Home Tips KesehatanKesehatan Rambut 12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat Secara Alami

12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat Secara Alami

by Mei Riska

Kutu rambut memang merupakan binatang yang keberadaannya tidak pernah diharapkan. Pasalnya, binatang kecil ini selalu dianggap membawa kerugian bagi siapapun yang dihinggapinya. Selain menyebabkan rasa gatal di kulit kepala, keberadaan kutu rambut ini juga tentu saja membuat orang menjadi tidak percaya diri. Ketidak percayaan diri ini muncul karena kutu rambut ini dikategorikan sebagai binatang yang menjijikkan sehingga bagi oreng yang terjangkit merasa bahwa ada sesuatu yang harus dibasi di dalam tubuhnya.

Siapa saja yang terjangkit kutu rambut ini pasti akan berusaha untuk membasminya walaupun dengan cara apapun itu. Berbagai cara menghilangkan kutu rambut ini, yakni dengan pengobatan menggunakan bahan kimia maupun dengan cara-cara yang alami. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut ini. Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membasmi keberadaan kutu rambut ini antara lain adalah:

  1. Almond

Siapa yang tidak mengenal almond? Jenis kacang- kacangan yang satu ini banyak sekali penggemarnya. Selain rasanya yang enak dan bisa dijadikan campuran berbagai makanan, almond ini ternyata juga mengandung berbagai manfaat. Almond selama ini dikenal sebagai kacang pencegah serangan jantung. Hal ini karena almond mengandung vitamin yang dapat bermanfaat oleh tubuh. Namun tahukah Anda bahwa ternyata kacang almond yang lezat ini juga mempunyai manfaat untuk mengusir kutu dari rambut kita? Ya, kita bisa menggunakan kacang almond ini untuk terapi menghilangkan kutu yang senang berada di rambut kita. Lalu, bagaimana caranya menggunakan kacang almond ini untuk mengusir keberadaan kutu- kutu tersebut?, cara yang dapat kita lakukan untuk memberantas kutu dengan menggunakan kacang almond adalah sebagai berikut:

  • Cara. Ambil 10 biji kacang almond, dan rendam di dalam air selama semalam suntuk. Pada pagi harinya, kupas kacang almond tersebut, kemudian giling atau tumbuk hingga menjadi pasta pekat. Tambahkan tiga sendok makan air perasan jeruk lemon atau air perasan jeruk nipis ke dalam pasta almond tadi. Kemudian campuran tersebut akan menjadi krim
  • Pengaplikasian. Oleskan krim tersebut ke atas kulit kepala dan juga rambut secara merata. Diamkan dan tunggu hingga kurang lebih dua jam lamanya. Lalu, bersihkan pasta yang menempel di kulit kepala dan juga rambut tadi dengan menggunakan air dingin. Lakukan perawatan seperti ini seminggu sekali dalam kurun waktu lebih kurang dua bualan atau tunggu hingga hasil dari terapi ini bisa terlihat. Jika terapi ini telah dilakukan namun tidak kunjung membaik juga, sebainya Anda menggunakan cara lain atau dengan menggunakan obat atau bisa juga berkonsultasi ke dokter.
  1. Alkohol

Cara kedua yang dapat kita lakukan untuk mengusir kutu dari kulit kepala kita adalah dengan menggunakan alkohol. Seperti yang kita ketahui bahwasannya alkohol ini merupakan bahan yang keras yang keberadaannya sering mambahayakan tubuh manusia. Manusia juga dilarang untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol terlalu banyak. Karena hal itu nantinya akan merusak tubuh manusia itu sendiri. Namun tidak selamanya alkohol ini bersifat jahat. Tahukah Anda bahwa ternyata alkohol ini juga dapat mendatangkan manfaat bagi manusia? Salah satu manfaat yang akan kita peroleh dari alkohol ini adalah untuk menghilangkan kutu rambut yang merupakan binatang yang harus dituntaskan keberadaannya.

