Home Penyakit dan KelainanDiabetes Daftar Minuman Dingin Paling Aman Untuk Penderita Diabetes

Daftar Minuman Dingin Paling Aman Untuk Penderita Diabetes

by Tri Astuti

Bagi penderita diabetes pastinya sangat teliti ketika akan makan dan minum. Semua karena makanan dan minuman yang manis dan tinggi gula akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Efeknya sangat berbahaya karena penyakit ini bisa memicu komplikasi. Misalnya saja terhadap jantung dan rusaknya jaringan tubuh.

Terkadang karena harus memilih minuman maka akhirnya penderita diabetes juga kurang nutrisi tertentu. Nah, berikut ini kami sampaikan daftar minuman dingin paling aman untuk penderita diabetes.

  1. Es Kopi Tanpa Gula

Siapa yang mengatakan jika penderita diabetes tidak boleh minum kopi? Adanya bahaya kopi bagi penderita diabetes sebenarnya hanya terjadi ketika kopi yang diminum mengandung banyak gula, gula pemanis dan gula cair. Kopi yang diseduh dengan cara manual brew dinyatakan sangat aman untuk penderita diabetes. Selain aman untuk diabetes, maka kopi yang diseduh secara manual memberi manfaat untuk jantung dan menurunkan risiko kanker.

  1. Smoothie Alpukat dan Mentimun

Pilihan buah untuk penderita diabetes yang aman memang harus sangat diperhatikan. Ternyata ada dua buah yang sangat aman dan lezat untuk diabetes yaitu alpukat dan mentimun. Nah dua buah ini bisa dibuat menjadi smoothie yang lembut dan tanpa campuran tambahan seperti air dan gula. Selain lezat buah ini kaya dengan lemak tak jenuh sehingga bisa mengurangi kadar LDL dalam tubuh. Tentu saja tambahan mentimun juga mengendalikan darah tinggi.

  1. Es Coklat

Banyak penderita diabetes yang enggan untuk makan coklat. Hal ini karena beberapa kemungkinan bahwa coklat sangat berbahaya dan mengandung kafein yang buruk untuk penderita diabetes. Tapi ternyata pilihan es coklat bisa menjadi minuman dengan kadar gula yang cukup rendah. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dari coklat hitam yang dicairkan dan campuran air mineral. Minuman ini bisa mengatasi beberapa kondisi pada penderita diabetes seperti gejala stres dan depresi.

  1. Es Teh Delima

Biasanya penderita diabetes juga tidak berani minum es teh. Ya, itu tentu saja karena es teh yang dijual umum mengandung banyak gula dan pemanis. Tapi jika ingin tetap sehat sebaiknya penderita mulai minum es teh delima. Es teh dibuat dengan campuran teh hitam dengan buah delima. Seduhan teh dan delima ternyata mengandung vitamin C dan vitamin K yang cukup tinggi. Kedua jenis vitamin ini bisa meningkatkan kesehatan penderita diabetes. Minuman ini juga bisa mengatasi penyakit wasir sehingga sangat menyehatkan.

Itulah 4 daftar minuman dingin paling aman untuk penderita diabetes. Mulai sekarang jika cuaca sangat panas maka penderita diabetes tidak perlu takut lagi untuk membuat minuman tersebut.

You may also like