16 Cara Mencegah TBC Kambuh Lagi

14098

TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari jenis bakteri mycobacterium tubercolosis. Bakteri ini akan berada dalam tubuh penderita yang termasuk dalam golongan TB aktif. Penyebaran penyakit TBC memang sangat cepat karena bisa merupakan penyakit menular lewat udara. Ketika penderita TBC batuk atau bersin maka potensi penyebaran sudah sangat besar. Orang sehat yang berada di sekitar penderita bisa terkena dengan mudah.

Resiko Penyebaran Penyakit TBC

Semua orang bisa terkena penyakit TBC jika termasuk dalam resiko tinggi atau tinggal dalam lingkungan bersama penderita TB aktif. Beberapa resiko yang bisa meningkatkan tertular penyakit TBC adalah seperti tinggal bersama dengan penderita dalam satu ruangan. Lingkungan tempat tinggal yang kumuh dan sanitasi yang sangat minim serta kurangnya perhatian terhadap kesehatan dan kebersihan baik pribadi maupun lingkungan.

Bakteri penyebab batuk berdarah TBC sangat menyukai tinggal dalam lingkungan yang kumuh dan kotor, kemudian bakteri akan masuk ke tubuh lewat air, tanah dan udara. Setelah itu bakteri akan masuk ke dalam organ tubuh yang banyak mengandung oksigen seperti paru-paru.

TBC telah dinyatakan sebagai salah satu penyakit yang sangat mudah menular. Bahkan organisasi kesehatan dunia atau WHO telah mengumumkan bahwa ada banyak penduduk di dunia yang masih terkena TB aktif dan memiliki potensi menularkan penyakit ke orang lain. Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit TBC.

1. Jika anda tinggal di lingkungan yang sama dengan penderita TB aktif maka jangan pernah tinggal dalam satu ruangan yang pengap dengan sirkulasi udara yang sangat kurang.

2. Selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri dengan memakai masker dan selalu mencuci tangan atau kaki secara teratur.

3. Jangan pernah tinggal di rumah yang sama dengan penderita TB aktif dan belum menerima perawatan yang memadai.

4. Tindakan pencegahan TB aktif bisa dilakukan sejak kecil atau sejak masih anak-anak dengan melakukan pemberian vaksin BCG. Vaksin ini memang tidak bisa digunakan oleh orang dewasa namun sangat efektif untuk mencegah infeksi TBC pada anak-anak.

5. Jika anda berada dalam posisi sebagai orang yang sehat dan beresiko terkena TBC dari penderita TB aktif disekitar Anda, maka anda bisa mendorong penderita untuk melakukan perawatan aktif untuk menghindari resiko penularan kepada lingkungan di sekitarnya.

Cara Mencegah TBC dari Gaya Hidup

TBC bisa muncul dari gaya hidup tidak sehat dan lingkungan yang kotor. Orang yang terkena infeksi bakteri penyebab TBC bisa mengalahkan infeksi apabila memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Bakteri akan tinggal di dalam tubuh dan menjadi TB laten selama beberapa tahun, tapi tidak akan berkembang menjadi TB aktif.

Dengan mengikuti beberapa gaya hidup sehat dibawah ini maka Anda bisa membentuk tubuh yang kuat dan tidak terkena resiko tertular infeksi TBC :

1. Olahraga secara teratur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga tidak hanya untuk menjaga kekuatan otot dan sendi tubuh tapi juga membentuk tubuh memiliki kekebalan yang cukup baik dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Olahraga selama 15 menit perhari disarankan untuk memelihara kesehatan tubuh.

2. Biasakan diri anda untuk selalu mendapat istirahat yang cukup dan tidur yang cukup. Istirahat yang cukup akan membuat badan Anda menjadi lebih kuat dan sehat sehingga tidak mudah terkena infeksi bakteri, termasuk bakteri penyebab TBC.

3. Biasakan untuk mengkonsumsi berbagai jenis menu makanan sehat dan dimasak dengan cara yang sehat dan bersih. Berbagai jenis makanan yang berasal dari hewan seperti daging dan ikan harus dimasak dengan benar untuk menghindari resiko infeksi bakteri dari kuman pada sumber makanan tersebut.

4. Jaga kesehatan paru-paru dan tubuh Anda dengan tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok. Bahaya merokok akan membuat paru-paru menjadi tidak berfungsi dengan baik. Sedangkan bahaya alkohol akan membuat berbagai jenis organ tubuh seperti hati, jantung dan paru-paru terkena penyakit. Berbagai penyakit ini akan membuat sistem organ yang sehat menjadi sakit dan rentan terkena infeksi bakteri penyebab TBC.

