Home Penyakit dan KelainanFaringitis 43 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Cepat

43 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Cepat

by Ana Rohma

Sekarang ini masih dalam masa pancaroba, yakni masa dimana keadaan panas dan hujan saling berebut dan membuat tubuh menjadi sulit untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan yang drastis. Penyakit yang paling sering menyerang tubuh ketika kondisi suhu lingkungan yang berubah ubah salah satunya adalah radang tenggorokan atau dalam bahasa medis disebut faringitis. Penyakit ini muncul akibat beberapa hal.

Penyebab faringitis / Radang Tenggorokan

  1. Infeksi Virus. Virus adalah sel organisme yang menyebabkan radang tenggorokan ini muncul. Virus memang tak bisa diobati karena ia nantinya akan hilang dengan sendirinya. Biasanya, ketika virus menyerang dan mengakibatkan radang tenggorokan, maka hal yang perlu dilakukan adalah mendiamkannya atau jika memang sudah akut, maka perlu diberi beberapa resep obat.
  2. Bakteri. Dalam kasus radang tenggorokan, bakteri menjadi salah satu penyebab kemunculan penyakit ini. Hal ini lantaran bakteri mengandung beberapa zat yang membuat penyakit tersebut muncul. Bakteri bisa masuk dari mana saja. Ia bisa masuk dari udara, air yang diminum, dan segala hal yang berada di luar tubuh manusia yang secara sengaja atau tidak sengaja masuk ke dalam tubuh manusia.

Pada dasarnya, virus maupun bakteri ini tak bisa membuat tubuh sakit apabila imunitas dalam tubuh terjaga baik. Akan tetapi, dalam keadaan semacam ini, dimana tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi sementara lingkungan dengan cepat berubah, ini mempengaruhi imunitas yang kemudian menyebabkan tubuh kurang fit dan membuat virus atau pun bakteri menyerang dengan begitu mudah.

Radang tenggorokan ini adalah sebuah penyakit yang lebih sering menyerang balita hingga remaja. Hal ini lantaran kekebalan terhadap penyakit radang tenggorokan ini baru muncul ketika dewasa. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terkena radang tenggorokan.

Cara mengobati radang tenggorokan pada Balita

Dalam beberapa kasus, radang tenggorokan sering menyerang balita. Maka ketika menyerang balita, ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk mengobati radang tenggorokan pada balita. Dalam pengobatannya, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Apalagi ketika hendak menggunakan antibiotik. Salah antibiotik, maka bisa mengakibatkan bakteri malah semakin berkembang dan membahayakan balita tersebut. Radang tenggorokan pada balita ditandai dengan kemunculan tonsil aktai amandel yang menyebabkan gatal pada tenggorokan dan kesulitan untuk menelan makanan. Selain itu biasanya juga disertai dengan munculnya batuk pilek dan demam. Hal yang paling baik ketika mencoba mengobati radang tenggorokan pada balita adalah dengan cara-cara alami. Berikut beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan pada balita.

