Home Featured 12 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula untuk Kesehatan yang Banyak Orang Belum Sadari

12 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula untuk Kesehatan yang Banyak Orang Belum Sadari

by Erlita

Beberapa orang menyukai kopi yang manis di mana ada penambahan gula bahkan terkadang susu atau krim. Namun sebenarnya, kebiasaan minum kopi tanpa ditambah gula maupun pemanis lainnya malah justru lebih menyehatkan lho. Kopi pahit murni selain nikmat tentu baik bagi kesehatan dan inilah manfaat minum kopi tanpa gula yang bisa diketahui.

  1. Membakar Lemak

Kafein menurut penelitian oleh departemen nutrisi Universitas London mampu membuat laju metabolisme tubuh meningkat sampai 11 persen yang artinya proses pembakaran lemak dalam tubuh berjalan dengan sangat baik. Maka meminum segelas kopi tanpa gula, khususnya kopi hitam mampu menjadi cara membakar lemak alami dan efektif lho.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Beberapa orang pasti setuju bahwa kopi tanpa gula bermanfaat dalam membuat suasana hati lebih baik alias mengatasi stres dan depresi dengan baik. Ini karena sistem saraf pusat akan memperoleh rangsangan dari kopi sehingga produksi noradrenalin, serotonin dan dopamin meningkat sehingga memperbaiki mood yang buruk atau sedang down.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Ketika metabolisme tubuh meningkat dan proses pembakaran lemak berjalan dengan lancar, maka produktivitas sehari-hari pun ikut meningkat lho. Jadi, minum kopi tanpa tambahan gula maupun susu dan krim sebenarnya sangat baik. Kinerja fisik yang meningkat otomatis akan membantu agar kinerja tubuh di kala berolahraga juga lebih optimal.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Minum kopi tanpa gula juga berguna dalam menjaga agar kesehatan jantung terjaga dengan baik. Kopi pahit mengandung mineral kalsium dan kalium yang siap menguatkan otot jantung. Hanya saja kopi tanpa gula khususnya kopi hitam lebih dianjurkan bagi yang mengalami sumbatan darah yang diakibatkan oleh asupan makanan kita sehari-hari.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Saat asupan mineral kalsium yang diterima tubuh kurang, otomatis penyakit tulang dapat terjadi. Kopi hitam tanpa pemanis menawarkan kalsium yang mampu meningkatkan kesehatan serta menurunkan risiko osteoporosis pada wanita khususnya yang sudah masuk masa menopause.

  1. Membuat Tubuh Bugar

Ory Hofmekler yang merupakan seorang ahli nutrisi memiliki pendapat bahwa minum kopi hitam pahit mampu menguatkan otot serta menjaga kebugaran tubuh. Jadi bagi yang gampang capek, untuk tubuh yang lebih fit maka mengonsumsi kopi hitam asli pahit atau rendah gula dapat membantu agar lebih bugar.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Minum 2 cangkir kopi hitam tanpa gula secara rutin baik dalam mencegah kanker lho. Ada kandungan sifat antikanker di dalam kopi hitam tanpa gula yang mampu menurunkan risiko kanker hati sebesar 40 persen dan juga kanker kolorektal.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Lagi-lagi kopi hitam tanpa gula-lah yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, tanpa berlebihan, supaya risiko terkena diabetes tipe 2 dapat diminimalisir. Pada seseorang yang punya risiko diabetes karena faktor keturunan, maka mulai mengonsumsi kopi tanpa gula akan mampu mengatasinya.

  1. Membersihkan Usus

Karena kopi adalah minuman yang memiliki sifat diuretik, maka efek bagi tubuh adalah seringnya buang air. Jika dikonsumsi tanpa gula, kopi makin berkhasiat dalam membersihkan usus dan juga membasmi bakteri serta berbagai toksin atau racun dari dalam tubuh sehingga kita pun terhindar dari gangguan pencernaan.

  1. Meningkatkan Memori

Untuk otak, kopi tanpa gula juga bermanfaat lho, karena meminumnya akan membantu fungsi otak tetap aktif dan bahkan mampu meningkatkan kekuatan ingatan atau memori. Dan karena menjaga keaktifan saraf-saraf otak, otomatis minum kopi pahit tanpa tambahan pemanis apapun mampu membantu mencegah demensia.

  1. Meningkatkan Antioksidan dalam Tubuh

Kopi hitam apalagi yang diminum tanpa tambahan gula mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam melawan efek radikal bebas penyebab berbagai penyakit serius. Ini karena di dalam secangkir kopi hitam pahit terdapat mineral kalium, magnesium, mangan, vitamin B5, vitamin B3, serta vitamin B2.

  1. Mencegah Penyakit Parkinson

Meminum kopi hitam rutin tanpa berlebihan dan juga tanpa gula sebenarnya juga sangat bisa mendukung keawetmudaan kita. Karena minum kopi pahit mampu membantu produksi dopamin dalam tubuh lebih aktif, maka inilah yang akan membuat penyakit Parkinson dapat dicegah dengan baik.

Itulah sederet manfaat minum kopi tanpa gula yang tentunya pun lebih dianjurkan untuk mengonsumsi kopi hitam asli; 2-3 cangkir paling dianjurkan untuk konsumsi harian. Namun bagi orang-orang dengan gangguan kesehatan tertentu, konsultasikan dulu dengan dokter dan pastikan agar kopi hitam sekalipun tak diminum berlebihan dan perlu dibatasi.

You may also like