Alkohol yang mengandung 70 persen kandungan isopropil atau biasa disebut dengan alkohol absolut merupakan jenis alkohol yang dapat kita gunakan untuk membasmi keberadaan kutu- kutu rambut ini. Selain ampuh, bahan ini juga aman Anda gunakan. Keberhasilan dari terapi alkohol ini pun dapat dijamin, tergantung seberapa beraninya Anda untuk mencobanya. Lalu, bagaimana caranya membuat ramuan dari lakohol ini untuk membasmi keberadaan kutu- kutu tersebut?. Adapun cara yang dapat kita lakukan untuk membasmi kutu rambut dengan menggunakan alkohol ini natara lain:

  • Cara. Siapkan wadah yang berupa baskom ataupun mangkok. Tuang alkohol ke dalam wadah tersebut.
  • Pengaplikasian. Usapkan alkohol tersebut ke ramput dan juga kulit kepala secara menyeuruh. Untuk hal ini kita bisa menggunakan jari- jari kita untuk meratakannya. Setelah rambut dan kulit kepala berlumuran dengan alkohol, maka kita bisa menggosok atau memijatnya secara perlahan- lahan. Kemudian diamkan rambut selama beberapa menit. Setelah didiamkan belama beberapa menit jangan buru- buru dibersihkan, namun tambahkan kondisioner secukupnya untuk menggosok kulit kepala tersebut. Sisir rambut dengan menggunakan sisir khusus untuk mengeluarkan kutu- kutu ini dari rambut. Jika kita merasa bahwa kutu yang rontok sudah cukup banyak dan kita merasa cukup puas, maka kita bisa membersihkan rambut dengan cara keramas menggunakan shampo atau bahan pembersih rambut lainnya.
  • Penting. Perawatan ini hanya boleh dilakukan seminggu satu kali selama satu atau dua bulan saja. Jika masanya sudah lewat namun kutu belum juga beranjak pergi maka Anda bisa mengonsultasikan ke dokter mengenai masalah kutu rambut ini agar nantinya mendapatkan saran yang yang baik dan mujarab dari dokter. ( Baca : Efek bahaya alkoholPengaruh alkohol terhadap sistem saraf )
  1. Jus Lemon

Lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C dan dikenal sebagai buah yang sangat bermanfaat bagi manusia. Tidak hanya bagi kesehatan, namun lemon juga bermanfaat untuk kecantikan. Lemon ini selian dikenal sebagai buah yang mengandung banyak vitamin yang bermanfaat, juga dikenal sebagai buah segar yang rasanya enak. Seringkali lemon diolah sebagai minuman yang menyegarkan juga menambah energi serta memberikan efek keceriaan bagi siapa saja yang mengonsumsianya.

Adalagi manfaat lemon yakni sebagai aromaterapi untuk manusia. Aroma lemon yang segar dapat membangkitkan semangat dan juga mengobati rasa pusing yang seringkali menyerang manusia. Lemon ini sangat enak juka diolah menjadi jus. Tahukah Anda bahwasannya jus lemon ini selain menyegarkan dan juga menyehatkan, ternyat juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut? Kutu-kutu yang senang berada di lingkungan kulit kepala ini dapat diusir dengan menggunakan jus lemon. Lalu, bagaimanakah caranya agar kutu- kutu tersebut menjadi hilang? Berikut merupakan cara yang dapat kita lakukan untuk mengusir keberadaan kutu di kulit kepala dengan menggunakan jus lemon:

  • Cara. Buatlah jus lemon dari buah lemon yang segar dengan cara membendernya. Kemudian campurkan dengan cuka.
  • Pengaplikasian. Basuh rambut dengan menggunakan jus lemon tersebut secara merata hingga mengenai kulit kepala, diamkan rambut yang telah dibasuh dengan menggunakan jus lemon tersebut selama beberapa menit ataupun setengah jam. Lalu bersihkan rambut dengan cara membilasnya dengan air hangat yang dicampur dengan cuka.
  • Kelebihan. Perawatan dengan menggunakan jus lemon yang dicampur dengan cuka ini dapat menghilangkan kutu rambut dengan ampuh dan juga cepat. Perawatan dengan menggunakan jus lemon yang dicampur dengan cuka ini cocok dilakukan oleh siapa saja yang terjangkit kutu rambut ini, yakni mulai dari anak- anak hingga lansia. Hal ini karena perawatan ini tidak mengundang atau menyebabkan efek samping sehingga aman untuk dilakukan. Selain itu juga karena jus lemon in tidak akan membahayakan rambut. ( baca : Bahaya cuka makanMakanan yang mengandung vitamin C )
  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan suatu bahan yang multifungsi. Minyak zaitun ini merupakan minyak yang mengandung manfaat sangat banyak. Selain bisa digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering, minyak ini bisa digunakan untuk menghilangkan kutu. Manfaat yang dapat diperoleh dari minyak zaitun ini bukan hanya manfaat untuk kecantikan dan kesehatan saja, namun juga bisa menjadikan makanan terasa enak dan lezat. Minyak zaitun merupakan minyak dari ekstraksi buah zaitun. Minyak zaitun ini mepunyai khasiat yang sangat terkenal yakni sebagai minyak perawatan untuk kulit yang tidak pernah sepi peminatnya. Tahukah Anda ada manfaat lain yang dapat diperoleh dari minyak zaitun ini? Yakni untuk menghilangkan kutu rambut. Lalu, bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan minyak zaitun ini?

  • Sebelum penggunaan, oleskan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala dan juga setiap helai rambut disaat menjelang tidur malam.
  • Tutuplah kulit kepala dan juga rambut menggunakan shower cap, kemudian tidurlah dengan posisi telentang dan usahakan jangan di banyak bergerak.
  • Pada pagi harinya, bersihkan rambut dengan menggunakan air bersih lalu akhiri dengan keramas.
  • Terapi kecantikan dan juga kesehatan ini dapat kita lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini karena minyak zaitun merupakan bahan yang aman yanf tidak memiliki efek samping terhadap kondisi rambut, sehingga kita dapat melakukannya secara rutin tanpa takut akan terkena efek samping.
  1. Bawang Merah

Bawang merah merupakan sejenis rempah- rempah yang penggunaannya dibutuhkan oleh semua orang. Bawang merah ini selain dapat menjadikan makanan menjadi enak, sedap, dan juga lezat, ternyara jenis rempah ini juga seringkali digunakan untuk obat dari sejumlah penyakit. Salah satu khasiat yang terkenal dari bawang merah ini adalah untuk meringankan gejala masuk angin. Gejala masuk angin ini dapat diredakan dengan menggunakan bawang merah karena efek hangat yang dapat ditimbulkannya. Namun tahukah Anda bahwa bawang merah ini ternyata mempunyai khasiat lain? Yakni dapat menghilangkan kutu rambut. Lalu, bagaimana caranya kita menggunakan bawang merah ini untuk menghilangkan kutu?

  • Cara. Ambil 4 hingga 5 siung bawang merah dan blender hingga berbentuk pasta yang kental. Kemudian balut pasta tersebut dengan menggunakan kain dan peras hingga keluar airnya, lalu tampung airnya ke dalam mangkuk
  • Pengaplikasian. Oleskan minyak bawang ini pada kulit kepala kemudian pijat perlahan- lahan dan tutuplah dengan menggunakan shower- cap, diamkan rambut Anda selama kurang lebih dua jam. Keramas dengan menggunakan shampo seperti biasa namun dengan meggunakan air hangat. Kemudian keringkan rambut dengan menggunakan handuk secara perlahan- lahan kemudian sisir menggunakan sisir kutu untuk mengusir keberadaan kutu tersebut jatuh dari rambut Anda. Perawatan atau terapi ini dapat kita lakukan seminggu sekali dalam dua bulan berturut- turut hingga kutu benar- benar telah pergi dari kulit kepala kita.
  1. Mayones

Mayones merupakan sejenis pasta yang biasa digunakan untuk campuran makan seperti halnya saos sambal atau tomat. Namun perlu Anda ketahui bahwasannya mayones ini selain dapat menambah makanan kita menjadi lezat, juga mempunyai manfaat lain. Manfaat dari mayones ini salah satunya sebagai bahan terapi untuk cara menghilangkan kutu rambut. Lalu bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan bahan mayones ini?

