Home MakananMakanan Berbahaya 15 Makanan Pantangan Bagi Penderita Penyakit Ginjal Wajib Dihindari

15 Makanan Pantangan Bagi Penderita Penyakit Ginjal Wajib Dihindari

by Ana Rohma

Penderita penyakit ginjal harus mengatur asupan makanan dalam tubuh dan banyak makanan yang disarankan untuk dihindari. Dari mulai aneka karbohidrat hingga berbagai macam protein. Meski makanan – makanan tersebut terdengar biasa dan bahkan memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, penderita penyakit ginjal tidak bisa memakan makanan tersebut karena alasan tertentu.

Nutrisi yang tidak boleh bagi penderita ginjal:

pantangan makanan penderita ginjalPenderita penyakit ginjal biasanya tidak boleh memakan makanan dengan kandungan kalium dan protein yang tinggi. Selain itu karbohidrat dan mineralnya dibatasi. Lalu apa saja makanan yang wajib dihindari bagi penderita oenyakit ginjal?

Inilah daftar makanan yang wajib dihindari bagi penderita penyakit ginjal:

  1. Nasi

Nasi merupakan karbohidrat utama bagi sebagian besar dari kita, tidak memakan nasi dalam sehari akan terasa seperti tidak makan makanan berat. Tetapi bagi penderita penyakit ginjal, nasi lebih baik dihindari karena bukan merupakan karbohidrat yang cocok untuk dikonsumsi oleh sang penderita. Nasi mengandung gula dan akan membuat rasa haus timbul saat mengkonsumsinya.

  1. Kentang

Sama dengan nasi, kentang juga merupakan karbohidrat yang harus dihindari karena mengandung protein dan kalori yang besar. Memakan kentang menyebabkan rasa haus timbul dan membuat ingin meminum banyak air agar makanan dapat dicerna dengan baik. Sayangnya mineral yang boleh dikonsumsi seorang penderita penyakit ginjal sangat dibatasi.

  1. Gandum

Gandum dalam bentuk roti ataupun sereal juga patut dihindari. Gandum bukanlah karbohidrat yang cocok untuk penderita penyakit ginjal karena tidak mudah dan tidak dapat cepat dicerna oleh tubuh. Meski gandum merupakan bahan makanan yang sangat sehat, tetapi penderita penyakit ginjal dilarang mengkonsumsi makanan olahan bahan tersebut.

  1. Umbi – umbian

Umbi – umbian seperti singkong dan ubi juga dilarang untuk dionsumsi. Selain mengandung gula, umbi – umbian juga mengandung protein. Selain itu umbi – umbian juga menimbulkan rasa haus yang lumayan.

  1. Telur

Telur yang mengandung protein tinggi disarankan untuk dihindari. Sebab makanan yang mengandung protein tinggi akan sulit disaring oleh ginjal. Berhubung ginjal para penderita penyakit ginjal tidak berfungsi maksimal, maka makanan ber[rotein yang tidak dapat disaring akan menumpuk menjadi racun bagi ginjal itu sendiri.

  1. Daging

Aneka macam daging seperti daging sapi dan ayam juga mengandung protein hewani yang tinggi yang juga sama – sama sulit disaring oleh tubuh penderita penyakit ginjal. Yang disarankan adalah memakan daging ikan saja yang mengandung omega-3.

  1. Keju

Olahan susu salah satunya keju juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Sebab keju mengandung kalium juga fosfor dan kaya akan potasium. Bagi penderita penyakit ginjal, kalium memang harus dihindari. Sedangkan makanan yang mengandung banyak fosfor akan menumpuk dalam aliran darah dan menyedot kalsium dalam tubuh.

  1. Cokelat

Sama seperti keju, cokelat juga mengandung kandungan fosfor dan potasium yang tinggi. Kandungan potasium dalam makanan dan dikonsumsi oleh penderita akan menyebabkan gagal jantung karena tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal. Kandungan potasium akan melemahkan denyut jantung, membuat detak jantuk tidak stabil, hingga kematian mendadak akibat serangan jantung.

  1. Buah – Buahan

Buah – buahan adalah makanan yang sering disajikan bagi mereka yang sedang mengalami sakit tetapi tidak untuk penderita penyakit ginjal. Kandungan mineral yang banyak dalam buah tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Buah – buahan juga sebagian banyak mengandung potasium. Di antaranya semangka, jeruk, alpukat, pepaya, dan pisang. Terlebih seperti pisang mengandung banyak kalium.

  1. Sayuran

Sama seperti buah – buahan, sayuran yang mengandung banyak mineral dan nutrisi juga tidak boleh banyak – banyak dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Mineral yang dikonsumsi terlalu banyak tidak mudah dicerna oleh ginjal yang sudah rusak dan akan menumpuk di paru – paru sehingga dapat menyebabkan kematian.

  1. Gorengan

Makanan yang digoreng juga tidak baik dan patut dihindari oleh penderita penyakit ginjal. Minyak yang berlebih dapat membuat terjadinya keracunan asam dalam tubuh karena ginjal akan menolak untuk mencerna. Lebih baik konsumsi makanan yang direbus atau dikukus saja. Namun tetap perhatikan kadar mineral yang terserap dalam makanan tersebut.

  1. Kacang – Kacangan

Kcacang – kacangan juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Kacang – kacangan mgenadung fosfor yang tinggi. Selain itu kacang – kacangan juga menimbulkan rasa haus.

  1. Makanan Yang Diawetkan

Tidak sedikit dari kita yang gemar makan makanan yang diawetkan. Khususnya untuk penderita penyakit ginjal, pengawet dalam makanan yang diawetkan seperti sosis, sarden cornet, dan lain – lain banyak mengandung sodium juga potasium. Pengawet tersebut akan menjadi racun yang ampuh untuk memperparah kondisi ginjal yang sudah tidak sehat.

  1. Garam

Makanan yang mengandung banyak garam akan memperbanyak produksi air dalam tubuh. Selain karena tidak dapat dicerna oleh ginjal, makanan yang asin akan memicum tekanan darah tinggi di mana dapat memperparah ginjal. Para penderita penyakit ginjal wajib mengatur tekanan darah untuk selalu dalam keadaan normal.

  1. Gula

Begitupun dengan makanan yang mengandung gula. Mengkonsumsi makanan yang manis akan menimbulkan rasa haus sehingga tentu perlu dihindari dan dijauhi.

Makanan yang wajib dihindari bagi penderita penyakit ginjal memang sangatlah banyak. Dan setiap penderita memiliki pantangan yang berbeda – beda sehingga harus terlebih dahulu konsultasi pada dokter. Seperti asupan kalori hingga mineral. Tidak sedikit penderita penyakit ginjal yang tidak nafsu makan karena menu yang dibatasi. Maka dari itu harus paham mengapa makanan tersebut dilarang untuk dikonsumsi agar nafsu makan tetap berjalan baik.

Baca Juga : Makanan untuk penderita penyakit ginjal

You may also like