Home Penyakit dan KelainanFaringitis 33 Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh : Tradisional dan Obat Medis

33 Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh : Tradisional dan Obat Medis

by Tri Astuti

Obat radang tenggorokan secara alami melalui bahan  tradisional memang menjadi pilihan karena tidak ada efek yang ditimbulkan. Radang tenggorokan atau faringitis merupakan sakit yang biasanya menyertai beberapa kondisi lain seperti saat sedang influenza, demam, sakit kepala, panas dalam, campak, cacar air, alergi dan sesak nafas. Gejala radang tenggorokan bisa muncul saat awal penyakit tertentu atau ketika bakteri dan virus lain sudah menyerang tubuh. Namun beberapa orang juga bisa terkena radang tenggorokan karena kesehatan mulut yang tidak terjaga. Infeksi yang disebabkan oleh virus menyebabkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan seperti sakit saat menelan, sakit saat bicara, batuk, demam dan bahkan sakit kepala.

Bahaya Radang tengorokan

Bahaya radang tenggorokan kronis bisa dicegah dengan melakukan cara mengobati radang tenggorokan secara alami dan cepat. Penyakit radang tenggorokan termasuk penyakit yang mudah diobati pada tahap awal. Sedangkan jika sudah lebih buruk maka tindakan operasi bisa dilakukan oleh dokter. Cara mencegah radang tenggorokan kambuh juga bisa dilakukan dengan berbagai metode. Berikut ini adalah beberapa tindakan perawatan yang bisa dilakukan dengan obat tradisional dan obat secara medis.

Obat Tradisional

  1. Ramuan Akar Licorice

akar licoriceAkar licorice sudah dipercaya sebagai bahan alami yang bisa menyembuhkan berbagai jenis gangguan tenggorokan seperti radang tenggorokan. Akar licorice juga digunakan sebagai bahan permen yang membantu melegakan pernafasan. Efeknya sangat menyegarkan untuk tenggorokan seperti ketika Anda makan permen yang mengandung daun mint.

Untuk menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat Anda bisa menggunakan pelega tenggorokan yang mengandung akar licorice, atau menggunakan akar licorice yang masih alami.

Biasanya toko herbal yang menyediakan bahan obat tradisional juga menjual akar licorice. Caranya adalah dengan mencampurkan akar licorice ke dalam air yang mendidih. Setelah itu diamkan hingga dingin. Lalu saring airnya dan gunakan untuk berkumur selama beberapa kali. Akar licorice juga bisa mencegah bahaya ISPA bagi kesehatan.

  1. Minum Madu dan Teh

Madu menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya bisa menyembuhkan semua penyakit. Madu mengandung berbagai mineral dan vitamin yang akan melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan dalam sebuah penelitian terungkap jika madu bisa membuat infeksi pada tenggorokan berkurang secara perlahan. Anak-anak yang menderita radang tenggorokan juga sangat aman menggunakan madu. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok madu ke dalam satu cangkir teh hangat. Jangan menambahkan gula dalam minuman ini karena rasanya akan terlalu manis. Kemudian minum dan sedikit tahan saat melewati tenggorokan. Madu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. (baca juga: cara membedakan madu asli dan palsu paling akuratbahaya madu untuk diabetes)

  1. Ramun Akar Marshmallow

akar marhsmallowAkar marshmallow sering digunakan untuk mengobati rasa sakit tenggorokan. Dan budaya dari Mediteranian ini sudah lama dilakukan oleh masyarakat asli. Dan khasiatnya memang sangat luar biasa untuk membantu menjaga kesehatan tubuh serta membunuh bakteri atau virus penyebab infeksi pada tenggorokan. Penelitian membuktikan jika perawatan radang tenggorokan dengan akar marshmallow akan mengobati iritasi pada selaput lendir seperti pada tenggorokan. Cara perawatan yaitu:

