Niacin (Vitamin B3) : Manfaat dan Sumber Makanan

1560

Tubuh memerlukan asupan gizi dan nutrisi supaya kinerjanya tetap terjaga salah satu senyawa yang dibutuhkan adalah vitamin. Vitamin B3 atau yang juga memiliki nama ilmiah niacin merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. sumber vitamin B3 dpat ditemukan dengan mudah di berbagai jenis makanan namun selain itu anda juga bisa mencukupinya dari suplemen vitamin B3 atau niacin. Suplemen vitamin B3 ini biasanya hanya diberikan kepada orang yang menderita defisiensi atau kekurangan vitamin B3 yang ditandai dengan beberapa gejala seperti demam, diare, demensia serta terjadinya peradangan kulit.

baca juga: khasiat minum air hangat setelah makan

Selain itu manfaat lainnya yang ada di dalam vitamin B3 antara lain untuk melancarkan pencernaan, mengatasi kerusakan sistem saraf, menjaga kesehatan kulit, serta melepaskan energi yang dibawa oleh makanan sehingga bisa diserap dengan baik oleh tubuh. makanan yang mengandung vitamin B3 ini antara lain adalah telur, jamur, hati, sayuran hijau, ikan, susu, ragi, hati dan lainnya. anda juga disarankan untuk tidak mengalami kekurangan vitamin B3 karena bisa berbahaya bagi tubuh.

Manfaat vitamin B3 atau Niacin

Mengapa anda diharuskan untuk mencukupi kebutuhan asupan vitamin B3 atau niacin? Hal ini tidak lain karena di dalam vitamin B3 memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Jika anda mengalami kekurangan vitamin B3 maka bisa menyebabkan beberapa jenis gangguan kesehatan. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa manfaat dari niacin atau vitamin B3.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya bahwa salah satu fungsi atau manfaat dari vitamin B3 atau niacin ini adalah sebagai pemecah nutrisi yang ada di dalam makanan sehingga dengan adanya vitamin B3 segala macam senyawa gizi dan nutrisi yang ada di dalam makanan akan dapat terserap ke dalam tubuh secara optimal. Selain itu gizi makanan tadi juga diubahnya menjadi gula atau energi sehingga metabolisme tubuh pun akan semakin meningkat dan anda menjadi tidak mudah sakit karena jaringan tubuh sudah mendapatkan antibody yang cukup kuat.

baca juga: cara meningkatkan metabolisme tubuh

  1. Menurunkan kolesterol tinggi

Manfaat besar lainnya yang ada di dalam vitamin B3 adalah mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. seperti yang anda ketahui bahwa kolesterol sangat berbahaya dan bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan di dalam pembuluh darah sehingga dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti gejala  jantung koroner, gejala stroke dan tekanan darah tinggi.

  1. Membantu penyerapan kalsium lebih optimal

Bukan hanya vitamin D saja yang bisa menyerap kalsium namun juga akan lebih optimal jika dibantu oleh vitamin B3. Vitamin B3 menyerap kalsium yang ada di dalam makanan kemudian dialirkan ke bagian tubuh yang memerlukan seperti tulang dan gigi.

baca juga: akibat kelebihan kalsium

  1. Membantu pertumbuhan

Bagi orang yang masih dalam tahap pertumbuhan seperti anak-anak dan remaja sangat membutuhkan vitamin B3 untuk perkembangan sel dan jaringan di dalam tubuhnya. Oleh karena itu jika anda masih dalam tahap pertumbuhan jangan lupa untuk memastikan asupan vitamin B3 ini ya.

baca juga: pertolongan pertama pada patah tulang

  1. Meningkatkan nafsu makan

Salah satu gejala terjadinya defisiensi vitamin B3 adalah menurunnnya nafsu makan. Dengan mengonsumsi vitamin B3 secara rutin dan berkala maka bisa membuat nafsu makan bertambah dan cara ini juga aman bagi anda yang ingin menaikan berat badan.

baca juga: cara meningkatkan nafsu makan

  1. Menjaga kesehatan sistem saraf

Kesehatan sistem saraf juga bisa diobati oleh vitamin B3 ini. vitamin B3 dapat menurunkan tingkat depresi dan stress yang dihadapi oleh seseorang. Jadi jika anda sedang stress saat ini sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B3 saja ya.

