Sering Kesemutan – Penyebab, Penyakit dan Pencegahannya

Kesemutan pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Bahkan anak-anak juga pernah meraskan kesemutan. Kesemutan adalah salah satu istilah yang menjelaskan tentang mati rasa atau kurangnya kepekaan beberapa anggota tubuh karena tekanan tertentu yang terjadi dalam waktu lama. Kesemutan akan menyebabkan rasa sakit dan tertusuk-tusuk pada bagian kaki atau tangan. Ketika memaksa untuk bergerak pada bagian yang kesemutan maka akan merasa sangat tidak nyaman. Kesemutan paling sering terjadi pada orang yang sudah duduk dalam posisi tertentu seperti bersila dan posisi lain dalam waktu yang sangat lama.

Penyebab

sering kesemutanKesemutan adalah salah satu respon tubuh yang terjadi karena ada tekanan yang terjadi pada pembuluh darah atau syaraf yang saling berhubungan. Kesemutan yang normal masih dinilai sangat wajar misalnya jika sering kesemutan tapi tidak merasakan gejala lain pada tubuh. Tapi orang yang mengalami kesemutan dan tambahan beberapa gejala yang tidak normal maka kesemutan bisa menjadi indikasi penyakit yang sangat serius. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang perlu dilihat dari jenis kesemutan yang sering terjadi :

1. Penyebab Umum Kesemutan

Kesemutan ini terjadi karena ada aliran darah yang terhenti dari pembuluh darah ke titik syaraf tertentu pada bagian kaki dan tangan. Hal ini akan menyebabkan ada banyak titik yang menyerang pada bagian kaki dan tangan. Bahkan karena bagian itu mati rasa, maka Anda tidak akan merasa sakit jika ditusuk benda tajam. Kesemutan yang normal ini akan cepat sembuh dan Anda bisa mengatasinya dengan mencoba untuk menggerakkan bagian yang kesemutan. Beberapa penyebab umum adalah seperti:

  • Anda mencoba duduk dengan tekanan pada bagian kaki tertentu dalam waktu yang lama
  • Anda memakai sepatu atau sandal yang memberikan tekanan kuat pada bagian kaki
  • Anda mengkonsumsi berbagai jenis obat-obatan tertentu yang menyebabkan masalah pada kepekaan syaraf sehingga menimbulkan efek untuk kaki dan tangan
  • Anda mengalami kekurangan makanan yang mengandung vitamin B12 yang menyebabkan anemia, sehingga sering berpengaruh untuk kesehatan syaraf.

2. Penyebab Khusus Kesemutan

Tidak semua jenis kesemutan disebabkan karena tekanan yang menghentikan aliran darah dari pembuluh darah ke bagian syaraf tertentu di kaki dan tangan. Berikut ini adalah kondisi khusus yang harus diwaspadai :

  • Syaraf Terjepit

Syaraf terjepit menjadi salah satu gangguan khusus yang sering ditandai dengan kesemutan. Pada kondisi syaraf terjepit menyebabkan ada salah satu bagian syaraf yang keluar dari jalur dan menyebabkan tekanan pada bagian syaraf yang lain. Biasanya syaraf terjepit pada bagian punggung menyebabkan kesemutan pada bagian kaki. Sementara kesemutan yang cukup serius juga bisa terjadi pada area leher dan tangan jika ada masalah pada syaraf di jalur tersebut.

  • Diabetes

Diabetes menjadi penyakit yang mengganggu sistem kadar gula dalam tubuh. Penyakit ini menyebabkan adanya masalah pembuluh darah yang bertugas mengedarkan darah ke bagian syaraf tangan dan kaki. Jika kesemutan sudah terjadi pada bagian tangan dan kaki maka bisa bertahan dalam waktu yang lama. Hal yang paling diwaspadai adalah apabila kesemutan menyebabkan mati rasa pada kaki dan tangan sehingga bisa menimbulkan resiko yang lebih berbahaya seperti terjatuh atau terpeleset.

  • Stroke

Stroke adalah penyakit yang terjadi karena terhentinya pasokan darah yang terjadi pada otak. Kondisi ini bisa menyebabkan pembuluh darah tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik. Penyakit ini sering ditandai dengan kesemutan pada awal gejala.Penyebab sering kesemutan ini terjadi karena tidak ada darah yang mengalir pada bagian syaraf di bagian kaki dan tangan.

