Home Penyakit dan KelainanSakit Kepala 22 Penyebab Sakit Kepala – Pengobatan dan Pencegahannya

22 Penyebab Sakit Kepala – Pengobatan dan Pencegahannya

by Ana Rohma

Penyebab sakit kepala banyak yang tidak diketahui oleh banyak orang, tahu-tahu banyak orang yang mengeluhkan jika kepalanya sakit dan terasa berdenyut-denyut. Banyak yang menganggap jika sakit kepala itu sama, padahal dalam kenyataannya sakit kepala itu disebabkan oleh hal yang berbeda-beda.

Jenis Sakit Kepala

Ada sakit kepala primer dan juga ada sakit kepala sekunder.

  • Sakit kepala primer tidak perlu dicurigai dan dikhawatirkan, namun sakit kepala sekunder perlu diperhatikan gejalanya dan perlu pemeriksaan lebih lanjut. Hal itu dikarenakan sumber penyakit dari sakit kepala bukan dari sakit kepala itu sendiri namun disebabkan oleh penyakit yang lainnya.
  • Sakit kepala sekunder perlu dicurigai sebab jika tidak diketahui penyebabnya akibatnya adalah sakit kepala tesebut bisa menyebabkan penyakit fatal. Kesalahan yang sering dilakukan oleh setiap orang adalah sering mengambil obat sakit kepala yang dijual di toko obat dibandingkan dengan memeriksakan diri ke dokter. Dengan mengetahui penyebab sakit kepala yang dideritanya dipercaya bisa meringankan sakit kepala dengan tepat.

Penyebab

penyebab sakit kepalaSakit kepala adalah rasa sakit dan berdenyut di seluruh permukaan kepala atau di sebagian kepala saja. Rasa sakit itu seperti tertusuk-tusuk dengan jarum atau benda tajam lainnya. Sakit kepala disebut juga dengan Cephalalgia. Bahasa tersebut berasal dari bahasa yunani yang artinya adalah kepala yang sakit.

Banyak orang yang beranggapan bahwa sakit kepala disebabkan oleh stress dan juga tubuh yang tidak pernah istirahat. Namun sakit kepala tidak hanya diakibatkan oleh itu saja, banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala. Sayangnya tidak semua orang menyadari penyebab-penyebab tersebut. Berikut ini hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang bisa terkena sakit kepala :

  1. Ikatan Rambut Yang Kencang

Ikatan rambut yang terlalu kencang bisa membuat sakit kepala. Hal itu dikarenakan saat rambut diikat menggunakan ikatan yang terlalu kencang, kulit kepala ikut tertarik. Hal itulah yang bisa membuat rasa sakit kepala menjadi muncul dan menyerang. Selain ikatan rambut yang kencang, kepangan yang kencang juga bisa membuat kulit kepala ikut menegang.

  1. Latihan Fisik Berlebihan

Latihan fisik yang berlebihan bisa membuat rasa sakit kepala, hal itu dikarenakan aktivitas fisik yang berlebihan bisa membuat syaraf di kepala ikut menegang. Tidak hanya otot tubuh saja yang menegang, namun syaraf otak pun juga akan menegang. Latihan fisik yang berat tidak dianjurkan bagi penderita migrain, karena penderita migrain bisa kambuh dengan latihan fisik yang berat.

  1. Gestur Yang Salah

Gestur tubuh yang salah bisa membuat sakit kepala itu muncul. Beberapa gestur yang salah itu adalah sebagai berikut ini :

  • Suka menjepit telefon antara pundak dan juga telinga.
  • Duduk tanpa disangga sehingga punggung dibiarkan melengkung.
  • Melihat sesuatu dengan jarak pandang yang terlalu dekat misalnya saja membaca buku, melihat layar handphone atau laptop dari jarak dekat, layar bioskop yang terlalu dekat dan masih banyak lagi lainnya.
  • Barang yang memiliki radiasi biasanya bisa membuat rasa sakit di kepala timbul, radiasi yang diterima oleh mata tidak bisa diterima oleh syaraf otak akibatnya bisa menimbulkan rasa sakit di kepala.
  1. Udara Panas

Udara yang panas bisa membuat syaraf di kepala menjadi tegang. Terlalu lama berpanas-panasan bisa membuat kepala terasa sakit, hal itu dikarenakan udara panas yang mengenai kepala bisa membuat syaraf kepala menjadi tegang, tidak hanya itu saja udara panas bisa membuat seseorang dehidrasi. Jika sudah dehidrasi orang akan mudah terkena sakit kepala.

