16 Terapi Menghilangkan Sakit Kepala Paling Ampuh

Sakit kepala dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak orang dewasa maupun orang tua. Sakit kepala merupakan rasa sakit yang terjadi pada bagian kepala. Sakit kepala memiliki beberapa macam jenisnya diantaranya adalah sakit kepala migrain sakit kepala Cluster sakit kepala vertigo ataupun sakit kepala berkepanjangan. Sakit kepala dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan yang ada di apotek. Namun Selain itu sakit kepala juga dapat diatasi dengan cara melakukan berbagai terapi. Adapun berbagai jenis terapi menghilangkan sakit kepala  yang dapat anda lakukan ketika anda merasakan sakit kepala adalah sebagai berikut :

1. Hindari melakukan aktivitas fisik berlebihan

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga sangat diperlukan oleh tubuh. Dengan melakukan olahraga tubuh menjadi lebih sehat, namun Tahukah anda melakukan aktivitas fisik secara berlebihan malah membuat tubuh menjadi tidak sehat. Untuk itu bagi Anda yang sering merasakan sakit kepala anda dapat menghindari melakukan aktivitas fisik secara berlebihan. Hal ini perlu dilakukan agar anda tidak sering merasakan sakit kepala. Aktivitas fisik secara berlebihan dapat menyebabkan kelelahan otot Sehingga akan membuat penderitanya menjadi cepat lelah.

2. Hindari melihat cahaya terlalu terang

Ketika anda merasakan sakit kepala hindari untuk melihat cahaya yang terlalu terang, cahaya yang terlalu terang sangatlah buruk bagi kondisi seseorang yang terkena sakit kepala. Hal ini disebabkan karena cahaya yang terlalu terang akan membuat saraf menjadi kaku. Selain itu dengan melihat cahaya yang terlalu terang dapat mengakibatkan gangguan terhadap penglihatan mata anda. Melihat cahaya terlalu terang bahakan dapat menyebabkan sakit mata, adapun beberapa penyakit mata seperti  mata juling, mata minus dan katarak.

3. Berbaring dengan kaki diatas

Melakukan terapi dengan cara berbaring dengan kaki diatas dapat mengurangi rasa sakit kepala. Ketika anda memiliki waktu senggang Anda dapat melakukan terapi ini dengan meletakkan kaki di atas selama 1 jam. Cara ini sangat efektif menghilangkan rasa sakit kepala yang anda Derita. Meletakkan kaki di atas dapat membantu peredaran darah dari bawah menuju ke otak sehingga sakit kepala segera hilang karena peredaran darah akan menjadi lebih lancar.

4. Menggunakan biji alpukat

Menggunakan biji alpukat juga dapat mengurangi sakit kepala yang anda Derita. Namun sakit kepala yang dapat diatasi dengan menggunakan biji alpukat adalah sakit kepala yang disebabkan karena demam. Cara menggunakannya adalah dengan memarut dua biji alpukat Lalu campurkan sedikit air dan kemudian tempelkan parutan tersebut pada bayi selama 1 sampai 2 jam.

5. Menghindari stress

Sakit kepala dapat disebabkan karena Stress. Untuk itu bagi Anda yang sering merasakan sakit kepala hindarilah kegiatan-kegiatan yang membuat Anda stress. Salah satu hal yang membuat Kebanyakan orang menjadi stress adalah terlalu banyak fikiran.

Baca juga : cara mengatasi stress

6. Tidur secara teratur

Tidur Larut Malam dapat menyebabkan sakit kepala, tetapi tidur secara teratur atau memperbaiki pola tidur anda juga sangat dianjurkan. Seseorang yang tidur terlalu lama ataupun kurang tidur akan menyebabkan ketidak sehatan pada tubuh. Salah satunya dengan tidur tidak teratur akan membuat seseorang mengalami sakit kepala. Untuk itu bagi Anda yang sering merasakan sakit kepala maka perhatikanlah pola tidur anda. Usahakan Anda dapat tidur secara cukup misalnya 7 sampai 8 jam perhari agar anda dapat terhindar dari sakit kepala berlebih. (baca juga : Tidur Setelah Makanefek tidak tidur 3 hari)


7. Melakukan stretching

Lakukanlah olahraga, karena olahraga sangat bermanfaat salah satu Manfaat olahraga Stretching merupakan gerakan peregangan atau biasa disebut dengan senam. Selain stress sakit kepala juga disebabkan karena otot-otot yang tegang. Untuk itu dengan melakukan stretching Anda dapat terhindar dari sakit kepala.

