Air Kunyit di Pagi Hari, Ternyata Ini 6 Khasiatnya

928

Si kuning kunyit adalah bagian dari bumbu dapur yang akrab dengan keseharian kita. Seperti diketahui, kunyit selain bermanfaat sebagai bumbu masakan di dapur, juga  memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dari kandungan zat –zat  kimia di dalamnya seperti kurkumin, arabinose, fruktosa, berbagai mineral dan minyak atsiri di dalam setiap rimpangnya.

Mungkin selama ini Anda malas mengkonsumsi kunyit secara rutin, tapi bila Anda mengetahui manfaatnya berikut ini, maka rasanya Anda harus rutin mengonsumsi kunyit mulai sekarang agar mendapatkan manfaat baiknya. Berikut manfaat kunyit yang dapat kamu rasakan

  1. Pereda Nyeri

Kunyit diketahui melalui sebuh studi pada tahun 2012, dapat meredakan nyeri yang bahkan lebih kuat dari obat kimia  yang banyak digunakan dalam dunia kedokteran. Zat-zat aktif yang terkandung dalam kunyit bekerja menyembuhkan rasa sakit dengan baik.

Kunyit memang sangat efektif untuk meredakan nyeri, sehingga tidak jarang kunyit sering dijadikan salah satu obat yang digunakan dalam obat herbal untuk mengatasi rasa nyeri, bahkan kunyit pun merupakan salah satu rempah-rempah yang membuat makanan menjadi lebih enak.

2. Anti Radang

Selain anti nyeri, ternyata kunyit juga memiliki khasiat anti radang atau anti inflamasi melalui kandungan kurkumin dalam kunyit. Radang dalam tubuh dapat memicu penyakit baik yang ringan maupun kronis. Sehingga konsumsi kunyit sangatlah tepat karena  khasiat anti inflamasi dalam kunyit ternyata lebih kuat dibandingkan pada obat anti inflamasi.

Obat anti inflamasi atau obat radang ini dapat diperoleh dari kunyit karena kandungan di dalam kunyit yang banyak mengandung kandungan zat aktif yang berperan penting dalam menciptakan metabolisme untuk tubuh sehingga baik untuk anti inflamasi.

3. Perbaikan fungsi pencernaan

Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat menyehatkan pencernaan karena mampu membunuh bakteri jahat pada saluran pencernaan yang dapat menyembuhkan gangguan pencernaan. Selain itu minum kunyit hangat secara rutin akan merangsang pelepasan empedu sehingga pencernaan menjadi lebih baik.

4. Kesehatan Hati

Fungsi lain kunyit terkait kesehatan hati adalah dengan mengonsumsi kunyit akan merangsang produksi empedu, meningkatkan fungsi empedu dan mengurangi pembesaran saluran hati. Selain itu zat dalam kunyit akan melindungi hati dari kerusakan del dengan cara meregenerasi sel sel yang rusak.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Senyawa aktif dalam kunyit yang dikenal sebagai kurkumin juga memiliki fungsi untuk membersihkan plak dan pembekuan darah pada arteri sehingga kerja jantung lebih ringan.

Kesehatan jantung merupakan kesehatan yang paling utama yang harus kamu perhatikan, karena jantung ini memiliki peran yang sangat penting dalam anggota tubuh, bahkan dapat dikatakan bahwa jantung merupakan nyawa dari kehidupan seseorang.

6. Mencegah Terjadinya Kanker

Kurkumin pada kunyit merupakan antioksidan kuat yang ampuh menangkal radikal bebas dan mampu mencegah terjadinya kerusakan sel akibat molekul yang tidak stabil.  Selain itu kurkumin pada kunyit juga memiliki khasiat  untuk menghambat perkembangan sel-sel kanker, meredakan nyeri, menangkal bau dan gatal pada luka yang diakibatkan oleh penyakit kanker.

Mengonsumsi kunyit secara rutin dengan diminum di pagi hari memiliki banyak sekali manfaat, bukan sekedar mencegah penyakit namun ternyata juga dapat berfungsi dalam pengobatan penyakit-penyakit serius. Jika para ahli saja percaya bahwa kunyit adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat, kenapa kita tidak ? Yuk jangan ragu lagi untuk mengonsumsi kunyit setiap hari.