4 Khasiat Madu Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Kolesterol dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari makanan, minuman, pola olahraga, pikiran dan lain sebagainya. Kolesterol bukanlah penyakit baru, namun merupakan penyakit yang sering diabaikan. Mengapa diabaikan? Karena banyak orang menganggap penyakit ini biasa saja. Padahal jika dibiarkan kolesterol mampu untuk mengundang penyakit parah lainnya. Bahkan jika kita biarkan kolesterol dapat merenggut nyawa kita. Maka dari itu perlu kita waspadai apabila kolesterol kita sudah mulai beranjak naik maka kita perlu menurunkannya. Bagaimana caranya? Ada banyak cara untuk menurunkan kadar kolesterol, diantaranya dengan runtin mengkonsumsi madu. Madu? Ya, madu memiliki kemampuan untuk mengontrol kolesterol yang ada pada tubuh kita. madu merupakan cara yang baik karena merupakan cara alami bukan melalui obat-obatan. Berikut akan dijelaskan mengapa madu bisa menjadi terapi bagi anda yang mengalami kolesterol tinggi

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang paling sering menjangkit orang yang memiliki pola hidup yang tidak sehat. Selain itu ada beberapa faktor lain yang juga menyebabkan terjadinya kolesterol. Salah satu faktor dari munculnya kolesterol adalah faktor keturunan. Jika salah satu dari keluarga anda pernah mengalami kolesterol, maka kemungkinan besar anda juga akan mengalami kolesterol. Maka menjaga pola hidup yang sehat akan mampu menjaga diri anda dari penyakit kolesterol ini.

1. Tidak hanya tubuh gemuk

Banyak orang yang menyangka bahwa orang yang memiliki tubuh gemuk saja yang bisa terjangkit penyakit kolesterol, anggapan ini tidaklah benar. Banyak juga orang yang memiliki badan kurus namun juga mengalami kolesterol sama dengan orang bertubuh gemuk. Hal ini bisa terjadi karena faktor resiko kolesterol bisa diderita siapa saja.

(Baca juga : cara menambah berat badan – cara cepat gemuk dan sehat)

2.Pola Makan

Namun faktor yang paling sering ditemui adalah pola makan yang tidak sehat. Dari berbagai macam penyebab kolesterol tinggi, pola makan yang tidak sehatlah yang menjadi kasus paling marak terjadi.

Namun tenang saja, permasalahan kolesterol ini bisa diatasi dengan madu. Madu memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Tetapi, pengobatan dengan madu ini perlu diimbangin dengan pola makan yang sehat, karena faktor utama dari penyebab kolesterol tinggi adalah pola makan.

Madu menjadi pilihan terbaik dalam terapi penurunan kolesterol karena merupakan bahan alami. Selain itu madu memiliki efek samping yang paling rendah. Kadar gula dalam madu yang kecil membuat penderita penyakit lain seperti diabetes aman untuk mengkonsumsi madu. Selain itu madu juga mempunyai banyak manfaat lain yang bisa digunakan untuk pencegahan banya penyakit selain kolesterol. Hal ini menyebabkan madu menjadi primadona dalam terapi menurunkan kolesterol.


Cara Menurunkan Kolesterol Menggunakan Madu

Dalam madu terkandung karbohidrat sederhana. Selain itu madu juga mengandung air, protein, asam amino, mineral, vitamin, dan karbohidrat.

1. Manis tapi tidak berbahaya

Walaupun madu memiliki rasa manis yang setingkat dengan gula, namun mengkonsumsi madu sangatlah aman. Bahkan mampu menurunkan kadar kolesterol. Karena itu madu menjadi pilihan untuk terapi penurunan kolesterol karena selain rasanya yang manis, madu juga memiliki khasiat yang besar.

2. Terkandung banyak kalori, asam-asam yang baik untuk tubuh

Dalam satu sendok madu terkandung energi 64 kalori. Madu bisa membuat anda sehat dengan kandungan yang ada di dalamnya. Selain itu madu juga mempunyai asam organik seperti asam laktat, asam malat, asam glikolat, asam asetat, asam format dan asam tartarat. Asam – asam tersebut merupakan zat yang mampu melawan pertumbuhan sel – sel kanker, menjaga stamina tubuh dan juga menurunkan kolesterol yang terkandung dalam darah. Madu mampu memerangi kolesterol tinggi karena kandungan vitamin, mineral dan juga asam – asaman tersebut.

Baca juga :

3. Kecil resiko untuk terjangkit penyakit lain

Madu menjadi pilihan dalam terapi kolesterol karena tidak adanya resiko untuk terjangkit penyakit lainnya. Kadar gula yang rendah menjadi pertimbangan para penderita diabetes untuk menjadikan madu sebagai terapi kolesterol. Untuk melakukan terapi kolesterol dengan madu, anda harus rutin mengkonsumsi madu setiap hari, baik itu dimakan langsung ataupun dicampurkan dengan makanan atau minuman.


Anda juga bisa memilih madu hitam pahit untuk terapi kolesterol anda karena madu hitam pahit memiliki efek yang lebih baik dalam menurunkan kolesterol. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penderita kolesterol. Selain itu madu juga memiliki harga yang murah dibandingkan dengan anda terapi menggunakan obat-obatan. Selain anda bisa meminimalkan konsumsi obat,anda juga memiliki tubuh yang bugar.

4. Memperhatikan pola hidup

Selain mengkonsumsi madu, anda juga perlu memperhatikan pola makan anda. Dengan mengkonsumsi madu bukan berarti anda akan bisa mengkonsumsi makanan sesuka anda. Diet perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena fungsi madu bukanlah agar anda bisa makan sesuka anda melainkan membantu anda mengontrol kolesterol anda. Selain pola makan anda juga perlu mengatur pola olahraga. Olahraga teratur mampu membantu dalam penurunan kolesterol. Selain itu dengan olahraga membantu tubuh dalam penyerapan madu. Jadi janganlah mengandalkan madu dalam proses penurunan kolesterol, namun lakukanlah terapi lain untuk menunjang terapi madu.

Demikian beberapa tips terapi madu untuk penderita koleterol. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi madu setiap hari. Maka dari itu mulailah rutin mengkonsumsi madu untuk pencegahan agar penyakit tidak mudah datang. Selain itu jagalah pola makan dan juga pola hidup agar penyakit tidak mudah menghinggapi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Thursday 14th, April 2016 / 08:02 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi