19 Obat Herbal untuk Asam Urat Tinggi dan Paling Sehat

Siapa yang tidak kenal dengan asam urat. Penyakit satu ini tidak boleh disepelekan sebab kualitas hidup orang yang terkena asam urat bisa menurun. Asam urat merupakan penyakit yang ditandai dengan nyeri di persendian. Rasa nyeri itu biasanya diiringi dengan pembengkakan dan juga rasa panas yang menjalar di bagian sendi. Asam urat ini biasanya dirasakan di bagian sendi jari jari, pergelangan tangan, pergelangan kaki, jari kaki dan lutut. Serangan gout atau asam urat akan muncul berulang ulang sehingga obat kimia yang digunakan untuk mengatasi asam urat akan dikonsumsi untuk jangka waktu yang lama. Agar terhindar dari efek dan bahaya obat kimia sebaiknya penderita gout atau asam urat tahu apa saja yang menjadi obat herbal untuk asam urat. Berikut ini adalah obat herbal asam urat yang bisa digunakan untuk mengatasi asam urat :

  1. Jeruk

Makanan sehat untuk penderita asam urat yang juga bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat adalah jeruk. Jeruk merupakan buah yang kaua akan vitamin C. Dengan mengkonsumsi jeruk yang kaya akan vitamin C kadar asam urat di dalam tubuh akan berkurang atau menurun. Vitamin C yang ada di dalam jeruk bisa melarutkan kadar asam urat di dalam darah sehingga asam urat bisa menurun. Sayangnya penderita asam urat harus mempertimbangkan baik baik berapa jumlah maksimal vitamin C yang bisa diterima oleh tubuh, hal itu dikarenakan ada beberapa bahaya akibat kelebihan vitamin C bagi tubuh yang harus diwaspadai.

Baca : Efek samping suntik vitamin CPenyakit akibat kekurangan vitamin C

  1. Lemon

Buah yang bisaa digunakan sebagai obat herbal asam urat dan makanan sehat asam urat adalah lemon. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C, selain itu lemon juga kaya akan antioksidan. Kandungan vitamin C nya yang tinggi membuat buah lemon bisa digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara melarutkan kadar asam urat yang ada di dalam darah tubuh manusia. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga membuat lemon bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu lemon juga dipercaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan suara serak.

  1. Family Berry

Makanan sehat yang bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat adalah buah yang termasuk dalam family berry. Buah dalam famly berry sangat dipercaya bermanfaat untuk kesehatan. Tidak hanya itu saja, family berry ini juga banyak digunakan untuk kecantikan. Alasannya adalah di dalam buah berry terdapa kandungan vitamin C yang berguna untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Untuk kecantikan family berry dipercaya bisa melembabkan kulit dan menutrisi kulit sehingga kulit aka terhindar dari kulit kering dan kusam. Berikut ini adalah family berry yang bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat :

  • Blueberry. Family berry yang satu ini mengandung zat anthocyanosides. Zat tersebut merupakan antikoksidan yang terkuat. Tidak hanya itu saja, blueberry juga kaya akan vitamin. Vitamin yang ada di dalam buah ni adalah vitamin C, A dan juga B. Selain bisa digunakan untuk menurunkan kadar asam urat, buah ini bisa digunakan seagai penangkal radikal bebas dan juga sebagai pencegah penuaan dini.
  • Blackberry. Buah yang satu ini memang memiliki rasa yang asam, namun siapa sangka jika dibalik rasa asamnya blackberry termasuk dalam buah yang kaya akan manfaat. Suku asli yang ada di Amerika sering mengkonsumsi buah ini sebagai obat. Semakin majunya teknologi yang ada sekarang ini, buah ini sering dijadikan sebagai selai maupun minuman instan. Namun bagi penderita asam urat yang ingin menurunkan kadar asam urat di dalam tubuhnya, sebaiknya tetap menggunakan buah blackberry yang asli. Manfaat buah ini selain bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat, buah ini juga bisa digunakan untuk mengobati luka, menghentikan diare, meringankan wasir dan juga mengobati sariawan. ( Baca : Penyebab diare berkepanjanganCiri ciri bayi diare )
  • Anggur. Banyak orang yang tidak menyangka jika anggur termasuk dalam family berry. Family berry satu ini merupakan buah yang manis dan sedikit asam. Anggur juga banyak disukai oleh banyak orang dikarenaan cita rasanya yang menyegarkan. Anggur merah merupakan anggur yang memiliki rasa termanis sedangkan anggur hijau merupakan anggur dengan rasa terasam. Semua jenis anggur bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat. Diantara family berry lainnya, anggur lah satu satunya buah yang menghasilkan kandungan fruktosa alami dan glukosa. Anggur mudah dicerna dan menghasilkan banyak energi. Manfaat buah anggur selain bisa menurunkan kadar asam urat juga bisa digunakan sebagai penjaga lesehatan ginjal dan juga usus. Meskipun memiliki banyak manfaat, anggur menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Hal itu dikarenakan kandungan fruktosa dan glukosanya yang tinggi. ( Baca : Makanan yang baik untuk diabetes melitusPenyebab diabetes melitus )
  • Cranberry. Family berry lainnya yang bisa berguna untuk mengobati asam urat adalah buah cranberry. Buah ini seperti cherry dan berwarna merah segar. Selain mengandung vitamin C yang tinggi, buah ini banyak mengandung antioksidan, polyphenol, cyanidin, peonidin dan quercentin. Manfaat buah ini adalah sebagai pencegah batu ginjal dan juga sebagai pencegah kanker.
  1. Buah Cherry

Buah lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat adalah buah cherry. Ciri khas dari cherry adalah memiliki rasa manis dan legit. Yang mengherankan buah ini bisa digunakan sebagai obat asam urat. Cherry juga sering digunakan untuk penghias kue. Untuk mengobati asam urat sebaiknya penderita asam urat mengkonsumsi buah cherry yang segar bukan buah cherry yang sudah dijadikan sebagai manisan. Kandungan gula yang tinggi pada manisan membuat rasanya menjadi terlalu manis sehingga jika sering dikonsumsi justru membuat kadar gula darah menjadi tinggi. Sifat anti inflamasi atau anti peradangan lah yang membuat buah cherry ini bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat.

  1. Yoghurt

Selama ini masyarakat sudah mengenal yoghurt sebagai minuman probiotik yang memiliki banyak manfaat. Di dalam yoghurt terdapat bakteri baik yang berguna untuk menurunkan kadar asam urat yang ada di dalam darah manusia. Tidak hanya itu saja, yoghurt juga kaya akan vitamin dan mineral. Yoghurt juga merupakan susu rendah lemak sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan. Minumah minuman yoghurt sebanyak dua kali dalam sehari agar kadar asam urat yang ada di dalam tubuh menjadi menurun atau berkurang. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi yoghurt, cukup dua kali dalam sehari namun rutin.

Baca : Perbedaan asam urat dan rematikPengaruh asam urat terhadap ginjal

  1. Jeruk Nipis

Obat hebral asam urat lainnya yang bisa digunakan untuk meluruhkan asam urat yang ada di dalam tubuh manusia adalah jeruk nipis. Selama ini jeruk nipis dipercaya bisa digunakan sebagai obat batuk berdahak yang ampuh. Jeruk nipis pun bisa digunakan sebagai peluruh kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh manusia. Sayangnya bagi orang yang memiliki maag dan asam lambung tidak diperbolehkan mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan. Jeruk nipis yang terasa asam bisa menaikkan kadar asam lambung sehingga penyakit asam lambung dan maag menjadi kambuh.

Baca : Obat batuk berdahak tradisionalPenyebab dahak berdahak saat batuk

  1. Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Salah satu obat herbal asam urat yang sering tidak disadari oleh penderita gout atau asam urat adalah air putih. Air putih yang dimaksud disini adaah air putih yang mengandung kadar elektrolit tinggi. Kadar elektrolit yang tinggi pada air mineral bisa digunakan sebagai sarana detoksifikasi racun di dalam tubuh dan bisa digunakan sebagaii peluruh kadar asam urat yang berlebihan di dalam darah manusia.