  • Tambahkan satu atau dua bagian yang pendek dari akar marshmallow ke dalam satu cangkir air panas.
  • Kemudian tunggu hingga dingin lalu minum dan sedikit tahan di tenggorokan.
  • Anda juga bisa menambahkan madu untuk meningkatkan khasiat akar marshmallow.
  1. Kumur Air Garam

Air garam memang menjadi obat yang sangat alami. Tidak hanya untuk mengobati sakit gigi tapi juga untuk sakit radang tenggorokan. Air garam berkhasiat untuk memecah lendir yang bersarang ditenggorokan dan menyebabkan infeksi yang buruk. Bahkan air garam juga bisa membunuh semua bakteri atau sumber penyakit lain yang ada di dalam bagian tenggorokan. Khasiat lain dari air garam adalah mengurangi pembengkakan sehingga akan membuat Anda bisa berbicara dan bernafas lega. Caranya adalah dengan memberikan satu sendok teh garam ke dalam dua gelas air. Kemudian aduk hingga larut dan gunakan untuk berkumur. Jangan lupa untuk menahan air saat berada di tenggorokan lalu keluarkan lagi. Air garam juga bisa mengobati diare, amandel, bisul, dan asam urat.

  1. Teh Daun Mint

Teh daun mint adalah salah satu bahan yang akan membuat radang tenggorokan mereda. Bahan ini bisa memberikan efek melegakan saluran pernafasan, asma, meringankan iritasi pada bagian tenggorokan dan melawan penyeban infeksi seperti virus atau bakteri. Cara perawatan ini dilakukan dengan mencampur beberapa helai daun mint yang masih segar ke dalam satu cangkir ai hangat. Kemudian biarkan selama beberapa saat. Setelah itu gunakan teh ini untuk berkumur dan tahan di bagian tenggorokan. Anda juga bisa meminum teh ini untuk mendapatkan manfaat penyembuh radang tenggorokan yang lebih cepat.

  1. Bunga Echinacea

echinaceaBunga echinacea menjadi salah satu bahan herbal yang dipercaya bisa mengobati radang tenggorokan. Echinacea bisa membantu meningkatkan kesehatan dengan cara yang sangat alami. Kandungan beberapa senyawa termasuk minyak esensial akan meningkatkan fungsi alami sistem kekebalan tubuh Anda. Bahkan ketika bagian dari campuran air dan bunga echinacea melewati tenggorokan maka bisa menyebabkan infeksi pada tenggorokan akan pulih. Caranya adalah memasukkan beberapa bagian bunga ke dalam air hangat. Kemudian gunakan airnya untuk berkumur. Anda juga bisa menggunakan jenis obat pelega pernafasan yang berbentuk semprot dengan kandungan bunga echinacea.

  1. Teh Cuka Sari Apel dan Madu

Cuka sari apel merupakan salah satu bahan yang bisa mengatasi radang tenggorokan dengan cepat. Bahan ini sangat baik untuk melawan bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Cuka sari apel mengandung zat asam yang sangat tinggi. zat asam inilah yang akan membunuh bakteri atau virus penyebab radang tenggorokan. Selain itu juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan khasiatnya akan semakin besar lagi jika ditambahkan dengan madu. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh cuka sari apel dan satu sendok teh madu ke dalam secangkir air hangat. Aduk hingga semua bahan larut kemudian minum. Jika Anda memiliki gejala penyakit maag dan takut asam lambung naik maka Anda juga bisa menggunakan campuran bahan ini untuk berkumur saja.

