18 Cara Menghilangkan Suara Serak Pada Tenggorokan Paling Efektif

9436

Suara serak tentu tidak menyenangkan, apalagi bagi para penyanyi baik internasionaalmaupun lokal. Suara sangaat penting dalam kehidupan tantap suara komunikasi akan sulit untuk dilakukan. Suara serak ini memiliki beberapa faktor penyebab, dimana salah satu penyebabnya adalah batuk, Flu dan sakit tenggorokan. Sura serak memang tidak menyenangkan namun suara serak ini tidak berlangsung lama, tentu karena adanya pengobatan yang dilakukan. Banyak cara yang dilakukan untuk mengobati suara serak ini. Namun sebelum membahas mengenai suar serak tentu mengetahui penyebab suara serak itu pun penting.

Penyebab suara serak

Adanya perubahan suhu – perubahan suhu biasa menjadi penyebab bakteri tumbuh dengan cepat sehingga menyebabkan berbagai macam penyakit seperti sakit kepala, asma, Flu, dan penyakit lainnya. Yang tentu flu membuat suara menjadi serak, serak pada suara banyak membuat orang tidak percaya diri dalam bersuara, bahkan hal ini dapat membuat seorang sampai kehilangan suaranya jika serak ini disebabkan karena batuk atau flu. Karena banyak bakteri yang menyerang pada tenggorokan sehingga tenggorokan menjadi kurang sehat.

  1. Terjadinya iritasi – iritasi pada tenggorokan akan membuat suara menjadi serak, hal ini biasa terjadi akibat terlau banyak debu, banyaknya debu pada tenggorokan menyebabkan tenggorokan menjadi kekurangan udara yang sehat. Lendir-lendir pada tenggorokan akan mengganggu proses kerja tengorokan sehingga dalam berbicara akan mengeluarkan suara yang serak. Suara serak ini tentu tidak akan nyaman untuk di dengarkan bahkan suara serak ini dapat mengaggu penampilan, apalagi pada mereka yang memang sering bernyanyi.
  2. Merokok – bahaya merokok sangatlah fatal, tak terkecuali akan menyebabkan suara menjadi serak. Merokok selain berbahaya bagi suara yang serak ia juga memiliki bahaya yang lain bagi kesehatan tubuh. Bahkan ketika merokok tidak dihentikan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi rusak sehingga suara serak akan lebih sulit untuk diatasi karena kekebalan tubuh yang tidak dapat bekerja secara maksimal.
  3. Dehidrasi – bahaya dehidrasi atau kekurangan cairan mampu membuat suara menjadi serak, karen pada saat kekurangan cairan tenggorokan akan terasa kering. Air putih memang dibutuhkan untuk setiap moment. Untuk setiap orang membutuhkan air putih untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Tidak terkecuali pada tenggorokan. Jika air putih tidak tercukupi dapat membuat tenggorokan menjadi kering. Tentu hal ini menjadi penyebab utama mengapa suara menjadi serak. Bahkan bagi seorang penyanyi saja harus tercukupi air putihnya. Selain untuk menjaga suara air putih juga digunakan untuk menjaga keebalan tubuh agar tetap sehat.

Mengkonsumsi makanan tidak sehat – mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dapat membuat tenggorokan menjadi sakit sehingga menyebabkan serak, terutama mengkonsumsi gorengan secara berlebihan. Selain gorengan masih banyak makanan lain yang menyebabkan suara serak dan kekebalan tubuh terganggu. Adapun makanan tersebut adalah makanan yang cepat saji, seperti bahaya junk food dan fast food makanan  ini tentu akan menggangu kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Adanya penyebab suara serak, perlu dihindari agar suara tidak menjadi serak dan tidak akan mengaggu aktivitas setiap harinya. Namun ketika penyebab suara serak adalah perubahan suhu yang ekstrim tentu hal ini akan sulit untuk dihindari. Jika suara serak sudah terjadi lakukan untuk cara menghilangkan suara serak.

  1. Konsumsi licorice

Licorice merupkan obat alami yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi sura serak. Licorice in memiliki pengaktif kekebalan untuk tubuh yang memliki sifak eksperkotan sehingga dapat membersihkan lendir yang menyebabkan serak di tenggorokan.

