10 Khasiat Air Tebu Bagi Kesehatan

5020

Siapa tak kenal tebu? Tebu adalah salah satu jenis tanaman yang banyak manfaatnya bagi kita. Manfaat paling penting dari tebu itu sendiri adalah sebagai bahan utama dalam pembuatan gula pasir yang tentu saja pasti banyak kita gunakan sehari-hari. Selain sebagai bahan baku pembuatan gula, tebu sendiri juga merupakan salah satu bahan baku dalam pembuatan vetsin atau monosodium glutamate yang sering dimanfaatkan sebagai bahan penyedap masakan.

Tanaman Tebu

Tebu sendiri memiliki bentuk yang mirip seperti tanaman bambu dan merupakan tanaman yang masuk ke dalam jenis rerumputan, yang masa panennya kurang lebih 1 tahun setelah ditanam. Tebu sendiri banyak ditemui di daerah Sumatra dan juga Jawa.

Tebu juga sering dimanfaatkan air tebunya. Air tebu sendiri saat ini sudah sering dijual di banyak lokasi. Air tebu ini biasanya dijual dalam bentuk es air tebu, yang prosesnya dilakukan dengan cara mempress batang tebu, sehingga keluar sarinya. Air tebu ini juga seringkali dikenal dengan istilah jus tebu. Sebagai salah satu bahan minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

tentu saja air tebu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kita. apa saja manfaat dari air tebu ini? Berikut adalah beberapa khasiat air tebu:

1. Sebagai Pelepas Dahaga dan Memberikan Kesegaran

Air tebu seperti yang sudah pasti dapat menjadi salah satu minuman, dapat melepas dahaga dan memberikan kesegaran bagi tubuh anda. Apabila anda sedang merasa kehausan dan juga terasa mengantuk, maka cobalah untuk mengkonsumsi air tebu. Rasa manis dan juga rasa segar yang dihasilkan oleh air tebu ini akan sangat baik untuk membantu melepas dahaga dan mengembalikan kesegaran tubuh.

2. Menyembuhkan Penyakit Kuning atau Lever

Anda pasti sudah pernah mendengar mengenai penyakit kuning, alias penyakit hati. Ya, penyakit kuning ini merupakan salah satu gejala yang muncul dimana tubuh akan terlihat berwarna kuning karena adanya pigmentasi pada kulit, yang disebabkan oleh menurunnya fungsi hati. Untuk mengobati penyakit ini, ternyata air tebu merupakan salah satu obat alami yang mampu membantu untuk menyembuhkan gejala sakit kuning ini.

Air tebu mampu untuk mengembalikan kekuatan dan juga fungsi dari organ hati, sehingga dapat membantu menyembuhkan gejala sakit kuning.

Kondisi penyakit liver ini dapat dipengaruhi oleh :

3. Membantu Menyembuhkan Infeksi dan Peradangan

Manfaat lainnya dari air tebu adalah untuk membantu menyembuhkan peradangan dan juga infeksi di dalam tubuh. satu gelas air tebu yang kita minum, ternyata mampu untuk membantu menyembuhkan infeksi dan juga peradangan pada saluran kandung kemih, peradangan pada perut dan juga usus, dan juga infeksi yang disebabkan oleh penyakit menular seksual atau PMS.

4. Membantu Mengobati Batu Ginjal

Manfaat lainnya dari air tebu adalah untuk membantu mengobati gejala batu ginjal. Ya, batu ginjal dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi. Dengan mengkonsumsi air tebu, maka tubuh akan terhidrasi kembali, dan pada akhirnya bahaya batu ginjal dapat teratasi dengan bantuan air tebu.

5. Membantu Memperlancar Peredaran Darah

Air tebu juga memiliki kandungan zat besi. Makanan yang mengandung zat besi pada gula tebu ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan memberikan efek yang sangat baik bagi tubuh kita. hal ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. anda juga akan lebih mudah terhindar dari gejala penyumbatan pembuluh darah, serta berbagai gangguan kesehatan lainnya yang muncul karena peredaan darah yang tidak lancar.

6. Memulihkan Kekurangan Vitamin

Khasiat air tebu lainnya adalah mampu untuk memulihkan kekurangan vitamin di dalam tubuh. Kandungan mineral dan juga rasa segar yang ada pada air tebu mampu untuk membantu tubuh kita yang kekurangan vitamin, agar cepat pulih dari gejalaa kekurangan vitamin. Namun demikian, untuk memaksimalkan hal ini, maka kita juga tetap harus membantunya dengan cara mengkonsumsi bahan makanan kaya akan vitamin.

7. Kaya kalsium dan kalium

Air tebu juga memilki kandungan kalium dan juga kalsium yang tinggi. Makanan yang mengandung kalium dan kalsium ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Karena akan membantu menjaga asupan makanan yang mengandung kalsium dan kalsium yang diperlukan tubuh sehari-hari.

8. Dapat menyembuhkan flu dan pilek

Selain itu, air tebu juga memilki manfaat lainnya yang baik untuk menyembuhkan penyakit batuk dan pilek. Bagi anda yang mungkin sering mengalami gangguan flu dan juga pilek ini, cobalah untuk meminum air tebu. Kandungan dalam air tebu baik untuk membantu menyembuhkan dan juga meringankan gejala pilek dan juga flu.

9. Mencegah kanker

Ternyata, air tebu juga memiliki manfaat lainnya yang tidak kalah penting. Ya, beberapa penelitian menyebutkan bahwa ternyata air tebu memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mencegah kanker. air tebu mampu menghambat dan juga mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh kita, sehingga penyebaran kanker dapat dicegah dengan baik oleh air tebu.

Pencegahan kanker lainnya juga didapatkan dari :

10. Mengembalikan kadar air di dalam tubuh

Bagi anda yang mengalami dehidrasi, atau mungkin berpuasa sehari penuh, maka anda bisa mencoba mengkonsumsi air tebu. Ya, air tebu, dengan pemanis alami mampu untuk membantu meningkatkan kandungan atau kadar air di dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan anda dari dehidrasi yang menggangu kesehatan anda.

Itulah 10 manfaat air tebu yang harus anda ketahui. Jangan takut akan bahaya dari air tebu, karena air tebu memiliki kandungan pemanis alami yang aman bagi kesehatan tubuh kita.