  1. Bawang Putih

Obat radang tenggorokan alami lainnya adalah bawang putih. Bawang putih adalah salah satu obat yang paling ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit termasuk radang tenggorokan. Bawang putih mengandung unsur yang sangat penting seperti alisin dan senyawa sulfur. Kedua bahan ini bisa menghancurkan bakteri dan virus yang bersarang di selaput lendir bagian tenggorokan. Efeknya akan langsung terasa dan Anda bisa merasa lebih nyaman. Caranya adalah dengan mengambil setengah siung bawang putih, kemudian kupas dan bersihkan. Anda bisa mengunyahnya sebentar lalu keluarkan. Setelah itu Anda bisa berkumur dengan air hangat. Cara ini akan membantu memulihkan infeksi agar lebih cepat sembuh. Jika Anda tidak bisa mengunyah bawang putih, maka juga bisa menghisap aromanya saja. (baca juga: efek samping bawang putih bagi kesehatanbahaya  bawang putih mentah)

  1. Baking Soda

Baking soda adalah bahan yang sangat baik untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Bahan ini juga mudah didapatkan dan sama sekali tidak menyebabkan efek samping. Baking soda bisa membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan radang tenggorokan. Bahkan bahan baking soda juga bisa membantu mengatasi iritasi dan tidak nyaman pada tenggorokan. Cara perawatan ini dilakukan dengan mencampur satu sendok teh baking soda kemudian campurkan dengan satu cangkir air hangat. Kemudian aduk hingga larut dan gunakan untuk berkumur. Cara ini akan membantu mengatasi radang tenggorokan dalam waktu yang sangat cepat.

  1. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh menjadi salah satu bahan yang sangat baik untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Cengkeh merupakan bahan yang mengandung senyawa alami dan bersifat menenankan seperti eugenol. Kandungan eugenol ini tidak hanya menyebabkan bagian mulut dan tenggorokan menjadi lebih nyaman tapi juga membunuh bakteri. Jika Anda tidak memiliki minyak cengkeh maka bisa menggunakan cengkeh alami yang sudah dikeringkan. Caranya adalah dengan menghisap minyak cengkeh sama seperti ketika Anda menghisap aroma balsam. Cukup letakkan botol minyak cengkeh ke bagian hidung atau mulut. Kemudian dengan mulut terbuka hisap aromanya. Jika Anda menggunakan cengkeh alami yang sudah dikeringkan maka kunyah satu atau dua butir cengkeh secara lembut. Tahan sebentar lalu keluarkan. Minyak cengkeh juga bisa digunakan untuk : cara mengobati gusi bengkak dengan cepat secara alamicara mengobati sariawan secara alami dan cepat sembuhcara mengobati sakit gigi berlubang besar secara alami dan cepat

  1. Minum Jus Buah Delima

Buah delima sangat baik untuk membantu menyembuhkan radang tenggorokan. Buah delima mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang bisa menjadi sumber antioksidan. Kemampuan vitamin C dalam buah delima bisa membantu menyembuhkan infeksi yang menyerang pada bagian tenggorokan. Selain itu buah delima juga mengandung astringet yang bisa membuat jaringan tubuh menjadi lebih baik. Anda bisa minum jus buah delima atau jika tidak suka dengan rasanya maka cukup berkumur dengan air dari jus delima. (baca juga: buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya)

  1. Minum Air Jahe

Jahe memiliki rasa yang sangat kuat dan aroma tajam yang bisa membantu melegakan saluran pernafasan. Jahe juga mengandung bahan alami yang bisa membantu mengeluarkan dahak jika radang tenggorokan disertai dengan batuk berdahak. Sementara itu jahe mengandung sumber anti-inflamasi yang bisa mencegah peradangan akibat infeksi pada bagian selaput lendir. Jahe juga sangat baik untuk meningkatkan kandungan oksigen dalam sel tubuh sehingga sangat membantu melegakan saluran pernafasan. Cara untuk melakukan perawatan adalah dengan mengunyah potongan jahe yang sudah dibersihkan. Jika Anda tidak bisa mengunyah karena rasa yang kuat maka bisa mencampurkan potongan jahe ke dalam satu cangkir air hangat.

