31 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Secara Alami

6361

Tips mengatasi Bibir kering dicari oleh banyak orang dikarenakan banyak yang mengeluhkan bibirnya mengalami kering dan juga pecah-pecah. Bibir yang kering ini merupakan masalah untuk kaum wanita maupun pria, selain mengganggu penampilan, bibir yang kering dan pecah-pecah akan menimbulkan rasa perih di bibir. Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan bibir kering tersebut salah satunya adalah kelembaban bibir yang berkurang.

Mengingat bibir merupakan organ tubuh yang menunjang penampilan dan banyak menjadi perhatian ketika kita berbicara ada baiknya ketika bibir mengalami masalah kita segera mencari solusinya. Ada berbagai macam solusi yang bisa anda coba untuk mengatasi bibir yang kering tersebut. Berikut ini adalah berbagai macam cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bibir kering :

  1. Tomat

Tomat berguna untuk kesehatan dan juga kecantikan. Tidak diragukan lagi bahwa manfaat tomat untuk kecantikan wajah adalah untuk mencerahkan wajah dan untuk kesehatan banyak sekali manfaat tomat diantarannya adalah menajamkan penglihatan dan juga bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering. Semua khasiat tersebut tidak terlepas dari kandungan gizi tomat. Tomat kaya akan vitamin C sehingga kandungan dalam tomat itu bisa mengatasi bibir kering sebab vitamin C bisa digunakan untuk melembabkan bibir. Cara mengatasi bibir kering menggunakan tomat adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil satu buat tomat, kemudian irislah tomat tersebut.
  • Ambil satu potong tomat, lumatkan agar lembut.
  • Usapkan tomat yang sudah lembut itu ke permukaan bibir anda sambil memijatnya secara lembut.
  • Lakukanlah cara ini tiga kali dalam sehari. Sebelum bibir anda pulih, jangan hentikan cara tersebut.
  1. Madu

Siapa yang tidak kenal madu?, madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Untuk kesehatan madu bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering sedangkan untuk kecantikan madu bisa digunakan untuk melembabkan kulit dan juga mencerahkan kulti. Sayangnya saat ini banyak madu oplosan yang beredar di masyarakat. Untuk membedakan madu asli dan madu palsu anda membutuhkan berbagai cara membedakan madu asli dan palsu. Madu tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi bibir kering saja namun madu bermanfaat untuk melembabkan bibir dan juga memerahkan bibir. Cara untuk mengatasi bibir kering dengan madu ini adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil setetes madu asli menggunakan ujung jari anda.
  • Pijat secara lembut bagian bibir anda yang kering, biarkanlah madu tersebut meresap ke kulit bibir anda.
  • Lakukanlah secara teratur terutama saat pagi hari dan juga malam hari. Melakukannya secara teratur dipercaya bisa digunakan untuk melembabkan bibir anda sehingga kulit bibir yang kering pun menjadi hilang. Manfaat lainnya dari melakukan cara tersebut bibir anda akan merah merekah.
  1. Mentega

Punyakah mentega di dapur anda?, jika punya anda bisa menggunakan mentega itu untuk mengatasi bibir anda yang kering. Kandungan asam lemak yang ada di mentega itu bermanfaat untuk membuat bibir menjadi lembab. Cara penggunaannya pun sangat mudah sekali yaitu anda tinggal mengoleskan sedikit mentega di permukaan bibir anda kemudian pijatlah secara lembut bibir anda. Diamkanlah sampai mentega tersebut benar-benar meresap ke dalam kulit bibir. Melakukannya secara teratur bisa berguna untuk mengatasi bibir kering, hal itu dikarenakan mentega mampu melembabkan bibir yang kering.

  1. Minyak Kelapa

Cara lainnya untuk mengatasi bibir yang kering adalah anda bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa ini sangat bermanfaat untuk bibir anda dikarenakan bisa digunakan untuk melembabkan bibir. Cara mengatasi bibir yang kering menggunakan minyak kelapa ini adalah sebagai berikut ini :

  • Ambillah satu setengah sendok teh berisi dengan minyak kelapa.
  • Sentuh minyak kelapa itu menggunakan ujung jari anda.
  • Setelah itu usapkanlah minyak kelapa itu di bagian bibir anda kemudian pijat secara lembut.
  • Biarkanlah minyak itu meresap di bagian bibir anda barulah anda bisa membilasnya menggunakan air bersih. Tidak hanya mengatasi bibir kering saja, namun minyak kelapa itu bermanfaat untuk menghitamkan rambut dan juga untuk memerahkan warna bibir yang gelap.
  1. Minyak Goreng

Jika anda tidak memiliki minyak kelapa anda juga bisa melembabkan bibir anda menggunakan minyak goreng yang ada di dapur anda. Namun yang harus diingat disini adalah minyak goreng yang digunakan adalah minyak goreng yang baru dan belum menjadi minyak jelantah. Cara pemakaiannya pun sama dengan minyak kelapa.

  1. Lipgloss

Cara yang bisa anda gunakan lainnya untuk mengatasi bibir kering adalah menggunakan lipgloss. Tentu bagi wanita sudah tahu lipgloss itu seperti apa. Yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bibir kering adalah lipgloss yang cair bukan lipgloss yang padat. Tidak hanya itu saja, lipgloss yang anda gunakan adalah lipgloss yang tidak berwana sehingga jika digunakan di atas bibir lipgloss tersebut hanya seperti minyak saja. Cara mengatasi bibir kering dengan menggunakan lipgloss sangat mudah yaitu dengan mengoleskan selama 20 menit sekali lipgloss tersebut di atas bibir anda. Jika bibir terasa kering anda bisa langsung mengoleskan lipgloss tersebut di atas permukaan bibir anda, kemasan lipgloss yang ergonomis akan membuat lipgloss mudah anda bawa kemana saja.

  1. Lemon dan Madu

Bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk mengatasi bibir kering adalah menggunakan lemon dan madu. Lemon ini merupakan buah yang kaya dengan vitamin C, karena vitamin C itulah yang bisa digunakan untuk melembabkan bibir dan menghindarkan dari bibir kering dan kulit kering. Tidak hanya itu saja, lemon juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan secara herbal. Untuk mengatasi bibir kering menggunakan lemon dan madu adalah sebagai berikut ini :

  • Potong lemon menjadi dua bagian.
  • Ambillah perasan air jeruk lemon tersebut dalam sebuah wadah.
  • Setelah itu campurkan beberapa tetes madu ke dalam wadah yang berisi dengan perasan air jeruk nipis itu.
  • Aduk secara merata kemudian oleskanlah bahan tersebut pada permukaan bibir yang pecah-pecah agar bibir menjadi lembab. Saat mengoleskannya anda bisa dengan cara sedikit menekan di permukaan bibir tersebut.
  1. Irisan Mentimun

Cara lainnya untuk menghilangkan bibir yang kering adalah menggunakan irisan mentimun. Mentimun selama ini dipercaya dalam berbagai macam penyakit dan juga berguna untuk kecantikan. Untuk kecantikan mentimun bisa digunakan untuk menghilangkan minyak berlebihan di wajah serta mencerahkan wajah. Untuk kesehatan bisa digunakan sebagai cara menurunkan darah tinggi yang efektif.  Timun juga menjadi makanan untuk darah tinggi  yang aman dan efektif. Untuk menghilangkan bibir kering menggunakan mentimun adalahb berikut ini :

  • Ambillah satu buah irisan mentimun segar.
  • Lumatkanlah mentimun tersebut agar menjadi seperti bubur.
  • Oleskan bubur timun tersbeut ke bagian permukaan bibir anda disertai dengan pijatan lembut di bibir anda.
  • Lakukanlah sebanyak tiga kali dalam sehari dan lakukanlah secara teratur agar bibir kering anda menghilang.
  • Sebelum bibir kering anda menghilang sebaiknya anda melakukan cara tersebut berulang-ulang.
  1. Lidah Buaya

Untuk menghilangkan bibir kering anda bisa menggunakan lidah buaya. Lidah buaya selama ini dipercaya memiliki khasiat untuk kecantikan dan juga untuk kesehatan. Untuk kecantikan lidah buaya bisa digunakan sebagai pelebat rambut, penghitam rambut dan penghilang rambut rontok. Lidah buaya untuk untuk kesehatan bisa digunakan sebagai penghilang bibir kering dan bisa untuk cara menghilangkan panu di wajah. Untuk mengatasi bibir kering dengan menggunakan lidah buaya adalah sebagai berikut ini :

  • Potong lidah buaya menjadi dua bagian.
  • Usapkan bagian gel lidah buaya di permukaan bibir anda, setelah anda oleskan anda bisa memijat lembut bibir anda.
  • Lakukanlah cara tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari.
  • Mengoleskan lidah buaya di bibir anda bisa dipercaya sebagai pelembab bibir sehingga bibir akan terhindar dari kulit kering dan juga pecah-pecah.
  • Selain itu anda sebelium tidur bisa mengusapkan lidah buaya di bibir anda kemudian didiamkan semalaman. Saat pagi hari anda bisa melihat bibir kering-kering anda sedikit hilang menggunakan gel lidah buaya tersebut.
  1. Jangan Memakai Lipstik

Bahaya lipstik bagi bibir dan kesehatan  harus anda ketahui. Salah satu bahaya lipstik untuk kesehatan dan juga kecantikan adalah bisa membuat bibir anda berwarna hitam dan juga menjadi kering. Oleh sebab itu jangan menambah parah kondisi bibir anda dengan menggunakan lipstik. Bahan paraben yang ada pada lipstik sangat tidak bagus untuk kesehatan bibir oleh sebab itu anda harus meminimalisir penggunaan dari lispstik tersebut.

  1. Mengkonsumsi Cukup Cairan

Untuk menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah bisa mengkonsumsi cukup air putih. Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh dehidrasi. Ketika anda dehidrasi bibir akan mudah kering dan mengelupas. Untuk mengatasi bibir kering anda harus mengkonsumsi cukup cairan. Namun pada saat-saat tertentu anda membutuhkan banyak cairan misalnya saja seperti saat olahraga, cuaca terik dan berkeringat. Jika anda orang yang obesitas anda akan mudah sekali megalami bibir pecah-pecah hal itu dikarenakan orang yang obesitas akan mudah sekali berkeringat. Orang yang berkeringat akan mudah kekurangan cairan sehingga dia memerlukan banyak cairan di dalam tubuhnya.

  1. Jeruk

Mengatasi bibir kering yang lainnya bisa dengan cara mengkonsumsi jeruk secara teratur. Jeruk memiliki kandungan acid yang bermanfaat untuk menghilangkan bibir pecah-pecah. Fungsi vitamin C tersebut adalah untuk melembabkan kulit dan untuk menyehatkan kulit. Orang yang kekurangan vitamin C dia akan mudah sekali mengalami kulit kering dan bibir pecah-pecah. Untuk menghilangkan bibir yang pecah-pecah anda bisa mengkonsumsi tiga butir jeruk setiap harinya.

  1. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin A, wortel pun kaya akan antioksidan sehingga bermanfaat dalam mengobati penyakit kanker dengan cara menghambat laju pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh manusia. Tidak hanya itu saja, ternyata wortel juga bisa digunakan untuk menghilangkan bibir yang pecah-pecah, bibir yang berwarna hitam pun bisa menjadi cerah setelah menggunakan wortel. Untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah anda bisa mengkonsumsi jus wortel atau air parutan wortel. Tidak hanya itu saja anda bisa memarut wortel kemudian mengusapkan parutan wortel itu di atas permukaan bibir anda yang mengalami pecah-pecah dan juga kering.

  1. Gula

Gula tidak hanya bisa digunakan sebagai pemanis makanan dan minuman saja namun gula bisa digunakan sebagai masker untuk wajah dan juga bisa digunakan sebagai mengatasi bibir kering. Mungkin anda bingung bagaimana caranya mengatasi bibir kering menggunakan gula. Caranya mudah sekali yaitu dengan mencampurkan dua sendok teh gula bersamaan dengan satu senok teh madu. Campurkan kedua bahan tersebut. Setelah itu anda bisa memassage bibir anda menggunakan campuran gula dan madu. Setelah anda massage, diamkanlah campuran kedua bahan tersebut di bibir anda selama 5 menit lamanya. Gula dan madu dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah dikarenakan gula dan madu bisa mengelupaskan sel-sel kulit mati yang ada di bibir anda.

  1. Mawar

Mawar tidak hanya cantik, namun mawar juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Air rendaman mawar bisa digunakan untuk menghilangkan untuk menghilangkan bau badan, mengurangi kandungan minyak berlebihan di wajah. Mawar juga bermanfaat untuk menghilangkan bibir pecah-pecah. Tidak hanya itu saja jika anda menghilangkan bibir yang pecah-pecah dengan bunga mawar anda bisa mendapatkan hasil yang ganda, bibir pecah-pecah anda akan hilang, lembab dan juga mencerahkan warna bibir anda.

Berikut ini adalah cara menghilangkan bibir yang kering dan pecah-pecah menggunakan bunga mawar yang bisa anda coba di rumah :

  • Cuci kelopak mawar di dalam air.
  • Rendamlah kelopak mawar itu ke dalam air susu selama beberapa jam.
  • Remas-remaslah kelopak mawar tersebut agar menjadi pasta mawar.
  • Oleskan pasta mawar itu ke bibir anda yang kering sambil memijat-mijat bibir anda menggunakan pasta mawar tersebut.
  • Diamkanlah selama beberapa menit agar pasta mawar itu meresap secara sempurna di permukaan kulit bibir anda.
  1. Menghindari Kebiasaan Buruk

Salah satu penyebab bibir pecah-pecah dan kering adalah kebiasaan untuk menjilat bibir tersebut menggunakan lidah. Lidah mengandung air liur, jika lidah sering digunakan untuk menjilat bibir akibatnya adalah bibir akan menjadi kering sebab air liur tidak bagus untuk kesehatan bibir. Oleh sebab itu selain anda menerapkan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering ada baiknya anda juga mengubah kebiasaan buruk anda berupa menjilat bibir anda menggunakan lidah.

  1. Menghindari Kopi

Untuk mendapatkan hasil yang makisimal dalam menghindari bibir kering anda harus menghindari kopi, selain bisa digunakan untuk menghilangkan bibir yang kering, kopi juga menjadi penyebab bibir hitam sehingga jika anda menghindari kopi anda bisa mendapatkan warna bibir yang merekah dan menghilangkan pecah-pecah dan kering pada bibir anda.

Anda juga harus tahu bahwa efek terlalu banyak minum kopi sangat tidak bagus untuk kesehatan sebab akan memicu serangan jantung sebab menyebabkan detak jantung menjadi cepat. Bagi wanita yang suka mengkonsumsi kopi sebaiknya tahu apa saja yang menjadi bahaya minum kopi pada saat haid. Intinya akibat kebanyakan minum kopi  lebih dari satu cangkir sehari bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan menimbulkan penyakit yang serius.

  1. Menghindari Rokok

Salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah konsumsi rokok yang berlebihan. Kandungan nikotin, tar dan berbagai macam zat berbahaya di rokok itu bisa merusak lapisan kulit yang ada di bibir sehingga bibir akan mengalami pecah-pecah dan menghitam. Anda tidak akan bisa memiliki kulit bibir yang cerah dan sehat jika anda tetap mengkonsumsi kopi dan juga kafein. Kedua hal tersebut merugikan bagi kesehatan bibir. Bisa kita lihat, orang yang suka mengkonsumsi kopi dan rokok dia akan memiliki bibir yang hitam serta nafas bau kopi dan rokok.

  1. Bubuk Kopi

Bagi anda yang ingin menghilangkan bibir kering-kering yang ada di bibir anda bisa menggunakan bubuk kopi. Bubuk kopi selama ini dipercaya untuk kecantikan dan juga kesehatan. Untuk kecantikan bubuk kopi itu bisa dijadikan sebagai masker untuk mencerahkan wajah. Sedangkan untuk kesehatan bubuk kopi bisa digunakan untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah. Cara mengatasi bibir keirng dan pecah-pecah dengan bubuk kopi adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil satu sendok teh bubuk kopi.
  • Campurkan bubuk kopi itu menggunakan sedikit air.
  • Campur dan aduk sampai menyerupai pasta.
  • Oleskan ke bibir anda selama 5 menit kemudian massage lah bibir anda menggunakan bubuk kopi tersebut secara perlahan-lahan. Bubuk kopi itu bisa anda gunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di permukaan bibir anda.
  1. Jambu Biji

Tidak hanya jeruk saja yang bisa digunakan untuk menghilangkan bibir pecah-pecah, jambu biji pun memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga cocok anda gunakan untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah. Jambu biji itu tinggi vitamin C sehingga bisa anda gunakan untuk cara mengobati sariawan. Anda bisa mengatasi bibir kering dengan mengkonsumsi jambu biji sebanyak tiga kali dalam sehari. Jika anda tidak suka dengan rasa dari jambu biji, anda bisa mencuci bersih jambu biji, buang isinya. Haluskanlah jambu biji itu sampai menjadi bubur. Jika sudah menjadi bubur, oleskanlah di bibir anda. Diamkan 3 menit kemudian pijatlah secara lembut bibir anda. Sel kulit mati penyebab bibir kering pun akan menghilang.

  1. Minyak Almond

Mengatasi bibir kering bisa menggunakan minyak almond. Kandungan dalam minyak almond itu dipercaya bisa digunakan untuk melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Berbagai macam kandungan dalam minyak almond seperti serat, protein, vitamin A, asam oleat, kalsium dan juga zat besi bisa digunakan untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah. Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah menggunakan minyak almond adalah sebagai berikut ini :

  • Teteskan minyak almond ke ujung jari anda.
  • Oleskan ke bagian bibir anda yang kering, kemudian pijatlah bibir anda menggunakan jari anda secara lembut dan perlahan.
  • Diamkanlah selama 5 menit lamanya.
  • Melakukan cara tersebut secara teratur dipercaya bisa melembabkan bibir dan menghindarkan bibir dari penyakit pecah-pecah.
  1. Jangan Menggigit Bibir

Salah satu kebiasaan buruk yang menyebabkan kerusakan bibir adalah menggigit bibir. Menggigit bibir berpotensi untuk menyebabkan bibir terluka dan juga mengalami pecah-pecah.Oleh sebab itu anda jangan membiasakan diri anda untuk mengigit bibir kering anda, hal itu bisa menyebabkan bibir kering anda semakin parah bahkan bibir kering itu bisa mengeluarkan darah.

  1. Salep

Mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah bisa menggunakan salep. Salep yang dijual bebas di pasaran berupa chapstick. Karena dijual bebas di pasaran anda harus berhati-hati dalam memakai salep itu dikarenakan saat ini banyak salep yang dijual justru membuat bibir semakin bertambah kering. Carilah salep bibir yang aman untuk anda gunakan. Salep yang anda gunakan untuk menghilangkan bibir kering hendaknya mengandung vitamin E agar kulit bibir ternutrisi dengan vitamin tersebut.

  1. Minyak Zaitun

Minyak yang bisa digunakan untuk menghilangkan bibir yang kering adalah anda bisa menggunakan minyak zaitun. Cara menghilangkan bibir yang kering menggunakan minyak zaitun ini sama dengan cara menghilangkan bibir kering menggunakan minyak lainnya. Caranya yaitu mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun di bagian bibir anda kemudian pijat secara perlahan-lahan bibir anda tersebut kemudian didiamkan sampai mengering. Lakukanlah cara itu secara berulang-ulang agar bibir anda yang kering bisa segera teratasi.

  1. Meredakan Rasa Perih

Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa menimbulkan rasa perih, mengobati bibir yang kering tidak serta merta langsung menghilangkannya, namun mengatasi perih akibat bibir yang pecah-pecah itu juga menjadi salah satu tahapan dalam mengatasi bibir yang kering. Jika rasa perih di bibir anda berkurang maka rasa sakit yang ditimbulkan akibat bibir kering itu bisa diminimalisir. Cara untuk meredakan rasa perih di bibir itu bisa dengan mengoleskan zat asam ke bibir anda misalnya saja adalah jeruk nipis dan belimbing wuluh. Memang awanya sakit dan perih namun lama kelamaan kulit bibir yang kaku akibat kering bisa diatasi menggunakan zat asam tersebut.