  1. Bau Menyengat

Bau yang menyengat bisa membuat seseorang terkena sakit kepala, hal itu dikarenakan bau yang menyengat bisa membuat ketegangan di otot otak atau syaraf otak sehingga rasa otot yang tegang bisa menjadi penyebab sakit kepala. Aroma yang menyengat itu misalnya saja aroma cat, aroma solar, aroma keringat di tempat umum dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Lapar

Kondisi tubuh yang lapar bisa membuat seseorang terkena sakit kepala, hal itu dikarenakan kondisi yang lapar bisa membuat tubuh menjadi lemas. Rasa lemas itu diakibatka oleh penurunan glukosa yang secara tiba-tiba di dalam tubuh. Penurunan glukosa yang secara tiba-tiba ini bisa mengakibatkan kepala terasa pusing.

  1. Maag Kambuh

Bagi penderita lambung, maag yang kambuh bisa mengakibatkan rasa sakit kepala. Sakit kepala itu diakibatkan oleh asam lambung yang meningkat sehingga menimbulkan efek sakit kepala.

  1. Gula Darah Naik

Tidak hanya gula darah yang turun saja yang mengakibatkan sakit kepala, namun gula darah yang mengalami peningkatan atau naik secara mendadak bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala. Hal itu disebabkan oleh gula darah meningkat secara tajam di dalam tubuh karena mengkonsumsi makanan manis berupa permen bisa memperparah gula darah. Jika perut anda sedang lapar dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan manis sebab lonjakan gula darah secara tiba-tiba bisa membuat kepala terasa sakit.

  1. Kurangnya Cairan

Jangan menganggap remeh akibat dari dehidrasi, hal itu dikarenakan kekurangan cairan di dalam tubuh bisa membuat sel di dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika tubuh kekurangan cairan, akibatnya aliran darah dan juga oksigen menjadi tidak lancar menuju ke otak. Hal inilah yang bisa menyebabkan sakit kepala menjadi muncul.

  1. Merokok

Bahaya merokok bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala. Hal itu dikarenakan zat nikotin di dalam rokok bisa membuat penyempitan di dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang menyempit bisa membuat aliran darah dan juga oksigen bisa menjadi terganggu sehingga sakit kepala bisa muncul. Menjadi perokok pasif pun bisa membuat sakit kepala muncul, terutama buat penderita migrain. Penderita migrain jika terkena asap rokok bisa berdampak menimbulkan sakit kepala di dalam kepalanya, tidak hanya itu saja mata dan hidung penderita migrain pun bisa merasakan sakit.

  1. Kafein

Bahaya kafein adalah penyebab utama seseorang menderita sakit kepala. Alasannya adalah kafein yang dikonsumsi berlebihan di dalam tubuh bisa menyebabkan pembuluh darah di seluruh tubuh mengalami penyempitan. Akibatnya adalah aliran darah dan juga oksigen ke otak menjadi tidak lancar. Mengkonsumsi kafein setiap harinya hanya boleh dilakukan sebanyak dua kali sehari saja, jika anda gemar mengkonsumsi kopi batas mengkonsumsi kafein hanya sekitar 2 cangkir setiap harinya saja atau jika di total kurang dari 200 miligram per harinya. (baca : Bahaya kopi)

  1. Keju

Keju yang mengandung zat tiramin bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala. Keju yang mengandung zat tiramin adalah keju yang melalui proses fermentasi yang lama, semakin lama usia penyimpanan keju maka zat tiraminnya semakin tinggi dan banyak.

  1. Daging Olahan

Daging olahan juga mengandung zat tiramin yang banyak sama halnya dengan keju. Daging itu misalnya saja daging kaleng, dendeng dan lain sebagainya.

  1. Acar

Acar yang melalui proses fermentasi yang lama bisa membuat zat tiramin di dalamnya cenderung tinggi, semua makanan yang melalui proses fermentasi yang lama biasanya bisa menyebabkan sakit kepala karena zat tiraminnya.

  1. Perwarna Makanan

Zat additive makanan berupa pewarna makanan bisa memicu timbulnya sakit kepala, hal itu dikarenakan zat seperti pewarna makanan bisa menyebabkan aliran darah ke kepala sehingga menyebabkan sakit kepala menjadi muncul.

