25 Obat Batuk Paling Ampuh Alami dan Medis

12970

Batuk merupakan penyakit yang pernah dialami oleh masyarakat yang ada di muka bumi ini. Hal itu dikarenakan batuk merupakan penyakit yang mudah menular, ketika sistem imun sedang buruk orang yang berdekatan dengan virus batuk bisa dengan mudah tertular. Pada dasarnya ada dua jenis batuk yang bisa terjadi pada manusia, yang pertama adalah batuk berdahak dan yang kedua adalah batuk kering. Untuk obat batuk berdahak diperlukan obat yang bisa digunakan untuk meredakan dahak dan mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan sehingga dahak itu bisa menghilang dan batuk pun sembuh. Sedangkan untuk batuk kering diperlukan obat yang bisa digunakan untuk meredakan rasa gatal di tenggorokan dan mengurangi frekuensi batuk.

Obat Batuk Medis

Saat seseorang terkena batuk leih dari dua hari lamanya dia akan langsung mencari obat medis atau obat kimia. Memang obat kimia ini memiliki kelebihan dan kekurangan, selain praktis dan bisa digunakan untuk meredakan batuk dalam waktu yang singkat, obat batuk secara kimia ini bisa digunakan tanpa harus meraciknya terlebih dahulu dan bisa mudah ditemukan dimana saja. Berikut ini adalah berbagai macam obat batuk secara medis yang bisa digunakan :

  1. Obat Antitussive

Obat pertama yang bisa anda gunakan sebagai obat batuk secara medis adalah obat batuk antitussive. Obat batuk tersebut memiliki fungsi sebagai penekan batuk. Jika batuk ditekan maka frekuensi dari batuk tersebut tidak sesering sebelum mengkonsumsi obat ini. Obat ini digunakan bagi orang yang mengalami batuk kering. Berbagai macam obat batuk kering yang ada di toko obat menggunakan obat ini untuk bisa menekan batuk penderita.

  1. Obat Dekongestan

Obat dekongestan merupakan obat yang dikombinasikan dengan obat antihistamin dan juga obat antitussive yang berguna untuk mengobati batuk dan meredakan batuk. Pada dasarnya obat dekongestan dan juga obat antihistamin ini berfungsi sebagai obat yang berfungsi untuk menghilangkan berbagai macam gangguan di saluran pernafasan manusia terutama hidung, mulut dan juga tenggorokan. Masalah yang sering dikait kaitkan dengan masalah hidung, mulut dan tenggorokan adalah batuk, flu dan juga alergi. Obat ini bisa anda gunakan untuk mengatasi permasalahan batuk pada umumnya. Pada batuk berdahak pun banyak yang menggunakan kombinasi antara dekongestan dengan antihistamin.

  1. Obat Antihistamin

Selain bisa digunakan sebagai obat gatal-gatal  dan juga sebagai obat cacar air , obat antihistamin ini sangat bermanfaat untuk mengatasi batuk kering maupun berdahak. Antihistamin ini memiliki fungsi sebagai pengurang rasa gatal yang ada di dalam tenggorokan manusia dan juga mengurangi dorongan seseorang untuk batuk. Pada beberapa obat antihistamin berguna untuk menenangkan penderita batuk sehingga orang yang mengalami batuk akan tidur dengan nyenyak. Namun yang harus diingat disini adalah obat ini tidak boleh disalahgunakan sebagai cara mengatasi susah tidur.

  1. Obat Kumur

Salah satu cara medis yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah batuk yang anda alami adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik. Obat kumur itu berguna sebagai pembunuh kuman, virus dan juga bakteri yang menjadi penyebab gatal dan juga batuk. Saat ini banyak produk kesehatan yang berbasis antiseptik, mulai dari obat kumur antiseptik dan juga sabun cuci tangan antiseptik. Kebanyakan obat kumur antiseptik ini berguna sebagai cara mengobati sakit gigi dan juga sebagai cara mengobati gusi bengkak. Obat kumur ini juga berguna sebagai pereda batuk yang anda alami.

  1. Obat Anti Infalamasi

Obat secara medis yang bisa anda gunakan selanjutnya adalah obat anti inflamasi. Obat ini sangat penting untuk mengatasi batuk. Oleh sebab itu ketika anda membeli obat batuk sebaiknya anda memastikan bahwa di dalam obat batuk itu ada obat anti inflamasinya. Mengapa obat ini penting ada di dalam obat batuk?, alasannya karena obat ini berguna untuk menghindari batuk menjadi peradangan. Jika sudah menjadi peradangan maka tenggorokan akan terasa sakit sebab tenggorokan sudah terkena radang dan iritasi. Oleh sebab itu obat ini penting ada dan penting untuk dikonsumsi khususnya bagi batuk kering. Batuk kering tanpa dahak ketika batuk akan melukai tenggorokan sehingga rentan untuk terkena peradangan.

  1. Ekspektoran

Obat batuk untuk mengatasi batuk berdahak bisa dengan menggunakan obat batuk jenis ekspektoran. Mungkin obat batuk itu tidak asing lagi di telinga masyarakat. Namun tahukah anda apa obat ekspektoran tersebut?, obat ekspektoran merupakan obat yang berguna untuk mengeluarkan dahak yang ada di dalam tenggorokan dan juga paru-paru manusia, obat itu juga berguna untuk mengencerkan dahak sehingga dahak akan mudah dikeluarkan. Ketika dahak banyak yang dikeluarkan maka batuk berdahak itu akan cepat untuk disembuhkan.

  1. Mukolitik

Obat batuk secara medis atau secara kimia yang bisa bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak anda adalah obat batuk dengan jenis mukolitik. Mukolitik ini juga bermanfaat sebagai pengencer dahak sehingga dahak akan mudah dikeluarkan. Sifat dahak itu adalah tebal, lengket dan menempel sehingga jika tidak diencerkan maka dahak itu akan tetap melekat kuat disana dan tidka bisa dikeluarkan.

  1. Amoxcilin

Obat ini diberikan sebanyak tiga kali dalam sehari dimana pemberiannya setiap 8 jam sekali. Fungsi dari obat ini adalah sebagai pereda infeksi ringan sampai dengan infeksi sedang. Sayangnya obat ini tidak cukup ampuh untuk mengatasi bakteri penyebab tipus. Obat ini juga bersifat antibiotik dengan jenis penisilin yang berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang disebabkan dengan jenis bakteri. Jika batuk anda disertai dengan infeksi di saluran pernapasan maka obat ini akan cukup ampuh untuk mengatasi infeksi yang sedang anda alami. Yang harus anda perhatikan adalah sebaiknya anda berkonsultasi kepada pihak medis terlebih dahulu sebelum mengobati batuk menggunakan obat ini.

  1. Obat Ciprofloksasin

Obat ini merupakan obat batuk kimia yang bisa anda gunakan, sayangnya obat ini tidak bagus dikonsumsi bagi anak-anak yang sedang menderita batuk. Fungsi obat ini sama dengan obat Amoxcilin dimana berfungsi sebagai anti bakteri. Obat ini mampu menghilangkan bakteri dan virus yang menyebabkan batuk di saluran pernapasan.

  1. Cefadroksil

Obat ini akan diberikan selama 12 jam sekali untuk mengatasi batuk berdahak maupun batuk kering. Tidak hanya batuk saja yang diatasi menggunakan obat ini melainkan berbagai macam infeksi yang ada di saluran pernapasan. Obat ini juga termasuk dalam antibiotik namun spectrum lebih luas dibandingkan dengan obat antibiotik yang lainnya.

  1. Obat Ambroxol

Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak dan akan diberikan dengan dosis tiga kali dalam sehari. Amboroxol tergolong dalam obat golongan mukolitik dan bisa sebagai pengencer dahak. Saat dahak sedang banyak-banyaknya atau saat pertama kali terkena batuk berdahak sebaiknya anda mengkonsumsi obat pengencer dahak agar dahak yang menempel di tenggorokan segera menghilang.

  1. Obat Bromhexine

Obat mukolitik yang berguna untuk mengencerkan dahak banyak sekali jenisnya, bromhexine ini merupakan obat yang berguna sebagai pengencer dahak dan mengurangi dahak seperti obat mukolitik lainnya. Pembuangan dahak dari saluran pernapasan menggunakan obat ini tergolong efektif sehingga dahak pun akan menjadi berkurang. Untuk menghilangkan batuk menggunakan obat ini bisa dengan cara mengkonsmsinya sebanyak tiga kali dalam sehari.