  • Penyakit Multiple Sklerosis

Penyakit ini disebabkan karena ada gangguan sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang badan sendiri terutama pada bagian pelindung syaraf atau mielin. Penyakit ini akan menimbulkan kerusakan pada bagian otak dan seluruh tubuh. Penyakit ini juga bisa menjadi kondisi yang sangat serius karena penderita akan mati rasa pada bagian kaki dan tangan yang akan menyebabkan kelumpuhan. Sering kesemutan dalam berbagai intensitas dan sulit untuk membaik bisa menjadi gejala yang harus diperhatikan.

  • Tumor Otak

Kesemutan menjadi salah satu gejala awal yang sering terjadi pada penderita tumor otak. Tumor otak bisa muncul dari 2 sebab yakni jenis tumor yang memang berasal dari otak dan jenis tumor yang muncul dari bagian tubuh lain atau hasil metastasis tumor dari bagian tubuh lain. Selain kesemutan beberapa gejala lain yang perlu diperhatikan antara lain adalah seperti sakit kepala yang terus menerus, mual, muntah, gangguan mata, mati rasa pada kaki dan tangan serta menyebabkan gangguan keseimbangan, kejang, gangguan pendengaran dan perubahan tingkah laku.

Pemeriksaan

Bagi orang yang sering merasa sering kesemutan sebaiknya memang melakukan pemeriksaan dengan ahli medis. Hal ini bertujuan untuk mengetahui semua masalah yang berhubungan dengan kesemutan dan kemungkinan penyakit lain. Jenis pemeriksaan meliputi beberapa hal dibawah ini:

  • Kadar gula darah baik bagi orang yang sudah terkena penyakit diabetes maupun belum
  • Pemeriksaan kadar kolesterol untuk mengetahui tingkat kolesterol dalam tubuh
  • Tekanan darah, denyut jantung dan denyut nadi. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui kondisi tubuh secara umum
  • Pemeriksaan syaraf dilakukan dengan menusukkan jarum ke bagian kaki dan tangan yang sering kesemutan
  • Analisa darah untuk mengetahui kemungkinan penyakit lain yang ada pada tubuh.

Penyakit yang Ditandai dengan Kesemutan

Bagi beberapa orang kesemutan juga menjadi pertanda jenis penyakit tertentu atau kondisi kesehatan yang lebih serius. Jika sering kesemutan terjadi dalam waktu yang lebih lama, maka pemeriksaan sangat diperlukan. Berikut ini adalah jenis penyakit tertentu yang sering ditandai dengan kesemutan karena terjadi kerusakan sistem syaraf baik dalam skala ringan maupun berat :

  • Diabetes
  • Sidrom Syaraf ( lumpuh pada bagian saraf ulnaris, peroneal, dan syaraf radial)
  • Berbagai jenis penyakit siskemik seperti kerusakan organ hati, gagal ginjal, kelainan ginjal, kerusakan pembuluh darah, peradangan jantung dan organ dalam, kanker yang menyerang syaraf dan masalah hormon
  • Gejala anemia (kekurangan vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12 sering menyebabkan gangguan syaraf).

Perawatan dan Pencegahan

Pada dasarnya perawatan bisa dilakukan sesuai dengan jenis penyebab kesemutan yang sering terjadi. Anda bisa menilai kapan Anda mulai kesemutan, apakah kesemutan itu rutin atau hanya karena beberapa tekanan pada kaki dan tangan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat dan mencegah kesemutan :

  • Ganti sepatu atau pakaian yang terlalu ketat dan memberikan tekanan pada syaraf dan pembuluh darah
  • Hindari memakai sepatu hak tinggi jika sering merasa sakit pada bagian kaki dan kesemutan pada bagian ujung jari kaki
  • Rubah posisi dari duduk dengan membuat kaki menjadi lebih santai
  • Gerakkan pada bagian kaki dan tangan yang mengalami kesemutan sehingga bisa membuat bagian kaki dan tangan menjadi lebih nyaman
  • Hindari kebiasaan mengangkat kaki dan tangan pada bagian bahu
  • Jika sering bekerja dengan posisi duduk seperti menghadap komputer maka seringlah bergerak untuk merubah posisi tubuh
  • Lakukan latihan ringan untuk membuat peredaran darah dan sistem syaraf tetap sehat
  • Jika penderita diabetes maka kendalikan kadar gula dalam darah sehingga Anda bisa tetap sehat
  • Konsumsi berbagai jenis makanan yang sehat dan makanan yang mengandung vitamin B
  • Lakukan berbagai kegiatan ringan untuk menghindari cedera pada bagian tubuh tertentu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit