12 Tanda Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

Selama ini kolesterol sering dianggap sebagai salah satu penyebab masalah kesehatan yang cukup komplek untuk orang lanjut usia. Namun ternyata semua orang harus menjalani tes kolesterol paling tidak ketika sudah berumur lebih dari 20 tahun. Pemeriksaan darah setidaknya selama sekali setahun diperlukan untuk menganalisa kadar kolesterol di dalam tubuh. Pemeriksaan dilakukan baik sebelum makan atau sesudah makan.

Dari informasi hasil tes maka, bisa diketahui tingkat kesehatan tubuh dan termasuk potensi terkena resiko penyakit jantung koroner atau stroke. LDL atau low density lipoprotein adalah kolesterol buruk yang bisa menyebabkan arteri tersumbat sehingga meningkatkan berbagai resiko penyakit kronis. Sementara HDL atau high density lipoprotein diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang besar karena bisa membantu menurunkan kadar LDL yang berbahaya untuk arteri.

Namun apakah tanda kolesterol bisa dirasakan? Sebenarnya kolesterol hanya bisa dideteksi dengan pemeriksaan analisa darah. Tapi berikut ini ada beberapa ciri yang paling sering dirasakan ketika memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh :

1. Perut Kembung

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas tidak boleh mengabaikan perut kembung yang sering menyerang. Perut kembang adalah indikasi adanya masalah pencernaan yang memang harus segera diatasi. Jaringan lemak yang menumpuk pada perut bisa menyebabkan usus tidak bisa bekerja dengan baik. Bahkan terkadang perut kembung juga menunjukkan adanya jaringan lemak di sekitar organ hati.

Cara Perawatan

  • Konsumsi berbagai jenis makanan kaya serat
  • Hindari makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan gula.
  • Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein.

2. Mudah Lupa

Orang yang mudah lupa termasuk untuk orang lanjut usia bukan hanya disebabkan karena faktor usia saja. Biasanya masalah ini paling sering terjadi pada orang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan karena adanya masalah sistem syaraf dan pembuluh darah yang berada dibagian otak. Asupan kebutuhan nutrisi dan oksigen yang seharusnya diterima oleh otak terhambat karena dihalangi oleh kolesterol pada arteri.

Cara Perawatan

  • Lakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui tingkat kolesterol
  • Untuk orang yang sudah pernah terkena gejala stroke maka, bisa diberikan terapi untuk merangsang sistem kerja otak dan mencoba untuk menggunakan memori otak sebaik mungkin
  • Jika tinggal sendiri maka cobalah untuk mencatat setiap detail pekerjaan dan kegiatan yang harus dilakukan.

3. Gangguan Penglihatan

Penderita kolesterol tinggi lebih sering mengalami gangguan penglihatan dan meskipun kondisi ini juga sering terjadi pada orang lanjut usia. Kolesterol yang menumpuk dalam arteri menyebabkan syaraf mata mendapatkan hambatan. Akibatnya syaraf mata tidak bisa bekerja untuk menerima cahaya yang cukup saat menerima gambar atau bayangan.

Cara Perawatan

  • Gunakan lensa kacamata yang sesuai dengan kondisi mata setelah melakukan pemeriksaan ke dokter mata.
  • Lakukan pemeriksaan kolesterol untuk mengetahui kadar kolesterol
  • Lakukan pemeriksaan kadar gula darah untuk orang yang sudah terkena diabetes maupun, yang belum sehingga bisa mengetahui kondisi tubuh
  • Jika penyebab gangguan mata adalah kadar gula darah yang tinggi maka kurang asupan karbohidrat padat, konsumsi makanan berserat, dan kurang minuman atau makanan manis.

4. Jari Tangan dan Kaki Sering Mati Rasa

Mati rasa pada bagian jari kaki dan tangan biasanya dialami oleh orang yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Kolesterol yang menumpuk pada bagian pembuluh darah sudah menyebabkan tekanan pada bagian syaraf sehingga, menyebabkan bagian syaraf ini terganggu. Masalah ini mungkin akan menjadi lebih berat untuk penderita yang juga mengalami bahaya diabetes dan stroke.