  1. Teh Bunga Chamomile

Obat radang tenggorokan tradisional lainnya adalah dengan bunga chamomile. Teh bunga chamomile sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan ketika Anda terkena radang tenggorokan. Bahkan teh bunga chamomile bisa membantu menyembuhkan radang tenggorokan dengan cara mengobati luka pada bagian selaput lendir. Kandungan beberapa bahan alami dalam bunga chamomile sangat baik untuk membantu melawan infeksi, membangkitkan kesehatan selaput lendir dan menjaga agar Anda bisa istirahat dengan baik. Cara perawatan ini dilakukan denga mencampurkan teh alami dengan jenis teh bunga chamomile yang sudah dikeringkan. Anda juga bisa menggunakan teh bunga chamomile yang benar-benar sudah jadi.

  1. Larutan Hidrogen Peroksida

Larutan hidrogen peroksida terkenal untuk mengobati berbagai jenis penyakit termasuk untuk radang tenggorokan. Kemampuan hidrogen peroksida bisa membantu menyembuhkan luka secara langsung tanpa menyebabkan efek samping. Hidrogen peroksida juga bisa meningkatkan kemampuan jaringan dan sel tubuh sehingga bisa membuat luka pada semua bagian tubuh cepat sembuh. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh hidrogen peroksida kedalam satu gelas air mineral. Kemudian gunakan airnya untuk berkumur. Hidrogen peroksida juga bisa membantu mengatasi luka yang menyebabkan sakit pada tenggorokan.

  1. Air Lemon

Kemampuan lemon untuk menyembuhkan infeksi memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Air lemon memiliki kemampuan yang baik untuk melawan infeksi yang disebabkan bakteri atau virus. Kandungan vitamin C juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan dari dalam tubuh. Kandungan vitamin C inilah yang akan menjadi sumber antioksidan alami dalam tubuh. Caranya adalah dengan memeras jeruk lemon kemudian ambil airnya. Gunakan untuk berkumur selama beberapa saat. Anda bisa menambahkan air dan madu lalu meminumnya. Cara ini bisa menyembuhkan radang tenggorokan dari dalam tubuh Anda.

Obat Medis

Obat radang tenggorokan alami tradisional terkadang tidak dapat mengatasi secara ampuh dan cepat. Jika sudah kronis, mau tidak mau yang dilakukan adalah dengan obat secara medis.

  1. Antibiotik

Antibiotik bisa menjadi salah satu obat yang paling sering diresepkan oleh dokter untuk mengatasi radang tenggorokan. Antibiotik akan bekerja untuk mengatasi gejala yang terlalu buruk dan beberapa komplikasi yang menyertai radang tenggorokan. Biasanya antibiotik hanya akan diresepkan selama tiga hari dan maksimal selama 10 hari. Jika selama pemberian obat belum ada pengurangan gejala atau perubahan yang lebih baik maka dokter akan mengambil tindakan yang diperlukan. Berikut ini jenis antibiotik yang sering diresepkan untuk radang tenggorokan. Amoxicillin

  • Penggunaan: Obat amoxicillin bisa mengobati beberapa keluhan seperti radang tenggorokan, demam, influenza, dan semua jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus, Streptococcus, Streptococcus pneumoniae, Haemophilus Influenzae, Helicobacter Pylori, E. Coli dan jenis yang lain.
  • Efek Samping: diare, ruam, muntah, alergi, kram perut, mulut kering, gangguan pencernaan, sakit kepala dan anemia. (efek sangat berbeda-beda untuk setiap orang)

Cephalexin

  • Penggunaan : obat ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan dikenal juga sebagai salah satu golongan antibiotik cephalosporin. Obat ini juga bisa mengatasi berbagai penyakit akibat virus seperti flu dan penyakit lain. Sering digunakan untuk mencegah infeksi pada jantung setelah prosedur operasi gigi. Obat digunakan sebagai obat oral dengan pengawasan dokter.
  • Efek samping : diare, muntah, mual, nyeri perut, perut panas, kram perut, sariawan, dan luka mulut. (efek samping ini tidak pasti terjadi sehinga bisa sangat berbeda-beda untuk setiap orang)

