4 Bahaya Batu Ginjal – Gejala, Resiko dan Pencegahan

9521

Batu ginjal adalah sebuah batu-batu kecil yang berbentuk krital yang telah terbentuk pada bagian ginjal. Kristal ini berasal dari garam mineral dan asam yang terus tertimbun dalam ginjal. Semua orang bisa terkena gejala batu ginjal namun selama ini laki-laki menjadi penderita tertinggi. Penyebab terbentuknya batu ginjal bisa berasal dari berbagai sebab. Efek dari batu ginjal akan menyebabkan proses berkemih tidak berjalan dengan baik. Ketika jumlah kristal yang terbentuk semakin banyak maka akan ada rasa sakit yang parah baik pada saat berkemih maupun di sekitar punggung dan panggul.

Gejala Batu Ginjal

Gejala awal batu ginjal memang tidak dapat ditandai dengan mudah. Banyak orang yang mengabaikan berbagai gejala ringan dan kemudian akan merasa lebih sakit jika sudah parah. Berikut ini beberapa gejala yang perlu diwaspadai.

  • Ada rasa sakit yang berulang pada bagian belakang di sekitar tulang rusuk
  • Rasa sakit seperti nyeri yang berputar dari bagian perut bawah hingga ke pangkal paha
  • Rasa nyeri di sekitar perut namun terkadang sembuh sendiri lalu muncul sewaktu-waktu
  • penyanki sakit pada saat buang air kecil
  • Urin berwarna lebih keruh, coklat kemerahan atau disertai dengan darah
  • Bau urin yang tidak sedap atau ada bau busuk
  • Volume urin yang terus menurun
  • Selalu sering buang air kecil
  • Mual, demam dan muntah

Penyebab Batu Ginjal

Biasanya rasa sakit karena batu ginjal akan muncul sewaktu-waktu dalam intensitas waktu yang tidak bisa ditentukan. Penyebab penyakit ginjal ini berawal ketika ada beberapa bagian urin yang mengandung berbagai jenis material kristal seperti kalsium, oksalat dan asam urat yang tinggi. Semakin lama jumlah batu kristal akan terus bertambah dan menyebabkan penumpukan di bagian ginjal. Jadi berbagai jenis kristal inilah yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Dari penyebab bati ginjal tersebut, membentuk beberapa tipe batu ginjal. Penentuan tipe dari batu ginjal berfungsi untuk mengetahui penyebab dan untuk menentukan langkah perawatan yang paling tepat. Berikut ini adalah beberapa macam tipe batu ginjal :

Batu Kalsium – Ini adalah jenis batu ginjal yang paling banyak ditemukan. Kalsium oksalat menjadi komponen utama dari batu ginjal jenis batu kalsium. Oksalat merupakan salah satu jenis zat alami yang banyak ditemukan pada berbagai jenis buah-buahan, sayuran, coklat, kacang-kacangan dan berbagai jenis sumber mineral. Gaya hidup dan berbagai kebiasaan cara konsumsi makanan menjadi salah satu penyebab terbentuknya batu kalsium.

Batu Asam Urat – Batu asam urat banyak ditemukan pada orang yang memang menderita tinggi asam urat. Selain itu, batu asam urat juga banyak disebabkan pada orang yang sering kekurangan minum, konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung protein tinggi dan orang yang terlalu sering kehilangan cairan. Beberapa penderita juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Batu Struvit – Ini adalah jenis batu ginjal yang terbentuk pada bagian ginjal karena ada infeksi saluran kemih yang telah menyebar hingga ke bagian ginjal. Batu ginjal struvit memiliki ciri yang sangat terlihat yakni jenis pertumbuhan batu yang mudah tumbuh, ukuran lebih cepat besar. Selain itu, batu ginjal ini tidak sering menunjukkan gejala sehingga banyak penderita yang tidak memahami gejalanya.

Batu Sistin – Jenis batu sistin terbentuk karena ginjal yang terlalu banyak mengelurkan jenis asam amino tertentu yang disebut sistin. Kondisi batu ginjal ini banyak ditemukan pada orang lanjut usia yang sebelumnya pernah memiliki riwayat penyakit ginjal.

Penyakit batu ginjal memang memerlukan perawatan yang sangat intensif. Berbagai tindakan bisa dilakukan mulai dari perawatan dengan obat hingga operasi jika sudah lebih parah. Berikut ini adalah berbagai jenis bahaya batu ginjal yang dapat terjadi kepada semua penderita batu ginjal :

1. Batu Ginjal Kambuh

Penyakit batu ginjal bisa menjadi penyakit yang kambuh sewaktu-waktu. Hal ini terjadi ketika penderita sudah mendapatkan perawatan dan dinyatakan sembuh. Namun ketika hal ini terjadi maka batu ginjal bisa kambuh dengan berbagai pemicu seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung oksalat (pantangan batu ginjal). Gaya hidup tidak sehat seperti kurang air mineral dan konsumsi alkohol berlebihan. Untuk mencegah batu ginjal agar tidak kambuh adalah dengan memperhatikan asupan air yang cukup.

