12 Penyebab Mulut Terasa Pahit dan Kering

15778

Mulut merupakan organ tubuh yang didalamnya terdapat lidah yang berfungsi sebagai indra pengecap yang salah satu fungsi utamanya adalah merasakan suatu makanan. Biasanya mulut yang normal terasa segar dan memiliki nafas yang tidak berbau. Namun demikian terkadang anda akan merasakan kondisi mulut anda yang terasa pahit dan tidak nyaman. Kondisi mulut yang terasa pahit ini tentu saja sangat mengganggu anda. Berikut ini efek yang ditimbulkan dari kondisi mulut yang terasa pahit :

  1. Bau mulut
  2. Tidak berselera makan
  3. Mulut terasa tidak nyaman
  4. Kemungkinan dapat muncul gangguan-gangguan mulut, seperti sariawan dan gusi berdarah.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab mulut terasa pahit. Ada yang merupakan penyebab dari dalam tubuh dan ada juga berasal dari luar tubuh, seperti makanan yang kita makan dan sebagainya. Apa saja yang menjadi penyebab mulut terasa pahit? Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Sedang mengalami sakit tertentu

Kondisi medis tertentu yang sedang dialami oleh seseorang akan berpengaruh pada rasa pahit di mulut. Dengan kondisi tubuh seseorang yang sedang tidak fit dan sakit, maka hal ini akan berpengaruh ke kondisi tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan mulut menjadi terasa pahit :

Untuk mengobati hal tersebut, anda harus mengkonsultasikannya ke dokter, agar kondisi medis tersebut tidaka akan mengganggu anda. Karena semua penyakit tersebt menyerang daya tahan tubuh, yang diperoleh melalui makanan. Apabila pasien tidak mau makan karena mulutnya terasa pahit, maka hal tersebut malah akan memperburuk penyakit yang sedang dideritanya.

2. Kebanyakan vitamin C

Vitamin C memang merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Vitamin C sangta bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah infeksi serta menyembuhkan sariawan. Namun vitamin C malah akan menyebabkan mulut kita terasa pahit ketika kita mengkosumsinya secara berlebihan. Dosis harian vitamin C sehari adalah 1000 mg, dan efeknya adalah mulut terasa sangat pahit apabila kelebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tersebut.

3. Kambuhnya penyakit asam lambung

Asam lambung atau istilah medisnya dikenal dengan istilah FERD juga dapat menyebabkan mulut terasa pahit. Hal ini disebabkan oleh kondisi reflux atau penyebab asam lambung naik hingga ke bagian kerongkongan dan tenggorokan, dan dapat menyebabkan rasa mual dan panas.

Selain itu, kondisi naiknya asam lambung ini juga berpengaru pada :

  • Nafas yang tidak segar
  • Bau mulut
  • Mual-mual

4. Merokok

Bagi anda yang sering merokok, jangan kaget apabila anda selalu merasakn pahit pada bagian mulut anda. Kandungan tar dan nikotin serta zat-zat beracun lainnya yang terdapat pada bahaya merokok merupakan penyumbang terpenting dari berbagai masalah pada mulut, salah satunya adalah penyebab mulut terasa pahit. Selain mulut terasa pahit, rokok juga menyebabkan berbagai macam gangguan lainnya pada mulut anda, seperti :

  • Gigi menjadi berwarna kuning
  • Nafas yang tidak segar
  • Bau mulut
  • Gigi menghitam
  • Gangguan kesehatan lainnya.

5. Kopi

Selain merokok, kopi juga merupaakn salah satu biang keladi munculnya rasa pahit di mulut. Kopi dapat menyebabkan rasa pahit di lidah, sehingga setelah minum kopi, anda dianjurkan untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum makan, karena akan menyebabkan mulut anda terasa pahit dan sangat tidak nyaman untuk makan.

6. Kondisi mulut yang tidak bersih

Kondisi mulut yang tidak bersih, terutama karena kurangnya perhatian pada sector ini menyebabkan mulut anda akan terasa pahit. Hal ini disebabkan oleh kehadiran kuman-kuman yang berpesta pada mulut anda karena anda tidak menjaga kebersihan area mulut anda. Selain menjadi penyebab mulut terasa pahit dan kering, kondisi kebersihan mulut yang buruk ini menyebabkan :

  • Gigi berlubang
  • Sariawan
  • Nafas tidak segar
  • Dan banyak masalah mulut lainnya.

7. Lidah yang kotor

Anda sudah menyikat gigi dengan benar, namun terkadang anda sering lupa untuk membersihkan bagian lidah, padahal lidah merupakan elemen utama yang dapat digunakan untuk mengecap makanan. Biasanya kotoran pada lidah akan menumpuk dan membentuk lapisan berwarna putih. hal ini merupakan salah satu penyebab mulut terasa pahit dan tidak nyaman.

8. Kekurangan Zinc dan vitamin B-12

Zinc dan vitamin B-12 merupakan salah satu mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mulut. Itulah sebabnya mengapa hampir semua pasta gigi memiliki kandungan zinc dan vitamin B-12. Dengan tercukupinya kandungan dari kedua unsur ini, maka kesehatan mulut anda akan terjaga dan dapat mencegah rasa pahit pada mulut anda.

Baca juga, makanan yang mengandung vitamin B12

9. Kekurangan air liur

Air liur juga meruoakan salah satu unsur yang menyebabkan mulut dan lidah dapat berfungsi secara optimal. Kekurangan air liur tidak hanya dapat mengganggu fungsi pengecapan makanan, namun juga dapat menyebabkan pahitnya mulut.

10. Obat-obatan tertentu

Faktor eksternal lainnya yang dapat menyebabkan mulut menjadi terasa pahit adalah faktor obat-obatan yang kita konsomsi. beberapa jenis obat yang secara medis dan secara kimiawi dapat membuat dan penyebab mulut rasa pahit.

Itulah beberapa hal yang dapat menimbulkan rasa pahit pada mulut.

Bagaimana mencegah munculnya rasa pahit pada mulut?

Untuk mencegah munculnya rasa pahit pada mulut kita, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan, antara lain :

  1. Sikat gigi secara teratur dengan pasta gigi yang memiliki zinc, mint dan vitamin B-12
  2. Bersihkan mulut dengan melakukan kumur menggunakan mouthwash
  3. Hindari merokok dan kurangi konsumsi kopi

Demikianlah artikel mengenai penyebab mulut terasa dan tips sederhana untuk mencegahnya. Semoga bermanfaat.