Home Tips KesehatanKesehatan Jantung Bangun Tengah Malam Jantung Berdebar – Penyebab dan Cara Mengatasi

Bangun Tengah Malam Jantung Berdebar – Penyebab dan Cara Mengatasi

by Erlita

Jantung berdebar saat terbangun tengah malam bisa menjadi kondisi yang sangat mengkhawatirkan bagi beberapa orang. Bila Anda salah satunya, Anda perlu mengetahui apa saja rangkaian kemungkinan penyebab bangun tengah malam jantung berdebar dan bagaimana penanganan yang perlu dilakukan supaya keluhan tidak menjadi makin serius.

Penyebab

  1. Ketidakseimbangan Elektrolit dalam Darah

Ketidakseimbangan atau ketidaknormalan kadar elektrolit dalam darah bisa menjadi alasan mengapa bangun tengah malam jantung malah berdebar kencang. Saat tubuh seseorang mengandung mineral tertentu yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka inilah yang menyebabkan jantung berdebar yang kemungkinan pula disertai dengan rasa mual dan sakit kepala.

  1. Tekanan Darah Meningkat

Ketika Anda terbangun tengah malam dan merasakan detak jantung berdetak lebih kencang, maka itu bisa jadi merupakan tanda bahwa tekanan darah sedang meningkat. Saat tekanan darah naik, jantung akan lebih terbeban dalam memompa darah sehingga Anda perlu mewaspadai kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi dengan mengecek kadarnya secara rutin.

  1. Demam

Jantung berdebar ketika bangun tengah malam bisa juga disebabkan oleh demam. Suhu tubuh yang naik dan tinggi pun rupanya bisa menjadi penyebab jantung berdetak lebih kencang, apalagi saat bangun tengah malam dikarenakan tubuh mencoba menahan sakit ditambah suhu yang tak stabil.

  1. Anemia dan Tekanan Darah Rendah

Selain karena tekanan darah tinggi alias hipertensi, seseorang dengan anemia atau tekanan darah rendah rupanya bisa menjadi alasan mengapa jantung berdebar saat bangun tengah malam. Tak hanya kondisi anemia alias kurang darah, hipotensi atau tekanan darah rendah pun perlu diwaspadai.

  1. Dehidrasi

Tubuh saat kekurangan cairan akan mengalami gangguan pada aluran darah sehingga mampu memengaruhi volume darah yang jantung sedang pompa menurun. Jadi, saat bangun tidur tengah malam jantung bisa menjadi berdebar kencang.

  1. Olahraga Berat Sebelum Tidur

Apakah Anda cukup sering bangun tengah malam dan mengalami debaran jantung yang kencang? Mungkinkah Anda punya kebiasaan olahraga dulu sebelum tidur? Olahraga berat khususnya yang dilakukan saat hendak tidur mampu memicu debaran kencang jantung pada waktu bangun tengah malam dan juga bahaya dehidrasi.

  1. Stres, Ketakutan, Kekhawatiran dan Serangan Panik

Faktor-faktor ini mampu menjadi alasan dibalik debaran jantung mengencang saat bangun tengah malam. Saat tekanan melanda pikiran dan fisik Anda, ada kemungkinan Anda menjadi kurang tenang dan rileks sehingga terkadang bisa sampai bangun tengah malam dan menyebabkan jantung berdebar-debar.

  1. Mengonsumsi Alkohol, Kafein dan Minuman Berenergi

Konsumsi kafein dalam bentuk teh dan kopi serta minuman berenergi mungkin membuat Anda jauh lebih rileks di awal atau bahkan bersemangat, namun selalu juga ada efek debaran jantung yang lebih kencang setelahnya. Hal ini pun terjadi pula saat Anda terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol.

  1. Efek Obat Tertentu

Jika Anda tengah menggunakan obat tertentu, maka kemungkinan bangun tengah malam dengan jantung berdebar adalah efek dari penggunaan obat tersebut. Contoh obat-obatan yang bisa menimbulkan keluhan debaran jantung sewaktu terbangun tengah malam adalah:

  • Obat tiroid
  • Obat asma
  • Obat flu
  • Obat pelangsing
  • Suplemen herbal
  1. Hipertiroid

Saat kelenjar tiroid terlalu aktif, maka Anda sedang menderita hipertiroid yang mampu menjadi penyebab jantung berdebar saat bangun tengah malam. Kinerja jantung menjadi berlebihan ketika hormon tiroid juga berlebih.

  1. Gangguan Jantung

Saat bangun tidur tengah malam dan Anda mengalami debaran jantung lebih cepat yang tak biasa, Anda perlu mencurigai adanya masalah kesehatan pada jantung Anda. Hal seperti ini jika terus-menerus dikeluhkan mampu menjadi tanda adanya infeksi katup jantung, gagal jantung kongestif, serta kardiomiopati.

  1. Menopause

Gejala menopause salah satunya bisa saja merupakan detak jantung berdebar yang bahkan bisa dialami saat bangun tengah malam. Hal ini biasanya diikuti dengan keluhan berupa keringat malam berlebih, susah tidur, serta kemerahan dan rasa panas di bagian wajah leher dan dada.

  1. Kehamilan

Para wanita dengan keluhan jantung berdebar setiap bangun tengah malam bisa jadi hal ini disebabkan oleh faktor kehamilan. Ini karena pada masa berbadan dua, jantung seorang ibu hamil kinerjanya menjadi lebih banyak dalam proses suplai darah.

Cara Mengatasi

Setelah menengok beberapa penyebab dari jantung berdebar sewaktu terbangun tengah malam, maka berikut ini beberapa tips mengatasinya untuk Anda coba.

  • Cukupi asupan mineral lengkap dalam tubuh Anda melalui sumber-sumber makanan yang tepat.
  • Mengecek rutin kadar tekanan darah supaya tidak telanjur naik.
  • Menghindari makanan-makanan berkandungan lemak jenuh, kolesterol dan kalori tinggi bila memiliki hipertensi.
  • Menambah asupan zat besi jika memiliki anemia.
  • Minum banyak air putih agar terhindar dari dehidrasi.
  • Menghindari olahraga berat tepat sebelum berangkat tidur.
  • Mengelola stres dengan cara yang benar, seperti melakukan meditasi, olahraga teratur, dan latihan pernapasan.
  • Menghindari konsumsi kafein, minuman berenergi dan alkohol terlalu berlebihan.
  • Menghindari kebiasaan merokok atau paparan asap rokok berlebih.
  • Berkonsultasi dengan dokter apabila jantung berdebar berkaitan dengan kehamilan, efek obat tertentu atau penyakit tertentu.

Demikian segala kemungkinan penyebab bangun tengah malam jantung berdebar berikut cara-cara mengatasi yang kiranya berguna bagi Anda. Jangan mengabaikan keluhan ini dan segeralah periksakan ke dokter untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

You may also like