Bahaya Bayi Demam 39 Derajat Celcius dan Pengobatannya

2275

Demam merupakan salah satu penyakit yang sudah jamak terjadi dan dialami hampir oleh semua orang. Sebab penyakit ini sudah menjadi langganan, artinya setiap orang pasti akan mengalaminya. Penyakit ini umumnya terjadi tiga kali dalam setahun. Namun nyatanya, meskipun sering terjadi, penyakit ini masih selalu mengganggu tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Sebab demam bisa menjadi salah satu pertanda bahwasanya tubuh sedang mengalami sesuatu yang tidak normal.

Namun bagaimana jika yang terserang demam seorang bayi. Dewasa saja jika terserang demam akan mengalami kontraksi, seperti menggigil dan sebagainya. Jika bayi yang terserang tentu akan merasakan hal yang sama. Terlebih ketika demam suhu bayi mencapai angka 39 derajat celcius. Manusia umumnya ketika terserang demam suhu akan naik di angka 38 derajat celcius, hal ini ada sisi baiknya, yakni untuk mengetahui beberapa gejala penyakit yang ada di dalam tubuh. Namun suhu ini jangan sampai naik, misal sampai angka 39 derajat celcius. Sebab jika subu tubuh meningkat. Terlebih bagi bayi, justru akan menyebabkan ketidaknyamanan, bahkan resiko-resiko lain akan menyerang bayi. Iritasi salah satunya akan menyerang bayi. Sebab ketika tubuh mengalami demam maka kondisi tubuh akan tidak nyaman. Sebab beberapa organ dalam tubuh akan terganggu, sehingga sistem kerja tubuh juga akan terganggu. Gangguan-gangguan inilah yang akan berakibat tidak baik bagi tubuh, diantaranya. Baca juga suhu tubuh normal manusia

  1. Tubuh akan mudah berkeringat

Hal ini jika dialami bayi tentu akan berakibat iritasi pada kulit.

  1. Tubuh akan menggigil

Tentu akan membahayakan pada bayi dengan kondisi tubuh yang masih rawan.

  1. Sakit kepala

Kondisi ini tentu sangat kasihan jika seorang bayi mengalami sakit kepala. Baca juga kepala sering pusing

  1. Kehilangan nafsu makan

Demam yang mengakibatkan kehilangan nafsu makan, tentu akan berdampak buruk bagi perkembangan tubuh bayi. Sebab akan mengalami kekurangan nutrisi sebagai penunjang pertumbuhan organ tubuh.

  1. Merasa Gelisah

Gelisah bisa membuat anak akan menangis, sebab kondisi ini sebab membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

  1. Kejang-kejang

Efek lanjut yang menakutkan dari adanya demam adalah kejang-kejang. Kondisi ini yang menakutkan ketika bayi megalami demam dengan suhu 39 derajat celcius. Anda dirankan juga membaca penyebab demam menggigil.

Dari beberapa bahaya ketika bayi mengalami demam dengan suhu 39 derajat celcius di atas tentu perlu adanya tindakan pengobatan agar demam bisa menurun. Untuk itu artikel ini juga akan membahas beberapa pengobatan ketika bayi mengalami demam 39 derajat celcius, sbb :

  1. Bayi 0-3 Bulan

Pengobatan pertama pada bayi di usia 0-3 bulan ketika mengalami demam dengan suhu tubuh mencapai angka 39 derajat celcius atau lebih adalah lakukan pengkompresan dengan menggunakan air mineral. Setelah itu hubungi dokter scerpat mungkin, terlebih sebelumnya bayi tidak memiliki riwayat penyakit apapun. Sebab dengan meghubungi dokter akan cerat diketemukan sebab munculnya demam dengan suhu 39 derajat celcius tersebut.

  1. Bayi 3-6 Bulan

Selanjutnya pengobatan pada bayi yang berusia 6-6 bulan dengan demam sampai 38,9 derajat Celcius. Langkah pertama membiarkan anak untuk beristirahat beberapa saat, kemudian minta untuk mengkonsumsi air lebih banyak. Jangan tergesa-gesa membelikan obat penurun demam. Sebab demam ini bisa jadi hanya demam biasa sebagai proses adaptasi tubuh dengan suhu lingkungannya. Jika diminui obat, bisa jadi tubuh anak akan mengalami kontraksi, akibat efek obat dengan proses tubuh yang sedang beradaptasi. Jika suhu tetap tidak turun, terlebih disertai dengan munculnya iritasi langkah selanjutnya hubungi dokter. Sebab munculnya iritasi pada tubuh akan mengakibatkan tubuh menajdi lemas dan menjadi tidak nyaman. Bayi dalam kondisi ini akan sulit untuk istirahat dan ia akan sering menangis. 

  1. Bayi 3-6 Bulan

Jika bayi yang berusia 3-6 bulan mengalami demam dengan suhu 39 derajat Celcius, Anda bisa dengan segera menghubungi dokter bayi terdekat. Sebab dokter bisa merekomendasikan tes serta pemeriksaan kepada bayi guna untuk mengetahui lebih jelas penyebab munculnya demam pada tubuh bayi hingga mencapai angka 39 derajat celcius.

  1. Bayi 6-24 bulan

Jika bayi anda yang sudah berusia 2-24 bulan, artinya sudah berusia dua tahun kemudian mengalami demam dengan suhu 39 derajat Celcius. Langkah pertama Anda biarkan anak untuk istirahat, ciptakan suasananya nyaman pada anak. Serta tidurkan anak pada ruangan yang sejuk, jangan terlalu panas. Sebab jika dalam ruangan panas, maka suhu tubuh akan terasa meningkat. Dan hal ini akan mengakibatkan tubuh merasa tidak nyaman. Selanjutnya lakukan kompres menggunakan air mineral, selanjutnya juga bisa Anda berikan beberapa obat penurun demam. Namun dengan catatan atas resep dokter, agar dosis dalam obat bisa disesuaikan dengan tubuh. Sebab jika tidak, hasilnya justru akan sebaliknya. Tubuh akan mengalami kontraksi, dan dampak infeksi obat akan terjangkit pada tubuh anak. Anda juga sisarankan untuk mengetahui demam dengue.