baca juga: jenis kelainan saraf

  1. Menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut

Bukan hanya jaringan dalam tubuh saja yang akan mendapatkan manfaat dari vitamin B3 ini namun juga jaringan luar seperti kulit, rambut dan kuku. Vitamin B3 mampu membantu proses regenerasi sel rambut, kuku, dan kulit sehingga pertumbuhannya dan pergantian selnya menjadi baik dan mendapatkan bibit sel yang sehat.

baca juga: cara menghilangkan kutu rambut

Manfaat tersebut bisa anda dapatkan asalkan anda mengonsumsi vitamin B3 atau niacin secara rutin dan berkala. Jadi jangan ragu untuk makan makanan yang mengandung vitamin B3 ini.

Sumber Makanan Vitamin B3 (Niacin)

Mungkin anda sampai saat ini masih bingung mengenai apa saja jenis makanan yang menjadi sumber vitamin B3 atau niacin. Jika anda mengetahui apa saja makanan yang mengandung vitamin B3 maka akan membantu anda mengamati apakah kebutuhan akan vitamin B3 harian anda sudah terpenuhi ataukah belum atau justru kelebihan? Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B3 yang perlu anda ketahui.

  1. Sayur dan buah yang mengandung vitamin B3

Sayur dan buah yang mengandung vitamin B3 sebenarnya sangat mudah ditemukan dan mungkin anda pasti sudah tidak asing lagi. Selain itu buah-buahan juga kaya akan vitamin lainnya serta mineral di dalamnya sehingga anda tidak akan repot mendapatkan sayur dan buah ini.

  • Mangga

Buah yang paling dicari saat sedang musimnya ini memiliki banyak varietas yang sangat menggoda dan menggugah selera saat ini. ada beragam jenis mangga yang bisa anda konsumsi seperti mangga mana lagi, mangga arum manis, mangga apel dan lainnya. di dalam satu mangga terdapat 1,5 mcg kandungan vitamin B3. Untuk mengonsumsi buah mangga ini anda bisa memakannya langsung saat buah sudah matang atau bisa juga dijadikan jus sesuai dengan selera anda masing-masing. (baca juga: bahaya getah mangga)

  • Asparagus

Sayur sumber vitamin B3 diantaranya ada di dalam asparagus. Asparagus ini memang masih cukup asing di Indonesia namun keberadaannya makin terkenal dan semakin banyak dicari orang karena selain rasanya yang khas, asparagus ini memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak. Di dalam satu cangkir asparagus memiliki kandungan vitamin B3 sebanyak 1,31 mcg. Untuk mendapatkannya mungkin anda harus membelinya di supermarket karena kebanyakan masih impor. Cara mengolahnya dengan direbus adalah cara terbaik untuk mempertahankan nutrisi di dalam asparagus supaya tidak hilang. (baca juga: sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat)

  1. Kacang-kacangan yang mengandung vitamin B3

Selain sebagai sumber protein, kacang-kacangan juga kaya akan vitamin dan mineral lainnya diantaranya adalah vitamin B3. Namun mungkin banyak orang yang membatasi konsumsi kacang-kacangan ini karena mengandung lemak atau minyak yang bisa menyebabkan jerawat, perut buncit, kolesterol dan lainnya. hal tersebut tentunya tidak benar justru minyak atau lemak yang ada di dalam kacang-kacangan adalah lemak tak jenuh yang sangat baik bagi tubuh. yang berbahaya adalah bagaimana caranya kacang itu dimasak, jika digoreng menggunakan minyak kelapa yang sudah tidak layak maka itulah yang membuat berbagai jenis penyakit karena minyak untuk menggorengnya bukan karena minyak di dalam kacangnya. Beberapa jenis kacang-kacangan yang mengandung vitamin B3 tinggi antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kacang tanah

Di dalam 1 ons kacang tanah mengandung vitamin B3 atau niacin sebanyak 3,8 mcg. Anda bisa mendapatkan kacang tanah di pasar tradisional karena di Indonesia sendiri banyak yang menanam sehingga mudah ditemukan. (baca juga: kacang hijau bagi penderita kista)

