22 Gejala Flu Pada Bayi – Anak – Dewasa

3291

Penyakit flu paling sering terjadi pada semua orang karena ini adalah penyakit yang sangat umum. Terlebih ketika musim penghujan maka virus penyebab flu akan menyebar dengan cepat. Biasanya kondisi penyakit flu akan berkembang dalam waktu tiga hari semenjak virus menyerang tubuh. Kemudian dalam waktu paling tidak selama tujuh hari maka kondisi tubuh akan membaik. Meskipun pada anak-anak flu sering terjadi lebih lama karena sistem kekebalan tubuh yang masih lemah.
Mengetahui gejala penyakit flu akan membuat Anda segera bisa mengatasi kondisi badan dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa gejala yang paling sering terjadi dan harus segera diperhatikan.

1. Tubuh Sangat Lelah

Jika tubuh Anda merasa sangat lelah ketika sedang melakukan berbagai aktifitas maka bisa menjadi pertanda penyakit flu. Rasa lelah yang muncul akan membuat tubuh tidak ingin melakukan aktifitas dan merasa sangat malas. Ini adalah gejala awal sebagai pertanda bahwa virus penyebab flu sudah masuk ke dalam tubuh namun belum menyebabkan infeksi. Setelah beberapa hari maka gejala lain baru akan muncul.

2. Batuk

Setelah tubuh Anda merasa sangat lelah maka bisa jadi Anda juga akan merasa batuk atau tidak nyaman pada tenggorokan. Batuk bisa menjadi lebih buruk untuk penderita asma. Pertanda ini terjadi karena virus sudah menyerang bagian tenggorokan yang menyebabkan ada banyak produksi lendir. Ada beberapa jenis batuk yang bisa berkembang karena flu seperti batuk kering atau batuk berdahak. Terkadang ketika batuk juga bisa menyebabkan radang tenggorokan.

Baca : Buah untuk obat batuk kering dan berdahak – Penyebab batuk berdarahPenyebab batuk kronisCara mencegah batukGejala batuk tbc – Infeksi paru paru

3. Menggigil

Rasa tubuh menggigil dan nyeri bisa terjadi pada tahap awal terkena flu. Ketika virus sudah masuk ke dalam tubuh maka bisa membuat semua gerakan tubuh akan terasa tidak nyaman. Selain rasa lelah maka sendi juga akan terasa nyeri. Bagian yang paling sering terasa nyeri adalah sekitar leher, bahu dan kaki. Menggigil biasanya akan terjadi sebelum gejala demam muncul.

4. Sakit Tenggorokan

Batuk pada penderita flu juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Sebenarnya kondisi ini disebabkan karena virus flu yang sudah masuk ke dalam tubuh. Biasanya pada tahap awal maka tenggorokan akan terasa nyeri, gatal, tidak nyaman dan sakit. Bahkan rasa sakit ini juga tiba-tiba terjadi ketika menelan minuman maupun makanan. Rasa sakit tenggorokan akan lebih tidak nyaman bila Anda juga terkena radang tenggorokan.

5. Demam

Setelah berbagai gejala flu muncul maka biasanya tubuh juga akan terasa demam. Demam adalah sebuah indikasi bahwa tubuh Anda sedang bekerja keras untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya demam flu bisa mencapai angka lebih dari 38 derajat Celcius. Demam bisa muncul bersamaan dengan gejala menggigil. Obat penurun panas atau demam bisa efektif untuk mengatasi gejala ini.

6. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan paling sering terjadi pada tahap gejala awal penyakit flu. Setelah tubuh terasa demam dan tidak nyaman maka Anda akan merasa mual, keinginan untuk muntah dan terkadang juga diare. Beberapa gejala yang cukup berat bisa terjadi pada anak-anak ketika sistem kekebalan tubuh masih sangat lemah. Memberikan air minum yang cukup akan membuat gejala ini berkurang dan tubuh terasa lebih baik.

7. Sakit Kepala

Sakit kepala seperti nyeri di bagian pusat kepala menandai jika virus sudah menyerang tubuh. Gejala ini biasanya muncul bersamaan dengan demam dan sakit di tenggorokan. Sakit kepala bisa bertambah buruk jika demam turun. Gejala ini juga sering memburuk pada anak-anak yang mengalami flu disertai dengan batuk. Istirahat dan tetap minum air mineral yang cukup akan membantu mengatasi sakit kepala.

