14 Bahaya Makanan Pedas – Kesehatan dan Ibu Hamil

5894

Makanan pedas banyak dikonsumsi mayoritas masyarakat Indonesia . Kalaupun mereka ada yang tahu tentang bahaya makanan pedas mereka tetap ada yang mengabaikannya. Yang namanya bahaya akan tetap menjadi bahaya. Makanan pedas memang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan namun makanan pedas juga memiliki berbagai macam bahaya bagi kesehatan terutama bagi orang yang memiliki penyakit maag. Akan sangat berbahaya sekali jika orang yang terkena maag mengkonsumsi makanan yang pedas. Kebanyakan rasa pedas disebabkan oleh kandungan capsicum yang ada pada cabe, sebaiknya sebelum anda mengkonsumsi makanan pedas terlalu banyak anda tahu apa saja bahaya makanan pedas bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah berbagai macam bahaya mengkonsumsi makanan pedas jika dikonsumsi terlalu sering dan terlalu berlebihan :

  1. Penyebab Maag Akut

Salah satu bahaya terlalu banyak memakan makanan pedas adalah menyebabkan orang yang memakannya akan mengalami maag akut. Sebaiknya bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan pedas setiap harinya tahu apa saja yang menjadi gejala penyakit maag sehingga ketika anda habis memakan pedas dan kemudian mengalami gejala tersebut bisa mengatasi penyakit maag dengan tepat dan cepat. Bagi yang belum mengetahui dirinya terkena maag, ketika habis memakan makanan pedas dan lambung langsung bereaksi bisa jadi penyakit maag ada di dalam dirinya.

  1. Menyebabkan Penyakit Lambung

Maag biasanya akan disertai dengan penyakit lambung dimana lambung penderita maag mengalami luka maupun infeksi di lambungnya. Ketika anda memakan makanan pedas, penderita penyakit lambung sehabis memakan makanan pedas akan mengalami asam lambung tinggi sehingga menyebabkan perut terasa perih dan nyeri luar biasa. Capsicum yang ada pada cabai bisa memicu naiknya asam lambung di dalam lambung sehingga rasa perih akan muncul.

Tidak hanya itu saja menghindari makanan pedas merupakan cara mencegah asam lambung  naik kembali, bagi yang menderita penyakit maag disertai asam lambung pun sebaiknya jangan memakan makanan pedas sebab capsicum yang ada pada cabai bisa bersentuhan dengan tukak lambung dan menyebabkan rasa perih yang tidak tertahankan. Anda harus mengetahui ketika gejala asam lambung yang mulai meninggi sehingga anda bisa segera menerapkan berbagai macam cara mengobati asam lambung naik  sehingga rasa perih tersebut tidak akan berlangsung lama. Kenali juga penyebab asam lambung naik  lainnya selain memakan makanan yang pedas.

  1. Membuat Susah Tidur

Bahaya lainnya ketika anda mengkonsumsi makanan yang pedas setiap harinya anda akan mengalami susah tidur saat malam hari. Rasa pedas yang ada pada cabai maupun merica bisa menyebabkan otak mengirimkan sinyal kepada hormon norepinefrin agar tetap terjaga. Sinyal yang diberikan otak tersebut akan membuat orang yang mengkonsumsi makanan pedas setiap harinya terus merasakan cemas, gelisah dan juga insomnia. Hal ini juga menimpa orang yang sedang mengalami depresi. Perhatikan juga apa saja yang menjadi ciri-ciri depresi sehingga anda akan mengetahui susah tidur yang anda alami itu akibat depresi atau karena memakan makanan yang pedas. Ada baiknya anda juga tidak mengkonsumsi makanan pedas ketika mau tidur hal itu dikarenakan anda akan susah tidur ke depannya.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Makanan pedas atau makanan yang mengandung cabai menjadi makanan pantangan bagi orang yang sedang melakukan berbagai macam cara menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan orang yang suka mengkonsumsi makanan pedas dan sedang berdiet nafsu makan justru akan menjadi bertambah. Hal itu dikarenakan zat capsicum yang ada pada cabai mempengaruhi nafsu makan seseorang.

  1. Perut Mulas

Salah satu bahaya memakan makanan pedas adalah bisa menyebabkan perut seseorang terasa mulas. rasa mulas yang dihasilkan itu merupakan hasil dari zat capsicum yang ada pada cabai. Zat itu mampu mengiritasi dinding lambung sehingga menyebabkan perut pun menjadi mulas.