Cara Perawatan

  • Lakukan pemeriksaan kolesterol dan gula darah untuk mengetahui pasti tingkat kolesterol dan kadar gula darah tinggi yang bisa terjadi
  • Lakukan latihan secara rutin untuk melatih syaraf kaki dan tangan seperti dengan berjalan-jalan atau melakukan pekerjaan yang ringan.
  • Hindari konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak seperti daging merah, bahaya mengkonsumsi gorengan dan makanan manis.

5. Nyeri Leher

Orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi juga akan sering mengalami nyeri leher atau leher yang terasa sangat kaku. Kolesterol tinggi yang menumpuk pada bagian pembuluh darah menyebabkan aliran darah pada bagian otak tidak lancar. Terkadang plak juga bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga membuat leher menjadi sangat kaku.

Cara Perawatan dan Pencegahan

  • Lakukan pemeriksaan kolesterol dan tekanan darah
  • Orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa mengalami hal ini sehingga, diperlukan obat penurun tekanan darah.
  • Orang yang sudah pernah terkena stroke harus waspada karena kondisi ini bisa menjadi gejala serangan stroke lanjutan.
  • Hindari stress, tidak terlalu banyak pikiran dan cukup istirahat agar kondisi tubuh kembali stabil.
  • Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam, lemak dan juga minyak.

6. Perasaan Lelah

Kolesterol yang cukup tinggi juga bisa membuat tubuh menjadi tidak berdaya. Anda mungkin akan merasa sangat lelah dan tidak bisa melakukan berbagai pekerjaan yang ringan saja. Hal ini dipengaruhi karena kolesterol telah menyita sistem kerja metabolisme tubuh. Orang yang sudah menderita komplikasi seperti diabetes dan stroke biasanya akan merasakan gejala ini.

Cara Perawatan

  • Lakukan beberapa gerakan sederhana secara rutin setiap hari seperti dengan berjalan kaki, lari kecil atau sekedar melakukan pekerjaan rumah biasa.
  • Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging dan semua jenis makanan yang digoreng.
  • Lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kadar kolesterol, kadar gula dalam darah dan tekanan darah.
  • Jika merasa malas dan selalu ingin tidur maka cobalah untuk melakukan pekerjaan yang menarik sehingga, tubuh menjadi lebih aktif.

7. Sakit Dada

Salah satu kondisi yang berbahaya dari kolesterol tinggi adalah bisa menyebabkan serangan jantung. Serangan jantung terjadi ketika tubuh memiliki banyak kolesterol yang menumpuk dalam pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan jantung tidak mendapatkan asupan darah dan oksigen yang cukup. Kondisi ini akan menjadi penyebab dada sakit, yang harus mendapatkan perhatian. Terkadang serangan jantung tidak bisa dilawan dan membutuhkan perawatan yang bersifat darurat dan cepat.

Cara Perawatan

  • Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab rasa sakit pada bagian dada.
  • Cobalah untuk melakukan olahraga ringan secara rutin untuk mencoba membuat kerja jantung menjadi lebih baik.
  • Saat serangan sakit dada terjadi maka cobalah untuk mengatur nafas dengan baik sehingga, rasa sakit tidak menjadi lebih parah.

8. Sering Kesemutan

Biasanya kesemutan terjadi ketika kita duduk dalam posisi yang sama selama beberapa waktu. Namun gejala sering kesemutan pada orang yang memiliki kolesterol tinggi sangat berbeda. Kolesterol tinggi akan membuat rasa kesemutan pada bagian jari kaki dan jari tangan. Terkadang kesemutan bisa terjadi pada separuh bagian tubuh saat malam hari. Sebenarnya masalah kesemutan ini bisa terjadi karena tingkat oksigen dalam pembuluh darah sangat rendah.

Cara Perawatan

  • Cobalah untuk selalu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi harian dan hindari semua jenis makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi.
  • Lakukan pemeriksaan darah dan kadar gula ke dokter terdekat untuk mengetahui level kolesterol.
  • Penderita stroke harus waspada karena ini bisa menjadi gejala serangan selanjutnya.
  • Jika kaki sering kesemutan maka usahakan untuk tidak bergerak banyak dan lakukan gerakan pelan. Terkadang gerakan cepat bisa membuat penderita terjatuh dan sering menyebabkan stroke.

9. Tubuh Limbung

Limbung atau perasaan tidak seimbang sering dialami oleh orang yang menderita kolesterol tinggi. Kondisi ini sangat wajar karena pembuluh darah dan fungsi otak yang mengatur keseimbangan mengalami hambatan. Pembuluh darah tidak mendapatkan jumlah oksigen yang cukup sementara syaraf juga mengalami gangguan.

Cara Perawatan

  • Segera hubungi dokter terdekat untuk mengetahui kondisi kesehatan dan untuk mendapatkan obat yang diperlukan untuk mengurangi gejala ini
  • Jangan berdiri dengan gerakan yang tiba-tiba karena, bisa terjatuh dan bisa sangat berbahaya
  • Hindari semua jenis makanan yang mengandung garam dan kolesterol

10. Lemak Berlebihan

Lemak berlebihan di beberapa bagian tubuh bisa menjadi indikasi bahwa tubuh memiliki kolesterol dalam tingkat yang tinggi. Kolesterol yang ditemukan pada jaringan tubuh tidak hanya menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Langkah yang paling cepat untuk melakukan deteksi masalah ini adalah berat badan berlebihan yang terus mengalami kenaikan.

Cara Perawatan

  • Cobalah untuk melakukan diet dengan mengkonsumsi makanan yang berserat, menghindari makanan berlemak dan semua makanan yang digoreng.
  • Ganti asupan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dengan sayuran dan buah yang bisa membantu menurunkan berat badan.
  • Lakukan gerakan atau olahraga secara rutin untuk membakar lemak dalam tubuh.
  • Lakukan perhitungan untuk setiap kalori yang masuk ke dalam tubuh sehingga, bisa makan dengan cara yang lebih moderat.

11. Perubahan Warna Kuku

Kuku juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui tingkat kolesterol dalam tubuh. Kuku yang sehat memiliki warna yang cerah, putih dan sangat segar. Sementara orang yang memiliki kolesterol tinggi biasanya kuku akan berwarna lebih gelap seperti kehitaman, kebiruan dan muncul garis-garis. Hal ini menandakan adanya banyak kolesterol dalam pembuluh darah sehingga, bagian jari kuku tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup.

Cara Perawatan

  • Lakukan pemeriksaan darah secara menyeluruh untuk mengetahui kadar kolesterol
  • Jika pernah memiliki riwayat gejala penyakit jantung maka lakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui kondisi jantung Anda.
  • Usahakan untuk membuat tubuh menjadi lebih aktif dan hindari semua jenis makanan pemicu kolesterol tinggi dalam tubuh.
  • Jika menerima obat untuk perawatan berbagai gangguan yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol maka minum obat sesuai jadwal.

12. Mudah Emosi

Kolesterol tinggi juga bisa menyebabkan gangguan emosi. Gangguan emosi bisa menjadi lebih parah untuk orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi. Kondisi ini disebabkan karena tubuh merasa tidak nyaman, lelah dan rasa khawatir yang berlebihan. Jika mengalami tekanan emosi yang sangat tinggi maka, cobalah untuk tinggal dalam lingkungan yang nyaman dan pikirkan mengenai hal yang menyenangkan.

Cara Perawatan

  • Lakukan beberapa latihan yang bisa membuat pikiranmenjadi rileks dan nyaman
  • Hindari terlalu khawatir karena perasaan ini hanya akan membuat semakin tertekan.
  • Jangan membuat diri semakin stress karena bisa membuat kondisi yang semakin buruk.
  • Lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kadar kolesterol dan tekanan darah, untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

Prinsip untuk Mengontrol Kolesterol

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh sama saja akan meningkatkan kolesterol. Sementara mengganti lemak jenuh dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh, juga bisa membuat kolesterol naik. Berikut ini adalah prinsip diet penting untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

1- Jangan tidak mengkonsumsi sama sekali makanan yang mengandung lemak jenuh, tapi membatasi dalam jumlah yang sangat sedikit. Beberapa makanan yang harus Anda batasi adalah seperti :

  • Margarin
  • Mentega
  • Semua minyak olahan dari kulit ayam dan jenis unggas lain
  • Semua jenis produk olahan daging
  • Yogurt
  • Susu
  • Krim
  • Santan
  • Minyak kelapa
  • Produk olahan kering (kue, permen, pudding, dan coklat)

2- Konsumsi secara teratur makanan yang bisa menurunkan level kolesterol seperti :

  • Sereal
  • Oat
  • Roti gandum
  • Kacang (kacang merah,kacang hitam, kacang polong, kacang almond, kacang mete, kacang tanah, kacang hijau, kacang pinto, kacang putih, edamame, kecelai, dan buncis)
  • Produk olahan kedelai (tempe, tahu, susu kedelai dan yogurt)
  • Semua sayuran mengandung kaya serat

3- Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung stanol dan sterol.

Semua jenis makanan yang memang diperkaya stanol dan sterol sangat disarankan karena, bisa menurunkan level kolesterol. Beberapa produk makanan yang memang mengandung tambahan stanol dan sterol memang bisa Anda lihat pada bagian label.

4- Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung tingkat antioksidan tinggi, seperti:

  • Golongan buah berry (blueberry, strowberi, cranberry, dan raspberry)
  • Kubis putih, kubis hijau dan kubis merah.
  • Alpukat (mengandung glutathione alami sebagai sumber antioksidan)
  • Anggur ( mengandung quercetin yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh)
  • Wortel (mengandung beta karoten yang bisa menjadi antioksidan tinggi)
  • Bawang putih (mengandung alium dan sulfide yang bisa menurunkan kolesterol dan resiko kanker)
  • Tomat ( mengandung licopen yang bisa melawan kolesterol yang membentuk plak pada arteri)
  • Kedelai (mengandung zat besi, kalsium dan antioksidan yang bisa menurunkan kolesterol)

Cara Mencegah Level Kolesterol Agar Tetap Sehat

  • Hindari semua jenis makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging merah, kulit daging unggas, jeroan, makanan yang digoreng dengan minyak sawit atau minyak sayur, susu yang tinggi lemak.
  • Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah, sayuran, oat, gandum, dan semua jenis olahan dari susu rendah lemak.
  • Lakukan perubahan gaya hidup secara menyeluruh seperti : berhenti merokok, berhenti minum alkohol, kurangi bahaya kafein, kurang begadang dan makan secara teratur.
  • Hindari kebiasaan pola makan yang buruk seperti, makan harus dengan lauk daging, makan harus banyak agar sehat dan makan harus sering karena gemuk berarti sehat.
  • Lakukan diet yang sesuai dengan kondisi tubuh. Ada beberapa pilihan diet yang bisa Anda lakukan seperti diet vegetarian, diet mayo, diet atkins, dan metode lain. Anda bisa mencoba beberapa diet seusia

Gaya hidup sehat dan pola makan memiliki peran yang sangat penting untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Pada dasarnya semua orang bisa mengontol kadar kolesterol namun harus memilih jenis makanan yang sehat. Jadi, bagi yang memiliki kolesterol tinggi bisa memulai langkah untuk hidup sehat dengan makanan sehat.

,
Post Date: Friday 13th, November 2015 / 09:17 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi