Home Featured Hati-hati, 5 Minuman Ini Dapat Membahayakan Kesehatanmu

Hati-hati, 5 Minuman Ini Dapat Membahayakan Kesehatanmu

by Putri Yohani Masnun

Sekarang ini banyak sekali beredar minuman dengan berbagai variasi dan merek di pasaran, dengan harga yang terjangkau dan rasanya yang sangat nikmat. Namun, dibalik rasanya yang enak, banyak minuman yang ternyata mengandung banyak zat yang berbahaya bagi tubuh, yang tentu saja dapat mempengaruhi kesehatan tubuh jika dikonsumsi. Minuman tersebut bahkan sangat mudah didapatkan, sehingga hampir semua orang dapat menikmatinya. Setidaknya, jika ingin tubuh terhindar dari penyakit yang berbahaya, hindari 5 jenis minuman berikut.

1. Minuman Berperisa

Saat ini mungkin sudah puluhan rasa yang diciptakan untuk membuat masyarakat tergila-gila dengan minuman instan dalam bentuk sachet yang sering dijual di kios atau warung. Minuman tersebut akan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan es dan topping yang menarik. Hanya saja, kandungan gula, pewarna dan pengawet yang terdapat dalam minuman tersebut tidak baik jika masuk ke dalam tubuh apalagi jika terlalu sering karena dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes.

2. Kopi

Kopi yang pahit terasa nikmat karena sudah dicampur dengan gula, dan tentu saja butuh banyak gula untuk menutupi rasa pahitnya. Karena itu sebaiknya kopi dihindari agar tidak memicu naiknya kadar gula darah. Apalagi jika disajikan dengan krimer kocok, tentu akan lebih berbahaya karena krimer mengandung gula dan lemak yang dapat mengganggu proses metabolisme dalam tubuh.

3. Minuman Bersoda

Minuman bersoda sering kita dapatkan saat makan di restoran makanan cepat saji. Ya, bersanding dengan junkfood tersebut, minuman bersoda menjadi salah satu minuman yang dapat membahayakan kesehatan. Selain karena kandungan sodanya, minuman tersebut juga berbahaya dikarenakan kandungan gula dan pewarna yang tinggi. Jadi, alangkah baiknya jika minuman tersebut mulai ditinggalkan.

4. Minuman Berenergi

Seperti halnya kopi, minuman berenergi juga mengandung senyawa kafein. Itulah yang menyebabkan tubuh menjadi terasa enteng, kuat dan bersemangat dikarenakan adrenalin yang meningkat. Namun kandungan kafein dan juga zat lainnya dalam minuman tersebut justru dapat menggangu kesehatan dan fungsi organ tubuh yang penting. Lebih baik rutin berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat untuk membentuk tubuh yang kuat daripada dengan mengkonsumsi minuman berenergi.

5. Minuman Ringan

Minuman ringan atau softdrink memang menyegarkan, bahkan sekarang hadir dengan berbagai rasa. Sebagian lagi mengklaim kalau minuman tersebut mengandung ion, mineral, vitamin dan yang lainnya yang dianggap menyehatkan tubuh. Padahal, minuman ringan yang kerap dikemas dalam botol plastik maupun kaleng tersebut banyak mengandung gula yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Bahkan ketika makan di restoran, usahakan untuk meminta air putih hangat untuk membantu proses metabolisme dan menghindari zat berbahaya yang terkandung dalam minuman-minuman seperti yang telah diuraikan di atas.

You may also like