Home Featured Bolehkah Diet Minum Madu? Simak Tips Konsumsinya yang Benar Selama Diet

Bolehkah Diet Minum Madu? Simak Tips Konsumsinya yang Benar Selama Diet

by Erlita

Dalam rangka menurunkan berat badan, segala makanan maupun minuman dengan rasa manis ataupun asin perlu dibatasi. Madu adalah salah satu bahan alami dengan rasa manis yang justru kerap dihindari saat sedang menjalani program diet. Padahal, diet tidak selalu kok harus benar-benar memangkas asupan yang manis-manis.

Bolehkah diet minum madu?

Boleh kok mengonsumsi madu di kala sedang diet, karena madu dengan rasa manis alami bila diminum bisa menjadi cara menurunkan berat badan. Apalagi madu menurut National Honey Board yang dilansir dari Food NDTV adalah bahan alami tanpa sodium, kolesterol apalagi lemak. Hanya saja, memang benar bahwa madu berkandungan 64 kalori bila mengonsumsinya 1 sendok makan saja.

Meski sesendok makan madu ada kandungan 64 kalori, penelitian dalam Journal of American College of Nutrition membuktikan bahwa madu adalah pengendali nafsu makan yang alami dan efektif. Meminum madu setiap malam sebelum tidur lebih dianjurkan agar pembakaran lemak terjadi lebih banyak selama kita terlelap.

Namun ketika kita memilih mengonsumsi madu, itu artinya kita menggunakan madu sebagai pengganti gula biasa. Beberapa tips ini bisa diterapkan ketika ingin mengonsumsi madu saat sedang ingin berdiet.

  • Setiap pagi campurkan sesendok makan madu serta perasan ½ buah lemon ke dalam air hangat sebanyak 150 ml. Minumlah sebelum perut terisi apapun karena ini juga menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh lho.
  • Setiap pagi sebelum sarapan serta setiap sebelum tidur, campurkan sesendok teh madu bersama kayu manis bubuk ¼ sendok teh saja ke dalam segelas air, minumlah rutin.
  • Tambahkan madu pada roti gandum yang dikonsumsi setiap sarapan, atau boleh juga setiap malam supaya berat badan lebih cepat turun.
  • Setiap hendak olahraga, konsumsilah segelas susu skim yang sudah ditambah dengan madu 1 sendok makan karena kalorinya rendah dan sangat baik dalam proses penurunan berat badan.
  • Setiap makan oatmeal, bisa juga madu ditambahkan secukupnya sesuai selera.
  • Jika suka makan salad, selain minyak zaitun sebenarnya kita bisa tambahkan madu sebagai dressing yang sehat ketimbang yang lainnya.

Madu mentah tentunya adalah yang paling dianjurkan bila ingin mengonsumsinya saat sedang diet dan ingin mengganti gula biasa dengan madu. Walau madu bisa membantu menurunkan berat badan, bukan berarti kita bisa mengonsumsinya banyak-banyak karena kalorinya pun tetap harus diperhitungkan. Jika kebanyakan, bukannya bermanfaat madu justru bisa menjadi faktor yang menaikkan bobot tubuh lho.

You may also like