  1. Konsumsi jahe

Jahe, sebagai tanaman herbal. Jahe merupakan tanaman obat yang biasa digunakan untuk pengobati berbagai macam penyakit termasuk batuk serak ini. Jahe memiliki kandungan antibakteri yang mampu membunuh bakteri yang ada pada tengorokan seingga akan menghancurkan suara yang serak. Jahe tidak hanya baik untuk serak saja tetapi ia pun memiliki banyak khasiat seperti untuk menghangatkan tubuh dan meredakan rasa dingin yang berlebihan pada tubuh. Konsumsi jahe juga dapat membantu pencernaan sehingga pencernaan akan lebih baik.

  1. Pepermin

Pepermin memiliki sifat dingin sehingga sangat efektif bila digunakan untuk penyegar tenggorokan. Kandungan mentol pada pepermint mampu membersihkan lendir yang berda ditenggorokan sehingga suara serak akan kembali normal. Selainitu mentol pada pepermint akan membantu meredakan iritasi pada tenggorokan.

  1. Cranberri

Tanaman obat ini bisa digunakan untuk mengobati batu ginjal dan kandung kemih di amerika. Namun khasiat dari cranberri tidak hanya itu saja. carnberi memliliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu memberikan kesehatan pada tenggorokan, sehingga tenggorokan akan kembali normal dan tidak akan rekak lagi.

  1. Kunyit

Kunyit satu kelas dengan jahe, ia mampu meradakan tenggorokan yang nyeri dan sakit itu. Kunyit biasa digunakan sebagai susu kunyit untuk meredakan tenggorokan sehingga tenggorokan menjadi lebih reda. Pengunaan susu kunyit ini akan bereaksi sekitar penggunaan selama satu minggu. Kunyit juga bermanfaat untuk kulit seperti untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan noda pada kulit wajah. Sehingga wajah akan tampak cerah. Jadi tidak hanya mendapatkan tubuh yang cerah saja tetapi akan mendapatkan suara yang baik pula.

  1. Air putih

Mengkonsumsi banyak air putih sangat membantu kesehatan, konsumsi banyak air putih ini dapat memberikan kelegaan pada tenggorokan sehingga akan membuat tengorokan menjadi lebih reda, mengobati tenggorokan dapat dilakukan dengan terapi air putih yang sangat efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit

  1. Lemon

Asam sitrat yang ada dalam lemon mampu membantu menghilangkan dan melegakan tenggorokan sehingga rasa serak pada saat mengalami sakit tengorokan akan hilang. Lemon dapat diminum bersma dengan madu sebagai pemanisnya. Lemon dapat dikonsumsi dengan membuat teh dengan madu, madu ini dijadikan sebagai pengganti gula

  1. Bawang

Antibakteri pada bawang tentu dapat membersihkan bakteri yang ada pada tenggorokan, tenggorokan mengalami isritasi sehingga menjadi serak, hal ini perlu bawang yang dicampur dengan madu untuk menyembuhkan sakit pada tenggorokan.

  1. Berkumur

Kumur-kumur degnan air hangat yang dicampur dengan garam dapat membunuh bakteri yang ada tenggorokan. Hal ini dapat dilakukan selama sepuluh hari atau lebih. Atau bila ingin lebih maksimal hasilanya bisa setiap hari melakukan kumur dengan garam ini. Kumur dengan garam ini lebih baik menggunakan air hangat. Agar lebih rileks di mulut.

  1. Menghirup uap

Uap air ini dapat dihirup untuk melegakan tenggorokan. Uap yang dapat digunakan uap air atu uap yang lainya seperti halnya vick cair atau balsam. Karena dapat memberikan kerileksan dan kelegaaan pada tenggorokan. Uap air sangat efektif dilakukan untuk melegakan tenggorokan dan m

  1. Istirahat

Istirahat yang cukup perlu dilakukan untuk menormalkan pita suara yang sedang sakit. Pita suara ini tentu akan lebih cepat pulih jika diistirahatkan terlebih dahulu. Tidak dibiarkan untu berbicara terus menerus.  Dengan melakukan pembatasan pada pita suara akna membantu pita suara dalam prosees penyembuhannya. Jika ingin berbicara berbiaralah dengan berbisik terlebih dahulu agar tidak menambah sakit dan cidera pada pita suara. Atau bisa juga menyeikan buku tulis untuk menulis kata-kata yang hendak dituliskan. Tentu cara ini akan lebih menyenangkan karena asyik

  1. Lakukan yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang memiliki manfaat, banyak manfaat dari olahraga. Olahraga memiliki manfaat sebagai Manfaat olahraga. Begitupun dengan yoga, yoga mampu memberikan kehangatan pada tubuh sehingga akan memberikan kehangatan pula pada diafragma. Kehangatan yang dirasakan pada diafragma akan berefek pada tenggorokan yang akan menghilangkan lendir pada tenggorokan sehingga akan menghilangkan suara serak.

