Kulit Ayam Bikin Kolesterol ? Gunakan Cara Ini Agar Tidak Bahaya

78

Kamu tentunya tahu, kulit ayam itu bagian yang banyak mengandung lemak, sehingga bila tidak berhati-hati bisa membahayakan kesehatanmu. Padahal, bayangin makan ayam krispy, apalagi bagian kulitnya, wow, pasti gurih sekali, nggak bisa nolak pokoknya. Lalu, bagaimana supaya tetap bisa mengkonsumsi kulit ayam yang gurih itu tapi kesehatan kita tetap terjaga dengan baik ? Gunakan tiga cara ini agar kulit ayam nggak bikin bahaya lagi.

1. Tidak melapisi kulit ayam dengan tepung

Tahukah kamu, kulit ayam yang digoreng dengan dilapis tepung akan membuatnya menyerap lebih banyak minyak. Lebih banyak minyak terserap maka akan menambah kandungan lemak pada kulit ayam, selain itu tentu saja kandungan kalorinya juga akan meningkat lebih tinggi.

Apabila terpaksa menggorengnya, maka setelah digoreng lakukan pengeringan dengan kertas penyerap minyak. Semakin banyak minyak terserap pada kertas penyerap tentu lebih baik, karena itu berarti mengurangi kadar kelebihan minyak pada kulit ayam sehingga kandungan minyak kulit ayam goreng lebih rendah dan lebih baik efeknya bagi kesehatanmu.

Kebanyakan lemak pada kulit ayam dapat menyebabkan penyakit kolesterol tinggi, padahal pada kulit ayamnya saja sudah banyak mengandung minyak, apalagi ketika kulit ayam tersebut kamu goreng. Itu sebabnya mengolah kulit ayam lebih baik di olah dengan cara di rebus atau dimasak saja.

2. Hindari menggoreng kulit ayam krispi

Menggoreng kulit ayam hingga sangat kering memang menjadikannya lebih renyah dan bisa memanjakan lidah. Tapi hal ini dapat menghilangkan kandungan gizi yang ada dalam kulit ayam sehingga akan membahayakan kesehatanmu bila terlalu sering dikonsumsi. Disarankan untuk menikmati kulit ayam dengan menggoreng agak renyah dan setelahnya harus ditiriskan dengan kertas penyerap minyak hingga minyaknya tterserap keluar dari kulit ayam goreng.

Atau cara yang lebih baik yaitu dengan dikonsumsi dalam bentuk rebusan, direbus dalam bentuk masakan sop. Dengan mengonsumsi rebusan ini akan meminimalisir aktifnya minyak pada kulit ayam sehingga akan lebih aman ketika hendak dikonsumsi setiap hari.

Mengonsumsi makanan favorit seperti kulit ayam memang tidak ada larangan, namun kamu harus menyeimbangkanya dengan makanan sehat lainnya seperti buah dan sayur yang baik untuk kesehatan. Karena makanan tersebut akan membantu menjaga metabolisme tubuh kamu. Jadi tetap bijak ya kawan dalam memilih menu makanan sehat. Karena hidup mu sangat berarti.

3. Konsumsi kulit ayam seperlunya saja

Kulit ayam sebenarnya mengandung lebih banyak lemak baik daripada lemak jahat, namun semua makanan yang dikonsumsi sebaiknya mengacu pada pola makan sehat dengan gizi seimbang. Kebutuhan lemak tubuh porsinya dalam asupan makanan harian tidaklah terlalu banyak.

Dan asupan harian juga harus mengacu pada kebutuhan kalori secukupnya, seperti diketahui, lemak memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi bila dibandingkan protein ataupun karbohidrat, sehingga meskipun lemak pada kulit ayam lebih banyak mengandung lemak baik, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan akan membuat tubuh kita menenerima asupan kalori berlebihan yang akan berdampak pada terjadinya obesitas yang sangat mengganggu kesehatan dan tentunya juga mengganggu penampilan.

Jadi, bijaksanalah dalam memilih menu makanan, meskipun terasa sangat lezat dan dapat membangkitnkan selera makan, namun konsumsilah kulit aya secukupnya saja, dan tentu saja perhatikan cara pengolahannya dengan baik agar tubuhmu terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengancam kesehatanmu. Selain itu dengan menjaga pola konsumsi makanan maka kamu akan mendapatkan berat bada yang ideal. Salam sehat.