Home Tips KesehatanKesehatan Mulut 31 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut dengan Cepat dan Alami

31 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut dengan Cepat dan Alami

by Erlita

Suka menikmati jengkol tapi lumayan terganggu dengan baunya saat mengobrol dengan teman? Banyak orang menyukai jengkol, namun kemudian menjadi tidak nyaman dengan bau mulut yang kurang sedap, khususnya jika ada lawan bicara yang kemungkinan juga akan terganggu dengan bau jengkol. Ada beberapa cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan cepat dan alami tanpa ribet dan bisa mencobanya dengan melihat cara-cara berikut ini.

(Baca juga: pencegahan bau mulut)

1. Menggunakan Obat Kumur

Setelah makan jengkol, memang nikmatnya tak habis-habis, tapi efek bau jengkol yang berasal dari mulut bisa saja mengganggu orang lain yang menjadi lawan bicara Anda. Untuk menghilangkan bau jengkol secara cepat dari mulut Anda, selalu siap akan obat kumur untuk membersihkan mulut dan juga membuat bau jengkol hilang segera. Bagi Anda yang mungkin tidak punya waktu banyak untuk menggosok gigi berkali-kali (karena menggosok gigi sekali saja setelah makan pasti kurang afdol), obat kumur terasa lebih praktis dan bisa digunakan kapan saja Anda merasa mulut tidak nyaman.

Obat kumur selain praktis dan paling cepat menghilangkan bau pete, segala plak yang menempel setelah makan akan menjadi berkurang juga. Hal inilah yang otomatis membuat napas kembali segar. Jika ingin lebih efektif, gunakan obat kumur setelah Anda menggosok gigi karena kesegaran yang didapat akan menjadi dobel.

(Baca juga: cara mengatasi bau mulut)

2. Makan Jeruk

Buah jeruk seperti yang kita tahu mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan diyakini mampu membuat bakteri mulut dapat tersingkir sehingga mulut akan menjadi segar dan nafas pun tidak akan bau jengkol lagi. Menurut penelitian, buah jeruk sebagai salah satu buah dengan kandungan vitamin C tinggi tidak hanya akan membantu menghilangkan bau jengkol saja, tapi mengonsumsinya secara rutin akan mencegah Anda dari gingivitis atau penyakit gusi. Maka untuk penyegaran mulut setelah makan jengkol, tak ada salahnya menyiapkan buah jeruk sebagai salah satu pencuci mulut terbaik.

(Baca juga: cara mencegah bau mulut)

3. Makan Semangka

Selain jeruk, buah dengan kandungan air dan vitamin C tinggi, semangka juga merupakan buah yang efektif untuk membantu menghilangkan bau jengkol atau bahkan petai. Setelah mengonsumsi jengkol, aromanya dapat dinetralisir dengan menikmati buah semangka karena buah-buahan dengan kandungan air tinggi telah terbukti baik untuk mengatasi bau mulut. Tidak hanya segar di mulut, tentu semangka akan memberikan kesegaran pada tenggorokan dan tubuh apalagi ketika mengonsumsinya saat cuaca panas.

4. Mengunyah Beras

Bukan mengunyah nasi, melainkan mengunyah beras yang benar-benar masih mentahlah yang akan menyelamatkan Anda dari bau jengkol setelah asyik mengonsumsinya. Bau jengkol dapat begitu menyengat dan hal ini dapat dinetralisir hanya dengan mengunyah beras mentah. Sesudah makan jengkol, kunyahlah 2 sampai 3 sendok beras hingga hancur dan bisa ditelan.

Memang cara ini tampak aneh bagi beberapa orang dan kurang begitu meyakinkan, tapi pada kenyataannya mengunyah beras mentah sangat efektif. Hanya saja, ketika bau jengkol masih terasa, Anda bisa mengunyah 1 sendok beras lagi, tambahkan lagi jika bau jengkol masih tercium dan terus tambahkan saja sampai aromanya hilang. Cara tradisional ini sebenarnya sudah sangat populer di tanah air, tapi bila Anda baru mendengarnya kali ini buktikan keampuhannya segera.

(Baca juga: ciri-ciri beras plastik)

5. Mengunyah Permen Karet

Jika berencana atau ingin makan jengkol, selalu siap sedia permen karet yang akan membantu supaya bau jengkol hilang dengan cepat. Permen karet dengan rasa buah dapat menjadi pengganti yang baik bagi Anda yang tidak bisa menemukan buah untuk mencuci mulut sehabis makan jengkol. Karena permen karet dikunyah dalam waktu yang cukup lama, maka biasanya bau mulut tak sedap pun akan mampu hilang karena terserap ke dalam permen tersebut, dan sebaliknya kesegaran rasa buah dari permen karet akan memenuhi mulut Anda.

(Baca juga: bahaya permen karet)

6. Makan Stroberi

Stroberi adalah buah kecil merah yang sangat segar dan tentu sangat pas untuk cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan cepat dan alami. Buah ini dapat dijadikan pencuci mulut yang tidak hanya akan menyegarkan napas yang bau, tapi diketahui juga bahwa stroberi mampu membantu memutihkan gigi. Entah Anda ingin mengonsumsinya dengan langsung dimakan setelah dicuci, atau membuat jus stroberi, keduanya tampaknya adalah ide yang bagus.

7. Makan Apel

Buah yang pas dijadikan pencuci mulut tidak hanya buah jeruk, semangka dan stroberi, karena buah apel pun dipercaya mampu membuat bau jengkol hilang seketika. Tak hanya bau mulut, plak-plak yang bersarang di gigi juga akan dikikis. Apel memiliki banyak sekali manfaat dan selalu menguntungkan Anda sebagai pengonsumsinya karena tidak hanya bau mulut menjadi segar, buah apel mampu mencegah Anda dari segala penyakit serius, bahkan bisa membuat perut kenyang lebih lama dalam proses diet.

(Baca juga: buah untuk mengecilkan perut buncit)

8. Mengkonsumsi Yogurt

Menurut sebuah penelitian, yogurt juga adalah solusi terbaik sebagai penghilang bau mulut, termasuk bau jengkol yang cukup mengganggu. Yogurt yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi adalah yogurt yang tidak mengandung gula dan juga memiliki kandungan lemak yang rendah. Bakteri jahat yang bersarang di dalam mulut dapat dibunuh oleh yogurt tanpa gula; sementara bila Anda memilih yogurt dengan kandungan gula, bukannya mengusir bau mulut tak sedap, malah justru dapat membantu pertumbuhan bakteri jahat yang ada di dalam mulut Anda.

9. Makan Cherry

Cherry adalah pilihan buah selain jeruk, apel dan stroberi yang bisa Anda pertimbangkan untuk membuat nafas Anda kembali segar tanpa adanya bau jengkol. Buah ini dapat disiapkan menjadi pencuci mulut apabila Anda memasak dan memakan jengkol karena cherry pun adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin C tinggi sehingga bau tidak sedap yang berasal dari mulut dapat dihilangkan secara lebih cepat. Tak hanya itu, risiko kesehatan gusi juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi buah segar ini.

(Baca juga: buah beracun yang mematikan)

10. Mengunyah Permen Mint

Selain permen karet rasa buah, permen biasa dengan rasa mint akan sangat berguna untuk mengusir bau jengkol dari mulut tanpa pakai lama. Selalu bawalah permen mint ke manapun Anda pergi sehingga ketika harus makan jengkol sewaktu-waktu, Anda bisa dengan segera mengatasi baunya setelah menikmatinya. Permen dengan rasa mint yang pedas akan memberikan kesegaran pada mulut seperti sehabis gosok gigi dan ucapkan selamat tinggal pada bau jengkol.

11. Minum Teh Hijau

Setelah makan jengkol, napas mungkin menjadi kurang segar karena adanya bau jengkol, maka minumlah teh hijau paling tidak secangkir saja untuk menghilangkan baunya. Di dalam teh jenis ini, ada polyphenols yang menjadi kandungan paling tinggi dan kandungan ini masih tergolong di dalam antioksidan sehingga baik untuk mulut dan tubuh. Minumlah dengan tanpa menambahkan gula supaya bau napas dapat kembali segar oleh karena antioksidannya.

(Baca juga: bahaya minum teh bagi kesehatan)

12. Mengonsumsi Asam Jawa

Untuk mengembalikan nafas yang segar dan jauh dari bau jengkol, asam jawa adalah solusinya di mana Anda bisa mengonsumsinya setelah makan jengkol. Rasa asamnya yang khaslah yang akan membantu memudarkan bau tak sedap dari jengkol dan hal ini sudah terbukti bahwa napas segar bisa kembali dengan cepat. Asam jawa adalah bahan alami yang manjur untuk mengatasi masalah bau mulut, namun mengonsumsinya terlalu banyak atau berlebihan bisa malah menimbulkan masalah lainnya, yaitu kerusakan pada enamel gigi.

13. Mengunyah Garam

Garam adalah bumbu dapur yang pastinya selalu ada dan tersedia di rumah, maka ini bisa jadi cara paling cepat untuk menghilangkan bau jengkol setelah Anda menikmatinya. Cukup sedikit garam saja untuk dikunyah pasti akan baik untuk kesegaran mulut Anda dan garam ini sangat baik untuk dimanfaatkan terutama saat Anda tengah terburu-buru atau dalam keadaan terdesak. Kemampuannya dalam mendukung produksi air liur baru di dalam mulut akan otomatis membuat air liur lama ternetralisir. Dengan begitu, bertambahlah kadar air di dalam mulut  dan bau pun akan pudar pelan-pelan.

(Baca juga: bahaya konsumsi garam berlebih)

14. Mengunyah Kencur

Kencur adalah alternatif beras di mana bahan alami ini boleh Anda kunyah untuk menghilangkan bau mulut mengganggu akibat makan jengkol. Memang beras dan kunyit sama-sama terasa getir rasanya jika dikunyah dan ditelan begitu saja, tapi efektivitasnya tidak boleh diragukan lagi. Bau mulut dapat diusir dengan baik oleh bahan ini karena terdapat kandungan antibiotik di dalamnya sehingga bakteri-bakteri di dalam mulut dapat dimatikan. Dengan demikian, bau dan napas menjadi segar kembali tanpa perlu memakan waktu lama, apalagi kalau memang Anda selalu sedia kencur di rumah.

15. Mengunyah Kulit Lemon

Apa yang kiranya bisa dilakukan dengan kulit lemon? Mengunyahnya akan mampu menolong Anda terbebas dari bau mulut atau bau jengkol. Napas yang berbau akan meninggalkan kesan kurang baik terhadap lawan bicara atau orang di sekitar Anda, menyiapkan lemon dan mengunyah kulitnya setelah makan jengkol akan sangat efektif. Kandungan asam sitratnyalah yang akan menyelamatkan Anda dari masalah bau mulut tersebut.

(Baca juga: penyebab lidah terasa pahit saat sakit)

16. Mengunyah Cengkih

Cara untuk menghilangkan bau jengkol memang sangat beragam, dan salah satu cara cepatnya adalah dengan mengunyah cengkih selain dari kulit lemon, kencur dan beras. Bahan alami ini bersifat antiseptik sehingga sangat baik dan dianjurkan ketika Anda mencari bahan aman dan cara efektif mengusir bau mulut. Bakteri yang menyebabkan halitosis akan dapat dilawan oleh sifat antiseptik tersebut sehingga nantinya bau mulut akan menemukan kembali kesegarannya.

17. Berkumur dengan Air Sirih

Fungsi utama dari daun sirih sebenarnya bukanlah untuk membuat napas segar, melainkan lebih ke membuat bakteri di dalam mulut terbunuh. Setelah bakteri di dalma mulut mati atau terusir, otomatis bau mulut yang membuat tidak nyaman juga hilang dan napas kembali segar. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan daun sirih 5 lembar yang kemudian direbus dengan air putih 1 gelas, ditunggu sampai menjadi setengah gelas. Air rebusan yang sudah jadi tersebut bisa digunakan untuk berkumur tanpa harus ditambah dengan bahan apa-apa lagi.

18. Makan Buah Pir

Selain apel, buah yang banyak airnya adalah buah pir di mana buah ini otomatis dapat dikonsumsi jika Anda tidak punya apel tapi punya buah pir. Untuk menghilangkan bau jengkol di mulut, mengonsumsi buah dengan kadar air banyak akan membantu bau tersebut hilang dengan cepat dan alami tanpa ribet. Buah pir bisa disiapkan dan langsung dikonsumsi sebagai pencuci mulut jika Anda merasa bahwa bau mulut akibat jengkol tidak nyaman.

(Baca juga: penyebab mulut terasa pahit)

19. Makan Buah Jambu

Ada lagi buah yang bisa menjadi solusi dari bau jengkol di mulut, yaitu buah jambu yang pada dasarnya sama dengan buah apel maupun pir di mana kandungan airnya begitu banyak. Tujuan dari mengonsumsi buah-buah yang berkadar air tinggi ini adalah untuk membuat produksi air liur baru lebih banyak sehingga yang lama (yang membuat bau mulut) dapat ternetralisir. Fungsinya tak hanya itu, karena buah ini juga bisa membersihkan gigi dan meningkatkan kesehatan kulit dikarenakan kandungan vitamin dan seratnya.