Baca : Bahaya akibat kurang minum air putihTerapi air putih

  1. Sayur

Obat herbal asam urat lainnya yang bisa juga dijadikan sebagai makanan sehat bagi penderita asam urat adalah sayuran segar. Ada beberapa sayuran segar yang jika dikonsumsi secara cukup bisa digunakan sebagai peluruh kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh manusia.  Beberapa sayuran ini merupakan sayuran sehat dan baik untuk dikonsumsi penderita asam urat sebab berfungsi juga sebagai obat :

  • Belimbing wuluh.
  • Labu kuning.
  • Sawi putih.
  • Sawi hijau.
  • Tomat. ( Baca : Kandungan gizi tomat )
  • Serai.
  1. Sidaguri

Ramuan lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat adalah sidaguri. Sidaguri kaya akan zat alkaloid, sam amino, kalsium oksalat, saponin, minyak atsiri, tanin, zat phlegmatic, lubrikan dan juga fenol. Yang digunakan untuk mengobati asam urat adalah bagian akarnya. Di bagian akar tanama ini kaya akan steroidd, aphredne dan juga alkaloid. Akar sidaguri juga mengandung zat kimia dimana zat kimia itu mampu digunakan sebagai zat anti inflamasi, meredakan infeksi kencing manis dan juga sebagai penghilang nyeri. Berikut ini adalah cara mengobati asam urat menggunakan akar sidaguri :

  • Bahan. Siapkan bahan bahannya terlebih dahulu. Bahan yang disiapkan adalah 15 gram akar sidaguri dan air sebanyak tig gelas air.
  • Cara. Cara pembuatannya pun sangat muah sekali anda tinggal mencuci bersih akar sidaguri. Setelah dicuci bersih, rebuslah akar siaguri tersebut ke dalam panci. Saat merebusnya sisakanlah menjadi setengahnya saja. Ketika dingin minum sebanyak tiga kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan malam hari sebelum tidur.
  1. Bidara

Tentu masyarakat luas sudah tahu apa itu tanaman bidara. Selama ini tanaman bidara memang dikenal sebagai tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman Bidara ini bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat dikarenakan mengandung aldehid, alkane, flavonoid, keton dan juga berbagai jensi mineral. Mineral yang terkandung dalam tanaman bidara adalah kalium, kalsium dan juga natrium. Cara membuat obat herbal dari tanaman bidara ini adalah sebagai berikut ini :

  • Bahan. Bahan bahan yang disiapkan adalah 10 gram daun bidara, 10 gram temulawak, 1 gram buah lada, 9 gram komfrey dan 5 gelas air.
  • Cara. Cara pembuatannya adalag dengan mencuci bersih semua bahan bahan. Setelah dicuci bersih, rebuslah semua bahan bahan. Sisakan airnya menjadi tiga gelas. Minumlah air ramuan dan rebusan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari yaitu pada saat pagi, siang dan juga saat menjelang malam hari.
  1. Kumis Kucing

Selama ini tanaman kumis kucing juga sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Selama ini daun kumis kucing bisa digunakan untuk mengobati penyakit kencing batu. Sifatnya sebagai diuretik dipercaya bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat dengan cara melarutkan kadar asam urat yang berlebihan. Kadar asam urat yang berlebihan itu akan dikeluarkan bersamaan dengan air seni atau air kencing. Berikut ini cara membuat obat herbal menggunakan daun kumis kucing yang bisa dibuat di rumah :

  • Bahan. Bahan bahan yang harus disiapkan adalah 20 gram daun kumis kucing yang basah, 20 gram daun meniran, 20 gram daun sawi, 30 gram jahe merah dan 10 gram dan kapulaga yang telah dikeringkan.
  • Cara. Cara pembuatannya pun sangat mudah sekali yaitu dengan mencuci bersih semua bahan bahan yang telah disiapkan. Setelah itu tumbuklah jahe merah terlebih dahulu atau anda juga bisa menggepreknya. Rebuslah semua bahan bahan yang telah disiapkan menggunakan air sebanyak 1 liter. Tunggu sampai mendidih. Saat air sudah menjadi setenganya, matikan api kemudian didinginkan. Saat airnya berubah menjadi hangat, minulah air ramuan tersebut. Meminumnya sebanyak tiga kali dalam sehari.
  1. Daun Salam

Daun salam yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan dan menambah harum bau masakan dipercaya bisa digunakan untuk menurunkan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh. Di dalam daun Salam mengandung beberapa senyawa yang berguna untuk kesehatan tubuh. Senyawa yang ada di dalam daun salam adalah flavonoid, tannin dan juga minyak atsiri. Berikut ini adalah cara menggunakan daun salam sebagai obat herbal asam urat :

