5 Jenis Olahraga Ini Bermanfaat Menjaga Kesehatan Jiwa

Kesehatan merupakan salah satu hal yang penting untuk kita perhatikan, tidak hanya kesehatan secara fisik namun juga secara mental. Kesehatan jiwa memang sama pentingnya dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena kondisi mental kita sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup dan kondisi fisik.

Tentunya ada banyak cara untuk menjaga kesehatan jiwa yang bisa kita lakukan, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan jiwa. Selain itu, 5 olahraga berikut ini juga bisa dilakukan agar kesehatan jiwa selalu terjaga.

1. Yoga

Gerakan yoga memang terkesan santai, tenang dan rileks. Karena itu olahraga satu ini sangat cocok dipilih untuk memelihara kesehatan tubuh sekaligus pikiran, dengan demikian kita bisa terhindar dari gangguan kejiwaan. Bagi pemula, pilihlah gerakan sederhana dan mudah untuk dilakukan. Jika dilakukan dengan rutin maka yoga akan memberikan manfaat luar biasa untuk pikiran yang jernih dan jiwa yang sehat.

2. Berlari

Lari santai di pagi atau sore hari juga dapat membantu menjaga kesehatan jiwa, karena kita dapat menghirup udara segar sekaligus bertemu banyak orang. Olahraga ini nyaris tanpa membutuhkan biaya apapun dan dapat dilakukan dimana saja. Dengan banyaknya interaksi dengan orang lain dan suasana yang nyaman maka pikiran akan lebih rileks dan beban di pikiran pun dapat berkurang.

3. Jalan Santai

Hampir sama dengan berlari, jalan santai pun dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan mental. Jalan santai di taman atau lapangan dapat membantu menghilangkan stres juga mengatasi pegal-pegal pada tubuh. Apalagi jika dilakukan di tempat yang ramai namun sejuk, tentu aktivitas jalan santai selama 30 menit akan menghindarkanmu dari gangguan mental atau kecemasan berlebih.

4. Senam Zumba

Belakangan ini senam zumba kian populer, dikarenakan gerakannya mengikuti alunan musik yang mengiringi. Tubuh yang bebas bergerak saat melakukan zumba akan membantu otak melupakan semua masalah yang ada dan meningkatkan energi baru sehingga lebih bersemangat. Tubuh dan pikiran yang sehat tentu akan melahirkan jiwa yang sehat pula.

5. Berenang

Berenang dapat membuat pikiran tetap fokus dan tidak sempat untuk memikirkan masalah yang sedang dialami. Selain banyak menggerakkan anggota tubuh, berenang juga membantu menjaga jiwa tetap sehat. Alasannya, berenang membuat kita harus berinteraksi dengan orang lain yang juga kebetulan berenang di tempat yang sama. Jadi hati dan pikiran akan lebih bahagia dan tenang saat merutinkan olahraga renang.

Nah, sekarang sudah tahu kan jenis olahraga apa saja yang mudah dilakukan dan yang terpenting perlu dilakukan secara rutin. Dengan berolahraga, tubuh dan pikiran akan terus sehat sehingga dapat mendukung produktivitas dalam kegiatan sehari-hari. Tentu selain berolahraga, kita juga semestinya banyak berinteraksi dengan orang-orang berjiwa positif agar dapat mempertahankan jiwa yang sehat.