  1. Mengajarkan mereka untuk banyak minum air.. Minuman hangat mampu memberikan rasa nyaman pada tenggorokan sang anak. Hal ini juga sedikit banyak membantu penyembuhan radang tenggorokan.
  2. Menggunakan Cuka Apel. Cuka apel memiliki zat yang mampu membunuh bakteri. Ini adalah salah satu penanggulangan secara alamiah yang mampu menyembuhkan radang tenggorokan. Caranya cukup mudah, yakni dengan menambahkan dua sendok makan cuka apel dan satu sendok makan madu ke dalam air hangat lalu diminumkan pada balita. Lalu untuk menambah kemanjuran obat alamiah ini, anda bisa menambahkan bubuk ceyenne pada ramuan tersebut. Minumkan ini dua kali pada balita anda dan radang tenggorokan mereka akan hilang.
  3. Menggunakan Jahe. Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang menghasilkan efek hangat di dalam tubuh. Selain untuk menghangatkan tubuh, jahe juga bisa dipakai untuk obat radang tenggorokan. Hal ini lantaran jahe memiliki sifat ekspektoran yang mampu membersihkan racun-racun yang ada di tenggorokan anda. Selain itu juga jahe mampu mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan tersebut. Cara untuk meminumkan jahe pada anak anda cukup mudah. Anda bisa mengolah jahe itu menjadi minuman hangat yang bisa anda campur dengan jeruk nipis dan sedikit madu. Kehangatan jahe mampu mempercepat proses penyembuhan balita anda.
  4. Membuat Sirup Bawang. Ketika mendengar sirup bawang pasti anda terngiang rasa aneh lantaran bagaimana mungkin bawang bisa disirup dan dijadikan obat radang tenggorokan? Tapi pada kenyataanya, bawang memang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Bawang putih memiliki zat yang mampu membunuh kuman. Itulah kenapa bawang menjadi salah satu obat radang tenggorokan. Cara membuat sirup bawang cukup mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa siung bawang hinga ia menjadi bubur, lalu ada campurkan beberapa sendok bubur bawang itu dengan madu dan perasan air jeruk untuk menambah rasa dan anda bisa menyodorkannya pada anak anda.
  5. Berkumur dengan air garam hangat. Cara selanjutnya untuk mengobati radang tenggorokan pada balita anda adalah dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Berkumur menggunakan air garam hangat beberapa kali dalam sehari mampu meredakan pembengkakan atau radang tenggorokan. Selain itu juga bisa membuang dahak, dan bakteri. Caranya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan air hangat dengan garam dan berkumur menggunakan air tersebut tiga kali dalam sehari. Hal itu mampu membersihkan bakteri-bakteri yang ada pada tenggorokan yang menyebabkan radang tenggorokan.
  6. Istirahat yang cukup. Balita terkadang tak tahu kapan mereka harus istirahat dan kapan mereka harus terus-terusan bermain. Disinilah peran orang tua menjadi penting. Istirahat mampu mengambalikan imunitas-imunitas tubuh dan membuatnya bekerja maksimal.

Cara Mengobati Radang tenggorokan pada Remaja dan Dewasa

Selain beberapa cara untuk mengobati radang tenggorokan pada balita, fase usia yang lain juga memungkinkan untuk terserang penyakit ini. Dalam hal ini remaja hingga dewasa masih mungkin terkena penyakit ini. Dalam penanganannya secara alamiah, cara yang digunakan sama dengan yang dipakai pada balita. Meskipun ada beberapa cara alami lain yang bisa digunakan oleh remaja dan orang dewasa untuk menyembuhka radang tenggorokan yang menyerang mereka.

1. Konsumsi Teh Chamomile.

Apakah anda pernah mendengar nama teh Chamomile? Chamomile atau Chamomile Jerman adalah tumbuhan semusim yang biasa tumbuh di daratan Eropa. Akan tetapi dalam penyebarannya ia juga tumbuh di Australia dan Amerika Utara. Chamomile adalah tanaman herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti sakit perut, dan radang tenggorokan. Dalam pengobatannya, teh chamomile biasanya diseduh dan kemudian diminum pada pagi hari. Dianjurkan untuk meminumnya tanpa sarapan terlebih dahulu karena selain membersihkan bakteri di tenggorokan, chamomile juga mampu membersihkan radang di perut. Selain itu, rupanya, penelitian terbaru mengatakan bahwa chamomile ini mampu menjadi obat untuk penderita diabetes meskipun masih dalam tahap penelitian dan pengembangan.

2. Minum Jeruk Nipis

Dalam mengobati radang tenggorokan, jeruk nipis juga cukup manjur. Ketika hendak menggunakan jeruk nipis sebagai obat radang tenggorokan, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan.

  • Pertama, peras jeruk nipis dan campurkan dengan sesendok madu, sesendok bubuk pinang sirih atau gambir dan campurkan dalam air hangat lalu aduk rata. Setelah tercampur, diamkan selama semalam dan pada pagi harinya, minumlah air jeruk nipis yang sudah dicampur itu sebagian dan gunakan sebagian lagi untuk berkumur.
  • Pilihlah jeruk nipis yang sudah masak, lalu dibelah. Setelah itu peras dan campur hasil perasannya dengan tiga sendok makan madu. Anda bisa meminumnya dua sampai tiga kali sehari.
  • Yang ketiga caranya masih sama, yakni anda mengambil perasan air jeruk nipis itu dan mencampurkannya dengan setengah sendok teh garam lalu ditambah air satu gelas. Anda bisa meminumnya untuk mengecilkan bengkak pada tenggorokan.

3. Meminum campuran madu dan Lemon.

Campuran madu dan lemon ini mampu membuat tenggorokan anda yang meradang menjadi lebih lega dan lekas sembuh. Untuk membuat campuran madu dan lemon tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mencampurkan madu dan lemon dengan air hangat. Setelah itu anda bisa meminumnya. Untuk perbandingan antara madu dan lemon adalah satu banding satu. Meminum campuran lemon dan madu bisa mengencerkan lendir yang mengganggu saat anda menderita radang tenggorokan.

4. Mengkonsumsi bawang putih

Sebenarnya ini sama dengan sirup bawang putih yang saya jelaskan di atas. Hanya ada cara lain selain membuatnya menjadi sirup, yakni dengan menggigit dan menghisap sari bawangnya. Memang terkesan menjijikkan, tapi ini adalah salah satu cara untuk membunuh bakteri dan kuman yang membuat radang tenggorokan.

5. Mengkonsumsi Sup Ayam

Ketika anda mendengar kata sup yama, mungkin terkesan makanan yang biasa saja. Tapi anda perlu tahu bahwa sup ayam memiliki manfaat yang sangat baik untuk menenangkan radang tenggorokan. Hal ini lantaran kaldu ayam mengandung zat bernama natrium yang mempunyai sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi radang tenggorokan. Selain karena zat natrium yang berguna untuk menyembuhkan radang, mengkonsumsi sup yama membantu meringankan kerja tenggorokan untuk menelan dan meringankan rasa sakitnya.

6. Menggunakan ramuan Tradisional

Selain beberapa cara di atas, ada juga cara alamiah lain yang bisa digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Seperti yang kita tahu, bangsa kita memiliki kekayaan rempah-rempah dan tanaman herbal yang melimpah ruah. Hal ini bisa kita gunakan untuk mengobati segala macam penyakti termasuk radang tenggorokan.

Hal-hal yang perlu anda lakukan adalah meracik beberapa tanaman herbal yang kita miliki yang bisa anda dapatkan di pasar-pasar tradisional. Ada beberapa resep yang bisa anda praktekkan.

o   Resep Pertama:

  • Siapkan Lima Gram daun Sambiloto
  • 10 gram Kunyit
  • Lalu empat puluh gram daun buaya yang sudah dikelupas kulitnya.
  • Semua bahan itu kemudian anda rebus dngan dua gelas air sampai menyusut dan tersisa kira-kira satu gelas air. Setelah itu, anda bisa meminumnya dua kali sehari secara teratur. Minuman ini bisa membuat radang tenggorokan anda lebih cepat sembuh.

o   Resep Kedua

  • Siapkan lima lembar daun sambun nyowo
  • Dan sepuluh gram daun pegagan
  • Setelah anda mendapatkan dua barang tersebut, haluskan hingga benar-benar halus dan masak dengan air mendidih dengan ukuran air kira-kira 300 ml. Setelah matang, saring airnya dan tunggu hingga dingin dan minum airnya dua kali sehari setelah makan.

o   Resep Ketiga

  • Tiga puluh gram akar terong kering,
  • 15 gram sambiloto kering,
  • 600 cc air
  • Madu
  • Caranya, akar terong dan sambiloto dicuci bersih lalu kemudian direbus dengan air 600 cc dan rebus hingga tersisa 200 cc, setelah itu tambahkan madu dan aduk merata. Anda bisa meminumnnya dua kali sehari.

