Cepat Lelah dan Jantung Berdebar – Penyebab, Gejala dan Pencegahannya

Cepat lelah dan jantung berdebar memang sering dialami oleh semua orang termasuk untuk laki-laki dan perempuan, dewasa dan usia lanjut. Namun rasa lelah dan perasaan jantung yang berdebar bisa muncul bersamaan atau hanya salah satu saja. Jika kondisi ini terjadi sebenarnya Anda tidak perlu merasa khawatir.

Mengapa Jantung Berdebar?

cepat lelah dan jantung berdebarJantung berdebar merupakan perasaan jantung bekerja dengan lebih cepat sehingga kita bisa merasakan denyut jantung yang berbeda dari biasanya. Kejadian ini bisa terjadi selama beberapa detik atau menit, namun jika mencapai selama satu jam atau lebih berarti ada hal yang tidak normal dengan jantung Anda. Jika jantung berdebar dalam waktu yang lebih lama maka bisa menyebabkan rasa kering di sekitar tenggorokan dan leher. Selama jantung berdebar dengan normal maka anda tidak perlu merasa panik. Tapi jika jantung berdebar dengan cepat, kemudian merasa pusing atau dada sesak nafas, maka perlu segera bertemu dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab

Ada beberapa kondisi berbeda bagi tubuh yang menyebabkan bisa merasa sangat lelah dan jantung berdebar dengan lebih cepat. Tapi pada dasarnya jika kondisi Anda masih normal maka tidak ada masalah dengan jantung. Berikut ini adalah beberapa penyebab tubuh cepat lelah dan jantung berdebar lebih cepat :

1- Anda berolahraga berat yang membuat sistem pembakaran dan kerja jantung menjadi lebih cepat. Bagi orang yang sudah terbiasa menjalankan program latihan maka hal ini tidak masalah, tapi jika Anda pemula maka mungkin tubuh Anda akan menjadi lebih cepat lelah dan jantung yang berdebar.

2- Kebiasaan konsumsi bahaya kafein seperti kopi dan teh yang bisa memicu kerja jantung menjadi lebih cepat dari kondisi normal. Bagi orang yang sudah terbiasa kebiasaan ini juga tidak masalah.

3- Bahaya merokok yang menyebabkan penumpukan nikotin pada tubuh dan membuat kerja jantung menjadi lebih berat.

4- Anda sedang merasa cemas, takut dan panik. Saat serangan ini menyerang maka tubuh akan mengeluarkan keringat dingin, mulas, sakit perut, dan jantung akan berdebar lebih cepat. Serangan ini bisa terjadi pada siapapun terutama untuk orang yang memiliki masalah dengan kepercayaan diri.

5- Tubuh kekurangan air.  efek kekurangan air putih maka semua sel-sel tubuh juga mengalami kendala termasuk bagian jantung yang mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Anda akan merasa ada sensasi yang kering pada mulut dan tenggorokan serta jantung yang berdetak lebih keras.

6- Ibu hamil juga akan mengalami kondisi cepat lelah dan jantung berdebar karena terjadi perubahan hormon yang membuat semua sistem metabolisme mengalami perubahan.

7-  Tubuh Anda tidak mampu memiliki keseimbangan elektrolit yang sesuai sehingga membuat kerja jantung menjadi tidak sesuai dengan aktivitas tubuh. Elektrolit memang memiliki peran yang sangat besar untuk menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh sehingga semua kerja organ menjadi seimbang.

8- Terjadi perubahan kadar gula dalam tubuh. Kadar gula yang disimpan dalam otot memiliki fungsi untuk menjadi sumber tenaga. Ketika kadar gula dalam tubuh terlalu rendah maka tubuh tidak memiliki respon terhadap sistem metabolisme. Hal inilah yang menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lelah dan jantung berdebar lebih kencang.

9- Orang yang menderita anemia juga bisa mengalami gangguan ini karena tubuh tidak memiliki banyak oksigen yang diedarkan oleh darah. Akibatnya maka tubuh menjadi lemah, tidak bersemangat, lelah dan detak jantung menjadi lebih cepat.

10- Orang yang kehilangan darah bisa mengalami gangguan kelelahan parah dan jantung berdebar karena jantung hanya memiliki sedikit darah yang dipompa sehingga mengganggu sistem dalam tubuh.

11- Demam tinggi selama beberapa waktu yang menyebabkan jantung menjadi lebih cepat berdetak. Demam akan membuat tubuh mengalami reaksi cepat lelah karena memberikan tanda ada kondisi yang tidak normal dalam tubuh.

12- Konsumsi berbagai jenis obat-obatan yang memang memberikan efek samping tubuh lelah dan jantung yang berdebar. Jenis obat yang memiliki efek samping ini biasanya untuk obat flu, batuk, demam dan sakit perut.

Gejala yang Berbahaya

Jika Anda tiba-tiba merasa jantung berdebar cepat dan sedang memikirkan beberapa hal yang menimbulkan tekanan mental, maka anda tidak perlu merasa takut. Tapi jika kondisi itu disertai dengan beberapa gejala dibawah ini maka, Anda harus segera mencari bantuan medis :

  • Tubuh terasa lebih lelah dan jantung berdebar dengan disertai pusing dan sakit kepala mendadak
  • Penderita sampai kehilangan kesadaran atau pingsan
  • Kebingungan yang mendadak dan sulit untuk bernafas
  • Muncul keringat dingin yang berlebihan baik pada waktu malam dan siang hari
  • Ada rasa sakit dan sesak pada bagian dada serta sulit untuk mengendalikan denyut jantung
  • Rasa sakit pada bagian rahang, punggung, perut dan leher
  • Denyut nadi menjadi sangat cepat dan membuat tubuh tidak nyaman

Kapan Tubuh Harus Waspada saat Mudah Lelah dan Jantung Berdebar ?

Kondisi tubuh yang lelah dan jantung berdebar memang keadaan yang umum. Ada beberapa hal yang menyebabkan gangguan ini menjadi normal dan tidak normal. Normal apabila tubuh memberikan respon seperti ini dalam kondisi tertentu seperti saat takut, cemas, kurang minum atau keadaan lain. Jika hal ini terjadi maka bisa mencari cara agar tubuh kembali ke kondisi yang normal.

Namun ada beberapa hal yang harus diwaspadai. Berikut ini beberapa faktor perlu diperhatikan jika kondisi lelah dan jantung berdebar muncul :

  • Orang yang pernah mengalami gangguan atau penyakit jantung, misalnya penderita gangguan detak jantung
  • Orang yang pernah mendapatkan diagnosis terkena penyakit jantung atau kelainan jantung
  • Orang yang termasuk dalam golongan resiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke.
    d. Orang yang memiliki riwayat atau penyakit kelainan katup jantung.


Penyakit Karena Cepat Lelah dan Jantung Berdebar

Pada dasarnya kondisi tubuh yang cepat lelah dan jantung berdebar memang berhubungan dengan kondisi kesehatan jantung. Jika anda terus mengalami hal ini maka sebaiknya memang melakukan pemeriksaan secara medis. Beberapa hal yang digunakan untuk menentukan penyebab masalah ini adalah :

1- Pertanyaan tentang gaya hidup Anda (misalnya, aktifitas fisik yang sering Anda lakukan, bagaimana gaya hidup Anda, Apa obat-obat yang sudah dikonsumsi).

2- Pemeriksaan untuk mendapatkan penyebab dan analisa kondisi kesehatan secara umum dilakukan dengan cara beberapa tes seperti:

  • Tes darah untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh
  • Tes urin untuk menemukan kelainan atau infeksi bakteri pada saluran sistem kemih
  • Tes rekam jantung untuk mengetahui tingkat kesehatan jantung
  • Ekokardiogram untuk mengetahui kondisi fisik jantung
  • Elektrokardiogram (EKG) untuk mengetahui sistem kerja jantung apakan normal atau tidak
  • Foto X ray pada bagian dada untuk mengetahui kemungkinan kelainan pada area dada
  • Pemeriksaan untuk mengetahui kondisi aliran darah dalam jantung (angiografi koroner).


Pencegahan


Jika tubuh merespon berbagai keluhan dengan perasaan yang lelah dan jantung yang berdebar kencang, maka Anda tetap bisa mengatasi hal ini dengan beberapa langkah. Dengan syarat bahwa kondisi ini normal dan tidak memiliki resiko terkena penyakit jantung. Berikut ini beberapa upaya untuk mencegah tubuh cepat lelah dan jantung berdebar :

  • Hindari semua kebiasaan merokok dan minum alkohol yang menyebabkan kerja jantung menjadi lebih keras. Rokok dan alkohol juga bisa menjadi pemicu masalah kesehatan jantung jadi lebih baik jika Anda meninggalkan kebiasaan ini
  • Lakukan olahraga secara teratur. Melakukan olahraga secara teratur akan membuat tubuh Anda menjadi lebuh bugar dan segar. Bahkan latihan selama 20 menit perhari juga akan meningkatkan sistem kerja jantung sehingga mencegah masalah jantung berdebar
  • Hindari semua jenis makanan dan minuman yang membuat efek tubuh lelah dan jantung berdebar. Anda bisa mencari sendiri dengan melihat jenis makanan apa saja yang membuat tubuh menjadi kurang nyaman
  • Kurangi konsumsi semua makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat dan minuman berkarbonasi
  • Lakukan relaksasi untuk mengatur tekanan mental dan tingkat stres. Anda bisa melakukan olahraga, yoga atau sekedar menikmati hal-hal yang paling Anda sukai
  • Rubah gaya makan Anda misalnya hindari berbagai jenis makanan yang banyak mengandung lemak karena bisa menyebabkan kolesterol tinggi dan kadar gula dalam tubuh
  • Atur jumlah konsumsi air mineral. Air mineral sangat penting untuk tubuh karena bisa mendorong proses metabolisme dan mengatasi gangguan elektrolit untuk jantung.

Jadi pada dasarnya anda bisa menentukan apakah kondisi tubuh yang lelah dan jantung berdebar masih dalam skala yang normal atau tidak. Jika masalah tubuh yang lelah dan jantung berdebar sudah mengganggu kesehatan secara umum, maka jangan menunda waktu untuk bertemu dengan ahli medis.

, ,
Post Date: Saturday 11th, July 2015 / 03:19 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit