Home Tips KesehatanKesehatan Mulut 8 Penyebab Bibir Pecah-pecah dan Kering

8 Penyebab Bibir Pecah-pecah dan Kering

by Ana Rohma

Bibir pecah-pecah dan kering sering sekali dialami oleh banyak orang. Ini menandakan bahwa bibir kurang sehat. Semua orang pasti akan menganggap bahwa bibir adalah bagian anggota tubuh yang penting. Apalagi bagi kaum wanita bibir pecah-pecah dan kering menjadi masalah yang serius karena bibir bagi kaum wanita menjadi bagian dari anggota wajah yang sering dilihat banyak orang dan bibir menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi lawan jenisnya.

Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa menjadikan kurang percaya diri dan mengurangi kecantika. Tetapi anda tidak usah khawatir disini akan dibahas cara mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah. Sebenarnya apa yang menyebabkan masalah pada bibir. Bibir merupakan kulit dalam tubuh yang tidak mempunyai kelenjar minyak, tidak seperti kulit yang lain. Kulit pada anggota tubuh lain mempunyai kelenjar minyak. Jadi inilah yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Bibir kering karena kurangnya kelembaban pada kulit bibir. Kelembaban pada bibir dipengaruhi oleh bebebarap faktor. Berikut faktor penyebab bibir kering dan pecah-pecah:

1. Udara yang terlalu kering

Udara yang kering akan mempengaruhi kelembaban pada kulit bibir. Kulit bibir yang kurang lembab akan memicu bibir menjadi kering bahkan pecah-pecah. Seperti halnya jika sedang melakukan ibadah haji di Mekkah atau berkunjung ke negara yang suhu udaranya kering. Kulit bibir kita yang terbiasa dengan suhu tropis dan berair kaget dan bisa menjadi pecah-pecah.

2. Terkena panas matahari yang berlebih

Bahaya sinar matahari yang berlebih berbahaya bagi semua bagian kulit, tidak terkecuali kulit bibir. Suhu sinar matahari yang panasnya berlebih akan memicu bibir menjadi kering dan menjadi pecah-pecah.

3. Kebiasaan menjilat bibir

Kebiasaan menjilat bibir dengan membasahinya dengan air ludah justru akan membuat bibir kering. Seoarang pasti berpikiran dengan memberi sedikit air liur akan membantu melembabkan bibir, tetapi cara ini justru akan membuat bibir kering.

4. Kurang cairan

Kurang cairan bisa terjadi karena anda kurang banyak mengkonsumsi air putih. Air putih sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita, tidak terkecuali kesehatan bibir kita. Karena cairan inilah yang akan ikut membantu melembabkan kulit.

(baca juga : efek kekurangan air putih, bahaya akibat minum)

5. Penggunaan lipstik yang tidak cocok

Seorang wanita tentunya akan berusaha agar tampil menarik dan cantik. Salah satunya dengan memakai lipstik. Tetapi hati-hati dengan lipstik yang anda pakai. Gunakanlah lipstik yang cocok dengan bibir anda. Karena bahaya lipstik yang tidak cocok dapat menyebabkan bibir anda kering bahkan pecah-pecah.

6. Kebiasaan merokok dan minum kopi

Bahaya merokok dan minum bahaya minum kopi selain kurang baik untuk kesehatan, namun juga termasuk kesehatan bibir. Orang yang kebanyakan mengkonsumsi kopi dan rokok dalam jumlah yang besar akan menyebabkan bibir berwarna kehitaman dan kering.

7. Kurang mengkonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan asupan kebutuhan nutrisi manusia bagi tubuh agar tetap sehat dan terlihat segar. Kekurangan mengkonsumsi buah dan sayur dapat memicu bibir kering karena nutrisi dan vitamin yang seharusnya bibir terima kurang.

8. Kurang vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C sangat baik untuk kesehatan bibir karena bibir sangat membutuhkan vitamin C untuk menjaga kesegaran dan kelembaban kulit bibir.

Cara Mengatasi Bibir Tetap Sehat

Demikian merupakan faktor-faktor yang dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Lalu bagaimana cara mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah? Berikut ini tips-tips cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Banyak cara untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah dan kering diantaranya yaitu :

  • Penuhi kebutuhan nutrisi – Bibir kering dapat terjadi karena kurangnya nutrisi dalam tubuh. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung nutrisi. Tercukupnya nutrisi dalam tubuh dapat mengatasi masalah bibir kering.
  • Hindari kebiasaan menjilat bibir – Menjilat bibir dengan air liur sudah sering sekali dilakukan oleh banyak orang. Tapi jangan ikut-ikutan melakukannya karena tidak ada keterangan media yang menjelaskan bahwa menjilat bibir dapat membuat bibir lebih sehat tetapi justru dapat menjadi kering.
  • Konsumsi vitamin C yang cukup – Jika anda termasuk orang yang malas mengkonsumsi buah-buahan anda bisa mengkonsumsi jus atau buah yang mengandung vitamin C dalam bentuk kapsul untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Vitamin C sangat mempengaruhi kesehatan bibir. Tercukupinya kebutuhan vitamin c akan membuat bibir tetap sehat.
  • Minum air putih yang cukup – Minum air putih yang cukup sangat dianjurkan oleh dokter. Minumlah air putih sehari minimal 1,5 liter. Bibir juga termasuk anggota tubuh yang membutuhkan air. Air akan membantu bibir menjadi lembab dan tidak kering. (baca juga : akibat terlalu banyak minum air putih).
  • Hindari kebiasaan menggigit bibir – Kebiasaan buruk yang mengganggu dan sangat tidak baik. Hal ini dapat menyebabkan kulit bibir keriput dan jaringan sel kuli bibir rusak. Jika ini sudah terjadi bibir bisa menjadi pecah-pecah dan kering.
  • Jangan terlalu sering bernapas lewat mulut – Biasakanlah bernapas melalui hidung karena bernapas melalui mulut dapat membahayakan kesehatan bibir. Bernapas melalui bibir dapat memicu bibir menjadi kering dan lama-kelamaan bisa menjadi pecah-pecah.
  • Konsumsi buah dan sayur yang cukup – Usahakan makanan yang anda makan setiap harinya mengandung buah dan sayur. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur sangat dibutuhkan untuk kesehatan bibir sehingga bibir yang kering bisa menjadi lembab dan sehat kembali dengan terpenuhinya vitamin dan mineral.
  • Gunakan lipstik yang cocok – Kenali terlebih dahulu jenis bibir anda, jika bibir anda termasuk bibir sensitif maka berhati-hatilah dalam menggunakan lipstik. Pilihlah lipstik yang memiliki ijin beredar dari pemerintah. Lipstik yang tidak cocok dapat menyebabkan bibir kering bahkan pecah-pecah karena kandungan zat kimia yang ada.
  • Gunakan Lip Blam – Bibir yang kering dan pecah-pecah dapat disembuhkan dengan lip blam. Gunakan lip blam ketika kamu akan pergi-peri keluar dalam kondisi terkena panas matahari karena lip blam dapat melindungi bibir dari panas matahari. Sehingga bibir tidak kering dan pecah-pecah.
  • Olesi madu – Madu merupakan bahan alami bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Oleskan madu pada bibir yang pecah-pecah secara teratur sesuai dengan kebutuhan. madu akan melembabkan bibir dari luar yang akan meresap masuk melalui kulit. (baca juga : cara membedakan madu asli dan palsu)

Demikian beberapa cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Bibir yang sehat akan menunjang dan memotivasi kegiatan dan aktifitas anda lancar. Selamat mencoba!

You may also like