6 Cara Mencegah Batuk Secara Alami

8341

Batuk merupakan salah satu jenis gejala penyakit yang paling umum terjadi pada banyak orang. Tua muda, bahkan hingga bayi yang baru lahir pun memiliki kemungkinan dan cukup sering mengalami batuk-batuk. Batuk sendiri pada dasarnya, secara umum dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu batuk berdahak dan juga batuk tidak berdahak.

Baduk berdahak merupakan kondisi dimana seseorang mengalami batuk yang disertai dengan slime atau dahak, dan biasanya juga sering disertai dengan kondisi flu dan juga bersin – bersin.

Batuk kering sesuai namanya, merupakan kebalikan dari batuk berdahak dimana seseorang mengalami batuk namun tidak disertai kemunculan dahak. Biasanya jenis batuk tidak berdahak ini seringkali menyebabkan rasa sakit dan juga peih pada tenggorokan.

Penyebab batuk

Batuk sendiri memiliki banyak sekali penyebab. Dan biasanya setiap orang memiliki faktor resiko dan juga penyebab batuk yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa penyebab batuk :

  • Gangguan pada sistem pernapasan
  • Infeksi tenggorokan
  • Tersedak
  • Bahaya asap rokok
  • Polutan dan juga allergen di udara
  • Disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti TBC dan asma
  • Alergi terhadap gorengan
  • Minuman yang dingin dan juga terlalu manis
  • Permen-permen
  • Tertularnya virus batuk dari orang lain

Itulah beberapa penyebab batuk yang paling umum terjadi pada banyak orang. Namun, perlu diingat, bahwa penyebab batuk setiap orang bisa saja berbeda-beda dan juga tergantung dari sistem kekebalan tubuh alias imunnitas seseorang. Semakin baik imunnitas dan juga kekebalan tubuh, maka semakin baik pula pertahanan diri seseorang ketika akan diserang oleh gejala batuk. Untuk mencegah munculnya penyakit batuk sendiri ada beberapa cara yang dapat dilakukan, terutama ketika anda sudah mengetahui penyebab utama dari munculnya batuk pada diri anda.

berikut ini adalah beberapa cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah batuk :

1. Hindari asap rokok dan polutan lainnya

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mencegah batuk adalah dengan cara menghindari asap rokok dan juga berbagai polutan lainnya. Ya, asap rokok dan juga polutan lainnya seperti asap pembakaran sampah, asap kendaraan bermotor dan juga jenis asap lainnya merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menyumbang munculnya penyakit batuk. Karena itu anda harus menghindari hal tersebut.

Selain itu, bagi anda para perokok anda juga wajib menghindari rokok agara batuk yang sering muncul bisa hilang dan juga anda dapat tetap hidup secara sehat. Bahaya merokok merupakan salah satu kegiatan yang dapat menimbulkan penyakit batuk pada diri anda dan juga orang lain. Asap rokok ini mendatangkan kondisi serius seperti pada :

2. Langsung minum obat batuk apabila mengalami gejala tenggorokan kering

Biasanya, batuk akan dimulai ketika anda megnalami gejala berupa rasa gatal pada bagian tenggorokan. Nah, ketika anda peka dengan kemuculan rasa tenggorokan kering dan juga gatal, maka anda harus langsung meminum obat batuk atau permen pelega tenggorokan.

Agar rasa gatal dan juga kering pada tenggorokan tersebut tidak akan berlanjut menjadi munculnya batuk. Apabila tidak langsung ditangani, sudah pasti rasa gatal dan juga tenggorokan yang kering tersebut akan menyebabkan kemunculan penyakit batuk.

Kondisi tenggorokan kering ini juga bisa menyebabkan beberapa kondisi seperti :

3. Hindari makan makanan yang manis, dingin dan menandung minyak alias goreng-gorengan

Beberapa penyebab dari munculnya batuk adalah faktor makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Biasanya bahaya mengkonsumsi gorengan, makanan yang dingin dan manis seringkali dapat menyebabkan batuk. Karena itu anda perlu menghindai beberapa jenis makanan ini, terutama ketika anda memang sering mengalami batuk setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Untuk makanan yang digoreng, perlu perhatian khusus. Karena tidak semua minyak bisa menyebabkan batuk, ada beberapa minyak goreng yang malah menyebabkan batuk parah. Jadi usahakan hindari untuk jajan di tempat yang anda belum kenal betul kondisi minyak gorengnya, karena kondisi kualitas minyak goreng yang buruk dapat menyebbakn batuk yang sangat parah bagi diri anda. Gorengan juga sering mengandung bahan kimia seperti :

4. Tingkatkan daya tahan tubuh

Cara mencegah batuk terutama sebenarnya adalah dengan meningkatkan imunitas alias daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan imunitas dan juga daya tahan tubuh, anda hanya perlu mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bergizi serta melakukan olahraga dan juga beristirahat yang cukup. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, sehingga imunitas alias kekebalan tubuh anda dapat meningkat. Selain itu, olahraga yang teratur juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh anda, yang akan berdampak pada daya tahan tubuh anda.

Apabila anda memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka kemungkinan anda untuk diserang virus batuk akan berkurang. Suplai vitamin  untuk daya tahan tubuh juga sangat penting bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan.

5. Gunakan masker apabila sedang berpergian

Tindakan pencegahan lainnya dalam mencegah batuk adalah dengan menggunakan masker atau pelindung. Pelindung ini akan sangat bermanfaat untuk membantu anda dalam mencegah masuknya bakteri, kuman dan virus yang dapat menyebabkan batuk pada diri anda. anda dapat menggunakan masker atau pelindunga lokasi yang memiliki banyak kandungan polutan dan allergen, ketika anda harus berinteraksi dengan orang yang sudah mengalami penyakit batuk, agar tidak tertular .

Masker hidung ini biasanya juga digunakan dalam pengobatan seperti :

6. Minum air putih scara teratur

Cara terakhir yang paling mudah untuk anda lakukan dalam mencegah batuk adalah dengan cara rutin meminum air putih dan juga air mineral. Air mineral dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang akan berdampak pada meningkatnya daya tahan tubuh. Selain itu, air putih atau air mineral ini juga sangat baik untuk tenggorokan anda dan juga dapat mencegah terjadinya radang dan iritasi pada tenggorokan anda yang disebabkan oleh tenggorokan yang kering.

Berikut ini beberapa kondisi kesehatan yang dipengaruhi oleh jumlah air yang di minum :

Dengan demikian, maka air putih akan sangat efektif untuk mencegah batuk. Minumlah air putih sebanyak paling tidak 6 – 8 gelas perharinya untuk metabolisme tubuh yang optimal dan pencegahan terhadap batuk yang baik. Usahakan minum juga air putih setelah makan, jangan langsung meminum es atau minuman yang manis-manis setelah makan.

Itulah beberapa langkah mudah yang dapat anda lakukan untuk cara mencegah batuk. Semoga artikel mengenai cara mencegah batuk ini dapat bermanfaat bagi anda semua…