5. Biasakan diri untuk sering keluar rumah dan memelihara rumah agar memiliki kualitas udara yang baik. Bepergian ke tempat dengan kualitas udara yang baik seperti pegunungan sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selain itu, jaga agar kondisi udara di dalam rumah tidak pengap dan ada pergantian udara yang baik untuk paru-paru.

6. Jika Anda bepergian ke tempat umum maka gunakan masker atau pelindung lain untuk menghindari terkena kontak dengan penderita TB aktif yang mungkin tidak pernah Anda sadari.

Cara Mencegah Penularan TBC dari Penderita

Pencegahan penyakit TBC tidak hanya harus disadari oleh orang yang masih sehat dan belum terkena infeksi TB, penderita TBC aktif juga harus turut berperan. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang harus dilakukan oleh penderita TBC agar tidak menularkan penyakit ke orang lain.

1. Tidak berdiam diri di dalam ruangan dan sering keluar rumah untuk mendapatkan udara yang lebih sehat dan segar.

2. Jangan pernah bersama orang lain yang sehat baik keluarga atau teman dalam satu ruangan yang sama. Langkah ini untuk mencegah penyakit agar tidak menular ke orang lain yang masih sehat.

3. Tidak menggunakan berbagai fasilitas umum dalam waktu yang terlalu sering. Penderita TBC tetap bisa beraktifitas di luar rumah namun memakai berbagai jenis fasilitas umum harus dalam jumlah yang terbatas untuk menurunkan resiko penularan.

4. Untuk sementara waktu tidak bergabung dengan lingkungan sosial yang melibatkan banyak orang demi mencegah penularan yang lebih luas.

5. Selalu menjaga kebersihan diri dan menggunakan masker saat keluar untuk mencegah penularan TBC saat gejala batuk TBC.

6. Selalu membuang semua hal yang pernah bersentuhan langsung dengan batuk ke tempat yang aman seperti membuang tisu bekas untuk menutup batuk di tempat pembuangan sampah dan bukan di tempat umum.

Tips Bagi Penderita TBC Aktif

Jika Anda sudah dinyatakan sebagai penderita TB aktif, maka Anda harus bergerak cepat untuk mengobati penyakit ini. Lakukan perawatan dengan mengambil program obat-obatan sesuai dengan jangka waktu yang telah diberikan oleh dokter. Langkah pertama untuk perawatan ini sangat baik untuk mencegah masalah TBC yang lebih parah. Jadi, meskipun TBC adalah penyakit menular, tapi penyakit ini bisa disembuhkan. Berikut ini langkah yang harus dilakukan oleh penderita TB aktif :

  • Jangan pernah merokok karena rokok akan memberikan akibat yang sangat buruk untuk paru-paru dan menghambat perawatan yang. Bahaya asap rokok dapat menyebabkan tubuh mengalami resistensi terhadap obat sehingga butuh waktu yang lebih lama lagi untuk pulih.
  • Hindari konsumsi alkohol karena bahaya minuman keras ini bisa menyebabkan kerusakan hati dan bisa berakibat perawatan dengan obat tidak akan berhasil.
  • Hindari konsumsi berbagai jenis minuman yang mengandung bahaya kafein seperti kopi karena akan memberikan efek samping yang kurang baik terhadap hasil pengobatan.
  • Hindari konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lemak seperti daging merah dan daging unggas dengan lemak. Untuk menghindari resiko terkena infeksi bakteri dari berbagai sumber makanan ini.
  • Sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan tuna, makarel atau ikan salmon karena protein akan membantu membentuk kekebalan alami tubuh.
  • Konsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale, kacang, dan berbagai jenis sayuran berwarna sangat baik untuk menambah daya tahan tubuh lewat vitamin dan mineral dari berbagai jenis makanan ini.

Bagi penderita TB aktif yang menjalani perawaTan mungkin akan menerima beberapa resiko seperti tidak nafsu makan, mual, pusing dan rasa tidak nyaman untuk perut. Beberapa reaksi ini adalah reaksi alami dari pemakaian obat untuk TB aktif. Pencegahan dan berusaha untuk sembuh akan sangat baik untuk mencegah penularan dan resiko penyebaran TBC yang lebih besar.