  1. Berhenti merokok

Merokok sangat berbahaya, merokok yang dilakukan secara bertahun-tahun ini dapat menyebabkan kerusakan pada pita suara, termasuk mendapatkan kerusakan pada pita suara sehingga menyebabkan serak pada tenggorokan. Jika ingin mendapatkan suara yang baik dan tidak serak lebih baik untuk berhenti merokok. Kerana merokok tidak hanya meyebakan serak pada tenggorokan tetapi dapat menyebabkan penyakit lain seperti gejala serangan jantung dan lain-lain. Bahkan merokok yang sudah tinggi pengkonsumsiannya tidak hanya menjadikan berbagai macam penyakit tetapi dapat menyebabkan kematian bagi para perokok itu. Bahkan hal ini tidak hanya terjadi pada para perokok saja, tetapi perokok pasif (orang yang menghirup asap rokok) pun memiliki bahaya yang bisa dikatakan lebih berbahaya bagi perokok aktif itu sendiri.

  1. Konsultasikan ke dokter

Jika sudah merasakan serak nafas dan berkali-kali tidak sembuh-sembuh lebih baik konsultasikan kedokter. Dengan mengkonsultasikan kedokter otomatis akan lebih mendapatkan tips-tips yang benar-benar baik. Tips dari dokter akan lebih sesuai dengan sakit yang diderita. Mengkonsultasikan ke dokter adalah cara efektif untuk mengetahui penyakit yang sebenarnya. Bahkan dengan hal tersebut akan mempu menentukan apa saja tidakan selanjutnya yang dapat dilakukan secara alami bila memang sudah mengetahui apa penyebab secara pasti suara yang serak itu.

  1. Minum air hangat

Untuk cara menghilangkan suara serak membutuhkan suatu yang dapat menghangatkan tenggorokan, hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air putih tentu air putih yang hangat, bila tidak senang dengan air putih bisa menggunakan teh hangat untuk menghangatkan tubuh dan juga tenggorokan. Dnegan mengkonsumsi air hangat paling tidak dipagi hari, dan di malam hari akan mempermudah lendir-lendir pada tenggorokan hilang dan suara akan kembali pulih.

  1. Gunakan humidifier

Produk ini dipercaya mampu mengobati suara serak. Produk ini sama halnya dengan uap air gunanya. Namun penggunaan produk ini akan lebih efektif dan lebih efesien. Karena dapat memanaskan ruangan secara efektif ketimbang hanya dengan uap air saja. dengan tubuh yang menjadi hangat, tenggorokan akan berubah menjadi hangat pula. Dan hal tersebut tentu sangat berpengharuh pada suara, suara dapat kembali dengan sempurna hanya melakukan terapi dengan produk ini.

  1. Konsumsi permen pelega

Sekerang ini banyak sudah permen yang diformulasikan untuk melegakan tengorokan yang sedang serak, dengan mengkonsumsi permen pelega ini akan membantu tenggorokan mendapatkan kehangatan sehingga kesembuhan akan mudah di dapatkan pula. Selain itu dengan adanya hal tersebut dapat memberikan kenyamanan pada setiap orang yang mengkonsumsinya, sehingga lebih akan mempercepat kesembuhan. Karena ketenangan dan kenyamanan akan berpengharuh pada kesembuhan.

  1. Mengurangi makanan yang asam

Makanan asam tidak baik untuk kesehatan lambung karena akan menyebabkan Asam lambung dan sangat Bahaya asam lambung naik jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya. Begitu pula untuk tenggorokan, mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang terlalu masam dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik sampai tenggorokan  sehingga akan menyebabkan suara serak. Jika suara memang sudah serak hal ini dapat menyebabkan suara serak menjadi semakin parah.

Itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengobati suara serak pada tenggorokan. Suara serak pada sakit tenggorokan akan merusak setiap moment berharga tentunya pada penyanyi. Namun jika suara serak ini sudah mengetahui apa saja obatnya maka akan mendapatkan lebih cepat proses penyembuhan. Dengan proses penyembuhan itu akan lebih efektif ketimbang harus mengkosumsi obat dokter yang banyak mengandung bahan kimia.