putih yang juga menyebabkan kekeringan kulit.

7. Menyebabkan Penyakit Batu Ginjal

Mengkonsumsi es teh terlalu sering bisa menyebabkan penyakit ginjal. Di dalam es teh, terdapat konsentrasi oxalate yang cukup tinggi penyebab batu ginjal. Oxalate merupakan konsentrasi yang dapat ditemukan di dalam batu ginjal dan merupakan kandungan makanan pantangan bagi penderita penyakit ginjal. Sehingga bahaya es teh ini, bisa menyebabkan pembentukan kristal dari konsentrasi oxalate yang membentuk batu ginjal.

8. Menyebabkan masuknya radikal bebas

Teh pada dasarnya mengandung flavonoid yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Flavonoid juga bisa mencegah serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Pada es teh yang mengandung pemanis buatan menyebabkan flavonoid sulit untuk diserap oleh tubuh. Sehingga kemungkinan serangan radikal bebas lebih tinggi dan bisa menyebabkan berbagai penyakit.

9. Menyebabkan gagal ginjal

Es teh khususnya teh mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu nutrisi yang terdapat di dalam teh adalah oxalate. Oxalate sebenarnya juga bisa ditemukan di dalam bahan makanan sehat lainnya seperti bayam, atau makanan lainnya seperti coklat. Oxalate dalam kadar yang normal dapat menyerap konsentrrasi kalsium yang sangat tinggi dan di dalam tubuh dapat mengikat kalsium.

Namun jika kandungan Kristal oxalate terlalu tinggi, kristal tersebut akan mengendap pada ginjal dan bisa menyebabkan batu ginjal, inflamasi ginjal, bahkan yang paling parah adalah gagal ginjal.

10. Menyebabkan kekurangan zat besi

Makanan yang mengandung zat besi sangat penting untuk tubuh kita. Teh di dalam es teh mengandung tannin yang bisa menyerap zat besi. Kandungan tannin yang tinggi bisa membuat zat besi yang didapat dari sayuran terserap dalam jumlah yang banyak pula dan menyebabkan tubuh akhirnya kekurangan zat besi.

11. Menyebabkan sakit perut

Es di dalam es teh dapat mengandung bakteri karena air yang digunakan untuk membuat es tersebut tidak ataupun kurang bersih. Es yang mengandung bakteri tersebut jika kita konsumsi akan masuk ke dalam sistem pencernaan kita, apalagi jika bakteri tersebut merupakan bakteri salmonella. Bakteri salmonella bisa menyebabkan sakit diare.


12. Menyebabkan kanker

Banyak memang yang menganggap jika teh mengandung banyak antioksidan yang bisa mencegah kanker. Namun tidak halnya pada teh hitam. Beberapa peneliti menduga jika teh hitam bisa meningkatkan resiko penyakit kanker.

Ingin Es Teh Sehat? Ini dia Caranya

Es teh yang sering anda beli sebagai es teh kemasan di toko-toko, minimarket atau supermarket sekalipun seringkali mengandung bahan pengawet serta bahan pemanis buatan. Setelah anda mengetahui beberapa bahaya es teh manis di atas, apa mungkin anda masih ingin mengkonsumsi es teh sembarangan? Nah begini caranya untuk bisa menikmati es teh sehat nan menyegarkan :

  • Gunakan es batu yang anda buat sendiri dan pastikan air sebagai bahan es batu tersebut bersih. Gunakan air yang sudah matang.
  • Anda juga bisa membuat es teh dengan menempatkan teh yang sudah diseduh ke dalam lemari es dan biarkan hingga dingin.
  • Gunakan pemanis alami, dan jangan pemanis buatan.
  • Bisa dengan menambahkan lemon untuk membantu menjaga kandungan flavonoid di dalam teh, serta untuk memperkaya rasa es teh.
  • Selain lemon, anda juga bisa menambahkan buah lainnya seperti jeruk, atau bahan lain seperti daun mint agar selai rasanya lebih enak, bahan – bahan tersebut memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh kita.

Jika anda lebih memilih untuk membuat es teh dengan tips di atas, es teh tersebut bisa sangat menyehatkan bagi tubuh. Tetapi perlu diingat,bahaya  es teh yang di dalam kemasan, di tempat lainnya yang bisa beli sebaiknya tidak dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes atau pun kolesterol tinggi. Kalaupun anda tidak memiliki beberapa penyakit tersebut, jangan terlalu sering mengkonsumsi es teh.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 11th, May 2015 / 08:25 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya