Kloderma – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

250

Ada yang sudah tahu obat Kloderma? Obat ini tergolong ke dalam kortikosteroid topikal yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti gatal dan juga peradangan atau inflamasi. Obat ini juga biasanya sering digunakan untuk mengobati penyakit psoriasi, sebuah peradangan bersifat kronis yang diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel kulit.

Obat yang dibuat oleh PT. Surya Dermato Medica Laboratories ini juga tergolong ke dalam obat keras. Jika sudah begitu, maka di dalam penggunaannya harus benar-benar berdasarka apa yang sudah diberikan oleh dokter. Di dalam Kloderma, terkandung zat aktif bernama clobestasol propionate yang memang berperan penting di dalam mengobati masalah kulit.

Sementara untuk cara kerja dari Kloderma adalah dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh yang mana kandungan dari obat ini mempunyai aktivitas glukokortikoid yang cukup tinggi, namun mempunyai aktivitas mineralkortikoid yang rendah. Dengan begitu, Kloderma maka bisa digunakan untuk membunuh limfosit dan bersifat apoptosis, yakni mematikan sel yang tidak berguna.

Tambahan informasi bahwa kandungan dari Kloderma termasuk kortikosteroid kelas tinggi yang memiliki kemampuan anti peradangan, vasokonstriksi, dan anti pruritik yang sangat baik. Namun diingat bahwa Kloderma tidak untuk digunakan untuk mengatasi luka terbuka yang berpotensi menimbulkan iritasi.

Fungsi Kloderma

  1. Kloderma merupakan obat yang digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kulit yang berhubungan dengan peradangan.
  2. Kloderma juga digunakan untuk mengobati masalah kulit yang berhubungan dengan gatal.
  3. Selain itu, Kloderma juga bisa digunakan untuk psoriasis, liken planus, eksim yang sulit untuk disembuhkan, dan berbagai macam kondisi lainnya yang tidak dapat memberikan respon terhadap obat golongan streoid yang kurang aktif.

Dosis Kloderma

  • Untuk dosis Kloderma yang diberikan kepada orang dewasa dalam bentuk gel, krim, oinment 0.05%, atau lotion adalah cukup dioleskan secukupnya dan secara tipis-tipis di area yang kulit yang mengalami masalah. Cukup dioleskan sebanyak 2 kali dalam sehari. Jika memang diperlukan, maka dosis bisa dikurangi agar tidak sampai menimbulkan efek yang lebih parah. Untuk dosis maksimal yang diperbolehkan untuk digunakan adalah 50 gram per hari dan terapi maksimal selama 4 minggu.
  • Dosis yang diberikan kepada anak-anak yang usianya sudah mencukupi adalah sama dengan dosis yang diberikan kepada orang dewasa. Akan tetapi, maksimal penggunaan Kloderma tidak boleh melebihi 5 hari.

Cara Penggunaan Kloderma

  1. Kloderma harus selalu digunakan sebagaimana penjelasan yang sudah diberikan oleh dokter.
  2. Kloderma tidak bisa digunakan untuk mengobati luka yang belum sembuh yang bisa berpotensi menimbulkan iritasi.
  3. Selain itu, Kloderma juga tidak digunakan untuk mengobati luka di kulit yang disebabkan oleh jamur, bakteri, maupun juga virus.
  4. Kloderma tidak boleh diberikan kepada anak-anak yang usianya belum mencapai 1 tahun.
  5. Hanya dioleskan secara tipis-tipis di kulit dan jangan berlebihan.