  • Kacang almond

Jenis kacang lainnya yang mengandung vitamin B3 adalah kacang almond. Jika kacang tanah cukup mudah ditemukan namun tidak dengan kacang yang satu ini karena di Indonesia tidak populer dan masih banyak hasil impor dari negara di eropa yang memang senang mengonsumsi kacang almond. Anda bisa mendapatkannya di supermarket dengan harga yang masih relatif mahal namun tidak apa karena akan sepadan dengan kandungan nutrisi serta rasanya yang enak dan gurih. Di dalam 3 ons kacang almond mengandung 0,95 mcg vitamin B3 atau niacin yang bermanfaat bagi tubuh anda. (baca juga: cara mencegah kelenjar getah bening bengkak)

  • Biji mustard

Biji mustard juga mungkin masih asing di telinga anda namun biji mustard juga kaya akan vitamin B3 atau niacin. Di dalam satu sendok makan biji mustard mengandung 0,9 mcg vitamin B3. Anda bisa mendapatkannya di swalayan dan supermarket. Anda bisa mencampurkannya di dalam olahan makanan seperti kue atau roti kesukaan anda. (baca juga: makanan penghancur batu ginjal)

Cara mengolah kacang-kacangan terbaik adalah dengan cara merebusnya karena dengan ini kandungan nutrisi di dalamnya akan tetap terjaga. Sebaiknya hindari menggoreng karena saat ini terlalu banyak minyak yang mengandung lemak jenuh untuk menggoreng dan justru menjadikan kacang-kacangan menjadi berbahaya bagi tubuh. jika anda terpaksa tidak suka dengan kacang rebus maka anda bisa memanggangnya saja di dalam oven.

  1. Daging yang mengandung vitamin B3

Daging merah banyak dijual dipasaran karena menjadi sumber protein hewani serta menjadi bahan lauk yang sangat lezat. Di dalam daging merah seperti daging sapi, kambing, kerbau dan lainnya ini juga menjadi sumber vitamin B3 yang cukup tinggi. selain itu daging merah juga mengandung zat besi serta vitamin B12 yang sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Berikut ini adalah beberapa jenis daging merah yang mengandung vitamin B3 atau niacin.

  • Daging sapi

Untuk mendapatkan daging sapi tentu tidak sulit karena daging yang satu ini bisa ditemukan hampir di seluruh pasar tradisional di Indonesia. ada banyak olahan masakan yang menggunakan daging sapi yang bisa anda pilih misalnya saja rending, gulai, soto, bakso dan lainnya. namun sebaiknya anda memilih jenis daging yang tidak mengandung lemak menempel did aging karena mengandung kolesterol tinggi.

  • Daging rusa

Daging rusa memang menjadi asing di telinga, hanya beberapa pasar saja yang menjual daging rusa dan ini pun masih tabu di Indonesia karena rusa sendiri tidak banyak ditemukan di Indonesia. (baca juga: penyebab ginjal rusak)

  • Dada ayam

Nah, untuk yang satu ini malah sangat banyak dan sangat mudah ditemukan karena ayam merupakan salah satu kebutuhan makanan dan menjadi lauk favorit bagi banyak orang. ayam goreng, atau gulai ayam atau semur ayam dan lainnya memiliki rasa enak dan mengandung vitamin B cukup tinggi yang bisa anda dapatkan. (baca juga: bahaya makan ceker ayam)

  • Hati domba

Mungkin sebagian dari anda akan jijik jika makan makanan yang satu ini. hati merupakan salah satu organ dalam yang ada di dalam tubuh dan bisa menjadi salah satu sumber vitamin B3 harian anda. Namun meskipun demikian ada baiknya anda tidak mengonsumsi hati domba dalam waktu yang sering karena mengandung banyak purin penyebab penyakit gejala asam urat.

Pengolahan daging merah ini bisa anda sesuaikan dengan selera masing-masing. campurkanlah juga makanan yang mengandung serat tinggi jika makan daging merah karena bisa menyebabkan sembelit dan serat akan melancarkannya. Jadi pencernaan akan lebih seimbang.

Demikian informasi mengenai vitamin B3 atau niacin yang perlu anda ketahui. Anda lebih baik mendapatkan asupan vitamin B3 dari makanan saja secara alami namun jika memang diperlukan anda bisa mengonsumsi dari suplemen vitamin B3. Namun harus diingat penggunaan supleme vitamin B3 hanya untuk orang yang menderita kekurangan vitamin B3 dan itupun harus mendapatkan saran dan persetujuan dari dokter karena jika tidak maka dosisnya akan salah dan malah membuat gangguan pada kesehatan.