Home Penyakit dan KelainanAsam Urat Gejala Asam Urat Paling Berbahaya

Gejala Asam Urat Paling Berbahaya

by Ana Rohma

Asam urat merupakan hasi akhir dari proses metabolisme purin. Asam urat sendiri sebenarnya adalah antioksidan yang ada di dalam tubuh manusia dan hewan. Namun jika jumlahnya terlalu berlebihan maka jutru akan mengalami pengkristalan dan menimbulkan gout. Asam urat ini jika kadarnya normal di dalam darah akan menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh, namun jika kadarnya terlalu banyak justru akan menjadi prooksidan.

Lalu bagaimana cara mengetahui kadar asam urat di dalam tubuh? Caranya bisa dengan melalui tes darah dan urin. Normalnya, nilai rujukan kadar asam urat laki-laki sekitar 3,6-8,2 mg/dl. Sedangkan untuk perempuan, normalnya 2,3-6,1 mg/dl. Diluar angka tersebut, akan membuat asam urat jadi tidak normal dan memberikan efek buruk bagi tubuh.

Sifat kimia Asam Urat

asam uratAsam urat adalah asalm lemah dengan nilai pKa 5,8 dan cenderung berada di cairan plasma ekstraselular. Selanjutnya akan membentuk ion urat pada pH 7.4 ion urat mudah yang disaring dari plasma darah. Kadar asam urat di darah ini tergantung dari faktor usia dan jenis kelamin seseorang. Secara usia, kadar asam urat ini akan bertambah seiring bertambahnya umur. McCrudden pada tahun 2000 menjelaskan bahwa bagi penderita gangguan fungsi ginjal juga memiliki potensi meningkatnya asam urat di dalam darah. Kristal urat sendiri jika di lihat di bawah mikroskop akan terlihat seperti jarum-jarum renik yang tajam, berbau busuk, dan berwarna putih.

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa normalnya memang asam urat ada di dalam darah namun dalam jumlah normal dan memiliki kedudukan sebagai antioksidan. Asam urat sendiri merupakan hasil dari metabolisme perin. Lalu seperti apa metabolisme perin tersebut? Metabolisme perin yang menghasilkan asam urat juga disebabkan oleh kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. Gangguan dalam proses ekskresi akan mengakibatkan pembentukan asam urat di dalam organ ginjal dan persendian.

Gejala Asam Urat

Untuk bisa memastikan apakah tubuh kita memiliki kadar asam urat yang tinggi atau tidak secara pasti perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium. Namun ada indikasi lain yang bisa kita lihat untuk melihat gejala penyakit asam urat. Jika penyakit asam urat adalah kondisi dimana kita memiliki kadar asam uratyang tinggi, maka secara medis bisa dilihat kondisi fisik jika memiliki asam urat yang tinggi. Gejalanya adalah seperti:

  • Kesemutan
  • Pegal-pehal
  • Linu-linu
  • Persendian kaku
  • Nyeri sendi
  • Rematik asam urat
  • Penyakit jantung
  • Hipertensi
  • Ngilu di kaki dan tangan
  • Ngilu di bahi dan leher

Gejala asam urat berdasarkan stadiumnya

Tingginya kadar asam urat di dalam serum darah disebut dengan hiperuresemia. Penderitanya banyak menyerang kaum laki-laki dibandingkan wanita. Secara perbandingan angka kejadiannya bisa antara 20:1, artinya laki-laki 20 kali lebih berpotensi asa urat dibandingkan wanita. Penyakit hiperuresemia bisa di golongkan berdasarkan tingkat keparahannya dari 1 hingga stadium 4. Berikut ini gejala klinik hiperuresemia berdasarkan 4 stadium:

  • Stadium 1

You may also like