11 Makanan yang Mengandung Estrogen dan Manfaatnya

20983

Estrogen adalah salah satu jenis hormon yang diproduksi oleh tubuh dan paling sering dikaitkan sebagai hormon untuk wanita. Sebenarnya pria dan wanita memiliki kadar hormon estrogen dalam tubuh. Namun kadar estrogen untuk wanita lebih tinggi daripada pria. Estrogen juga menjadi hormon seks untuk wanita yang mempengaruhi beberapa hal seperti siklus menstruasi, suasana hati dan pikiran, fungsi reproduksi dan juga kehamilan. Kekurangan atau kelebihan hormon estrogen akan memiliki dampak yang sangat serius untuk tubuh.

Salah satu gangguan yang paling sering terjadi pada wanita adalah masalah ketidakseimbangan hormon estrogen. Terlalu tinggi hormon estrogen atau terlalu rendah akan memiliki dampak pada masalah kesehatan dimasa depan. Namun sebenarnya estrogen bisa ditemukan secara alami pada makanan. Jadi Anda bisa menambah konsumsi makanan yang mengandung estrogen atau menguranginya jika memiliki kadar berlebihan. Berikut ini adalah daftar makanan yang mengandung estrogen.

  1. Tahu dan Tempe

Tempe dan tahu menjadi makanan olahan kedelai yang bisa didapatkan dengan mudah dengan harga yang terjangkau. Tempe dan tahu yang diolah dari bahan kedelai mengandung estrogen (golongan fitoestrogen berupa isoflavonoid) yang tidak kehilangan kadarnya selama proses fermentasi. Tahu dan tempe bisa menjadi makanan pengganti daging karena mengandung jumlah protein yang sangat tinggi.

Manfaat mengkonsumsi tahu dan tempe setidaknya dua kali dalam seminggu adalah:

  • Mengandung serat yang sangat baik untuk membuat pencernaan menjadi lancar.
  • Mengandung enzim phytates yang bisa membuat tubuh mudah menyerap zat besi, kalsium dan tembaga.
  • Sumber antibiotik alami yang sangat baik untuk mencegah diare.
  • Kandungan protein dan serat dalam tempe dan tahu bisa mencegah tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes.
  1. Produk Buah Kering (Plum, Aprikot, Kurma)

Produk buah kering seperti plum, aprikot dan kurma bisa menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh. Buah yang kering ini memiliki rasa yang sangat manis dan bisa menjadi camilan yang sangat sehat untuk tubuh. Semua buah ini mengandung fitoestrogen yang bisa memiliki fungsi seperti estrogen di dalam tubuh.

Manfaat makan buah kering secara teratur adalah:

  • Mengandung serat yang bisa mengikat lemak dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat saluran sekresi.
  • Menurunkan kolesterol sehingga bisa mencegah penyakit jantung, diabetes dan stroke.
  • Mengandung kalium yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, mengatur tekanan darah dan menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi.
  • Mengandung fitonutrien dan karotenoid yang bisa bertindak sebagai antioksidan untuk memerangi radikal bebas.
  1. Buncis

Buncis mengandung fitoestrogen yang bisa diterima oleh tubuh dengan reaksi sama seperti estrogen. Buncis harus dimasak dahulu sebelum dimakan. Buncis memiliki warna hijau alami dan rasa yang sangat manis ketika sudah dimasak. Anda bisa makan buncis untuk meningkatkan estrogen di dalam tubuh.

Manfaat makan buncis secara teratur adalah:

  • Mengandung serat larut dan tidak larut yang sangat baik untuk mencegah sembelit dan wasir.
  • Mengandung protein yang bisa menurunkan kadar lemak jenuh dalam tubuh.
  • Mengandung mineral mangan yang penting untuk mempertahankan antioksidan dalam tubuh.
  • Kandungan zat besi dalam buncis sangat baik untuk wanita hamil dan menyusui karena bisa mencegah anemia dan mendukung metabolisme pertumbuhan janin.
  1. Kacang – kacangan

Semua jenis kacang-kacangan mengandung fitoestrogen yang bisa bertindak sebagai estrogen di dalam tubuh. Jenis kacang yang bisa Anda konsumsi adalah seperti kacang mete, almond, pistachio, kacang merah dan kacang hitam.

Makan kacang-kacangan bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat karena:

  • Mengandung serat yang bisa membantu menurunkan kolesterol secara alami. (baca juga : makanan penurun kolesterol tinggi)
  • Kandungan karbohidrat dalam kacang-kacangan sangat baik untuk mencegah diabetes.
  • Fitoestrogen alami dalam kacang-kacangan bisa membantu menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh.
  1. Kecambah Alfafa

picMSbkyG

Alfafa adalah salah satu jenis makanan terbaik yang bisa dikonsumsi oleh pria dan wanita. Alfafa mengandung fitonutrien yang bisa meningkatkan estrogen dalam tubuh. Selain itu alfafa juga mengandung karbohidrat dan kalori dalam jumlah yang sangat kecil sehigga sangat baik untuk diet.

Manfaat mengkonsumsi alfafa secara teratur adalah:

  • Mengandung estrogen alami yang bisa meningkatkan estrogen dalam tubuh dan tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi jangka panjang.
  • Bisa digunakan untuk menurunkan level kolesterol tinggi sehingga sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah.
  • Kandungan fitoestrogen juga bisa menurunkan resiko penyakit osteoporosis , berbagai jenis kanker dan dan mengurangi gejala menopause.
  1. Biji Rami

flaxseed

Biji rami mungkin kurang populer di Indonesia, tapi biji rami mengandung fitoestrogen yang bisa menjadi sumber estrogen alami dalam tubuh. Biji rami biasanya dicampurkan dengan berbagai jenis masakan sebagai taburan dan cukup dimasak sebentar saja. Rasanya gurih dan manis namun sangat menyehatkan.

Manfaat makan biji rami untuk tubuh adalah:

  • Mengandung serat yang bisa membantu proses pencernaan, mencegah sembelit, bisa membantu menurunkan berat badan dan kolesterol.
  • Membantu mencegah penyakit pengerasan arteri karena mengandung omega 3 sehingga mencegah resiko stroke dan jantung.
  • Mencegah osteoporosis dan mendukung sistem kekebalan tubuh. ]
  1. Minyak Biji Wijen

image001

Minyak biji wijen dan biji wijen sangat baik untuk tubuh Anda karena mengandung fitoestrogen. Minyak biji wijen dan biji wijen sering dijadikan campuran makan seperti salad atau sup. Biji wijen memiliki rasa yang gurih dan netral yang bisa membuat masakan Anda menjadi lebih lezat.

Konsumsi biji wijen atau minyak biji wijen akan memberikan beberapa manfaat, seperti:

  • Mengandung serat yang sangat baik untuk mencegah sistem pencernaan lambat.
  • Mengandung magnesium, kalsium dan zat besi yang bisa mencegah anemia, penyakit akibat peradangan pada tubuh, dan meningkatkan glukosa untuk penderita diabetes dengan gangguan hipersensitif.
  • Sangat baik untuk penderita hipertensi karena bisa membantu menurunkan tekanan darah.
  1. Kedelai

Kedelai mengandung fitoestrogen yang bisa membantu memenuhi kebutuhan estrogen untuk tubuh. Kedelai menjadi salah satu makanan yang paling banyak digunakan di Indonesia terutama untuk membuat tahu dan tempe. Kedelai juga bahan makanan yang menyehatkan karena mengandung kalori dalam jumlah yang sangat rendah dan tidak mengandung kolesterol.

Manfaat makan kedelai secara rutin untuk tubuh adalah:

  • Mengandung estrogen yang bisa membantu tubuh mengurangi resiko kanker payudara dan menjadi makanan pengganti hormon alami tanpa efek samping.
  • Mengurangi semua gejala awal dan dampak tidak menyenangkan saat menjelang menopause.
  • Sangat baik untuk penderita jantung koroner karena kedelai bisa menurunkan kadar kolesterol.
  1. Kubis Merah

fotolia_6065560_XS

Kubis merah menjadi salah satu makanan yang saat ini mulai digemari. Kubis merah memiliki warna merah mendekati ungu atau pink dengan rasa yang sedikit pahit dan agak pedas. Warna merah pada kubis merah menandakan bahwa kandungan isoflavonoid yang cukup tinggi. Isoflavonoid termasuk salah satu jenis estrogen alami dalam sayuran.

Manfaat mengkonsumsi kubis merah untuk kesehatah seperti :

  • Mengandung glukosinates yang bisa mencegah kanker, melawan semua jenis bakteri yang masuk ke tubuh serta mengurangi semua penyakit peradangan.
  • Kandungan isoflavonoid atau estrogen alami bisa menurunkan resiko kanker terutama jenis kanker payudara.
  • Mengandung magnesium yang cukup tinggi sehingga bisa menurunkan tekanan darah untuk penderita hipertensi dan memelihara kesehatan pembuluh darah.
  1. Brokoli

Brokoli mengandung agen fitoestrogen golongan flavonoid dalam jumlah yang sangat tinggi. Brokoli juga menjadi salah satu jenis makanan super karena mengandung berbagai senyawa penghambat pertumbuhan sel kanker. Brokoli bisa dimasak sebagai jus atau masakan lain, namun disarankan untuk tidak memasak brokoli dalam waktu yang lama.

