Home Tips KesehatanKesehatan Tubuh 7 Minuman Penambah Tinggi Badan Paling Ampuh

7 Minuman Penambah Tinggi Badan Paling Ampuh

by Henny Anugerah

Minuman penambah tinggi badan merupakan minuman yang dapat mempercepat proses pertumbuhan dan perkembangan tulang serta meningkatkan kesehatan tubuh. Minuman yang sehat dan cocok untuk penambah tinggi badan bukan hanya dilihat karena disukai anak anak tetapi lebih kepada jumlah asupan nutrisi yang ada didalamnya. (Baca Juga: Bahaya Badan Terlalu Gemuk , Vitamin untuk Badan Letih)

Nutrisi Penting Agar Badan Cepat Tinggi

Pilihlan minuman yang mengandung nutrisi yang mendukung badan cepat tinggi untuk anak dan balita anda, Diantaranya:

  1. Protein

Pilihlah minuman yang mengandung protein tinggi , Karena protein adalah zat yang dapat membangun tubuh dan membantu pertambahan tinggi badan tubuh manusia. Protein memiliki zat asam amino didalmnya dimana zat tersebut sangat dibutuhkan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan kesehatan tuklang, Organ tubuh vital, Otot, Kulit, Jaringan dan struktur gigi.

Baca juga;

  1. Mineral

Mineral terdiri atas Kalsium, Magnesium, Yodium, Mangan, Fosfor, Fluor Zat besi. Mineral memiliki kemampuan mempercepat tinggi badan dan mempertahankan jaringan tulang untuk terhindar dari kerapuhan .

  1. Vitamin

Vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk mendukung jaringan tulang agar bisa cepat memanjang sehingga proses tinggi badan cepat dapat terjadi dengan baik. Vitamnin yang dimaksud adalah vitamin D yang bisa membantu penyerapan kalsium dalam tubuh agar tulang tetap kuat dan berkembang sehimngga badan cepat tinggi. Vitamin A, B , C dan F dapat membantu pertumbuhan jaringan tubuh tetap stabil midalnya jaringan mata, Jariungan otot, Daya tahan tubuh dan kesehatan darah. (Baca Juga: Bahaya Kelebihan Vitamin C  , Fungsi Vitamin B )

Minuman Sehat Penambah Tinggi Badan

  1. Susu Sapi murni

Susu sapi murni mengandung protein dan kalsium utuh yang dapat mempercepat pertumbuhan tulang , Memperkuat gigi dan menambah tinggi badan . Didalmnya terdapat vitamin A dan B yang dapat mendukung kesehatan sel sel tubuh agar tetap normala . Minumlah 3 gelas susu murni untuk anak dan balita agar cepat tinggi tubuhnya, Dan 12 gelas perhari untuk dewasa guna menjaga kesehatan dan kepadatan tulang dari hari kehari.

Baca Juga:

  1. Jus buah

Buah apapun kecuali yang mengandung alkohol dan gas, Misalnya durian, Anggur, Klengkeng atau semangka tidak disarankan dikonsumsi secara berlebihan. Gunakan buah yang aman seperti Kiwi, Mangga, Buah naga, Jeruk, Alpukat, Apel, Jambu biji merah dan lain lain dapat dibuat jus dan diminum setiap hari. Buah mengandung vtaimn A, B, C, E daan K yang baik bagi kesehatan tubuh dan mampu mempercepat pertumbuhan tulang anak. Jus buah merupakan minuman penambah tinggi badan yang sangat dibutuhkan anak anak maupun kesehatan orang dewasa.

  1. Jus Bayam

Pilihlah bayam untuk dijadikan jus sehat setiap hari dan sebagai minuman penambah tinggi badan yang aman .Tahukah anda jika bayam mengandung serat supert tinggi , Zat besi, dan zat kalsium tinggi yang dibutuhkan tulang untuk terus tumbuh dan berkembang sebelum anak memasuki usia dewasa yaitu 18 tahun. Berikan jus bayam selain minuman susu setiap harinya.

Baca Juga:

  1. Susu kacang kedelai

Susu yang digabungkan dengan sari kedelai merupakan minuman sehat yang terkjenal dengan rasa nikmatnya dan disukai segala usia. Susu kacang kedelai memiliki kandungan vitamin B dan protein yang sangat besar dan dapat meningkatkan massa tulang, Jaringan tubuh dan mampu mempercepat tinggi badan anak anak. Bagi orang dewasa susu kacang kedelai dapat meningkatkan massa otot, Menyehatkan jaringan otot dan melindungi persendian.

