8 Cara Diet Air Putih yang Benar Untuk Mencapai Berat Badan Ideal

5558

Dibandingkan dengan jenis air minum yang lain, air putih merupakan air minum yang paling baik dikonsumsi sebagai cara menjaga kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan air minum jenis lain banyak yang telah ditambahkan perasa buatan, zat pewarna, bahkan bahan pengawet yang dapat membuat kandungan air menjadi tidak murni. Kegunaan air putih tidak hanya sebatas untuk menghilangkan dehidrasi pada tubuh melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk membantu dalam menjalani diet sehat. Diet sehat dapat dilakukan dengan secara rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi serta gizi yang adekuat sehingga dapat menghasilkan berat badan ideal. Hal yang perlu diperhatikan selain masalah asupan makanan adalah dengan memperbanyak minum air putih setiap hari.

Diet dengan air putih ternyata menjadi banyak pilihan karena memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi air putih sebanyak 3 liter dalam sehari membantu melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh sehingga pada saat berolahraga, kalori akan terbakar secara lebih optimal. Dalam melakukan diet menggunakan air putih, bisa menggunakan campuran teh, madu atau mungkin jeruk supaya diet terasa lebih bervariasi dan tidak membosankan. Air putih bukan hanya digunakan untuk membantu mensukseskan program penurunan berat badan, melainkan juga membantu menetralkan racun yang berada di dalam tubuh. Itulah kenapa diet dengan air putih akan membuat badan terasa lebih fit serta dapat terbebas dari penyakit yang bersumber dari radikal bebas.

artikel terkait: cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit – makanan untuk detoksifikasi tubuh – makanan yang mengandung antioksidan

Cara Diet Air Putih

Mengonsumsi air putih merupakan cara ampuh bagi para pelaku diet. Air tidak hanya membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh melainkan juga menekan nafsu makan serta membantu membersihkan racun di dalam tubuh. Diet menggunakan air putih menjadi salah satu cara praktis untuk menjaga kesehatan sekaligus sebagai penurun berat badan. Berikut cara diet air putih:

1. Konsumsi air putih 8 gelas setiap hari

Mengonsumsi air putih disarankan secara rutin dengan takaran minimal 8 gelas tiap hari. Konsumsi air putih ini diharapkan dapat membantu sistem kerja ginjal serta hati di dalam tubuh. Bukan hanya itu, mengonsumsi air putih juga dapat dilakukan untuk membuat sistem metabolisme tubuh terjaga sehingga berdampak pada berat badan ideal. Mengonsumsi air putih dengan cukup juga dapat membantu tubuh untuk meluruhkan racun di dalam tubuh serta membantu poses pembakaran lemak tubuh.

Mengonsumsi air putih memang disarankan namun tidak boleh dengan serta merta mengganti semua asupan anda termasuk didalamnya makanan menggunakan air putih semua. Terlalu banyak mengonsumsi air putih ternyata juga bisa berdampak buruk yaitu menyebabkan hyponatremia serta badan bisa menjadi lemas. Hyponatremia merupakan gangguan yang dapat membuat darah menjadi encer serta membuat kadar elektrolit menjadi minimal.

artikel terkait: bahaya akibat kurang minum air putih – efek kekurangan air putih bagi tubuh – akibat kelebihan air putih dalam tubuh

2. Kombinasi air putih dengan teh hijau

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, air putih yang dikonsumsi dapat ditambahkan teh hijau. Teh hijau memiliki banyak sekali fungsi bagi kesehatan seperti menjaga sistem metabolisme dalam tubuh serta meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Bagi anda yang suka ngemil, mengonsumsi teh hijau dapat dijadikan sebagai pilihan untuk menahan keinginan ngemil. Akan tetapi, perlu diingat bahwa teh hijau dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi sehingga ada baiknya mengonsumsi air putih juga untuk mengimbanginya.

artikel terkait: bahaya minum teh bagi kesehatan

3. Kombinasi air putih dan salad

Tidak hanya teh hijau yang dapat digunakan untuk membantu diet air putih lebih berhasil, akan tetapi bisa juga dengan mengkombinasikan air putih dengan salad. Salad kaya akan nutrisi serta serat yang dapat membantu dalam melancarkan pencernaan. Selain itu mengkombinasikan salad dengan air merupakan cara yang tepat karena dapat menjaga sistem metabolisme tubuh supaya lancar. Kombinasi dari salad dan air ini merupakan langkah sehat untuk menurunkan berat badan tubuh yang berlebih.

artikel terkait: makanan penurun berat badan super cepat – makanan penyebab asam lambung

4.  Ubah Kebiasaan minuman serba manis dengan air putih

Dibandingkan dengan mengonsumsi minuman berkadar manis atau yang tidak sehat seperti soda, alkohol, atau beragam jenis minuman berkalori tinggi lainnya, maka akan lebih baik jika anda memperbanyak konsumsi air putih. Dalam hal ini, anda masih bisa mengonsumsi jus namun tidak disertai dengan gula. Buatlah jus sehat tanpa menggunakan gula sebagai pemanis di dalamnya.