  1. Nitrat

Nitrat merupakan zat aditif pada makanan yang bisa menyebabkan aliran darah ke kepala menjadi meningkat, meningkatnya aliran darah ke kepala bisa membuat seseorang menjadi terkena sakit kepala.

  1. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala, sama halnya dengan kafein. Bahaya Alkohol bisa membuat pembuluh darah bisa menyempit, penyempitan pembuluh darah bisa mengakibatkan aliran darah ke otak atau oksigen ke otak menjadi tidak lancar sehingga mengakibatkan seseorang terkena sakit kepala.

  1. Rasa Dingin

Ada sebagian orang yang akan mengeluh sakit kepala setelah memakan atau mengkonsumsi minuman dingin. Reaksi sehabis mengkonsumsi minuman tersebut adalah anda akan merasakan pusing, terutama buat anda yang tidak bisa berteman dengan hawa dingin, oleh sebab itulah kenali diri anda dengan sebaik-baiknya.

  1. Tumor Otak

Salah satu hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala adalah adanya tumor otak, hal itu dikarenakan jaringan tumor di dalam otak bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Jika pembuluh darah menyempit akibatnya adalah aliran darah ke otak dan aliran oksigen di dalam otak menjadi menurun. Penurunan inilah yang bisa menyebabkan sakit kepala muncul.

  1. Perubahan Suhu

Perubahan suhu secara mendadak bisa menyebabkan anda terkena sakit kepala. Misalnya saja saat berada di udara panas, anda meminum es yang dingin. Perubahan suhu tersebut bisa membuat anda terkena dan terserang sakit kepala.

  1. Tersumbatnya Aliran Darah

Salah satu hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala adalah tersumbatnya aliran darah ke otak.Hal itu bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, misalnya saja diabetes, kolesterol tinggi, kadar asam urat tinggi dan masih banyak lagi lainnya. Aliran darah yang tersumbat pernah dialami oleh aktor Raffi Ahmad.

  1. Psikologis

Psikologis yang terganggu juga bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala. Sakit kepala itu bisa disebabkan oleh stress dan terlalu banyak tekanan di dalam hidupnya.

Cara Mengobati Sakit Kepala

Saat sakit kepala menyerang, sebaiknya anda segera mencari cara untuk mengatasi sakit kepala yang menyerang anda. Jika tidak diatasi, sakit kepala bisa menganggu kenyamanan penderitanya. Berikut ini cara mengobati sakit kepala secara tepat :

  1. Mengkonsumsi Cukup Air

Agar terhindar dari sakit kepala, terutama sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi sebaiknya anda mengkonsumsi cukup air. Air terutama air putih bisa mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi di dalam tubuh. Ketika anda berada di bawah udara yang panas dan terik jangan lupa untuk membawa cukup air mineral bersama anda agar anda tidak terserang sakit kepala mendadak sebaiknya jangan meminum air es di saat udara sedang panas. Hal itu justru akan membuat anda terkena sakit kepala secara tiba-tiba.

  1. Yoga

Jika sakit kepala anda tidak kunjung hilang selama berhari-hari, anda bisa melakukan yoga. Yoga bisa membuat pikiran anda menjadi tenang sekaligus bisa membuat rasa sakit kepala anda menjadi hilang.

  1. Meditasi

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan sakit kepala pada diri anda adalah dengan melakukan meditasi. Berbagai macam cara meditasi bisa anda lihat di berbagai sumber internet. Yang jelas, saat meditasi hindari tempat yang penuh kebisingan dan carilah tempat yang aman dan tenang untuk melakukan meditasi.

  1. Relaksasi

Melakukan relaksasi bisa membuat sakit kepala yang anda derita menjadi hilang. Hal itu dikarenakan dengan melakukan relakasi anda bisa terhindar dari stress dan berbagai macam penyakit psikologis yang bisa membuat anda terkena sakit kepala.

  1. Akupuntur

Saat ini akupuntur dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala. Sakit kepala yang bisa diatasi oleh akupuntur adalah sakit kepala yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di kepala. Dengan rekonologi akupuntur diharapkan bisa untuk melancarkan aliran darah di dalam kepala.

  1. Kentang

Mengkonsumsi kentang bisa digunakan sebagai penghilang rasa sakit di kepala. Kentang dipercaya bisa mengembalikan jumlah elektrolit di dalam tubuh yang disebabkan oleh hilangnya cairan di dalam tubuh. Mengatasi hilangnya cairan ini tidak hanya bisa menggunakan air putih saja namun bisa juga menggunakan kentang. Kandungan kalium yang ada pada kentang dipercaya bisa mengatasi dehidrasi. Cara mengkonsumsinya dan mengolahnya pun harus tepat, sebaiknya anda mengkonsumsi kentang bersamaan dengan kulitnya dengan cara direbus atau dibakar. Hindari memasak kentang dengan cara digoreng. Kandungan minyak dalam kentang yang digoreng bisa menyebabkan dehidrasi semakin akut.

  1. Pisang

Buah pisang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Pisang kaya akan potasium, tidak hanya potasium saja yang ada pada pisang namun pisang juga kaya akan magnesium. Magnesium inilah yang nantinya bermanfaat untuk mengatasi migrain. Mengkonsumsi pisang sebanyak tiga buah secara teratur bisa digunakan untuk meredakan migrain sedikit demi sedikit.

  1. Es Batu

Mengatasi sakit kepala menggunakan es batu bisa meredakan dan menghilangkan rasa sakit di kepala. Selama ini es batu dipercaya untuk kecantikan saja, namun di balik itu ternyata es batu memiliki manfaat untuk kesehatan. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggosokan secara perlahan bagian kepala yang terasa sakit. Es batu tersebut bisa digunakan untuk mematikan rasa pada bagian kepala yang terasa sakit sehingga sakit kepala pun bisa diatasi.

  1. Minuman Mint

Minuman mint bisa digunakan untuk mengatasi rasa sakit di kepala. Sakit kepala yang bisa diatasi dengan menggunakan minuman mint adalah sakit kepala yang disebabkan oleh maag yang kambuh. Minuman mint bisa digunakan untuk menurunkan kadar asam lambung yang disebabkan oleh maag yang kambuh. Minuman mint yang bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung yang meningkat dikarenakan maag yang kambuh. Minuman mint yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa sakit kepala dikarenakan maag kambuh adalah teh peppermint atau teh mint.

  1. Biji Wijen

Biji wijen bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala. Kandungan vitamin E yang ada di dalam biji wijen bisa menstabilkan hormon estrogen di dalam tubuh sehingga bisa mencegah migrain. Biji wijen juga mengandung magnesium sehingga bisa digunakan untuk mengatasi serangan migrain. Tidak hanya biji wijen yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala namun kacang-kacangan, gandum dan juga dandelion kaya akan magnesium.

  1. Ikan

Mengkonsumsi ikan bisa membantu meredakan rasa sakit, terutama ikan yang memiliki lemak berlebih misalnya saja ikan salmon, makarel dan juga ikan tuna. Ikan yang kaya akan omega-3 dan juga lemak esensial bisa mencegah timbulnya peradangan yang disebabkan oleh migrain.

  1. Semangka

Semangka adalah buah yang kaya akan air, buah yang kaya air bisa anda gunakan untuk bisa mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi. Selain semangka, anda bisa mengkonsumsi buah seperti melon, papaya dan buah yang kaya air lainnya. Dengan mengkonsumsi buah seperti itu, dehidrasi bisa anda atasi.

  1. Peregangan

Melakukan peregangan atau stretching bisa membuat sakit kepala anda hilang, alasannya adalah peregangan bisa membuat otot kepala anda menjadi rileks. Coba melakukan gerakan senam dengan melakukan peregangan.

  1. Tidur Cukup

Saat kepala anda sakit, cobalah untuk tidur secara cukup. Manusia tidak boleh berlebihan tidurnya namun juga tidak boleh kurang tidur. Tidur yang cukup haruslah sebanyak 8 jam per hari. Jika kurang dari itu, tubuh akan terasa lemas dan juga tidak berenergi oleh sebab itulah tidurlah yang cukup untuk menjaga kestabilan tubuh menjadi terjaga.

  1. Biji Alpukat

Salah satu cara untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan menggunakan biji alpukat. Caranya adalah dengan memarut biji alpukat dan dicampurkan degan sedikit air, setelah itu tempelkan di kening penderita sakit kepala.

  1. Minyak Kayu Putih

Mengobati sakit kepala bisa menggunakan minyak kayu putih. Terutama sakit kepala yang diakibatkan oleh bau dengan aroma yang tajam. Misalnya saja bau solar dan lain sebagainya. Caranya anda bisa menuangkan minyak kayu putih pada masker yang anda pakai, masker tersebut bisa menghilangkan pusing anda dan menghindari bau yang tidak sedap.