Batu ginjal ini bisa terjadi lagi bisa disebabkan oleh :

2. Sakit Setelah Perawatan

Penyakit batu ginjal yang parah bisa membutuhkan tindakan operasi bedah untuk mengeluarkan batu ginjal. Namun semua prosedur ini bisa menyebabkan bahaya setelah operasi. Beberapa bahaya yang paling sering ditemukan adalah infeksi yang menyebar ke semua bagian tubuh, batu yang masih tertinggal di saluran ureter sehingga bisa menempel kembali ke ginjal, serta infeksi pada saluran kemih. Bahkan proses operasi terkadang juga bisa menyebabkan pendarahan karena resiko yang sangat besar.

Tidak hanya operasi batu ginjal, resiko tindakan operasi ini juga terdapat pada penyakit :

3. Kerusakan Ginjal

Bahaya batu ginjal bisa menimbulkan kerusakan ginjal menjadi salah satu resiko yang sangat berat. Jika batu terus menumpuk pada bagian ginjal kemudian bisa menyebabkan fungsi ginjal terus menurun. Ginjal akan rusak kemudian infeksi akan menyebar mulai dari saluran kemih hingga ke seluruh organ tubuh. Penanganan yang tepat bisa mencegah dari kerusakan ginjal. Namun kerusakan yang tidak mendapatkan perawatan bisa menjadi penyebab gagal ginjal atau ginjal yang tidak berfungsi.

Kerusakan ginjal ini bisa terjadi karena :

4. Penyumbatan Saluran Kemih

Penyumbatan saluran kemih terjadi ketika ada beberapa bagian kristal dari ginjal yang terbawa oleh cairan urin, namun kristal tidak dapat keluar sepenuhnya. Penyumbatan ini bisa terjadi dalam waktu yang lama maupun pendek. Namun beberapa orang bisa beruntung karena kristal atau batu bisa keluar saat berkemih.

Kondisi penyumbatan saluran kemih ini, juga bisa terjadi karena :

Resiko Batu Ginjal

Semua orang dengan kondisi tertentu bisa terkena penyakit batu ginjal. Namun ada beberapa faktor yang memang bisa menyebabkan seseorang memiliki peluang yang besar terkena penyakit batu ginjal. Berikut ini adalah beberapa orang yang bisa terkena resiko bahaya batu ginjal :

  • Orang yang pernah menderita penyakit batu ginjal dan batu ginjal yang kedua mungkin termasuk sebagai batu ginjal berulang.
  • Orang yang memiliki keluarga dengan penyakit batu ginjal atau kelainan ginjal lain.
  • Orang yang terbiasa tidak minum dalam jumlah yang cukup yang terkena bahaya akibat kurang minum
  • Orang yang terbiasa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung garam, protein dan gula buatan
  • Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas
  • Orang yang pernah menderita beberapa penyakit peradangan pada usus dan organ pencernaan lain

Cara Mencegah Batu Ginjal

Meskipun batu ginjal bisa terjadi pada siapa saja, namun mengurangi resiko serta melakukan beberapa tindakan pencegahan memang diperlukan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah terjadinya batu ginjal :

  • Konsumsi air mineral paling tidak sebanyak 2,5 liter perhari, jumlah yang disarankan oleh ahli adalah sekitar 3 liter per hari.
  • Sering melakukan olahraga. Ada beberapa orang yang tidak suka minum air putih karena tidak mudah haus, untuk mengatasi ini maka bisa melakukan latihan agar bisa merangsang rasa haus dan meningkatkan jumlah air yang masuk ke tubuh.
  • Konsumsi berbagai jenis makanan yang tidak banyak mengandung oksalat. Atau jika memang harus makan berbagai sumber oksalat sebaiknya dalam jumlah yang kecil saja.
  • Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam dan protein. Garam akan membuat kerja ginjal menjadi lebih berat sehingga meningkatkan resiko batu ginjal.
  • Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium tapi sebaiknya tidak mengkonsumsi suplemen kalsium. Suplemen kalsium bisa meningkatkan resiko batu ginjal.

Jadi, penyakit batu ginjal memang penyakit yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan ginjal permanen. Namun untuk mencegah sebaiknya kita bisa mulai dengan cara yang paling sederhana yaitu banyak minum air setiap hari. Anda juga bisa menerapkan berbagai cara mudah lain untuk mencegah batu ginjal.