8. Mengkonsumsi ikan

Dengan mengkonsumsi ikan dapat membantu untuk meredakan sakit kepala yang anda Derita. Salah satu jenis ikan yang dapat anda konsumsi untuk menghindari sakit kepala adalah ikan salmon ikan tuna yang dimana ikan tersebut memiliki kandungan yang kaya akan omega-3 dan lemak esensial. Omega 3 dan lemak esensial akan membantu untuk mencegah peradangan yang timbul karena migrain.

9. Mengkonsumsi kopi

Kopi merupakan minuman yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Namun Tahukah anda ternyata kopi juga dapat digunakan untuk menghilangkan sakit kepala. Ketika anda mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar setidaknya tidak lebih dari 2 sampai 3 cangkir per hari akan membantu untuk mengatasi sakit kepala yang anda Derita. Hal ini disebabkan karena di dalam kopi mengandung kafein yang sangat efektif untuk mengobati sakit kepala. Konsumsilah kopi secara wajar agar kopi dapat membantu anda untuk menghilangkan sakit kepala.

Baca juga : manfaat kopi bagi penderita liver

10. Mengkonsumsi biji wijen

Di dalam biji wijen terdapat kandungan vitamin yang bermanfaat untuk menstabilkan ekstrogen dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi biji wijen akan membantu untuk mencegah terjadinya sakit kepala seperti migrain.

11. Mengkonsumsi semangka

Dengan mengkonsumsi semangka juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala. Hal ini disebabkan karena di dalam buah semangka mengandung banyak air yang dimana air tersebut dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala yang disebabkan karena seseorang mengalami dehidrasi.

12. Mengkonsumsi makanan yang mengandung mint

Mengkonsumsi makanan yang mengandung mint juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala yang anda Derita. Mengobati sakit kepala dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung mint baik digunakan untuk seseorang yang menderita sakit kepala yang disebabkan karena maag.

13. Menggunakan es batu

Es batu memang memiliki berbagai manfaat salah satunya adalah es batu dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Cara menggunakan es batu sebagai terapi sakit kepala adalah dengan mengkompres kan es batu secara perlahan pada daerah kepala yang terasa sakit.

14. Mengkonsumsi kentang

Sakit kepala dapat disebabkan karena hilangnya elektrolit seperti kalium pada tubuh. Bagi Anda yang ingin mengatasi sakit kepala karena hilangnya elektrolit dalam tubuh anda dapat mengkonsumsi kentang sebagai obatnya.

15. Mengkonsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih secara teratur dan sesuai dengan aturan dapat mengurangi rasa sakit kepala yang anda Derita. Sakit kepala dapat disebabkan karena seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh untuk itu dengan mencukupkan kebutuhan air yang ada di dalam tubuh akan membantu untuk menghindari berbagai penyakit salah satunya adalah sakit kepala.

Baca juga : terapi air putihdiet air putihbahaya akibat terlalu banyak minum air putih


16. Mengkonsumsi pisang

Mengkonsumsi pisang juga dapat membuat sakit kepala menjadi hilang, penyakit pada kepala dapat diredakan dengan mengkonsumsi pisang ini. pisang dapat dikonsumsi di pagi hari atau pun malah hari, selain membantu mengurangi sakit kepala buah pisang ini pun dapat dimanfaatkan untuk mempermudah Buang Air Besar dipagi harinya.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi terjadinya sakit kepala pada diri Anda. Selain melakukan terapi tersebut Anda juga harus menghindari beberapa hal yang memicu terjadinya sakit kepala. Jika melakukan terapi sakit kepala namun tidak kunjung sembuh Anda juga dapat mengkombinasikan nya dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat meredakan sakit kepala yang anda Derita. Untuk menjaga diri Anda terbebas dari berbagai penyakit konsumsilah makan makanan yang bergizi dan bernutrisi serta rajinlah berolahraga dan cukupi kebutuhan tubuh anda.ii

, ,
Oleh :
Kategori : Sakit Kepala