Erythromicin

  • Penggunaan: digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri atau virus. Obat akan bekerja untuk mencegah pertumbuhan bakteri sehingga bisa mengurangi gejala dengan cepat. Obat disarankan untuk diminum sebelum makan karena reaksi obat sangat baik ketika perut sedang kosong. Dosis penggunaan obat sebaiknya berdasarkan anjuran dari dokter.
  • Efek samping : muntah, sakit perut, tidak nafsu makan, diare, mual, kram perut, urin menjadi lebih gelap, otot menjadi lebih lemah, pandangan bermasalah, sakit kepala, denyut jantung cepat, gangguan pendengaran dan tubuh tidak nyaman. (efek samping tidak selalu muncul, namun jika efek samping semakin memburuk harus segera menemui dokter yang memberikan resep).

Penicillin

  • Penggunaan: obat ini berfungsi untuk mengatasi berbagai jenis gangguan penyakit akibat infeksi dari bakteri seperti radang tenggorokan. Obat ini juga sangat penting untuk menghentikan reaksi bakteri yang berlebihan. Obat ini akan diberikan dalam bentuk suntikan dan atas pengawasan dari dokter. Pemberian dosis juga akan dilakukan oleh dokter dengan pengawasan khusus.
  • Efek samping : nyeri, mual, muntah, sesak nafas, sakit kepala, kesemutan, dan sakit dada. (jika efek sangat buruk segera harus periksa ke dokter)

(baca juga: jenis-jenis antibiotik dan manfaatnyaefek samping antibiotik, obat berbahaya jangka panjang – bahaya antibiotik untuk anak dan usia lanjut)

  1. Obat Pengurang Rasa Sakit dan Gejala

Untuk mengurangi rasa sakit dan gejala akibat radang tenggorokan maka bisa menggunakan jenis obat ibuproven, acetaminophen dan paracetamol (untuk menurunkan demam akibat radang tenggorokan). Berbagai jenis obat ini juga diberikan berdasarkan resep dokter. Obat juga bisa diberikan untuk anak-anak namun tetap berdasarkan pengawasan dokter. Berikut informasi mengenai penggunaan dan efek samping obat penghilang rasa sakit. Ibuproven

  • Penggunaan : termasuk dalam golongan obat NSAID yang bisa membantu mengatasi peradangan dan rasa nyeri atau sakit tidak nyaman untuk badan. Bahkan obat ini juga bisa membantu mengatasi beberapa keluhan seperti sakit kepala, sakitn gigi, radang tenggorokan, kram otot dan cedera.
  • Efek samping : sakit perut, kenaikan asam lambung, diare, perut kembung, urin gelap, sulit buang air besar, perut tidak nyaman, gatal, gas berlebihan, ruam, tubuh lelah dan badan tidak nyaman.

Acetaminophen

  • Penggunaan : untuk mengatasi rasa nyeri, menurunkan demam, rasa tidak nyaman dan berbagai keluhan akibat penyakit tertentu. Digunakan berdasarkan resep dari dokter.
  • Efek samping: mual, muntah, mulut kering, badan tidak nyaman, kram perut, gas berlebihan, nyeri dada, ruam, sakit punggung dan berbagai keluhan ringan. (umumnya tidak berbahaya)

Paracetamol

  • Penggunaan: untuk menurunkan demam, rasa nyeri akibat demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit punggung, flu, sakit gigi dan mengurangi pembengkakan pada sendi. Juga digunakan untuk mengatasi berbagai gejala dari penyakit tertentu. (bisa digunakan dengan resep dokter atau tanpa resep dokter dengan pengawasan)
  • Efek samping: nyeri, demam, mual, mulut kering dan berbagai efek samping ringan lain.

