12 Bahaya Shisha Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya shisha merupakan dampak buruk akibat menghisap rokok terlalu berlebihan yang biasanya dilakukan bukan hanya pada pria melainkan juga wanita. Shisa adalah cara merokok namun berbeda dengan menghisap rokok tembakau yang sering dilakukan masyarakat pada umumnya. Shisha berasal dari timur tengah yang menilai shisha adalah cara merokok paling aman.

Merokok dengan cara shisha
Shisha memakai tabung khusus yang didalamnya terdapat cairan air dan tembakau yang sebelumnya dipanaskan terlebih dahulu . Shisa memiliki keunikan karena memiliki aroma dan rasa buah buhan dan dinyatakan sebagai cara merokok yang dihalalkan bagi kaum wanita. Tabung shisa memiliki selang yang akan dilewati asap dan berguna bagi pengguna yang ingin menikmati untuk menghisap asapnya.

Kandungan senyawa
Shisha memiliki kandungan tembakau yang didalamnya terdapat nikotin, Timah, Aesenik dan karbon dioksida . Shisa memiliki kandungan tar sangat tinggi yaitu berkisar 36 lebih kuat dan kandungan karbon monoksida lebih tinggi 15 kali ketimbang rokok biasa.

Bahan dasar sisha
Shisha terbuat dari bahan dasar logam seperti uranium, Timah, Besi dan tembaga. Dimana semua bahan dasar tersebut masih bisa mengurai dengan panas yang menghasilkan butiran racun yang bercampur dengan asap nikotin yang dilepaskan melalui selang.

Bahaya
10 resiko terburuk jika menggunakan shisha secara berlebihan :

1.Infeksi paru paru

Merokok cara shisha memungkinkan asap yang mengandung nikotin lebih cepat masuk kesaluran paru paru dan beresiko mengiritasi jaringan paru lalu terinfeksi.Infeksi paru diakibatkan karena paru paru telah kotor terkontiminasi dengan asap nikotin yang dapat menyebabkan plak dan perubahan warna pada paru paru (baca :pengaruh rokok terhadap paru paru manusia).

2.Kuantitas dan kualitas sperma berkurang

Zat logam berat yang ada pada rokok shisha seperti timah dapat masuk dan mengendap pada saluran organ reproduksi atau air mani pria. Jika berakumulasi dengan timbal , Arsenik dan nikkotin dalam jangka panjang maka seseorang akan mengalami penurunan kuantitas dan kualitas sperma, Bahkan bisa menyebabkan kemandulan.

3.Radang lambung

Nikotin dan zat logam pasa shisa dapat masuk dengan mudsahnya kedalam lambung lalu membentuk plak dan menginfeksi dinding lambung sehingga memicu peradangan .Peradngan yang terjadi mempermudah bakteri untuk masuk dan berkembang biak. Bakteri bisa muncul dari hasil sisa makanan yang telah dicerna pencernaan.

4.Gangguan otak pada janin


Wanita hamil yang tidak bisa meninggalkan kebiasaan merokok dengan cara shisha maka zat arsenik, Timbal serta zat logam yang ada pasa shisha mampu merusak jaringan otak yang baru akan terbentuk. Kelainan otak pada janin berupa timbul pengendapan cairan berlebih pada kepala sehingga kepala terlihat lebih besar dari tubuhnya atau berupa cacat mental ketika dilahirkan.

5.Tertular penyakit

Penggunaan shisa dicafe atau tempat pesta yang biasa ada dimasyarakat timur tengah sangat beresiko tertular penyakit dari pengguna shisha yang lain. Selang dan tabung sebaiknya dibersihkan dan digubakan bulan untuk bergantian. Masuknya bakteri dan virus dicurigai masuk melalui ujung selang dan penggunaan tabung yang tidak steril. Penyakit yang sering ditularkan ke orang lain adalah Tuberkolosis atau TBC, Herpes dan virus yang menyerang rongga mulut.

6.Gangguan gusi

Merokok shisa yang berlebihan dan dilakukan setiap hari beresiko memperbanyak penumpukan nikotin dalam darah dan pada jaringan air ludah yang nantinya mampu memicu munculnya gangguan gusi berupa gusi mengalami pendarahan atau sering terkena sariawan.

7. Gangguan jantung

Asap shisha sangat beresiko menyebabkan penyumbatan pembuluh darah pada jantung sehingga jantung tidak mampu mempmpa darah yang berisi oksigen dengan baik serta mengakibatkan jantung menjadi lebih cepat lelah dan mengalami denyut yang tidak beraturan. Bahaya shisha paling sering menyerang pada bagian jantung. Jika yang mengkonsumsi adalah penderita dengan riwayat penyakit jantung maka bahaya Shisha akan cepat terjadi Misalnya jantung melemah, Gagal jantung atau Jantung berhenti mendadak.

8.Gangguan pernafasan

Asap shisha dapat menyebabkan gangguan pernafasan pada anak anak dengan mudahnya. Anak anak aakn terserang sesak nafas, Nafas pendek dan dad terasa dihimpit beban berat, Nyeri dan berat. Kondisi tersebut adalah indukasi bahwa asap shisha telah mencederai saluraan pernafasan dan mengotori pembuluh darah disekitanya. Bahaya shisha yang banyak dialami para kawula muda yang menggemarinya adalah gejala gangguan pernafasan termasuk sesak nafas dan cepat merasa lelah.

9. Kehamilan kecil

Bahaya shisha yang paling berbahaya adalah pada ibu hamil yang menghisap asap shisa secara langsung atau pasif, karena dapat menyebabkan kehamilannya kecil dan tak ada peningkatan bobot tubuh . Nikotin, Kromium, uranium dan zat arsenik didalamnya sudah cukup mampu memblokir pertumbuhan janin dalam beberapa minggu saja Akibatnya janin akan tetap bisa hidup namun dalam kondisi kecil, Mengalami sesak nafas dan kurang gizi.