  • Balurkan mayones pada rambut secara menyeluruh hingga ke area kulit kepala
  • Kemudian tutuplah dengan menggunakan shower cap atau plastik. Ataun jika ada Anda bisa menutupnya dengan menggunakan handuk atau kain sebagai pelapis
  • Biarkan mayones ini bekerja membunuh kutu- kutu ini selama minimal 5 hingga 6 jam
  • Jika dirasa sudah cukup, cuci rambut dengan menggunakanshampo seperti biasa dan keringkan dengan menggunakan hair dryer dengan temperatur panas agar dapat memaksimalkan hasil kerja mayones tersebut untuk membunuh kutu
  • Terakhir, gunakan sisir kutu secara perlahan- lahan dan lihatlah berapa banyak kutu yang mati karena kerja mayones ini.
  • Terapi seperti ini bisa dilakukan sebanyak satu kali dalam seminggu selama dua bulan dan lihat seberapa ampuh mayones ini dalam membunuh kutu- kutu tersebut.
  1. Minyak Kelapa

Seain digunakan sebagai makanan pencegah uban dini, minyak kelapa bisa digunakan sebagai bahan pengusir kutu yang ada di kepala kita, berikut adalah langkah- langkah yang dapat dilakukan:

  • Oleskan minyak kelapa ke seluruh rambut dan juga kulit kepala, kemudian pijat perlahan- lahan.
  • Kemudian tutup dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama semalam.
  • Pada keesokan harinya, cuci rambut dengan menggunakan shampoo
  • Setelah kering, sisir menggunakan sisir khusus untuk menghilangkan kutu dan lihat berapa banyak kutu yang akan rontok dari kepala Anda.
  • Anda bisa melakukan terapi ini rutin setiap hari maksimal lima hari selama satu minggu. Kemuadian setelah dapat lima hari pada minggu pertama, lakukan lima hari lagi pada minggu selanjutnya hingga kutu benar- benar dirasa mati semua.
  1. Cuka

Cuka merupakan cairan asam yang biasa digunakan saat kita makan bakso. Kadar asam yang ada di dala cuka ini ternyata sangat efektif untuk membunuh kutu dan juga menghancurkan telur- telur kutu yang belum menetas yang terlihat menempel pada rambut secara kuat. Terapi menggunakan cuka ini dapat kita lakukan dengan mengoleskan cuka pada rambut secara menyeluruh atau merata. Namun perlu Anda ketahui bahwasannya terkadang kadar keasaman cuka ini mendatangkan efek samping yang kurang baik juga atau merugikan. Untuk meminimalisir hal ini Anda bisa menambahkan air secukupnya sebelum mengoleskannya kepada rambut.

  1. Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih yang selama ini dikenal sebagao obat masuk angin ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan kutu. Resep menghilangkan kutu sekanjutnya adalah dengan menggunakan campuran jeruk nipis dan juga minyak kayu putih. Perpaduan antara kedua bahan ini dapat menjadi obat kutu alami yang ampuh dan hingga saat inimasih terbukti keberhasilannya dalam membasmi kutu rambut yang berkeliaran di kulit kepala. Lalu, bagaimana caranya menggunakan ramuan dari jeruk nipis yang dicampur dengan minyak kayu putih ini? Caranya adalah sebagai berikut:

  • Cara. Ambillah satu buah jeruk nipis dan peraslah, tampung airnya ke dalam mangkuk. Tambahkan enam sendok makan minyak kayu putih
  • Pengaplikasian. Usapkan cairan jeruk nipis dan juga minyak kayu putih tersebut lalu usapkan ke seluruh rambut serta kulit kepala dengan menggunakan tangan Anda. Diamkan sejenak selama kurang lebih dua jam lamanya. Cucilah rambut dengan meggunakan air dan juga shampo hingga bersih. ( Baca : Gejala masuk anginBahaya jeruk nipis bagi penderita maag )
  1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe Vera merupakan tanaman yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari tanaman aloe vera ini. Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang sejak dahulu dipercaya sebagai tanaman yang dapat merawat kesehatan rambut. Selain menjaga kesehatan rambut ternyata lidah buaya ini juga bermanfaat sebagai bahan penghilang kutu rambut. Untuk mengusir kutu- kutu rambut yang ada di kulit kepal, inilah dia caranya:

  • Cara. Ambillah tanaman lidah buaya yang sudah tua (yakni yang berwarna hijau tua serta daunnya yang berada di paling bawah), dengan jumlah yang kira- kira sesuai dengan ketebalan rambut. Kemudian cucilah lidah buaya yang sudah dipetik tersebut dengan menggunakan air. Lalu belah lidah buaya tersebut menjadi dua bagian.
  • Pengaplikasian. Gosoklah bagian dalam dari lidah buaya tersebut pada kulit kepala dan juga rambut secara perlahan- lahan saja. Dalam tahap ini, pastikan gel atau lendir lidah buaya dapat mengenai kulit kepala. Ratakan lendir tersebut menggunakan tangan yang sudah dibasahi oleh air emudian berilah pijatan secara perlahan- lahan selama kurang lebih 20 menit. Setelah 2 hingga 3 jam, cuculah rambut dengan menggunakan air bersih dan mengalir. Terakhir keramaslah dengan menggunakan shampo agar bau lidah buaya hilang. ( Baca : Khasiat lidah buaya untuk kulit )
  1. Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan tanamn yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, baik penyakit berat maupun ringan. Selain itu ternyata daun sirsak juga bermanfaat untuk menghilangkan kutu yang ada pada rambut. Lalu bagaimana caranya untuk menggunakan daun sirsak ini sebagau bahan pengusir kutu rambut? Cara yang dapat digunakan adalah dengan merebus segenggam daun sirsak ke dalam air secukupnya. Lalu gunakan air tersut sebagai air untuk keramas. Namun sebelum mulai keramas menggunakan air daun sirsak ini, bersihkan rambut terlebih dahulu dngan menggunakan air dingin. Lakukan terapi ini secar rutin hingga kutu yang ada di rambut Anda benar- benar hilang atau etika dirasa cukup untuk melakukannya.

  1. Menggunakan Kapur Ajaib

Berbagai cara dapat kita lakukan untuk memberantas adanya kutu yang bersarang di rambut kita, baik dengan menggunakan cara- cara alami ataupun melakukan tindakan- tindaka  tertentu. naum ketika seseorang berada dalam ambang batas antar menyerah dan juga optimis, kapur ajaib datang memberikan pertolongan berupa solusi. Kapur ajaib ini merupakan cara yang paling banyak dilakukanorang- orang untuk membasmi keberadaan serangga, termasuk juga kutu yang ada di kepala. Lalu, bagaimana cara pemakaian kapur ajaib ini untuk menghilangkan kutu yang notabene selalu bersarang di ramput dan juga kulit kepala? Caranya adalah dengan menggoreskan kapur ajaib ke kulit kepala secara menyeluruh kemudian diamkan hingga kurang lebih tiga jam. Setelha itu bilaslah dengan menggunakan shampo dan juga air dingin. Namun cara ini tidak boleh dilakukan sering- sering. Pasalnya di dalam kapur ajaib ini terandung banyak sekali zat kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan juga badan kita. ( Baca : Efek samping daun sirsak )

Demikianlah beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang ada di kepala kita. Karena cara- cara diatas merupakan cara almi, maka kita bisa melakukannya di rumah sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

You may also like