  • Siapkan sebanyak 17 lembar daun salam yang sudah kering.
  • Cucilah daun salam tersebut cukup dengan air yang mengalir.
  • Rebuslah daun salam itu dengan 3 gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih.
  • Saat air rebusan tinggal segelas, matikan api.
  • Tunggu sampai air rebusan berubah menjadi hangat.
  • Saat sudah berubah menjadi hangat minum air rebusan itu.
  • Air rebusan ini efektif diminum satu hari sekali setiap menjelang tidur. ( Baca : Efek samping daun salam untuk kesehatan )
  1. Kayu Manis

Kayu manis selama ini digunakan sebagai bumbu masakan dan juga bahan pembuat kue. Bumbu masakan ini ternyata juga bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat. Berikut ini adalah cara mengobati asam urat dengan menggunakan kayu manis :

  • Untuk bisa mengobati asam urat, kayu manis harus dicampurkan dengan bahan bahan lainnya. Bahan bahan yang harus disiapkan adalah kapulaga, cengkeh, jahe merah, kayu manis, lada dan juga biji pala.
  • Cara pembuatannya sama dengan ramuan lainnya yaitu dengan merebus semua bahan menggunakan tiga gelas air. Saat sudah mendidih, sisakan air rebusannya menjadi setengahnya saja. Setelah itu saring, dan minum air rebusan sebanyak tiga kali dalam sehari secara teratur.
  1. Herbal Bangle

Bangle merupakan bahan herbal yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Herbal bangle juga dipercaya bisa digunaan untuk menangka hal hal yang berbau mistis. Biasanya bangle sering dicampurkan bersamaan dengan dlingo untuk mengobati penyakit. Namun untuk mengobati asam urat, bangle harus dicampurkan bersamaan dengan jahe biasa, kapulara, lada, cengeh, biji pala dan juga kayu manis. Cara pembuatan ramuannya adalah sebagai berikut ini :

  • Cuci bersih semua bahan bahan yang telah disiapkan.
  • Rebuslah semua bahan bahan tersebut menggunakan tiga gelas air.
  • Saat air sudah menyusut menjadi setengahnya, saring kemudian minum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari.
  1. Daun Sosor Bebek

Pernahkah anda melihat tanaman cocor bebek?, jika iya berarti anda telah menemukan salah satu obat herbal untuk mengatasi asam urat. Kandungan senyawa dan juga mineral yang ada di dalam daun sosor bebek dipercaya bisa digunakan sebagai peluruh kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh manusia. Berikut ini adalah cara membuat ramuan obat herbal asam urat dari daun sosor bebek :

  • Bahan. Yang disiapkan adalah biji pala, cengkeh, kapulaaga, jahe dan juga daun sosor bebek itu sendiri.
  • Cara. Membuat ramuan itu juga tergolong mudah. Caranya adalah dengan mencuci bersih semua bahan bahan yang telah disiapkan. Setelah it rebuslah semua bahan bahan tersebut menggunakan tiga gelas air. Tunggu sampai mendidih. Saat mendidih, anda bisa menyisakan air rebusannya menjadi setengah. Minumlah air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari dan secara teratur.

  1. Jahe

Bahan tradisional yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Selama ini jahe banyak digunakan untuk mengatasi perut kembung, mengatasi masuk angin, penghangat badan, obat terkilir dan peradangan. Jahe ternyata juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk asam urat hal itu dikarenakan di dalam jahe terdaat kandungan senyawa dan mineral yang sanat bagus untuk kesehatan manusia. Cara mengatasi asam urat menggunakan jahe adalah sebagai berikut ini:

  • Bahan yang disiapkan adalah jahe dengan ukuran sebesar 2 ibu jari.
  • Setelah itu cuci bersih jahe tersbeut.
  • Potong potong jahe tersebut atau bisa juga digeprek agar sari jahe keluar.
  • Rebuslah jahe yang sudah dipotong potong atau digeprek menggunakan satu gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih dan sampai aroma jahe tercium.
  • Setelah itu matikan api, tunggu sampai air rebusan berubah menjadi hangat.
  • Saat air rebusan berubah menjadi hangat, tambahkan gula atau bisa juga dcampurkan dengan madu murni.
  • Minum sehari sekali dan secara teratur agar kadar asam urat di dalam tubuh menjadi normal kembali. ( Baca : Ciri ciri masuk anginCara mencegah masuk angin dan perut kembung )
  1. Cengkeh

