Home Tips KesehatanKesehatan Mulut 23 Cara Menjaga Kesehatan Bibir Secara Alami

23 Cara Menjaga Kesehatan Bibir Secara Alami

by Lia Yuliana

bibir yang sehat adalah bibir yang tetap berkilau dan tidak hitam, banyak sekali masalah bibir yang belakangan ini dihadapi, entah itu bibir menjadi kering, atau bibir menjadi pecah-pecah atau bahkan bibir menjadi berubah warna hitam. kesehatan bibir ini dapat dijaga dengan benar, dengan mengetahui penyebab bibir pecah-pecah dan kering serta penyebab bibir menjadi hitam, dengan mengetahuii penyebab-penyebab itu maka akan mengetahui pula bagaimana cara mengobati dan menjaga kesehatan bibir, diantaranya adalah menghindari penyebab-penyebab yang sudah diketahui tadi. Jika sudah mengetahui penyebab-penyebab hilangnya kesehatan bibir maka simaklah uraian berikut ini mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan bibir, seperti berikut :

1. Menyikat bibir dengan perlahan

Menyikat bibir secara perlahan sama artinya mengangkat sel sel kulitmati yang membuat warna bibir menadi hitam, ketika warna bibir menjadi hitam padahal biasanya tidak demikian itu berarti menandakan bahwa bibir sudah tidak sehat lagi dan membutuhkan banyak vitamin untuk memperbaiki bibir tersebut agar tetap tampak indah dan berseri.

2. Gunakan tomat

Tomat memiliki vitamin C yang cukup baik untuk kesehatan kulit, kesehatan kulit ini termasuk denan kesehatan bibir, bibir yang sehat akan ditunjukan bila vitamin C ini tercukupi pada kesehatan bibir yang anda miliki. Selain itu bibir yang mengadung vitamin C akan tampak lebih lembut

3. Mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup

Buah dan sayur tidak hanya membantu kesehatan bibir saja, tetapi buah dan sayur memang bermanfaat untuk kesehatan bibir. buah dan sayuran untuk lemah jantung juga bisa dimannfaatkan, selain itu ternyata buah dan sayur juga dapat dijadikan makanan untuk menurunkan kolesterol dan asam urat. Meskipun demikian masih ada saja sayur yang dilarang untuk asam urat jadi, jika ingin mengkonsumsi buah dan sayur untuk menyehatkan bibir jga harus memperhatikan apakah anda memiliki riwayat asam urat atau penyakit lainnya atau tidak, jadi tidak hanya ingin bibir terlihat indah saja tetapi juga memperhatikan kesehatan yang lainnya

4. Hindari menjilat bibir

Kebiasaan buruk ini seperti menjilat bibir sangant idak baik untuk kesehatan bibir anda, karena menjilat bibir dapat membuat bibir menjadi tampak hitam dan gelap. Sehingga bibir akan tampak lebih kurang sehat.

5. Gunakan pelembab untuk bibir

Penggunaan pelembab pada bibir ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan bibir dan juga sangat bermanfaat untuk menjaga kelembabpan bibir, bibir yang lembab lebih akan memiliki kesehatan yang lebih baik dibangding bibir yang tidak menggunakan pelembab sekalipun.

6. Gunakan kentang

Pada dasarnya kentang memang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan bibir, tetapi tidak boleh dipungkiri bahwa bahaya kentang goreng bagi kesehatan ibu hamil juga perlu diperhatikan, jangan sampai menginginkan bibir yang indah tetapi tidak memperhatikan kesehatan yang lain, selain itu hal ini juga tidak baik jika mengunakan kentang goreng, maksud kentang disini adalah menggunakan kentang ini digunakan untuk masker bukan dimakan begiitu saja.

7. Manfaatkan lidah buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit sangat banyak sekali, baik itu untuk kulit wajah ataupun kulit bibir anda. Jadi memang antioksidan dan juga vitamin E yang memang sangat baik untuk kulit. Vitamin E ini dapat mengatasi kulit kering dan juga kulit yang berminyak

8. Madu

Madu, merupakan salah satu pelembab yang baik untuk kesehatan tubuh juga, bahkan bukan hanya tubuh saja tetapi juga bermanfaat untuk melembabkan bibir dan juga kulit. Tak hanya itu banyak sekali manfaat madu yang sudah diulas dari artikel sebelumnya seperti madu untuk penderita kolesterol, khasiat madu untuk penderita endometriosis, khasiat madu untuk penderita diare, khasiat madu bagiĀ  penderita TBC, dan juga manfaat madu bagii penderita asam lambung.

9. Dengan jeruk nipis

Jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang cukup banyak, sehingga jeruk nipis sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Bisa digunakan untuk masker dan lain sebagainya.

10. Menggunakan mentimun

Tak hanya jeruk nipis, tetapi mentimun juga baik digunakan untuk membuat kulit menjadi lebih segar tak terkecuali kulit bibir. pada dasarnya mentimun memiliki rasa segar yang dapat digunakan untuk mempersegar kulit bibir anda.

11. Jangan sering menggunakan lipstik

Bahan kimia tidak begitu baik untuk kulit bibir, untuk itu menggunakan lipstik yang terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan bibir anda. Jika ingin menggunakan lipstik usahakan menggunakan lipstik sesuai dengan jenis bibir anda agar tidak membuat bibir menjadi hitam.

12. Gunakan lipbalm

Lipbalm juga bagus untuk kesehatan bibir terutama jika bibir anda adalah tipikal bibir yang kering, bibir yang kering menggunakan lipbalm akan membuat tekstur pada bibir menjadi lebih lembab sehingga tidak mudah terkena sinar matahari secara langsung.

13. Konsumsi makanan yang banyak vitamin

banyak sekali makanan yang mengandung banyak vitamin yang dapat ditemukan, diantaranya seperti

  • Mentega
  • minyak kelapa
  • wortel
  • jeruk
  • strobery

dengan mengkonsumsi makanan tersebut maka kesehatan pada kulit baik itu kulit bibir ataupun kulit wajah akan terjaga dengan baik sehingga akan dapat tampak cantik

14. Konsumsi air putih

air putih tidak lepas dari kesehatan, untuk menjaga agar bibir tampak lembab dan cantik dapat dilakukan dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih yang cukup.

15. Memanfaatkan mawar

Tak hanya untuk kecantikan wajah saja, pada dasarnya mawar memang bermanfaat untuk kecantikan dan kulit, tak terkecuali kulit bibir. mawar akan membawa efek segar pada bibir anda dan juga membantu kulit bibir ini menjadi berwarna merah merekah. Cara menggunakannya pun sangat mudah, hanya dengan menggunakan mawar ini sebagai masker pada bibir anda, dan gunakan secara rutin agar hasil yang didapatkan pula lebh maksimal

16. Dengan gula

Gula baik digunakan untuk crub pada wajah ataupun pada tubuh untuk mengangkat sel kulit mati, begitu pula untuk menangkat sel kulit mati pada bibir anda.

17. Hindari rokok

Rokok tidak pernah baik untuk kesehatan apalagi orang yang banyak mengkonsumsi rokok ini akan menyebabkan bibir menjadi tampak lebih hitam. Selain itu rokok juga berbahaya dengan organ yang lainnya seperti halnya yang sudah dibahas sebelumnya seperti bahaya rokok terhadap otak, bahaya merokok bagi alat pernafasan, bahaya merokok pada kesehatan tubuh yang mematikan, dan juga membahas mengenai macam-macam penyakit akibat merokok. Dengan begitu sudah tampak jelas bahwa merokok memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan dan kecantikan untuk itu tinggalkanlah rokok agar dapat tampil cantik.

18. Jangan terllau banyak konsumsi kopi

Terlalu banyak mengkonsumsi kopi memang tidak baik untuk kesehatan, karena kopi sendiri mengandung banyak sekali kafein sehingga tidak dianjurkan untuk kesehatan. Meskipun ada kopi yang baik untuk kesehatan. Tetapi kebanyakan kopi tidak baik untuk kesehatan apalagi untuk kulit. Dalam artian kopi yang sudah jadi.

19. Gunakan bubuk kopi

Memang kopi tidak baik untuk kesehatan tetapi beda halnya dengan bubuk kopi, bubuk kpi yang masih alami memiliki manfaat yang cuukup baik untuk menjaga kelembabab kulit terutama pada bibir, bahkana bukan hanya itu flek hitam diwajah juga dapat dihilangkan dengan bubuk kopi in, dengan catatan bubuk kopi yang masih alami dan melum mendapatkan campuran apapun, misal mendapatkan campuran paling tidak campuran itu juga alami seperti halnya madu.

20. Gunakan pasta gigi

Pasta gigi biasa digunakan untuk membuat bibir menjadi lebih merah, hal ini memang benar, karena dapat membuat bibir tampak lebih sehat, tetapi tergantung dari pasta giginya juga, cocok atau tidaknya di bibir anda, jangan sampai menggunakan pasta gigi yang salah yang justru akan membuat bibir anda menjadi tampak lebih hitam.

21. Konsumsi jambu biji

Jambu biji memiliki vitamin C yang leibh banyak sehingga baik digunakan untuk regenerasi kulit, tertuama regenerasi untuk membunuh racun yang ada dibiibir yang menenyebabkan bibir terlihat tampak hitam dan tidak sehat. Dengan adanya dan rajin mengkonsumsi vitamin C maka bibir akan menjadi lebih tampak sehat dan berseri tentunya. Selain untuk memberikan regenerasi yang tinggi dari vitamin C jambu biji juga termasuk buah untuk obat panas dalam

22. Dengan minyak zaitun

Dengan menggunakan minyak zaitun ini dapat menggantikan lipbalm pada bibir anda, jadi jika tidak ingin menggunakan lipbalm atau lebih memilih menggunakan yang alami dapat menggunakan minyak zaitun untuk menjaga kelembabapan bibirnya. Selain itu minyak zaitun sangat banyak mengandung vitamin E bahkan juga antioksidan yang cukup tinggi.

23. Dengan kunyit

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah dan membuat kulit wajah menjadi berseri kunyit juga bermanfaat untuk membuat bibir menjadi lebih lembab dan tampak lebih sehat. Selain untuk kecantikan kunyit juga memiliki manfaat kunyit untuk kesehatan. Jadi memang banyak sekali manfaat kunyit untuk kesehatan maupun kecantikan.

Itulah beberapa hal yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan bibir, jika bibir dijaga kesehatannya sejak awal otomatis bibir akan tampak indah dan mempesona, dengan demikian tidak memerlukan lipstik lebih dapat merusak kesehatan bibir untuk memerahkan bibir itu sendiri, tetapi bibbir yang sehat akan tampak lebih merah dan mempesona. Sehingga jagalah kesehatan bibir agar bibir tidak hitam, pecah-pecah ataupun kering.

You may also like