Baca : Penyebab sakit kepalaKepala sering terasa beratKepala sering pusingKeringat dingin

8. Hidung Meler atau Tersumbat

Hidung mengeluarkan lendir berlebihan dan tersumbat biasanya muncul ketika virus sudah menginfeksi tubuh. Kondisi ini akan membuat tubuh Anda menjadi terasa tidak nyaman. Virus menyebabkan produksi cairan pada lapisan hidung menjadi berlebihan. Kondisi akan menjadi lebih buruk pada penderita sinusitis.

9. Bersin

Bersin terus menerus atau sesekali akan membuat hidung dan tenggorokan menjadi tidak nyaman. Bersin juga bisa membuat sakit kepala menjadi lebih buruk. Gejala ini menjadi tanda bahwa virus sudah menyerang tubuh dan tubuh tidak bisa menahan infeksi. Bersin membuat hidung dan tenggorokan menjadi tidak nyaman seperti rasa gatal. Namun setelah tahap ini maka biasanya tubuh akan menjadi lebih baik.

10. Dehidrasi

Dehidrasi bisa menjadi akibat karena tubuh mengalami kekurangan cairan akibat virus flu yang sudah menyebabkan infeksi. Biasanya ketika awal virus masuk ke dalam tubuh maka keinginan minum berlebihan akan muncul. Namun ketika beberapa gejala sudah muncul maka keinginan untuk minum justru turun. Untuk mengatasi hal ini maka disarankan untuk minum air hangat.

11. Gangguan Tidur

Banyak anak-anak yang merasa terkena flu justru pada malam hari. Kondisi ini akan membuat tubuh seperti sakit tiba-tiba meskipun sebelumnya tidak muncul gejala. Gangguan tidur juga bisa terjadi ketika bebeapa gejala sudah muncul seperti demam, hidung meler, bersin dan batuk. Mencoba untuk bisa tidur dengan nyaman sangat baik untuk membuat tubuh bisa istirahat.

Gejala Flu Berat untuk Bayi dan Anak-anak

1. Nafas terdengar lebih cepat dan ada bunyi seperti mengi.
2. Warna kulit menjadi lebih pucat atau biru.
3. Menolak untuk minum ASI, susu atau air mineral.
4. Terlihat sangat lemah dan tidak ingin melakukan banyak aktifitas seperti bermain.
5. Anak mudah menangis, marah dan sangat rewel.
6. Demam dan muncul ruam pada kulit.
7. Batuk kecil, ringan hingga berat.
8. Tidak nafsu makan untuk anak-anak.
9. Gangguan pencernaan seperti diare, mual dan muntah.
10. Air kencing lebih sedikit dari biasanya.

Perawatan Alami untuk Flu

Flu adalah penyakit yang bersifat progresif. Artinya adalah penyakit ini dimulai dari gejala yang ringan, berat kemudian akan sembuh. Pada dasarnya dalam beberapa hari penyakit flu juga bisa sembuh sendiri. Meskipun dalam kasus yang berat maka tetap membutuhkan perawatan dokter. Berikut ini cara mengatasi flu secara alami.

1. Berjemur dibawah sinar matahari pagi.

Berjemur dibawah sinar matahari pagi akan membuat tubuh Anda menerima vitamin D secara alami. Vitamin D sangat diperlukan untuk mencegah infeksi flu menjadi lebih buruk. Vitamin D akan membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga agar pertumbuhan sel yang sehat tetap normal sehingga bisa melawan infeksi.

2. Makanan dan minuman vitamin C

Mendapatkan makanan atau minuman yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, lemon, dan jenis buah lain. Vitamin C akan membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami dan mencegah infeksi akibat flu. Anda bisa mencoba untuk minum perasan air jeruk lemon. Tambahan madu atau jahe sangat disarankan.

Baca : Makanan yang mengandung vitamin C – Akibat kekurangan vitamin CBuah yang mengandung vitamin C

3. Minum campuran bubuk kunyit dan madu.

Kunyit akan membantu menurunkan demam, mengatasi infeksi dalam tubuh, membuat sakit tenggorokan mereda dan menyembuhkan batuk. Anda bisa mencoba untuk membuat air rebusan bubuk kunyit dan tambahkan dengan satu sendok madu.

