Home Penyakit dan KelainanGejala Penyakit Kaki Sering Kesemutan saat Duduk Bersila – Penyebab dan Penyakitnya

Kaki Sering Kesemutan saat Duduk Bersila – Penyebab dan Penyakitnya

by Ana Rohma

Kesemutan, pasti banyak sekali dari anda yang sudah sering merasakan hal seperti ini ya. Kesemutan sendiri merupakan salah satu kondisi yang sangat membuat tubuh merasa tidak nyaman. Ketika kesemutan, maka bagian tubuh yang terasa kesemutan tersebut akan terasa geli, dan seperti mati rasa ketika akan digerakkan, sehingga kita tidak akan bisa bergerak seperti orang lumpuh. Kesemutan sendiri adalah suatu hal yang wajar, terutama ketika kita melakukan suatu kegiatan yang membuat tubuh kita tidak bergerak dalam waktu yang lama, lebih dari satu jam. Biasanya, bagian tubuh yang sering merasa kesemutan adalah bagian kaki dan juga pergelangan tangan.

Penyebab

Ternyata, kesemutan itu sendiri memiliki banyak sekali penyebab. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum dari munculnya gangguan kesemutan :

1. Terdapat suatu penekanan syaraf dan otot tertentu pada waktu yang lama

Merupakan salah satu penyebab yang wajar, dimana otot-otot kaki mengalami penekanan syaraf karena terlalu lama saat duduk bersila.

2. Munculnya serangan panik

Serangan panic merupakan suatu gejala gangguan psikologis yang muncul secara tiba-tiba, dimana seluruh tubuh penderitanya akan mengalami lemas, dan juga muncul gejala kesemutan, salah satunya juga dapat muncul ketika sedang duduk bersila.

Serangan panik juga bisa menyebabkan :

3. Depresi dan kondisi tertekan

Depresi dan juga stress juga sering kali dapat menyebabkan munculnya gejala-gejala kesemutan saat duduk bersila.

4. Kekurangan cairan tubuh, alias dehidrasi

Salah satu penyebab umum dari kesemutan adalah dehidrasi. Kerena itu, ketika anda mengalami kesemutan saat duduk bersila, mungkin anda mengalami dehidrasi dan kekurangan cairan.

Kekurangan cairan dalam tubuh juga bisa beakibat pada :

5. Kekurangan suplai darah

Kekurangan suplai darah juga merupakan salah satu penyebab utama kaki sering kesemutan saat duduk bersila.

6. Kekurangan vitamin B1, B5, dan juga B12

Apabila anda merasa kesemutan saat duduk bersila, kemungkinan besar juga anda mengalami kekurangan makanan yang mengandung vitamin B yaitu vitamin B1, B5, dan juga B12.

Resiko Penyakit

Itu adalah beberapa penyebab utama dari munculnya gejala kesemutan ringan, terutama pada bagian kaki ketika kita duduk bersila terlalu lama. Namun demikian, ternyata kesemutan ketika kita sedang duduk bersila, juga merupakan suatu gejala penyakit. Hal ini dapat dikategorikan sebagai suatu gejala penyakit apabila :

  • Kesemutan selalu muncul terus menerus ketika berada pada posisi duduk bersila
  • Frekuensi dan intensitas kesemutan yang lama ketika duduk bersila
  • Tubuh terasa lemas ketika kesemutan terjadi.

Apabila ke tiga hal tersebut muncul pada anda ketika anda mengalami gejala kesemutan setelah duduk bersila, mka akemungkinan anda mengalami gangguan kesehatan, dan juga penyakit seperti di bawah ini :

1. Mengalami gangguan otak dan juga syaraf tulang belakang

Bahaya pertama yang mungkin terjadi ketika anda mengalami gejala kaki sering kesemutan saat duduk bersila yang tidak biasa adalah kemungkinan terdapat suatu gangguan pada otak dan juga bagian sistem syaraf anda. Hal ini bisa terjadi karena faktor keturunan, virus, ataupun terdapat infeksi dan juga kerusakan pada bagian tersebut, terutama yang merngarah pada bagian kaki anda.

