22 Cara Menjaga Kesehatan Kandung Empedu Secara Alami dan Makanan

7993

Kandung empedu merupakan suatu kantung kecil yang menyimpan cairan empedu yang menempel pada bagian hati. Kandung empedu terletak pada perut bagian kanan atas. Cairan empedu yang dimiliki oleh kandung emperdu ini berfungsi untuk penyerapan lemak dan vitamin yang masuk ke dalam tubuh, seperti vitamin A, D, E, dan K. empedu sendiri merupakan pencampuran dari beberapa zat berikut. Yaitu :

  1. Asam empedu
  2. Protein
  3. Garam kalsium
  4. Pigmen
  5. Kolestrol

Batu Empedu Sangat Mematikan

kandung empeduKandung empedu sendiri memiliki kelainan yang dapat muncul apabila tidak dijaga kesehatannya, yaitu munculnya batu empedu. Batu empedu merupakan suatu pengendapat yang terjadi pada empedu, yang meliputi kolestrol, pigmen bilirubin, dan garam kalsium yang mengeras dan menyumbat kandung empedu sehingga tidak dapat mengeluarkan cairan empedu. Dengan terbentuknya batu ini, maka pencernaan akan terhambat, karena cairan empedu tidak dapat menyerap zat – zat yang masuk ke dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Kandung Empedu Dengan Pola Hidup

Pada dasarnya, menjaga kesehatan kandung empedu adalah dengan cara mencegah terjadinya batu empedu, dan membuat empedu dapat bekerja dengan normal. Berikut ini hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan kandung empedu :

  1. Mengontrol Berat Badan. Obesitas atau kelebihan berat badan akan sangat menggangu proses pencernaan. Selain itu, obesitas juga dapat memicu terbentuknya batu pada organ – organ tubuh, salah satunya adalah kandung empedu. Kolestrol yang tinggi dapat mengendap dan menumpuk pada kandung empedu dan menghasilkan batu.
  2. Olahraga secara teratur. Anda dapat melakukan olahraga yang dapat membakar kalori dengan baik, seperti berlari, badminton, dan berenang, agar tidak terjadi penumpukan lemak pada tubuh anda. Ada banyak olahraga yang membakar kalori super tinggi yang dapat anda gunakan.
  3. Lakukan program diet. Program diet haruslah tepat, dipadukan dengan olahraga dan jenis makanan rendah kalori dan tinggi serat serta protein. Kesulitan diet? ada banyak buah untuk diet yang enak dan sehat loh.
  4. Kurangi konsumsi makanan yang berkalori tinggi. Kalori yang tinggi akan membuat lemak menumpuk. Lemak yang menumpuk berpotensi menimbulkan batu pada kandung empedu
  5. Sering minum air putih. Air putih sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh dan melancarkan pencernaan tubuh. Minumlah 8 gelas air putih sehari untuk kesehatan kandung empedu anda. Bahaya akibat kurang minum air putih dapat berdampak pada organ lain.
  6. Hindari tidur setelah makan. Bahaya tidur setelah makan sangat banyak sekali, artinya adalah kalori yang tidak terbakar, sehingga dapat menimbulkan lemak berlebihan. Lemak yang berlebihan akan menumpuk dan berpotensi mengganggu kesehatan kandung kemih.
  7. Hindari penggunaan obat – obatan. Beberapa jenis obat – obatan dapat memicu terjadinya abnormalitas pada kandung kemih. Salah satu obat – obatan yang dapat menyebabkan munculnya batu pada kandung kemih adalah obbat penurun kolestrol. Maka dari itu, penggunaan obat – obatan harus atas dasar saran dari dokter, dan jangan asal minum saja.
  8. Hindari rokok dan minuman beralkohol. Rokok dan minuman beralkohol merupakan sesuatu yang ‘berat’ untuk dicerna. Sehingga selain mempengaruhi kerja ginjal, rokok dan minuman beralkohol juga dapat memperberat kerja kandung empedu, yang harus mengeluarkan cairan empedu lebih banyak untuk menyerap kandungan zat – zat yang ada di dalam rokok atau minuman beralkohol.
  9. Lakukan diet dan pengaturan pola makan. Diet dengan mengutamakan masuknya serat ke dalam tubuh akan sangat membantu menjaga kesehatan kandung empedu. Namun demikian, diet keras yang ekstrim ternyata malah akan membuat kandung empedu bermasalah dan menimbulkan batu pada kandung empedu. Maka dari itu, ketika melakukan diet, ada baiknya anda mengkonsultasikannya ke ahli nutrisi terlebih dahulu.

Makanan Yang Sehat Untuk Kandung Empedu

Proses diet yang salah malah akan membentuk batu pada kandung empedu. Lalu, bagaimana cara mementukan diet yang baik agar kesehatan kandung empedu dapat terjaga? Berikut ini jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi :

Buah – buahan

Buah – buahan memiliki kandungan vitamin dan mineral serta serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kandung empedu anda. dengan konsumsi buah – buahan yang rutin akan membantu kinerja kandung kemih anda menjadi lebih ringan. Selain itu, buah – buahan juga mengandung antioksidan. Berikut ini jenis buah – buahan yang baik :

  • Apel
  • Pisang
  • Alpukat
  • Papaya
  • Jeruk
  • Berry
  • Melon

Sayur – sayuran

Sama seperti buah – buahan, sayur – sayuran juga memiliki kandungan serat, antioksidan dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan kandung empedu anda. berikut ini jenis sayur – sayuran yang baik untuk kesehatan empedu anda :

  • Bayam
  • Kol
  • Brokoli
  • Wortel
  • Sayuran hijau lainnya

Minyak Nabati

Minyak nabati merupakan jenis minyak yang memiliki kandungan kolestrol dan asam lemak, serta lemak trans yang rendah. Apabila dengan menggunakan minyak goreng biasa, kolestrol dan lemak yang terkandung pada minyak goreng biasa akan mengganggu kerja kandung empedu. Disarankan untuk menggunakan minyak nabati, seperti :

  • Minyak zaitun
  • Minyak canola
  • Minyak kelapa, bukan kelapa sawit.

Kacang – kacangan

Jenis kacang – kacangan merupakan makanan kaya serat yang sangat tinggi. Serat yang tinggi ini dapat membantu untuk melancarkan pencernaan, dan dapa menjaga kesehatan dari kandung empedu. Dengan adanya serat, kerja dari kandung empedu akan berkurang, karena dapat menyerap lemak dan kolestrol lebih baik sehingga tidak terjadi penumpukan. Berikut ini jenis kacang – kacangan yang baik untuk kandung empedu :

  • Kacang edamame
  • Kacang putih
  • Kacang merah
  • Kacang hijau
  • Kacang kedelai

Biji – bijian

Biji – bijian memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dan lengkap untuk dikonsumsi. Beberapa biji – bijian mengandung serat dan vitamin yang baik bagi kesehatan kandung empedu. Berikut ini jenis biji – bijian yang baik untuk kandung empedu :

  • Beras merah
  • Gandum
  • Kinoa
  • Barley

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kandung empedu anda. dengan menjaga kesehatan kandung empedu dengan baik, anda akan terhindar dari gejala – gejala batu empedu, dan gangguan pencernaan lain yang disebabkan oleh kelainan pada kandung empedu.