  1. Diare 

Hal lainnya yang menjadi bahaya memakan makanan pedas adalah bisa menimbulkan seseorang terkena diare. Diare ini disebabkan oleh zat capsicum yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh. Zat tersebut bisa membuat usus menjadi teriritasi sehingga usus tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Usus yang kinerjanya benar-benar terganggu adalah bagian usus besar. Usus besar adalah bagian usus yang sangat penting dimana terjadi penyerapan cairan makanan di dalam kotoran manusia sehingga saat dikeluarkan bentuknya tidak terlalu cair. Jika kinerja usus besar terganggu maka penyerapan cairan di dalam usus besar pun tidak berjalan maksimal sehingga kotoran yang dikeluarkan masih banyak cairannya atau lembek. Cara mencegah diare yang efektif adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan  pedas terlalu berlebihan atau jika mengkonsumsi makanan pedas jangan banyak cabainya. Hal tersebut akan membuat seseorang merasakan mulas kemudian timbullah penyakit diare tersebut.

  1. Refluks Asam

Orang yang memiliki penyakit asam lambung tinggi kemudian mengkonsumsi makanan yang pedas dia akan merangsang terjadinya refluks asam bagi penderita asam lambung tinggi dan juga penderita maag. Tahukah anda apakah itu refluks asam yang tinggi itu?, refluks asam merupakan naiknya asam lambung ke kerongkongan manusia sehingga kerongkongan manusia akan mudah rusak dan sering terganggu akibat terjadinya refluks asam tersebut.

Tidak hanya merusak kerongkongan saja namun makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan akan dikeluarkan kembali menuju ke kerongkongan sehingga rasa nyeri dan rasa perih akan muncul di kerongkongan. Keluarnya kembali makanan tersebut juga menjadi tanda adanya kanker mulut dan juga kanker nasofaring. Oleh sebab itu anda jangan menyepelekan berbagai macam bahaya asam lambung naik  terutama jika makanan bisa dikeluarkan kembali melalui kerongkongan manusia.

  1. Perut Terasa Panas

Hal yang sering dialami oleh orang yang mengkonsumsi makanan pedas adalah dia akan merasakan panas di perutnya. Hal tersebut merupakan hal yang lumrah terjadi jika orang yang mengkonsumsi makanan pedas akan merasakan panas di perutnya. Alasannya adalah zat capsicum yang ada pada cabai dan dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan iritasi usus dan juga lambung. Gejala dari iritasi tersebut adalah munculnya rasa panas di perut setelah mengkonsumsi makanan yang pedas.

  1. Perut terasa Melilit

Bahaya mengkonsumsi makanan pedas yang harus diwaspadai adalah bisa menyebabkan perut terasa melilit. Perut terasa melilit itu merupakan reaksi usus yang menerima zat capsicum terlalu berlebihan sehingga usus memberikan sinyal berupa perut terasa melilit.

  1. Sakit Kepala 

Efek lainnya akibat mengkonsumsi makanan yang pedas adalah akan membuat anda merasakan sakit kepala. Makanan pedas akan menyebabkan sakit kepala jika anda mengkonsumsinya saat perut anda kosong. Misalnya saja adalah anda belum terisi makanan apapun dan tiba-tiba anda langsung mengkonsumsi makana yang pedas, hal itu akan membuat anda akan merasakan sakit kepala. Sakit kepala sehabis mengkonsumsi makanan pedas juga erat kaitannya dengan penyakit lambung atau maag yang anda derita. Kenali berbagai macam penyebab sakit kepala yang anda alami sebelum anda mengobatinya sebab pengobatan sakit kepala yang tepat harus berdasarkan dengan penyebabnya.

  1. Lidah Terbakar dan Mati Rasa

Bahaya mengkonsumsi makanan pedas adala akan membuat lidah anda akan terasa terbakar. Jika anda sering mengkonsumsi makana pedas permukaan lidah anda akan menebal sehingga lidah akan menjadi mati rasa ketika mengkonsumsi makanan pedas. Ada baiknya anda tidak mengkonsumsi makanan pedas di ambang batas. Semampunya saja ketika anda mengkonsumsi pedas sebab jika anda memaksakan diri, lidah menjadi mati rasa terhadap rasa pedas yang anda makan. Memang mengkonsumsi makanan pedas lidah tidak akan merasakannya namun imbasnya ada di lambung dan juga di saluran pencernaan. Bijaklah ketika anda ingin mengkonsumsi makanan pedas.

  1. Kerongkongan Terbakar dan Panas

Salah satu bahaya orang yang mengkonsumsi makanan pedas adalah dia akan mengalami kerongkongan yang terbakar serta panas. Bahkan orang yang suka mengkonsumsi makanan pedas dia akan lebih rentan terkena radang tenggorokan. Penyebabnya adalah zat capsicum yang ada pada cabai akan melalui kerongkongan manusia sebelum akhirnya masuk ke lambung dan saluran pencernaan manusia. Zat tersebut mampu mengiritasi kerongkongan sehingga kerongkongan terasa seperti terbakar dan juga panas.