10.Kanker

Bahaya shisha bukan hanya karena memakai tembakau saja tetapin lebih kepada penggunaan benda pelengkapnya yang terbuat dari logam yang terdiri dari kromium, Tembaga, Timah dan besi Asap yang diproduksi akan melewati air pada tabung. Logam berat yang bercampur dengan air yang berasal dari shisha dapat menyebabkan pengendapan racun dan mempercepat seseorang terserang kanker. Bahaya shisha yang paling menakutkan adalah berupa munculnya sel abnormal akibat serangan asap yang mengandung nikotin padat , Berupa kanker paru paru atau kanker tenggorokan.

11. Gangguan mata

Asap yang dihasilkan dari nikotin yang melewati selang dapat mnudah mengiritasi jaringan mata, Sehingga mata mudah kemerahan, Gatal , Berair dan pedih. Iritasi mata dapat menjadi lebih parah ketika seseorang mengkonsumsi shisha lebih dari 2 jam. Karena keoulan asapnya akan mengiritasi untuk yang kesekian kalinya.

12. Gangguan liver

Asap shisha yang dikonsumsi dalam jangka panang dapat meracuni jaringan hati sehingga menyebabkan fungsi hati menajdi terganggu. kualitas kinerja hati akan menurun sehingga tidak mampu lagi menyaring racun dan cairan dalam tubuh dengan benar.

Shisha VS Rokok biasa
Shisha lebih berbahaya daripada rokok biasa

1. Saat ini rokok shisha sudah menjamur di indonesia dan dapat dijumpai dibeberapa cafe, Kedai makan ala timur tengah dan lain lain sebagainya. Shisa dinilai lebih aman dan seha dari pada rokok biasa bahkan digadang gadang sebagai penyebab utama kematian didunia. Shisha menggunakan tabung dan selang sebagai alat yang memproduksi asap, Namun asap nikotin yang didapat justru jauh lebih pekat ketimbang asap yang dihasilkan dari merokok biasa.

2. Di Amerika serikat keberadaan shisha sedang menjadi oerbincanagan hangat dan sedang dalam proses penelitian, Hal tersebut berhubungan dengan trend shisa dikalangan anak muda dan para mahasiswa yang banyak menggandrunginya. Walaupun shisha tidak termasuk sebagai narkoba sama halnya seperti rokok biasa namun tetap saja berbahaya jika digunakan secara berlebihan.

3. Apapun jenis rokok jika di dalamnya  menggunakan tembakau maka akan ada ancaman keluhan kesehatan didalamnya, Karena didalam tembakau itu sendiri sudah mengandung nikotin. Asap shisha mengandung banyak zat yang mengandung karsinogen yang dapat merusak DNA dalam sel tubuh.

4. Sebagai perbadingan, Jika pengguna rokok biasa yang menghabiskan 20 batang dalam sehari dapat membahayakan kesehatn tubuh namun bagi pengguna shisa yang jarang menggunakannya justru jauh lebih berbahaya. Hal ini disebabkan kandungan nikotin dan zat logam berat terdapat pada shisha justru jauh lebih padat dan kuat ketimbang rokok biasa.

5. Asap yang berjalan melalui air sebelum dihirup tetap saja terkontiminasi dengan zat yang berasal dari nikotin dan logam berat. Paparan logam berat tersebut dapat mempercepat munculnya kanker jika shisha digunakan dalam jangka panjang. Shisha terbukti mengandung logam berbahaya berupa Tembakau, Uranoum, Besi, Timah.

Referensi

1.Professor Robert west,direktur studi tembakau diuniversity collge London, yang mengatakan apapun yang namanya tembakau sudah pasti mengandung nikiotib dan senyawa lainya . Jika shisha adalah aman maka jika tidak menggunakan bahan dasar tembakau yang sudah jelas mengandung zat karsinogen .

2. Peneliti dari Saudi Medical Journal of the Armed forces Hospital di Riyadh, El -Alem yang mengatakan bahwa rokok atau bentuk shisa sekalipun adalah penyebab utama kematian diseluruh dunia. (sumber: Viva news)

3. Gideon St, Helen ilmuwan genius di university California, San Fransisco yang menyatakan shisha saat ini sedang dijadikan obyek untuk penelitian karena sedang populer dan disukai oleh kalangan muda serta para mahasiswa.

4. Penulis studi, Dr. Brian A Primack Phd, Menyatakan merokok biasa memang berbahaya tetapi shisa jauh lebih berbahaya walaupun mengkonsumsinya terbilang jarang.

5.Penelti university Yordania jerman dan the royal Scientific society Amman- Jordan . Yang mengatakan bahwa shisha positif mengandung logam berat yang terdiri dari Tembaga, Uranium, Besi dan Timah .

Pengarahan bahaya shisha atau rokok bagi dunia pendidikan
Sangat penting jika anak usia dini diberikan pengarahan dan pengertian tentang bahaya shisha yang ternyata sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Pengetahuan tentang bahaya merokok masih sangat kurang untuk dikembangkan pada dunia pendidikan, Yang terbukti masih banyak para pelajar yang coba coba untuk merokok.

Ada kalanya mempraktekan segala resiko yang akan terjadi akibat menggunakan shisha dengan menggunakann fasilitas gambar, nProyektor, Rekaman vedeo dan lain lain adalah lebih penting agar para pelajar memahami dengan benar resiko yang akan mereka terima jika mereka melanggarnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 04th, August 2016 / 13:09 Oleh :
Kategori : Aditif