Meski sering digunakan sebagai bumbu masakan dan kue seperti kayu manis, ternyata cengkeh juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Tidak hanya itu saja, cengkeh pun dipercaya bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi rematik. Cara mengobati asam urat menggunakan cengkeh adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan sebanyak 10 gram cengkeh dan juga jahe dengan ukuran 2 ibu jari tangan orang dewasa.
  • Tumbuk cengkeh agar sarinya keluar.
  • Tumbuk jahe atau gepek jahe sampai sari sari jahe keluar.
  • Rebuslah semua bahan bahan menggunakan satu gelas air.
  • Tunggu sampai aroma jahe dan aroma cengkeh tercium.
  • Setelah itu matikan api.
  • Saat air berubah menjadi hangat, anda bisa mengoleskan air ramuan yang hangat tersebut ke bagian yang terasa panas, nyeri dan linu.
  • Mengoleskannya bisa secara berulang ulang dikarenakan air ramuan ini digunakan sebagai obat luar saja.
  1. Akar Pohon Pepaya

Daun pepaya dan akar pohon pepaya bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit salah satunya adalah asam urat. Akar pepaya gantung dipercaya sebagai obat yang efektif untuk mengatasi penyakit asam urat dan juga rematik. Cara mengobati asam urat menggunakan akar pepaya adalah sebagai berikut ini:

  • Siapkan sebanyak 5 buah akar pepaya gantung dimana masing masing akarnya seukuran jari orang dewasa.
  • Cuci sampai benar benar bersih.
  • Potong potonglah sampai berukuran kecil.
  • Siapkan sebanyak sendok makan lengkuas yang sudah ditumbu.
  • Cara pembuatannya adalah dengan merebus semua bahan bahan menggunakan 4 gelas air.
  • Rebus sampai mendidih dan sampai air rebusan menyusut satu gelas.
  • Saat sudah menyusut satu gelas, tambahkan gula aren sedikit.
  • Minum air rebusan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehar masing masing satu gelas.
  • Rutinlah meminum air rebusan tersebut agar asam urat segera sembuh dan kadar asam urat menjadi normal kembali. ( Baca : Makanan yang rendah purin )
  1. Kulit Manggis

Khasiat kulit manggis mungkin sudah terkenal di masyarakat luas. Karena banyaknya manfaat dan khasiat kulit manggis ini, banyak sekai kapsul obat herbal yang menggunakan ekstrak dari kulit manggis. Kandungan antioksidannya yang tinggi dan berbagai macam senyawa lainnya dpercaya bisa digunakan untuk menormalkan kadar asam urat yang berlebihan. Berikut ini adaah cara mengobati asam urat menggunakan kulit manggis :

  • Iris tipis tipis kulit manggis.
  • Jemur sampai benar benar kering.
  • Masukkanlah kulit manggis yang sudah kering ke dalam gelas.
  • Seduh menggunakan air pans.
  • Tunggu sampai air berubah warna.
  • Saring, kemudian minumlah air seduhan kulit manggis setiap hari dan secara teratur.

Makanan Pantangan

Obat herbal tersebut tidak akan ada fungsinya jika penderita asam urat tidak menghindari makanan pantangan untuk asam urat. Agar asam urat cepat sembuh sebaiknya penderita asam urat menghindari makanan di bawah ini :

  1. Jeroan. Seperti usus, limpa babat, hati, otak dan lain lain.
  2. Seafood. Misalnya seperti cumi cumi, udang, kerang, tiram dan lain lain.
  3. Daging olahan. Contohnya dendeng, abon, sarden, kornet dan lain lain.
  4. Daging. Yang dilarang adalah daging unggas, daging sapi, kambing dan kuda.
  5. Kacang kacangan. Seperti kacang kedelai dan lahannya.
  6. Sayuran. Contohnya seperti kembang kol, bayam, buncis, jamur kuping, kangkung, daun singkong, asparagus dan daun pepaya.
  7. Buah. Durian dan nanas tidak diperbolehkan.
  8. Telur. Berbagai jenis telur tidak diperbolehkan.
  9. Makanan lain. Contohnya seperti keju, krim, kaldu dan es krim dilarang. Makanan dengan mentega, gorengan, makanan manis juga dilarang.

Itulah berbagai macam obat herbal asam urat yang dipercaya bisa meringankan dan mengilangkan gejal asam urat. Agar berfungsi seara efektif sebaiknya penderita asam urat menghindari makanan yang menjadi pantangan asam urat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 01st, September 2016 / 16:26 Oleh :
Kategori : Asam Urat