Dibutuhkan cara mengobati radang tenggorokan yang ampuh dan efektif serta selama masa pengobatan radang tenggorokan tersebut sebaiknya anda menghindari makanan pedas. Ketika radang tenggorokan menyapa, anda harus segera mengobatinya sebab jika dibiarkan terus menerus akan ada berbagai macam bahaya radang tenggorokan  yang siap mengintai anda setiap saat.

  1. Menyebabkan Mata Perih

Bahaya makana pedas yang dikonsumsi akan menyebabkan mata menjadi perih. Memang hal ini tidak terjadi pada setiap orang yang memakan makanan pedas. Hal ini akan terjadi pada orang yang mengkonsumsi makana pedas namun dia lupa untuk mencuci tangannya sehabis mengkonsumi makanan pedas. Mata orang tersebut pun akan terkena rasa pedas yang ada pada cabai. Tidak hanya itu saja, bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan pedas dan berkuah seperti mie ayam atau mie ramen sebaiknya anda menghindarkan mata anda terkena cipratan dari kuah makanan tersebut. Hal itu bisa terjadi ketika anda menyeruput mie ke dalam mulut anda.

  1. Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Makanan  pedas tidak hanya berbahaya bagi masyarakat biasa saja namun makanan pedas juga sangat berbahaya bagi ibu hamil. Berikut ini adalah bahaya makanan pedas bagi ibu hamil yang harus anda ketahui :

  • Memicu rasa mulas berlebihan. Mulas yang berlebihan tidak bagus dialami oleh ibu yang sedang hamil muda sebab bisa menganggu pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.
  • Diare. Ibu hamil yang mengkonsumsi makanan pedas berlebihan pun rentan untuk terkena diare. Diare pada ibu hamil ini sangat tidak bagus sebab jika diare terus-terusan ibu hamil akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Ada banyak sekali bahaya dehidrasi yang harus diwaspadai salah satunya adalah menyebabkan kinerja organ terganggu dan darah menjadi pekat. Jika darah ibu hamil menjadi pekat atau kental akibatnya adalah janin yang ada di dalam kandungan tidak memiliki asupan darah dan oksigen yang cukup sehingga janin bisa mati di dalam kandungan.
  • Kontraksi dini. Ibu hamil yang suka sekali mengkonsumsi makanan pedas dia akan mengalami kontraksi dini yang diakibatkan oleh terlepasnya hormon prostaglandin. Pelepasan hormon ini akan mendorong otot-otot halus yang ada di dalam rahim sehingga terjadi kontraksi. Hati-hatilah bagi ibu hamil yang suka mengkonsumsi makanan pedas di saat usia kehamilannya belum cukup matang.

Cara Mengatasi Rasa Pedas

Berikut ini ada berbagai macam cara praktis yang bisa anda laukan untuk menetralisir rasa pedas yang anda alami :

  1. Susu

Selama ini susu menjadi alternatif untuk meredakan rasa pedas yang mereka alami. Saat anda hendak mengkonsumsi makanan pedas siapkanlah susu terlebih dahulu sehingga susu tersebut bisa menghilangkan rasa pedas anda. Susu bisa menghilangkan rasa pedas karena memiliki beberapa alasan berikut ini :

  • Kandungan kasein protein yang ada pada susu mampu menghilangkan molekul capsicum dari reseptor saraf yang ada di dalam mulut anda.
  • Susu yang dingin memiliki efek menyegarkan dan menyejukkan.
  • Kandungan lemak di dalam susu mampu melindungi organ lidah yang ada di mulut. Lemak tersebut juga bisa menyegarkan serta membersihkan zat capsicum yang menempel pada lidah maupun mulut manusia.
  1. Marshmallow

Marshmallow selain enak bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pedas akibat memakan makanan yang mengandung cabai. Fungsi dari marshmallow itu adalah untuk menyerap pedas akibat zat capsicum.

  1. Jangan Mengkonsumsi Es Dingin

Es dingin justru akan membuat rasa pedas semakin menyebar ke seluruh bagian lidah maupun ke seluruh mulut anda. Memang saat anda meneguk es dingin rasa pedas itu akan hilang untuk sementara namun ketika minuman dingin sudah sampai di kerongkongan maka rasa pedas itu akan mulai menyebar ke seluruh bagian mulut.

Itulah berbagai macam cara untuk mengatasi rasa pedas yang anda alami. Bagi yang hobi mengkonsumsi makanan pedas terutama yang memiliki penyakit maag maupun asam lambung sebaiknya menghindari makanan pedas atau mengurangi frekuensi memakan makanan pedas yang masuk ke dalam tubuh anda agar terhindar dari bahaya makanan pedas.