  1. Dextromethorphan

Obat kimia yang bisa digunakan untuk mengobati batuk kering atau tidak berdahak bisa mengkonsumsi obat ini. Obat ini juga bisa digunakan untuk meredakan batuk yang disertai dengan flu sehingga kinerja obat ini akan meredakan batuk bersama dengan flu yang menyertainya.

  1. Supplemen Vitamin C

Bagi anda yang berobat ke medis, ada dokter yang akan memberikan anda supplemen vitamin C. Vitamin C ini sangat bagus untuk sistem imun tubuh anda. Seperti yang kita ketahui bahwa supplemen vitamin C itu berguna untuk meningkatkan sistem imun sehingga virus maupun bakteri yang menyebabkan batuk itu segera hilang. Jika sistem imun memburuk maka virus dan bakteri itu akan semakin lama diatasi atau ditangani. Anda bisa mengkonsumsi vitamin C sebanyak tiga kali dalam sehari dan anda bisa mendapatkannya di apotek atau toko obat yang lain.

  1. Obat Anti Alergi

Dokter akan melakukan berbagai cara tes alergi  kepada anda yang mengalami batuk dan pilek pada saat-saat tertentu saja misalnya saat udara dingin atau saat anda terpapar dengan debu. Jika anda batuk dan pilek tidak berkesinambungan bisa jadi anda mengalami alergi. Obat anti alergi akan diberikan oleh dokter bagi anda yang mengalami batuk dan pilek karena alergi. Untuk mengatasi batuk yang disebabkan oleh alergi dingin harus disertai dengan cara mengatasi alergi dingin, jika tidak dibarengi dengan cara itu batuk itu tetap akan anda dan tidak hilang.

Obat Batuk Alami

Bagi anda yang takut dengan efek samping dari obat kimia yang dihasilkan anda bisa menggunakan berbagai macam bahan tradisional yang bisa digunakan sebagai obat batuk alami. Kelebihan dari obat batuk alami ini adalah anda bisa meredakan batuk tanpa efek samping meskipun anda mengkonsumsinya jangka panjang, kekurangan dari obat batuk alami adalah masa penyembuhan yang lama. Memang untuk penyembuhan tergolong lama namun obat alami itu sangat aman.

Berbeda dengan obat kimia yang dikonsumsi efek jangka panjang, kandungan kimia yang ada di dalamnya  bisa mengendap di ginjal dan mempengaruhi kinerja ginjal. Salah satu faktor penyebab gagal ginjal  adalah terlalu seringnya ginjal terpapar dengan bahan-bahan kimia salah satunya adalah bahan kimia yang ada di dalam obat kimia. Oleh sebab itu sebagai cara menjaga kesehatan ginjal secara alami adalah dengan menghindarkan ginjal dari bahan-bahan kimia yang berbahaya. Boleh boleh saja anda mengkonsumsi obat kimia untuk meredakan batuk namun jangan mengkonsumsinya jangka panjang, anda juga bisa beralih ke obat alami dan tradisional untuk menjaga ginjal anda tetap sehat. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan sebagai obat batuk secara alami atau tradisional:

  1. Madu

Salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi batuk adalah madu. Selama ini khasiat madu untuk kesehatan dan kecantikan tidak perlu diragukan lagi. Sayangya saat ini banyak beredar madu palsu yang dioplos menggunakan gula merah sehingga kekentalan dan warnanya pun hampir menyerupai dengan madu asli. Sebelum anda tahu bagaimana caranya mengatasi batuk menggunakan madu sebaiknya anda tahu bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu .

Selain bisa digunakan untuk mengobati batuk, madu juga bsia digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung dan juga sebagai cara mengatasi bibir kering  karena madu akan melembabkan bibir yang kering tersebut. Cara mengobati batuk menggunakan madu adalah sebagai berikut ini :

  • Campurkan segelas air putih hangat.
  • Campurkan dengan 3 sdm madu asli, kemudian aduk sampai tercampur secara merata.
  • Minum sata masih hangat dan waktu meminumnya ketika bangun tidur dan juga saat mau tidur. Fungsi dari madu itu adalah melegakan tenggorokan dan sebagai pengencer dahak yang menempel di tenggorokan maupun paru-paru. Tenggorokan yang lega akan membuat tidur anda nyenyak saat malam hari.
  1. Air Garam

Larutan air garam tidak hanya berguna sebagai oralit untuk penderita diare  saja namun juga berguna untuk mengatasi batuk kering yang membandel. Air garam merupakan bahan alami yang juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati terjadinya infeksi tenggorokan. Berikut ini adalah cara mengatasi batuk dengan menggunakan larutan air garam:

  • Rebuslah sebanyak dua gelas air.
  • Saat air mendidih kemudian matikan api, 5 menit kemudian campurkanlah 2 sendok makan garam ke dalam air panas itu.
  • Aduk sampai merata kedua bahan tersebut.
  • Gunakanlah air rebusan itu untuk berkumur.
  • Lakukanlah secara teratur tiga kali dalam sehari.
  • Garam tidak boleh dimasak menggunakan air yang mendidih yang bersifat panas begitu pula garam tidak boleh langsung dimasukkan ke dalam masakan dengan air yang mendidih namun dimasukkan setelah api dimatikan dan air atau suhu makanan tidak panas namun hangat. Banyak kesalahan yang dilakukan oleh masyarakat yang memberikan garam saat api di kompor masih menyala. Hal tersebut sangat berbahaya sebab lama kelamaan kebiasan tersebut bisa menyebabkan serangan jantung. Alasannya adalah garam yang dimasak dalam suhu yang panas akan berubah menjadi racun untuk tubuh dan bisa menghambat pembuluh darah terutama pembuluh darah yang ada di jantung. Sehingga aliran darah ke jantung menjadi tidak lancar kemudian timbullah penyakit jantung . Kandungan yodium pada garam pun bisamenjadi hilang jika dicampurkan saat suhu masih panas sehingga tubuh akan kekurangan zat yodium.
  1. Madu dan Lada

Bagi anda yang ingin menghilangkan batuk dengan cepat menggunakan bahan yang alami anda bisa menggunakan bahan alami madu dicampurkan dengan pala. Memang rasanya akan sedikit tidak enak, namun yang namanya obat mana ada rasa yang enak. Madu yang memiliki sifat antibitoik dan jika dikombinasikan dengan lada atau merica yang hangat tentu bisa melegakan tenggorokan anda dan memberikan rasa hangat di dalam tenggorokan anda. Cara menghilangkan batuk dengan cara ini adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil satu sendok makan madu.
  • Ambil satu jumput merica yang telah dihaluskan. Kemudian aduk kedua bahan tersebut agar tercampur secara merata.
  • Lakukanlah cara ini setiap malam hari supaya tenggorokan anda tidak gatal serta dahak yang ada di dalam tenggorokan maupun paru-paru menjadi berkurang.
  1. Buah Mengandung Vitamin C

Jika tadi disebutkan untuk mengatasi batuk kering maupun berdahak bisa menggunakan supplemen vitamin C, bagi anda yang ingin menyembuhkan batuk yang anda alami menggunakan vitamin C bisa mengganti supplemen vitamin C menggunakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Buah yang mengandung vitamin C adalah kelompok berry, jeruk, jambu, lemon dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa mengkonsumsi buah itu sebelum makan.

Sayangnya bagi anda yang batuk namun memiliki penyakit maag dan asam lambung  jangan mengkonsumsi vitamin C terlalu berlebihan. Penderita maag dan juga asam lambung sebaiknya mengkonsumsi vitamin C saat perut sudah tidak kosong. Kenali juga berbagai macam bahaya jeruk nipis bagi penderita maag.