artikel terkait: bahaya es teh manis

5. Olahraga dan air putih

Olahraga merupakan salah satu jenis aktivitas sehat yang memiliki banyak fungsi bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebelum melakukan olahraga dapat diawali dengan konsumsi air putih terlebih dahulu. Hal ini berlaku pula setelah berolahraga, anda bisa mengakhiri olahraga dengan mengonsumsi air putih. Kegunaan lain dari mengonsumsi air putih sebelum dan sesudah olahraga adalah untuk menjaga tubuh supaya terhindar dari dehidrasi setelah melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak energi dan keringat. Ada banyak jenis olahraga yang bisa disesuaikan dengan hobi sekaligus waktu anda.

artikel terkait:

6. Kombinasikan diet air putih dengan pembatasan kalori

Ketika makan, ada baiknya jika mencari makanan yang banyak kandungan air di dalamnya. Dalam hal ini, sayur dan buah merupakan pilihan yang tepat. Penggabungan antara diet air dan pembatasan kalori dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi air sebelum makan dan membatasi asupan makanan yang mengandung kalori tinggi. Bagi anda yang gemar mengonsumsi daging, ada baiknya jika mengonsumsi daging yang rendah lemak seperti kalkun atau daging ayam dibandingkan dengan mengonsumsi daging merah atau babi.

artikel terkait: makanan untuk diet cepat dan sehat dengan kalori rendah – makanan yang mengandung kalori tinggi

7. Konsumsi air putih sebelum makan

Sebelum makan sebaiknya mengonsumsi air putih terlebih dahulu. Faktanya adalah dengan mengonsumsi air putih sebelum makan dapat membuat tubuh merasa kenyang sehingga makanpun tidak berlebihan. Selain itu, air putih juga dapat membantu lambung dalam proses mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ketika merasa lapar pun, anda dapat mengonsumsi air putih untuk mengisi perut dan mengurangi rasa lapar.

artikel terkait: khasiat minum air hangat setelah makan

8. Detoks air

Detoks air dilakukan dengan cara menggunakan air yang kemudian ditambahkan rendaman sayur serta buah-buahan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merendam sayur atau buahan seperti mentimun, daun mint, stroberi, jeruk, nanas, atau apel. Dalam melakukan detoks air ada baiknya jika anda membeli wadah air yang ada tutupnya serta diberi sedotan. Anda bisa membuat detoks air kedalam wadah tersebut lalu disimpan dalam lemari pendingin. Dalam menggunakan sayur dan buah, pilih bahan yang masih segar begitu pula airnya. Jangan menggunakan buah dan sayur yang telah layu karena buah layu sudah berkurang nutrisinya. Dalam hal ini sebaiknya anda membuangnya lalu membeli buah yang masih segar dan baru.

Dalam menjalani diet detoks air ini sebaiknya anda mengunjungi dokter terlebih dahulu supaya tahu apa yang menjadi batasan dalam menjalani diet yang satu ini. Bukan hanya efek positif saja, namun detoks air juga dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan karena tubuh yang kurang dapat beradaptasi. Bagi anda yang merasa pusing dan kelelahan dalam menjalani detoks air sebaiknya anda kembali pada kebiasaan normal anda. Detoks air bukanlah jenis diet yang dianjurkan dalam waktu yang lama melainkan cukup satu hari atau kurang dari itu.

Meski mengonsumsi makanan sehat merupakan cara tepat untuk menurunkan berat badan, namun air putih juga banyak membantu mewujudkannya. Sebuah penelitian menyatakan bahwa dibandingkan dengan mereka yang melakukan diet rendah kalori, maka diet dengan minum air putih lebih banyak dapat mengalami penurunan berat badan yang lebih cepat. Hal ini dikarenakan mereka yang terbiasa mengonsumsi air putih dapat dengan mudah merasa kenyang tanpa harus menambah asupan kalori pada tubuh mereka. Tidak hanya itu namun mengonsumsi air putih juga dapat membuat tubuh menahan keinginan untuk makan lebih banyak. Melakukan diet air putih bahkan dapat menurunkan berat badan sebanyak 1 kg dalam waktu singkat, yaitu hanya dalam waktu satu minggu saja.

Diet menggunakan air putih tidak serta merta harus dilakukan dengan mengganti semua asupan anda menggunakan air putih. Anda masih membutuhkan asupan lain untuk memperkuat serta untuk menyehatkan tubuh. Salah satu makanan yang tidak boleh ditinggalkan adalah makanan yang berasal dari produk alam yaitu sayur dan buah. Sayur dan buah bukan hanya dapat digunakan sebagai makanan sehat namun juga dapat digunakan untuk membuat minuman sehat. Anda tidak boleh hanya mengonsumsi buah atau sayur saja melainkan dengan mencukupi keduanya. Saat anda merasa lapar anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan atau minum sari buah di saat anda merasa lapar.

artikel terkait: makanan untuk diet – makanan pengganti nasi untuk diet sehat