4. Makan sup sayuran dan ayam bisa menjadi obat alami untuk flu.

Sup hangat bisa membantu pergerakan neutrophil sehingga bisa melindungi tubuh dari infeksi. Namun usahakan untuk memasak sup yang tidak banyak mengandung garam. Sup ayam bisa membangkitkan selera makan sehingga sangat baik untuk anak-anak dan orang dewasa.

5. Teh hangat dan madu juga bisa menjadi minuman yang bisa mengatasi flu.

Madu bisa menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk dengan cepat. Hal ini terjadi karena madu mengandung senyawa khusus yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan virus. Sementara teh memiliki sifat antioksidan yang tinggi sehingga mencegah penurunan sistem kekebalan tubuh.

6. Memasukkan bumbu bawang putih ke dalam masakan.

Anda bisa mencoba untuk menambahkan bawang putih lebih banyak untuk sup atau kaldu. Bawang putih mengandung senyawa alisin yang bisa mencegah pertumbuhan virus flu yang masuk ke dalam tubuh.

7. Berikan minuman yang mengandung probiotik seperti yogurt.

Yogurt yang mengandung probiotik akan membuat tubuh bisa melawan infeksi akibat virus flu. Selain itu probiotik juga sangat baik untu kesehatan pencernaan.

8. Air Garam

Berkumur dengan air garam bisa mencegah flu ketika sudah terasa pada rongga pernafasan atas seperti bersin, hidung meler, hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Anda bisa membuatb satu gelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok teh garam. Cara ini sangat efektif untuk anak-anak dan orang dewasa.

9. Kondisikan agar ruangan atau lingkungan rumah tetap lembab.

Anda bisa memasang humidifier di kamar atau lingkungan rumah yang terlihat sangat kering. Ruangan yang kering akan membuat virus flu berkembang dengan cepat. Selain itu humidifier juga bisa mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri.

10. Mandi air hangat juga bisa mengatasi gejala flu yang buruk.

Akan lebih baik lagi jika mencampurkan satu genggam garam inggris untuk air mandi. Tambahkan beberapa jenis minyak esensial yang memang bisa membuat aroma air menjadi lebih segar. Biarkan anak-anak berendam sedikit lebih lama agar virus flu tidak menyebabkan infeksi.

Cara Mencegah Flu Secara Alami

  1. Biasakan untuk selalu mencuci tangan lebih sering. Virus flu akan menular dengan cepat lewat kontak langsung, udara maupun hanya dengan sentuhan. Mencuci tangan akan menjadi pagar pertama yang mencegah agar virus tidak berpindah ke tubuh Anda. Anak-anak dan semua orang yang menggunakan fasilitas umum sangat disarankan untuk mencuci tangan lebih sering.
  2. Biasakan untuk istirahat cukup atau tidur cukup. Tidur akan membuat tubuh Anda memproduksi sel yang sehat dan memperbaiki sel-sel yang telah mengalami kerusakan atau luka. Tidur selama kurang lebih tujuh hingga delapan jam perhari, terutama tidur malam sangat baik untuk tubuh.
  3. Biasakan untuk selalu melakukan latihan atau olahraga secara rutin paling tidak selama 15 menit perhari. Ketika tubuh Anda melakukan latihan maka aktivitas sel darah putih akan meningkat dan menyerang semua virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi, termasuk virus flu.
  4. Biasakan untuk mendapatkan asupan makanan yang cukup. Akan lebih baik jika semua makanan Anda mengandung nutrisi dan mineral yang bisa melawan infeksi. Beberapa jenis makanan yang sangat disarankan adalah seperti sayuran, buah-buahan, dan protein. Kurang konsumsi makanan manis dan lemak yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh memburuk.
  5. Tambahkan bawang untuk setiap masakan Anda. Senyawa alisin dalam bawang sangat baik untuk mencegah pertumbuhan virus flu di dalam tubuh.
  6. Hindari kebiasaan minum alkohol karena alkohol ternyata memberikan efek yang sangat buruk untuk sistem kekebalan tubuh. Alkohol bahkan bisa menyebabkan efek yang sangat berat untuk sistem tubuh sehingga tubuh rentan terhadap virus dan bakteri.

Meskipun flu adalah penyakit yang umum namun flu bisa membuat berbagai aktifitas terganggu. Karena itu langkah yang paling penting adalah melakukan semua pencegahan agar tidak tertular dan mengetahui gejala awal yang selalu muncul.