  1. Jeruk Nipis

Tidak dipungkiri lagi bahwa jeruk nipis memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Selain bisa digunakan sebagai cara mengecilkan perut buncit dalam 7 hari  jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat batuk alami yang cukup banyak digunakan masyarakat jaman dahulu untuk menghilangkan batuk berdahak. Jeruk nipis ini bersifat antibakteri sehingga bisa mengjhilangkan kuman dan bakteri yang menyebabkan seseorang mengalami batuk. Cara mengobati batuk menggunakan jeruk nipis pun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Cara pertama. Ambil satu buah jeruk nipis, potong menjadi dua bagian. Peras jeruk nipis itu dan tampung menggunakan sendok. Campurkan beberapa tetes kecap manis ke dalam air perasan jeruk nipis. Kemudian minum sebanyak tiga kali dalam sehari secara tyeratur.
  • Cara kedua. Ambil satu buah jeruk nipis, kupas kulitnya. Cocolkanlah jeruk nipis yang telah dikupas itu ke dalam kecap manis dan makan bersama kecap manis tersebut.
  • Cara ketiga. Satu sendok makan air perasan jeruk nipis, kemudian campurkan lah menggunakan setengah sendok teh madu. Minum secara teratur tiga kali dalam sehari terutama bangun tidur dan saat akan tidur.
  • Cara keempat. Satu buah jeruk nipis, kemudian belah menjadi dua bagian. Bagian jeruk nipis yang terbelah dibalur dengan menggunakan kapur sirih, diamkan sejenak. Kulit luar jeruk nipis dibakar sampai berbusa kemudian peraslah jeruk nipis tersebut. Air perasan jeruk nipis ditambahkan dengan gula batu. Saat sudah tercampur rata, minum air perasan jeruk nipis tersebut secara rutin agar batuk anda segera menghilang.
  1. Jahe

Siapa yang tidak kenal jahe, selama ini jahe berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Misalnya sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan dan sebagai makanan untuk detoksifikasi tubuh. Jahe juga berguna untuk mengatasi batuk berdahak yang efektif. Jahe bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak dikarenakan kandungan anti bakteri yang ada di dalamnya. Rasa hangat pada jahe juga berguna utnuk menghangatkan tubuh, tenggorokan dan juga perut. Tenggorokan yang hangat akan mengurangi rasa gatal yang ada di tenggorokan. Jika rasa gatal berkurang ketidaknyamanan akibat batuk juga akan berkurang.

Bagi yang sedang mengalami batuk berdahak bisa mengkonsumsi sari jahe atau mengkonsumsi air jahe sebanyak dua kali dalam sehari. Mengkonsumsinya pun harus dalam keadaan hangat. Berikut ini adalah cara membuat sari jahe atau air jahe yang praktis dan mudah :

  • Sangrai atau bakar dua rimpang jahe berukuran sedang. Pembakaran dan menyangrai ini bertujuan utnuk membuat aroma jahe keluar.
  • Geprek jahe tersebut.
  • Rebus bersama dengan tiga gelas air sampai mendidih, anda juga bisa mencampurkan sereh ke dalam air tersebut.
  • Sisakan air menjadi setengahnya kemudian minum selagi hangat.
  1. Kencur

Kencur merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak khaisat. Selain bisa digunakan untuk menjaga kesehatan, kencur bisa digunakan untuk meredakan batu berdahak. Rasa hangat dan pedas yang dimiliki kencur dipercaya bisa digunakan untuk melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak. Mengkonsumsi kencur juga bisa digunakan untuk menghindari suara parau akibat batuk. Cara menghilangkan batuk menggunakan kencur sangat mudah sekali, anda bisa mengkonsumsi kencur yang sudah dikupas dan dicuci mentah-mentah. Tidak hanya itu saja anda juga bisa mengkonsumi air perasan kencur satu sendok makan sebanyak tiga kali dalam sehari.

  1. Daun Sirih

Selama ini daun sirih sudah diketahui banyak sekali manfaatnya terutama sebagai sebagai cara mengobati keputihan dan juga untuk menghilangkan bau tidak sedap pada keputihan  tidak normal. Untuk mengatasi batuk menggunakan daun sirih ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Rebus beberapa lembar daun sirih yang telah dibersihkan.
  • Campurkan satu rimpang jahe berukuran sedang yang sudah diiris-iris tipis ke dalam air campuran daun sirih tersebut.
  • Minumlah air rebusan itu sebanyak satu kali dalam sehari agar batuk anda segera sembuh.
  1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memang memiliki rasa yang asam namun belimbing wuluh ini bisa digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan sariawan   karena kandungan vitamin C nya yang tinggi. Tidak hanya itu saja, belimbing wuluh yang biasa digunakan untuk membuat sayur asam ini bisa digunakan sebagai obat batuk. Berikut ini adalah cara menyembuhkan batuk menggunakan belimbing wuluh :