Mengkonsumsi brokoli secara aktif bisa mendatangkan beberapa manfaat seperti :

  • Mencegah berbagai jenis kanker karena mengandung glukoraphanin yang sangat efektif dalam mencegah kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati dan kanker prostat.
  • Bisa menurunkan kolesterol yang berlebihan dalam tubuh karena memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.
  • Membantu tubuh dalam melawan semua jenis peradangan dalam tubuh dan berbagai reaksi alergi karena mengandung kaempferol dalam jumlah yang tinggi.
  1. Gandum

Gandum mengandung estrogen dalam bentuk lignan. Gandum lebih banyak dikonsumsi di beberapa negara Eropa sebagai makanan pengganti nasi. Sebenarnya gandum sangat baik untuk tubuh karena mengandung semua jenis mineral, vitamin dan nutrisi yang benar-benar dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Namun di Indonesia konsumsi gandum masih sangat rendah terutama yang diolah menjadi roti atau kue.

Mengkonsumsi makanan yang diolah dari gandum akan memiliki beberapa manfaat seperti:

  • Meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh karena mengandung omega 3 yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung.
  • Mencegah potensi penyakit diabetes karena mengandung magnesium yang tinggi, magnesium adalah mineral yang sangat penting untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh.
  • Mengurangi berbagai jenis penyakit yang disebabkan karena peradangan seperti penyakit jantung, diabetes, Alzheimer dan osteoporosis.

Fungsi Estrogen

Estrogen yang ada di dalam tubuh wanita sebenarnya dihasilkan di bagian ovarium, namun selain itu juga dihasilkan oleh sel – sel lemak dalam tubuh dan kelenjar adrenal. Ketika seorang wanita sudah masuk ke masa puber maka estrogen akan membuat beberapa perubahan seperti membentuk jaringan payudara yang lebih besar dan rambut dibeberapa bagian tubuh. Peran estrogen lain dalam wanita, antara lain:

  1. Membantu mengendalikan siklus menstruasi dan pertumbuhan lapisan bagian rahim yang sudah mulai tumbuh sejak mentruasi pertama kali.
  2. Estrogen akan bekerja dengan progesterone untuk menghentikan proses ovulasi dalam siklus bulanan wanita.
  3. Estrogen akan mengendalikan berbagai perubahan dalam tubuh wanita ketika sudah masuk masa remaja termasuk untuk perubahan payudara selama kehamilan dan mempersiapkan asi.
  4. Estrogen mengendalikan kepadatan tulang dengan cara bekerja bersama dengan vitamin D dalam tubuh dan kalsium serta hormon yang bisa membuat tulang menjadi lebih kuat. Karena itulah wanita yang sudah masuk tahap menopause sangat rentan dengan osteoporosis yaitu masalah berkurangnya kepadatan tulang.
  5. Estrogen memiliki peran dalam membantu proses pembekuan darah, sistem kerja otak dan mempengaruhi suasana hati.
  6. Estrogen juga bisa berfungsi untuk menjaga ketebalan dinding vagina dan bagian saluran uretra.
  7. Estrogen pada pria dalam jumlan sedikit juga bisa berperan untuk mempengaruhi tingkat dan kualitas sperma.

Gejala Estrogen Tinggi untuk Wanita

  1. Perut kembung
  2. Rasa nyeri dan bengkak pada payudara menjelang siklus menstruasi
  3. Gairah seks yang bermasalah
  4. Mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.
  5. Sakit kepala, gelisah dan perubahan suasana hati yang sering terjadi.
  6. Muncul perkembangan jaringan pada bagian payudara.
  7. Kelebihan berat badan.
  8. Masalah rambut rontok.
  9. Tubuh sering merasa lelah, tidak berenergi dan tidak semangat bekerja.
  10. Gejala PMS (Premenstrual syndrom) yang terlalu berat.

Gejala Estrogen Tinggi pada Pria

  1. Gangguan kesuburan seperti tingkat dan kualitas sperma yang buruk.
  2. Payudara menjadi lebih besar karena estrogen akan merangsang pertumbuhan jaringan payudara seperti pada wanita.
  3. Masalah disfungsi ereksi karena kadar estrogen dan testosteron dalam tubuh tidak bisa seimbang sehingga menghalangi pria untuk bisa ereksi.

Jadi konsumsi makanan yang mengandung estrogen harus diperhatikan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bagi wanita yang sudah pernah menderita kanker payudara maka konsumsi makanan yang mengandung estrogen juga harus dikurangi.