  1. Minuman madu

Madu merupakan salah satu bahan dasar alami yang dapat dijadikan sebagai minuman penambah tinggi badan . Madu memiliki kandungan mineral, Serat dan vitamin yang lengkap sehingga baik bagi pertumbnuhan tulang dan gigi anak anak. Madu juga memiliki senyawa yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga seseorang tidak mudah jatuh sakit. Sakit yang terus menerus pada anak anak dapat memnghambat pertumbuhan tulang sehingga badan sulit untuk cepart tinggi.

Baca juga:

  1. Sari kacang hijau

Kacang hijau mengandung protein dan vitamin B komplek yang baik bagi tulang dan kesehatan organ tubuh lain. Ambilah sari dari kacang hijau dan buatlah sebagai alternatif minuman penambah tinggi badan yang aman dan nikmat bagi anak anak.

  1. Minuman probiotik

Minuman probiotik adalah minuman yang dibuat dari hasil fermentasai yang panjang dimana didalamnya terdapat bakteri steril yang dapat membasmi bakteri jahat yang ada didalam tubuh, Adanya bakteri jahat dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh anak anak sehingga mengganggu pertumbuhan tulang dan giginya. Rajin minum minuman probiotik misalnya yoghurt dapat menyehatkan semua jaringan tubuh sehingga tubuh dapat mudah menyerap kalsium dan nutrisi dari makanan lain sehingga badan menjadi cepat tinggi. (Baca Juga: Bahaya Makan Es Batu Setiap Hari , Makanan yang Dihindari Penderita Batu Ginjal)

Penyebab Tinggi Badan Lambat

  1. Kebiasaan dan gaya hidup

Karena sejak usia dini anak anak anak dibiarkan makan makanan yang banyak mengandung garam, Gula dan lemak jenuh. maka setelah dewasa mereka akan memiliki kebiasaan untuk tertap mengkonsumsinya sebagai makanan harian. Ketiga zat tersebut (garam, gula dan lemak jebuh) dapat menghambat tubuh dalam menyerap kalsium, Vitamin D dan nutrisi lain Sehingga jaringan tulang kesulitan untuk tumbuh dan berkembang. Akibatnya anak anak mengalami kesulitan tinngi badan atau tinggi badannya tidakj sesuai dengan usianaya. Hindari makanan yang masuk dalam kategori junk food dan siap saji agar tubuh anak anak cepat tinggi.

Baca Juga:

  1. Tidak suka susu

Biasakan anak anda untuk minum susu setiap haari. Jika mereka tidak menyukai susu maka campurlah susu dengan jus buah atau makanan sehat lain seperti kue bolu yang dibuat dengan pemberian susu dengan jumlah yang cukup banyak.

  1. Olahraga

Berikan pengertian dan pembelajaraan tentang manfaat olahraga bagi anak anak. Karena bagaimanapun juga olahraga dibutuhkan untuk membantu memperkuat tulang, Sendi dan otot sehingga minuman atau makanan sehat yang ditujukan untuk kesehatan tukang dapat menjadi lebih efektif diserap oleh tubuh.

Baca Juga:

  1. Tidur cukup

Anak anak yang serimg tidur larut malam atau kebiasaan tidak tidur selama 8 jam maka jaringan tubuhntya akan mengalami kemunduran. Pertumbuhan tulangnya akan melambat dan tinggi badanpun jadi terhambat. Istirahat cukup adalah modal utama bagi pertumbuhan tulang dan kesehatan anak anak.

  1. Hindari jajan sembarangan

Makanan yang dijual bebas diluaran rumah tidak semuanya sehat karena hampir 80 % didalmnya terdapat campuran bahan pengawet berbahaya seperti Formalin, Borak, Pewarna kain, Pemanis buatabn dan sebagainya. Semua zat zat berbahaya tersebut dapat menjadi penyebab gagaknya pertumbuhah tulang anak. Zat pengawet berbahaya dapat menyerap nutrisi dalam tubuh dan jaringan tubuh tidak mendapatkannya. Bahkan zat pengawet dapat mencederai dinding lambung dan organ tubuh lain, meracuni darh dan menghancurkan sel sel baik mnenjadi sel abnormal yang nantinya bisa menyebabkan munculnya sel kanker. Berilah pengertian untuk membeli makanan yang mengandung protein, Mineral dan vitamin, Karena semua itu adalah jenis makanan penguat tulang dan gigi mereka yang nantinya bisa membuat badan mereka cepat tinggi.

You may also like