Selain itu, gangguan otak dan juga sistem syaraf ini bisa juga disebabkan oleh trauma, stroke, munculnya pendarahan pada selaput otak, infeksi pada bagian otak dan juga berbagai macam gangguan dan infeksi pada bagian otak dan juga sistem syaraf. Untuk memastikannya, anda perlu mengkonsultasikannya ke dokter, dan melakukan terapi syaraf untuk mengembalikan fngsi syaraf agar menjadi normal kembali.

Gangguan otak ini juga bisa diakibatkan oleh :

2. Adanya gangguan pada peredaran darah

Salah satu penyakit lainnya yang menimbulkan gejala kaki sering kesemutan saat duduk bersila, terutama adalah kondisi yang tidak wajar dan juga kronis adalah terdapat suatu gangguan pada peredaran darah anda. Gangguan peredaran darah ini dapat muncul karena banyak hal. Biasanya gangguan pada peredaran darah ini meliputi peredaran darah yang tidak lancar dan juga terhambat ke bagian kaki, gangguan pada bagian jantung, darah rendah atau tekanan darah tinggi, yang menyebabkan aliran darah ke bagian kaki menjadi tidak normal dan juga terjadinya penyumbatan pada bagian pembuluh darah yang mengarah ke bagian kaki.

3. Gejala gangguan diabetes

Penyakit lainnya yang menimbulkan gejala kesemutan saat duduk bersila yang mungkin dapat terjadi adalah gejala penyakit diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya adalah munculnya gejala kesemutan yang sudah kronis. Ketika mulai merasakan munculnya gejala kesemutan kronis kemungkinan anda mengalami diabetes dan harus segera periksakan ke dokter terdekat.

Gejala diabates ini sering ditandai dengan :

4. Kekurangan kalsium

Bahaya lain dari munculnya kaki kesemutan saat duduk bersila adalah munculnya gejala kekurangan kalsium yang berlebihan pada diri anda. Karena itu, ketika anda merasakan hal tersebut, cobalah periksakan ke dokter, apakah anda mengalami kekurangan makanan yang mengandung kalsium atau tidak. Apabila iya, anda dapat meningkatkan asupan kalsium anda, dengan cara mengkonsumsi suplemen.

5. Munculnya infeksi tertentu pada bagian kaki

Kesemutan saat duduk bersila juga dapat memungkinkan terjadinya infeksi pada bagian kaki. Infeksi ini biasanya sudah parah dan juga kemungkinan sudah masuk ke bagian otot dan syaraf, sehingga efeknya akan sangat terasa. Selain itu, hal ini juga dapat terjadi pada masa post infeksi, yaitu setelah infeksi berlangsung.

Infeksi pada kaki juga bisa dikarenakan :

6. Munculnya kelainan pada jaringan ikat

Adanya kelainan pada jaringan ikat, terutama pada bagian kaki merupakan salah satu penyebab lain kemunculan dari kesemutan saat duduk bersila. Hal ini dapat dideteksi oleh dokter ahli syaraf, yang nantinya akan melakukan diagnosa dan akan melihat apakah jaringan ikat anda mengalami masalah dan juga kelainan.

7. Yang terburuk adalah adanya tumor otak

Salah satu kemungkinan yang paling buruk dari munculnya gejala kesemutan saat duduk bersila yang kronis adalah adanya tumor pada otak. Tumor pada otak memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kerja dari sistem syaraf. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada seluruh sistem syaraf, yang salah satu gejalanya adalah menyebabkan gangguan kesemutan pada kaki anda ketika duduk bersila.m

Nah itulah informasi singkat, mengenai penyebab kesemutan saat duduk bersila dan penyakit yang mungkin muncul. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sekalian.

You may also like