  • Ambil 10 buah belimbing wuluh kemudian parut sampai belimbing wuluh itu halus.
  • Peras jeruk nipis tersebut kemudian campurkan menggunakan sedikit garam.
  • Minum sebanyak dua kali dalam sehari tiap pagi dan tiap mau tidur.
  1. Asam Jawa dan Gula Merah

Asam jawa sangat berguna untuk mengobati sakit sariawan dan mampu mengecilkan badan yang gemuk menjadi langsing. Asam ini juga sering dijadikan sebagai bumbu rujak karena menyegarkan. Untuk mengobati batuk menggunakan asam jawa ini anda harus melakukan hal-hal seperti berikut ini:

  • Siapkan 10 buah asam jawa.
  • Seduh asam jawa itu menggunakan segelas air panas, tambahkan gula jawa secukupnya.
  • Aduk agar semua bahan agar tercampur secara merata.
  • Minum sebanyak dua kali dalam sehari pagi hari dan juga malam hari, meminumnya pun selagi masih hangat agar tenggorokan terasa hangat. Jika tenggorokan terasa hangat maka rasa gatal yang diakibatkan oleh batuk itu akan sedikit menghilang.

Cara Membuat Batuk Cepat Reda atau Sembuh

Batuk akan menimbulkan ketidaknyamanan sehingga membuat kehidupan menjadi tidak jenak, makan tidak jenak, minum tidak jenak dan tentunya tidur pun tidak jenak. Batuk juga menyebabkan dada terasa sakit ketika digunakan mengejan saat batuk. Oleh sebab itu anda bisa membuat batuk cepat reda atau sembuh dengan cara berikut ini :

  • Hindari makanan pedas. Banyak sekali makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi saat batuk, misalnya saja adalah makanan pedas. Bahaya makanan pedas tidak boleh dikonsumsi penderita batuk dikarenakan kandungan capsicum pada cabai akan membuat tenggorokan terasa semakin tidak nyaman, bahkan bisa membuat tenggorokan menjadi iritasi sehingga batuk menjadi komplikasi dengan radang tenggorokan.
  • Makanan digoreng. Makanan yang digoreng akan membuat batuk anda semakin membandel di dalam tubuh anda. Banyak larangan yang mengatakan bahwa saat batuk tidak boleh mengkonsumsi gorengan, tahukah anda apa alasan yang mendasari larangan tersebut?. Makanan yang digoreng dan masuk ke dalam tubuh manusia justru akan membuat dahak yang ada di tenggorokan atau di paru semakin mengental. Hal itu dikarenakan kandungan minyak dalam makanan itu membuat dahak mengental dan sulit untuk dikeluarkan. Batuk pun menjadi semakin lama disembuhkan.
  • Hindari es atau minuman dingin. Saat batuk sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman dingin atau es batu. Bahaya minum air es setiap hari bagi penderita batuk adalah bisa menyebabkan dahak semakin kental dan membuat rasa gatal di tenggorokan. Saat tenggorokan terasa gatal maka penderita batuk pun akan semakin tersiksa.
  • Hindari gula pasir. Bagi anda yang ingin batuknya segera sembuh ada baiknya anda menghindari makanan dan minuman yang manis. Jika ingin minuman manis anda bisa mengganti gula pasir menggunakan madu. Alasannya adalah makanan atau minuman manis bisa menyebabkan tenggorokan semakin gatal dan frekuensi batuk menjadi bertambah akibat tenggorokan yang terasa gatal itu.

Demikianlah berbagai macam cara yang bisa anda gunakan untuk mengasi batuk kering maupun batuk berdahak. Jika anda sudah melakukan berbagai macam tersebut namun batuk anda tidak kunjung sembuh sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter. Bisa jadi batuk yang anda derita bukanlah batuk biasa melainkan suatu tanda atau gejala adanya masalah di paru-paru anda atau di masalah pernafasan anda. Anda juga harus segera berobat ke dokter jika anda menemukan gejala lain di dalam batuk anda misalnya saja adalah anda mengalami batuk berdarah, sesak nafas, disertai dengan kejang dan anda mengalami batuk itu lebih dari satu bulan lamanya. Gejala itu tidak akan bisa diatasi menggunakan obat batuk biasa.