o   Resep Keempat

  • Siapkan ¼ sendok teh kunyit,
  • ½ sendok teh garam dan,
  • Segelas air hangat
  • Anda bisa mencampurkannya dan meminumnya selagi hangat untuk meredakan radang tenggorokan anda.

o   Resep Kelima

  • Siapkan 50 lmbar daun sirih,
  • 2 ons gula batu
  • Dan 2 gelas air
  • Pertama anda rebus daun sirih selama tiga pulu menit, kemudian saring dan ambil airnya. Setelah itu campur gula batu dengan air sirih tadi dan minum dua jam sekali dengan dosis sekali minum satu sendok makan.

o   Resep Keenam

  • Segenggam turi merah
  • Air secukupnya
  • Anda hanya perlu merebus turi merah itu dan menyarig airnya. Kemudian gunakan air itu untuk berkumur selama empat kali dalam sehari. Cara ini dinyatakan mampu untuk menyembuhkan radang tenggorokan yang anda atau keluarga anda derita.

o   Resep Ketujuh

  • Siapkan daun patikan kerbau secukupnya.
  • Anda hanya perlu mencuci daun patikan kerbau dan merebusnya. Setelah itu gunakan air rebusan itu untuk berkumur selama empat kali dalam sehari. Hal ini dinyatakan mampu menyembuhkan radang tenggorokan anda.

Selain beberapa resep herbal itu, anda juga bisa menggunakan cara lain, seperti :

7. Menghisap uap air

Anda hanya perlu memasak air lalu meletakkannya di baskom. Setelah itu basahi haduk dan letakkan di atas kepala. Kemudian anda condongkan badan anda sedikit ke depan dan hirup dalam-dalam upa air yang timbul dari air tersebut. lakukan itu selama lima sampai sepuluh menit. Hal itu akan bisa meredakan radang tenggorokan anda.

Begitu banyak cara alamiah untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Selain cara-cara alamiah tersebut yang bangsa kita memang sudah memiliki budaya itu, anda juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan dengan beberapa antibiotik dan obat-obatan hasil dari pabrik obat yang terpercaya. Dalam proses penyembuhan radang tenggorokan menggunakan antibiotik, ada tiga antibiotik yang paling sering digunakan.

Cara Mengobati Radang Tengorokan Dengan Antibiotik

1. Beta-laktam

Dalam golongan beta-laktam ini ada penisilin dan juga amoxicilin yang sering dipakai untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Antibiotik golongan ini adalah antibiotik yang paling umum digunakan untuk mengobati radang tenggookan. Selain penisilin ada juga ampisilin dan amoksisilin yang sering digunakan sebagai obat untuk radang tenggorokan. Dalam penggunaan obat ini dalam kuru waktu dua minggu, berdasarkan hasil medis, biasanya menunjukkan tanda-tanda membaik karena antibiotik ini mampu menghilangkan bakteri yang menyerang tenggorokan yang menyebabkan radang tenggorokan yang bernama Strptokokus grup A. Meskipun begitu, rupanya dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada semacam penolakan bakteri terhadap antibiotik golongan ini. Jika hal ini terjadi, maka antibiotik golongan lain dibutuhkan sebagai alternatif untuk mengobati sakit radang tenggorokan ini.

2. Sefalosporin

Antibiotik golongan ini termasuk cefadroxil dan cephalexin. Berdasarkan studi yang dilakukan terhadap atibiotik golongan ini menunjukkan bahwa antibiotik golongan ini lebih efektif menyembuhkan ketimbang antibiotik golongan Beta-Laktam. Memang banyak antibiotik golongan sefalosporin yang digunakan. Akan tetapi, yang paling awam digunakan adalah cephalexin dan cefadroxil.