20. Mengunyah Kopi Hitam

Kopi hitam tanpa gula akan sangat berguna membantu menghilangkan bau jengkol dengan cepat hanya dengan mengunyahnya tanpa pakai gula sama sekali. Kopi hitam pahit ini bukan diseduh dan diminum seperti biasa, tapi Anda perlu mengambil bubuk kopi sebanyak satu kepal tangan yang bisa dianggap setara dengan 4 sendok makan. Kunyah-kunyahlah tanpa ditambah apapun termasuk bahan pemanis, lalu telanlah. Memang pahit rasanya namun justru itulah yang perlu diserap dan jika sampai ditambah dengan gula, jangan heran kalau bau mulut bisa bertambah parah.

(Baca juga: efek terlalu banyak minum kopi)

21. Minum Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks dipercaya sangat mampu membantu menghilangkan bau mulut tidak sedap, maka untuk membuat mulut menjadi segar tanpa adanya bau jengkol, minumlah vitamin B kompleks. Vitamin ini dapat dikonsumsi tepat sebelum Anda mengunyah kopi hitam pahit yang sudah disebutkan sebelumnya. Cobalah untuk memraktikkannya dan buktikan sendiri efektivitas dari keampuhan vitamin B kompleks ini. Ketahui juga jenis-jenis vitamin B kompleks dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

22. Berkumur atau Minum Air Jeruk Nipis

Siapkan jeruk nipis yang bisa Anda peras dengan dicampur air putih yang diaduk rata, lalu minumlah setelah makan jengkol jika Anda berani. Akan lebih baik kalau Anda tidak memiliki penyakit maag bila ingin meminumnya karena dikhawatirkan akan berefek pada lambung; bahaya jeruk nipis bagi penderita maag dapat menjadi serius. Apabila tidak ingin meminumnya, berkumurlah dengan air perasan jeruk nipis tersebut beberapa kali sampai benar-benar bau berkurang atau bahkan hilang. Fungsi dari jeruk nipis dan lemon hampir sama dan keduanya akan sangat membantu dalam menghilangkan bau mulut tak sedap.

23. Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda adalah teman yang baik dalam menikmati makanan apapun, termasuk jengkol. Tak hanya memberikan kesegaran tersendiri, minuman bersoda mampu membuat bau mulut akibat makan jengkol hilang dengan cepat dan mudah. Anda yang mungkin tak sempat harus menggosok gigi, minuman bersoda bisa menjadi penyelamat; bahkan menggosok gigi 1 atau 2 kali saja kemungkinan bau masih ada, jadi minuman soda kiranya Anda siapkan ketika akan memasak dan menikmati menu jengkol bila takut bau mulut mengganggu nantinya.

(Baca juga: bahaya merokok bagi alat pernafasan)

24. Tidak Merokok

Kebanyakan orang yang memiliki kebiasaan merokok dipastikan akan merokok sesudah makan di mana aktivitas ini seperti halnya mencuci mulut yang kalau tidak dilakukan mulut akan terasa tidak enek. Hanya saja, hindari merokok setelah memakan jengkol  karena selain menimbulkan penyakit infeksi paru-paru, bau mulut akan menjadi tambah parah apabila Anda merokok. Segarkan mulut bukan dengan merokok, melainkan dengan bahan-bahan alami, buah atau permen yang membantu aroma jengkol pergi dan bukan memperparah aromanya.

25. Minum Susu

Jengkol yang nikmat namun baunya yang kurang sedap bisa dinetralisir dengan meminum susu. Susu selain baik untuk kesehatan tulang dan gigi, juga rupanya dapat menjadi penolong di kala bau jengkol menguasai mulut Anda. Cara ini terbilang sangat ampuh dan efektif, jadi bisa dicoba ketika segala cara mudah lainnya kurang bekerja bagi Anda. Caranya pun sederhana, yaitu dengan menyeduh susu kental manis yang lalu bisa dikonsumsi setelah makan jengkol.

(Baca juga: khasiat susu sapi murni)

26. Makan Buah Leci

Buah leci adalah buah yang kandungan vitamin C-nya cukup tinggi sehingga akan dapat dijadikan alternatif terbaik apabila Anda tidak memiliki buah-buah yang disebutkan sebelumnya. Buah leci ini bisa dimakan begitu saja setelah makan jengkol sehingga bau mulut akibat jengkol tidak sampai menyebar dan terlalu menyengat. Buah leci juga diketahui memiliki kandungan air banyak sehingga akan membantu produksi air liur baru.