  1. Teh Hangat

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk menghilangkan sakit kepala adalah dengan minum teh hangat. Teh hangat yang kaya akan antioksidan bisa meredakan rasa sakit yang anda derita di kepala. Suhu hangat bisa membuat otot kepala rileks dan tidak tegang kembali.

  1. Jahe Hangat

Jahe hangat juga bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala. Kandungan minyak atsiri yang ada dalam jahe tersebut dipercaya bisa meredakan dan menghilangkan sakit kepala. Sebelum meminumnya, anda bisa menghirup aroma dari jahe tersebut barulah meminumnya. Selain menghangatkan badan dan membuat tubuh rileks jahe hangat tersebut bisa berfungsi sebagai aromaterapi bagi tubuh.

  1. Operasi Kecil

Mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah menuju ke otak bisa menggunakan operasi kecil. Operasi kecil yang dilakukan digunakan untuk membuat jalan bagi aliran darah dan oksigen untuk menuju ke otak.

Mencegah Sakit Kepala

Setelah anda mengetahui cara mengobati sakit kepala, ada baiknya anda tahu apa saja yang bisa digunakan untuk mencegah sakit kepala. Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati, berikut ini cara mencegah sakit kepala yang harus anda ketahui :

  1. Kelola Stress

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mencegah sakit kepala adalah degan mengelola stress. Kita tahu bahwa stress adalah salah satu penyebab sakit kepala. Mengelola stress secara baik bisa digunakan sebagai mencegah sakit kepala. Mengelola stres juga bisa berdampak pada psikologis seseorang yang lebih baik lagi.

  1. Menjaga Jarak Pandang

Yang bisa digunakan untuk mencegah sakit kepala adalah dengan menjaga jarak pandang dari semua barang yang mengandung radiasi. Misalnya saja adalah jangan melihat layar televisi, melihat layar laptop, melihat layar hp dan tentunya membaca dari jarak yang normal jangan dari jarak yang terlalu dekat.

  1. Menjauhkan HP Saat Tidur

Untuk menghindari radiasi hp adalah menjauhkan hp dari kepala anda saat tidur. Radiasi hp ke kepala anda bisa meyebabkan tumor otak dan juga berbagai macam penyakit otak lainnya. Radiasi hp tidak boleh dianggap remeh karena sangat berbahaya bagi tubuh. Taruhlah hp sedikitnya 40 cm dari tempat tidur anda agar radiasinya tidak sampai ke kepala anda.

  1. Makan Dengan Teratur

Makan secara teratur juga bisa menghindarkan anda dari sakit maag, hal itu dikarenakan jika anda mekan secara teratur gula darah di dalam tubuh akan menjadi stabil. Yang harus diingat, makan dengan memakan berbagai macam makanan sehat. Jangan memakan makanan yang menimbulkan reaksi gula darah meningkat, jangan memakan makanan yang memicu asam lambung menjadi naik. Selain membuat kadar gula darah stabil, makan secara teratur bisa membuat anda terhindar dari sakit maag. Sakit maag adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala maupun terserang migrain.

  1. Olahraga

Olahraga secara teratur bisa digunakan untuk mencegah sakit kepala. Jangan melakukan olahraga yang berat, namun mulailah olahraga ringan namun teratur. Olahraga yang ringan itu misalnya saja adalah jogging, bersepeda dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Pola Hidup Yang Sehat

Pola hidup yang sehat bisa membuat anda terhindar dari sakit kepala. Misalnya saja adalah hindari rokok, hindari alkohol dan tidur cukup.Dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari dipercaya anda bisa terhindar dari sakit kepala primer.

  1. Pola Makan

Perhatikan pula pola makan anda, untuk mencegah terjadinya sakit kepala sebaiknya anda menghindari berbagai macam makanan dan minuman yang bisa menyebabkan anda terkena sakit kepala. Misalnya saja adalah kopi berlebihan dan berbagai macam makanan yang mengandung tiramin.

  1. Biarkan Rambut Terurai

Agar sakit kepala bisa dihindari, anda bisa membiarkan rambut anda terurai. Jangan sering mengikat rambut. Jika hendak tidur sebaiknya anda melepas ikatan rambut anda, biarkan rambut anda mendapatkan oksigen yang cukup.

Nah dengan mengetahui penyebab sakit kepala anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengobati dan cara mencegahnya agar tidak kronis dan tidak menjadi gejala penyakit tertentu.

You may also like