  1. Pasta Gigi

Menghilangkan bibir yang kering bisa dengan cara mengoleskan pasta gigi bebas florida di permukaan bibir anda. Selain bisa digunakan untuk mengangkat sel-sel mati, pasta gigi itu juga bisa digunakan untuk memerahkan bibir. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mengganti pasta gigi anda. Salah satu penyebab bibir kering adalah anda banyak menggunakan pasta gigi yang mengandung florida, kandungan florida dalam pasta gigi itu bisa membuat bibir anda menjadi kering bahkan pecah-pecah.

  1. Humidifier

Salah satu penyebab bibir kering adalah suhu di dalam ruangan yang panas sehingga akan menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Terutama ruangan yang diberikan pemanas ketika musim dingin datang. Untuk mengatasinya anda bisa melembabkan udara yang ada di dalam ruangan itu menggunakan humidifier agar bibir juga menjadi lembab.

  1. Mengkonsumsi Sayuran

Salah satu penyebab bibir kering adalah kurangnya asupan sayuran yang masuk ke dalam tubuh sehingga bibir menjadi kering. Jika hal tersebut yang menyebabkan bibir anda menjadi kering maka cobalah anda untuk mengkonsumsi sayuran yang tinggi dengan vitamin C. Dengan begitu anda bisa menghilangkan bibir yang pecah-pecah itu menggunakan sayuran yang anda konsumsi.

  1. Supplemen Vitamin C

Jika anda tidak suka dengan buah maupun sayuran, anda bisa menghilangkan bibir anda yang kering menggunakan supplemen vitamin C. Supplemen ini bisa mudah anda jumpai di apotek di sekitar anda. Sayangnya supplemen vitamin C ini tidak bisa dikonsumsi oleh orang yang mengalami sakit maag  dan sedang mengalami gejala penyakit maag. Anda bisa mengkonsumsi supplemen vitamin C itu sebanyak tiga kali dalam sehari. Supplemen vitamin C itu tidak bisa dikonsumsi penderita maag karena bisa memicu asam lambung yang tinggi.

  1. Bernapas dengan Mulut Tertutup

Mungkin metode ini agak aneh namun metode ini dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah. Saat anda bangun dan kemudian bibir anda menjadi pecah-pecah bisa jadi saat anda tidur anda membuka mulut anda ketika tidur. Udara yang masuk ke dalam mulut sepanjang malam bisa membuat bibir anda menjadi kering.

  1. Penyakit Serius

Jika anda sudah melakukan berbagai macam cara  untuk menghilangklan bibir kering anda namun anda tidak bisa segera menghilangkannya anda bisa mencari tahu bisa jadi anda memiliki penyakit yang lebih serius. Untuk mencari tahu penyebab bibir kering anda cobalah berkonsultasi kepada dokter dan mengetahui gejala lain dari bibir kering yang anda derita. Berikut ini adalah berbagai macam penyakit yang salah satu gejalanya adalah bibir kering :

  • Diabetes. Diabetes adalah penyakit kencing manis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah di dalam tubuh.
  • Kawasaki. Penyakit gangguan darah yang jarang terjadi namun akan sangat serius jika suda terjadi.
  • Sindrom Sjogren. Penyakit autoimun dimana sistem imun merusak air mata dan kelenjar di saluran mata sehingga menjadi penyebab bibir pecah-pecah.
  • Penyakit kelamin. Jika anda mengalami bibir pecah-pecah yang kronis bisa jadi tubuh anda sedang terinfeksi dengan virus HPV. Tanda orang yang mengalami HIV-AIDS pun salah satunya adalah bibir kering yang kronis.

Itulah berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bibir kering. Mencari tahu penyebab dari bibir kering tersebut bisa membantu anda menemukan cara tepat untuk mengatasi bibir kering yang efektif.