Sakit Leher Belakang Sampai Punggung Kira Kira Kenapa? Ini 8 Kemungkinan Alasannya !

379

Anda mungkin adalah salah satu dari penderita sakit leher belakang sampai punggung sehingga segala aktivitas yang dilakukan menjadi kurang nyaman dan terganggu. Anda perlu lebih dulu mengenali kemungkinan-kemungkinan penyebabnya lalu baru bisa mengatasi sesuai dengan kondisi pemicunya. Berikut ini merupakan penjelasan tentang faktor pemicu sakit leher di bagian belakang Anda hingga bagian punggung.

  1. Meningitis

Saat meninges atau selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang terkena infeksi, maka inilah kondisi yang disebut dengan meningitis. Gejala setiap penderita meningitis memang berbeda-beda, namun secara umum, leher kaku, sakit kepala hingga demam tinggi dan bahkan rasa sakitnya bisa sampai dirasakan pada area punggung.

Cara Mengatasi : Untuk solusi perawatan, hal ini tergantung dari jenis meningitisnya, apakah itu meningitis bakterialis, meningitis jamur, atau meningitis virus. Pemberian antibiotik atau kortikosteroid biasanya diberikan pada kasus meningitis bakterialis, sementara pemberian obat antiviral dilakukan pada kasus meningitis virus, dan obat antijamur diberikan pada kasus meningitis jamur.

  1. Saraf Kejepit

Nyeri leher belakang hingga punggung bisa sangat nyeri ketika seseorang menderita saraf kejepit atau istilahnya hernia nucleus pulposus (HNP). Hal ini merupakan sebuah keadaan ketika ada tonjolan bantalan antar tulang belakang yang kemudian membuat sarad di sekitarnya mendapatkan tekanan. Biasanya leher belakang sampai punggung bawah terasa sangat sakit.

Cara Mengatasi : Untuk kasus saraf kejepit, obat pereda nyeri saraf, obat anti nyeri, suntikan steroid, relaksan otot, dan opioid biasanya diberikan kepada penderita. Namun, fisioterapi pun dapat diperlukan sesuai dengan kondisi penderita itu sendiri. Jika tekanan pada saraf sudah sangat serius, ada kemungkinan dokter menyarankan untuk operasi.

  1. Penyempitan Tulang Belakang

Saat rongga tulang belakang menyempit, maka rasa nyeri pada umumnya dapat terjadi pada area leher, punggung atas hingga bawah dan bahkan penderita bisa saja mengalami mati rasa pada area tersebut. Ada beberapa kasus di mana penyempitan tulang belakang bisa menyebabkan kelumpuhan sehingga hal ini perlu mendapatkan penanganan cepat dan tepat.

Cara Mengatasi : Ketika masih bisa diatasi dengan pertolongan non-bedah, penderita biasanya perlu melakukan perubahan aktivitas fisik. Beberapa jenis obat-obatan seperti obat antiradang non-steroid biasanya diberikan begitu juga dengan anjuran olahraga seperti berenang dan bersepeda. Jika sudah sangat parah, maka langkah operasi pasti dokter anjurkan pada penderita.

  1. Artritis Reumatoid

Kaku dan nyeri adalah keluhan utama yang dirasakan pada persendian seseorang yang menderita artritis reumatoid. Bagian leher belakang hingga punggung bisa saja sakit karena masalah kesehatan satu ini, khususnya jika disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti nyeri, terasa hangat, kemerahan dan juga pembengkakan di bagian tersebut.

Cara Mengatasi : Pemberian obat pereda rasa nyeri biasanya diberikan kepada penderita artritis reumatoid, begitu juga dengan kortikosteroid entah itu dalam bentuk cairan yang disuntikkan, salep atau bahkan tablet. Selain itu, perawatan terapi biologis kiranya diperlukan supaya serangan sistem imun pada persendian bisa dihentikan, namun hal ini bisa dikonsultasikan lebih detil dengan dokter Anda.

  1. Cedera

Cedera pada bagian leher biasanya juga rasa nyerinya bisa menjalar sampai ke punggung dan cedera ini bisa terjadi karena salah gerak, salah peregangan atau bahkan karena kecelakaan. Untuk kasus ini, jika rasa sakit di leher belakang sampai punggung terjadi begitu lama dan tak kunjung membaik, segera ke dokter untuk memeriksakan diri.

  1. Flu

Infeksi virus influenza dapat menjadi salah satu penyebab leher belakang terasa sakit hingga bagian punggung di mana rasanya pegal-pegal dan tak nyaman. Selain itu gejala flu pada umumnya adalah sakit tenggorokan, penurunan selera makan, batuk, demam dan juga sering sakit kepala di awal.

Cara Mengatasi : Flu biasanya adalah penyakit yang bisa sembuh cukup dengan istirahat yang cukup serta makan makanan bernutrisi dan hangat. Pastikan juga penderita menghindari dehidrasi dengan meminum banyak cairan, tak hanya air putih, tapi juga termasuk minuman bergula maupun minuman elektrolit supaya cairan tubuh tetap seimbang.

  1. Stres

Bagi para pekerja di depan komputer atau laptop, kekakuan dan rasa sakit di leher belakang yang menjalar sampai punggung pasti kerap terjadi. Hal ini dikarenakan fisik dan pikiran dipenuhi dengan rasa stres sehingga ketegangan tak dapat dihindarkan.

Cara Mengatasi : Cara mengatasi stres yang ampuh adalah mengistirahatkan diri. Buatlah tubuh serileks mungkin, entah itu dengan melakukan Yoga, latihan pernapasan, memasang aromaterapi di ruang kerja ataupun ruang tidur, melakukan peregangan, dan juga tidur cukup. Mungkin sesekali Anda bisa coba untuk pijat supaya otot-otot tubuh kembali baik dan tidak lagi tegang, kaku ataupun sakit.

  1. Faktor Lainnya

Berbagai kemungkinan lain yang bisa menjadi penyebab dari leher belakang sakit dan bahkan sampai ke punggung adalah kanker, terkena HIV, atau bahkan fibromialgia. Supaya bisa benar-benar terdeteksi secara tepat dan ditangani sesuai penyebabnya, tempuhlah berbagai langkah pemeriksaan, seperti pemeriksaan MRI, CT scan, dan juga tes saraf sekaligus tes darah.

Apapun dugaan Anda akan penyebab sakit leher belakang sampai punggung, sebaiknya periksakan langsung ke dokter, khususnya jika dalam beberapa hari tak kunjung membaik. Anda bisa melakukan rangkaian pemeriksaan saat berkonsultasi dengan dokter supaya penanganan yang diberikan bisa lebih tepat.