Dalam banyak kasus, antibiotik dari dua golongan itu terkadang bermasalah. Hal ini lantaran ada individu yang alergi terhadap salah satu antibiotik yang ditawarkan oeh dua golongan tersebut. Selain itu, banyak orang yang alergi pada antibiotik Beta-Laktam juga alergi pada antibiotik Sefalosporin. Dari kasus ini, beberapa orang tidak bisa diobati dengan menggunakan kedua golongan antibiotik tersebut. Dengan keadaan semacam itu, maka dibutuhkan alternatif lain. Maka muncullah golongan ketika yakni:

3. Makrolida

Dalam golongan yang satu ini, obat-obat yang digunakan antara lain ada eritromisin, azitromisin dan yang lainnya. Dalam beberapa kasus, obat-obatan ini memberikan keuntungan lebih dibandingkan dengan dua golongan antibiotik yang sebelumnya. Seperti salah satunya pada antibiotik bernama azithromycin yang cukup diminum selama empat hingga lima hari maka sudah terlihat efek dari obat itu yang bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Meskipun Makrolida menjadi alternatif ketiga, golongan ini juga memiliki kekurangan. Pertama adalah efek samping dari obat ini yang jauh lebih tinggi dari pada dua golongan antibiotik yang sebelumnya.

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan dan kekurangan, penggunaan antibiotik dalam penyembuhan radang tenggorokan haruslah dikawal oleh seorang profesional medis. Hal ini tentunya dengan beberapa pertimbangan yang hanya bisa diputuskan oleh ahli seperti riwayat alergi, efek samping, dan beberapa hal yang lain yang terdapat pada si penderita.

Selain menggunakan antibiotik dan beberapa ramuan tradisional dan cara alamiah yang lain, ada beberapa permen yand dipasarkan secaa umum bisa membantu anda untuk menyembuhkan radang tenggorokan yang anda derita. Banyak sekali permen pelega tenggorokan yang beredar dipasaran yang bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan kesembuhan atas penyakit anda tersebut.

Ada lagi cara lain yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan itu. Yang terpenting adalah tetap menjaga kesehatan tubuh anda dengan makan makanan yang menyehatkan dan olah raga yang cukup serta minum air putih yang cukup. Tubuh akan lebih mudah terserang penyakit ketika anda sedang tidak dalam keadaan bugar. Maka dari itu, kebiasaan untuk hidup sehat perlu anda galakkan agar anda tidak dengan mudah terserang penyakit. Baca : Efek samping antibiotik

Perlu anda ketahui bahwa radang tenggorokan bisa menyerang dibarengi dengan penyakit lain. Seperti;

Radang tenggorokan disertai demam rematik

Radang tenggorokan bisa berujung pada penyakit rematik jantung atau PJR. Biasanya penyakit ini terjadi pada kisaran umur 5 sampai 12 tahun. Biasanya, penyakit rematik jantung ini muncul apabila radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang paling sering menyerang adalah bakteri Streptococcus beta hemoliticus group A. Biasanya toksin yang menyebabkan rematik ini muncul setelah proses inkubasi bakteri selama dua hingga enam minggu. Penyakit ini memiliki beberapa ciri kemunculannya.

  • Benjolan di bawah permukaan kulit,
  • Nyeri dipersendian
  • Dan adanya peradangan pada katup jantung. Hal inilah yang menyebabkan Penyakit Rematik Jantung. Apabila hal ini terjadi, maka dengan segera pasien mesti mendapatkan perawatan medis yang cukup.

Untuk meredakan penyakit itu, anda bisa melakukan beberapa pencegahan seperti:

  • Menjaga kesehatan dan imunitas tubuh
  • Menghentikan atau mengurangi rokok
  • Melakukan beberapa pertolongan pertama seperti meminum beberapa antibiotik yang disarankan dokter terkait, dan
  • Memperbanyak minum air putih.

Semua penyakit tidak akan membahayakan apabila kita tahu bagaimana cara menanggulanginya dan tidak meremehkan penyakit tersebut. Selain itu, hidup sehat juga menjai harga mati bagi setiap manusia yang ingin terus menjalani kehidupannya tanpa merasakan sakit dan tanpa menderita rasa sakit. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, bukan begitu?

You may also like