(Baca juga : jenis obat analgesik : fungsi, efek samping dosisnya) Larangan untuk Radang Tenggorokan

  1. Jangan minum susu. Jika Anda terkena radang tenggorokan maka hindari untuk minum susu. Susu mengandung tingkat rasa yang pekat dan bisa menyebabkan lendir dalam tenggorokan menjadi semakin kental. Hal ini juga sangat dilarang jika radang tenggorokan disertai dengan flu dan hidung tersumbat. Susu juga bisa menyebabkan reaksi bakteri yang berlebihan ketika sedang radang tenggorokan. (baca juga: khasiat susu sapi murni bagi kesehatan)
  2. Hindari mengkonsumsi gorengan. Penderita radang tenggorokan sebaiknya juga tidak mengkonsumsi gorengan dan semua jenis makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng bisa menyebabkan infeksi dan luka pada bagian tenggorokan menjadi lebih buruk. Hal ini juga dapat menyebabkan lendir dalam tenggorokan menjadi lebih buruk. Iritasi pada tenggorokan akan menyebabkan kondisi yang lebih buruk. Bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatan memang harus diperhatikan.
  3. Hindari semua jenis makanan yang pedas. Semua jenis makanan yang pedas bisa menyebabkan infeksi menjadi lebih buruk. Hal ini juga bisa menyebabkan kondisi bakteri menjadi lebih parah. Makanan yang pedas akan membuat rasa panas dan iritasi sehingga luka menjadi tidak cepat sembuh. Biasanya banyak orang tua yang ingin makan pedas saat sakit untuk meningkatkan nafsu makan namun hal ini ternyata tidak baik untuk kesehatan. (baca juga: bahaya makanan pedas untuk ibu hamil dan kesehatan)
  4. Hindari merokok. Saat terkena radang tenggorokan maka hindari untuk terkena asap rokok maupun merokok. Rokok mengandung bahan nikotin yang jika masuk ke saluran pernafasan bisa menyebabkan iritasi dan infeksi yang lebih buruk.(baca juga: bahaya merokok bagi remaja – bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mematikan – bahaya asap rokok hingga menyebabkan kematianbahaya perokok pasif bagi kesehatanbahaya rokok elektrik yang dilarang di dunia)
  5. Begadang. Orang yang sedang terkena radang tenggorokan sebaiknya juga tidak begadang. Karena jika kurang tidur maka bisa menyebabkan infeksi menjadi lebih buruk. Bahkan jika radang tenggorokan disertai dengan penyakit lain maka tubuh harus mendapatkan istirahat yang cukup agar cepat pulih. (baca juga: akibat begadang malam terus menerus bagi kesehatanbahaya akibat kurang tidur malam bagi kesehatan – pria – wanita)
  6. Minum es. Sebaiknya penderita radang tenggorokan juga sementara waktu tidak minum es. Es menyebabkan infeksi menjadi lebih buruk serta membuat bagian tenggorokan menjadi tidak nyaman. Efek es juga akan sangat buruk jika disertai dengan flu. Es boleh saja dipakai misalnya untuk mengompres ketika demam tinggi. (baca juga: bahaya minum air es setelah makan bagi kesehatanbahaya minum air es bagi kesehatanbahaya es teh manis bagi kesehatan)
  7. Berbagi alat makan. Virus atau bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan sangat mudah menular. Untuk menghindari penularan dan juga infeksi dari jenis sumber penyakit lain maka hindari kebiasaan berbagi perlengkapan makan. Anda harus menggunakan perlengakapan makan sendiri untuk menjaga kondisi.
  8. Minum alkohol. Semua orang yang terkena radang tenggorokan sebaiknya juga tidak minum alkohol. Alkohol bisa menyebabkan efek samping yang sangat buruk terutama membuat iritasi menjadi lebih buruk. (baca juga: efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosialpengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusiabahaya minuman keras bagi kesehatan)

Radang tenggorokan memang penyakit yang sangat umum dan mudah menular. Penyakit ini bisa terjadi untuk anak-anak hingga orang lanjut usia. Menjaga kebersihan dan lingkungan sangat baik untuk mencegah agar tidak terkena radang tenggorokan. Baca juga:

You may also like