(Baca juga: penyakit akibat kekurangan vitamin c)

27. Minum Kecap

Mungkin beberapa dari Anda agak kaget dengan solusi meminum kecap demi hilangnya bau jengkol, tapi dijamin efektif. Cukup kecap manis satu sendok makan saja diminum tepat sesudah menikmati menu makanan jengkol Anda, bau jengkol yang menggangu akan memudar. Cara ini termasuk cara paling cepat untuk menghilangkan bau tak sedap di mulut karena tidak akan membuang waktu bila Anda tidak memiliki banyak waktu.

(Baca juga: efek samping bahaya makan buah durian bisa mematikan)

28. Makan Mentimun

Seperti yang kita tahu, mentimun adalah salah satu buah/sayur yang kaya akan kandungan airnya, jadi tentu makanan ini bisa menjadi solusi tepat untuk memudarkan bau jengkol. Terkadang bukan hanya masalah bau mulut saja yang agaknya mengkhawatirkan Anda, tapi saat buang air kecil bau air kencing pun juga menjadi bau. Oleh karena itulah mentimun dapat membuat mulut Anda segar dan bahkan buang air kecil juga tidak akan  bau jengkol yang bisa diimbangi juga dengan mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya.

(Baca juga: khasiat timun)

29. Makan Melon

Buah melon diketahui menjadi salah satu buah mengandung vitamin C tinggi yang juga memiliki kadar air banyak, sehingga sangat pas digunakan untuk cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan cepat dan alami. Jadikan melon sebagai makanan pencuci mulut dan mulut Anda akan benar-benar ‘tercuci’ dengan baik sehingga tidak perlu lagi khawatir akan bau jengkol mengganggu obrolan Anda dengan teman. Dibuat jus juga adalah ide bagus, namun cobalah untuk tidak menambahkan gula dan nikmati rasa asli buahnya saat meminum jus.

(Baca juga: cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dan petai)

30. Makan Belimbing

Selain buah ini menawarkan banyak air yang akan membantu air liur baru mentralisir air liur lama yang bau jengkol, rasanya yang tidak selalu manis karena ada rasa asamnya juga akan sangat berguna. Kaya akan vitamin C, buah belimbing dapat menjadi penyelamat Anda sehabis mengonsumsi jengkol. Tak hanya bau tak sedap di mulut hilang, tapi belimbing juga akan membuat kekebalan tubuh Anda meningkat karena vitamin di dalamnya.

31. Minum Air Putih

Sebaik-baiknya dan seampuh-ampuhnya buah-buahan dengan kadar air tinggi, air putih jelas lebih baik. Mengonsumsi air putih bisa dilakukan kapan saja sehingga Anda bahkan bisa menghilangkan bau jengkol meski tengah bekerja. Air putih pun dapat diandalkan untuk membuat mulut tambah segar di mana air liur lama mengandung jengkol pun akan ternetralisir yang berarti bau jengkol tak lagi keluar dari mulut Anda.

(Baca juga: bahaya jengkol)

Cara Menghilangkan Bau Jengkol sebelum Memasaknya

Bila cara-cara yang disebutkan sebelumnya adalah tentang menghilangkan bau jengkol di mulut setelah menikmatinya, Anda juga setidaknya perlu tahu bagaimana menghilangkan bau jengkol sebelum mengolahnya menjadi masakan enak. Berikut adalah sejumlah cara ampuh nan alami untuk mencegah timbulnya bau jengkol.

  • Merebus jengkol bersama dengan daun salam adalah cara terbaik di mana air bisa direbus sampai mendidih lebih dulu, baru setelah itu daun salam dan jengkol bisa dimasukkan ke dalamnya. Namun, ketahui juga apa yang menjadi efek samping daun salam untuk kesehatan supaya aman dalam menggunakannya.
  • Menambahkan daun jeruk memang biasanya adalah cara untuk membuat masakan memiliki aroma sedap. Tapi untuk mengolah jengkol, pastikan daun jeruk ditambahkan supaya aroma jengkol yang kurang sedap bisa tersamarkan.
  • Merendam jengkol di dalam air daun sirih juga akan efektif menghilangkan baunya yang tak enak. Perendaman bisa dilakukan semalaman yang otomatis akan mengurangi bau jengkol, tapi untuk menghilangkan baunya sepenuhnya, rendamlah lebih lama.

You may also like