29 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami Dengan Cepat

Kolesterol tinggi biasanya banyak terpengaruh oleh pola makan dan diet yang salah. Banyak orang terutama pada usia pertengahan dan orang lanjut usia merasa kaget ketika mengetahui kadar kolesterol yang cukup tinggi. Sebenarnya kondisi ini memang terjadi akibat pola kebiasaan makan yang banyak mengandung lemak jenuh. Bahkan semua jenis makanan yang digoreng dengan minyak sawit berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Hal yang paling berbahaya dari kolesterol tinggi adalah penyakit komplikasi seperti jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Tentu saja salah satu cara untuk menghindari semua penyakit akibat kolesterol tinggi adalah mengendalikan kolesterol itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang bisa mencegah dan mengatasi kolesterol tinggi baik dari segi pola diet maupun kebiasaan hidup.

  1. Sarapan Oat Setiap Pagi

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami paling ampuh adalah dengan OAT. Apakah Anda masih memiliki kebiasaan makan pagi dengan sepiring nasi goreng, telur dan susu? Kebiasaan ini harus dirubah jika Anda memiliki nilai kolesterol yang tinggi. Gantikan nasi dengan semangkuk oat dan susu rendah lemak. Oat adalah makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol karena memiliki serat larut yang sangat tinggi. Tidak hanya untuk menurunkan kolesterol saja tapi juga bisa mengendalikan kesehatan jantung.  Oat membantu menurunkan lemak dalam tubuh dan merubahkanya menjadi sumber energi. Rasa oat memang tawar dan kurang menyenangkan namun Anda bisa mencampurnya dengan pisang atau stroberi.

  1. Ganti Minyak Sayur dengan Minyak Canola

Apakah selama ini Anda masih menggoreng makanan dan bumbu masakan dengan minyak sayur? Kebiasaan ini harus segera dirubah. Anda bisa mengganti minyak sayur atau minyak sawit dengan minyak canola. Ini adalah jenis minyak olahan khusus yang tidak mengandung kolesterol sehingga bisa membantu menurunkan kolesterol. Minyak canola juga mengandung asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 yang sangat baik untuk memelihara jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Minyak canola juga mengandung sterol dan pitosterol yang bisa membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari berbagai jenis makanan yang masuk ke saluran pencernaan. Jadi minyak canola bahkan bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

  1. Konsumsi Minyak Biji Bunga Matahari

Salah satu jenis minyak lain yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol adalah minyak biji bunga matahari. Minyak biji bunga matahari mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan minyak biji bunga matahari juga tidak mengandung lemak jenuh sehingga sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung. Pengurangan kadar kolesterol yang terjadi ketika mengkonsumsi minyak biji bunga matahari sangat penting untuk tubuh Anda. Minyak biji bunga matahari juga bisa membantu menurunkan sumbatan kolesterol pada arteri. Anda bisa mencampurkan minyak biji bunga matahari untuk memasak atau campuran dengan salad.

  1. Masukkan Sayuran Terong Sebagai Menu Sehari-hari

Cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat selain menggunakan oat, terong juga jadi “senjata” ampuh. Banyak orang yang tidak mau makan terong, karena menganggap ini sayuran yang kurang enak dan tekstur yang tidak nyaman saat dimakan. Namun terong sangat penting untuk menurunkan kolesterol sehingga baik untuk yang menderita kolesterol tinggi. Bahkan bagi orang yang menderita obesitas maka terong bisa menjadi menu makanan diet untuk menurunkan berat badan. Selain itu terong juga sangat baik untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Terong membantu penyerapan HDL yaitu kolesterol baik yang bisa melawan LDL atau kolesterol yang sering menyebabkan sakit jantung dan stroke. Kandungan bioflavonoid dalam terong juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah sehingga jantung Anda menjadi lebih sehat.

Baca : Kolesterol LDL dan HDL –

  1. Konsumsi Okra untuk Menu Harian

Salah satu jenis makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol adalah okra. Okra atau dikenal dengan nama Abelmoschus esculentus memang masih menjadi sayuran impor yang banyak ditemukan di supermarket. Sayuran ini sangat baik untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh termasuk jantung. Okra bisa membantu menurunkan tekanan darah dan membantu menurunkan level kolesterol yang berlebihan. Kandungan kalium dalam okra bisa membantu tubuh dalam menyeimbangkan jumlah cairan sehingga sangat baik untuk jantung. Jadi okra sangat baik untuk menjaga agar kondisi jantung dan level kolesterol tidak  berlebihan.

  1. Ganti Menu Daging Merah dengan Ikan Salmon

Ikan salmon jauh lebih baik dan lebih sehat dibandingkan dengan jenis daging merah. Ikan salmon liar banyak mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu menurunkan kolesterol, membuat pembuluh darah lebih sehat dan menjaga kekuatan otot jantung. Bahkan ikan salmon juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan resiko kerusakan pembuluh darah. Ikan salmon juga sangat baik untuk membantu menurunkan resiko kanker dan penyakit ginjal. Jadi mulai sekarang Anda tidak perlu tidak makan daging, tapi gantikan daging dengan ikan salmon yang lebih sehat.

  1. Ganti Beras Putih dengan Beras Merah

Nasi memang sudah makanan pokok kita dan sangat sulit untuk tidak makan nasi. Jika Anda sedang diet untuk menurunkan kolesterol maka sebaiknya gantikan nasi putih dengan nasi beras merah. Beras merah sangat penting untuk menurunkan berat badan karena mengandung mineral mangan yang lebih tinggi. Mangan sangat penting untuk menjaga proses sintesa lemak menjadi lebih baik. Kemudian efeknya maka kadar kolesterol juga akan turun. Mengkonsumsi beras merah juga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu mangan dalam beras merah juga penting untuk membantu penyerapan HDL sehingga bisa menurunkan jumlah kolesterol.

  1. Makan Roti Gandum dengan Selai Kacang

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara cepat juga dapat memanfaatkan roti gandum. Jika Anda memiliki kebiasaan makan roti gandum, maka cobalah untuk menambahkan selai kacang. Selai kacang lebih baik dari susu kental yang banyak mengandung lemak. Selai kacang mengandung lemak sehat yang sama seperti pada jenis minyak zaitun. Selai kacang mengandung beberapa jenis lemak seperti lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Ini termasuk jenis lemak yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah HDL. Selain itu kacang juga mengandung sterol dan stanol yang bisa membantu penyerapan kolesterol.

  1. Jadikan Kacang Almond Sebagai Camilan Sehari-hari

Banyak orang yang tidak mau makan kacang almond karena khawatir bisa meningkatkan kadar kolesterol. Namun ternyata dalam sebuah penelitian membuktikan jika almond bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kacang almond mengandung sterol dan stanol yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu kacang almond juga mengandung protein dan kalium yang memang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang almond juga diperkaya dengan jenis nutrisi lain seperti asam folat, vitamin E dan flavonoid yang bisa membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

  1. Rajin Mengkonsumsi Kacang Pecans

Jenis camilan lain yang sangat menyehatkan adalah kacang pecans. Ini termasuk jenis kacang yang sangat baik untuk menurunkan level kolesterol. Mengkonsumsi kacang pecans  secara teratur memang bisa menjaga agar kadar kolesterol tidak berlebihan namun tentu saja Anda juga harus membatasi makanan yang mengandung lemak tinggi. Kandungan lemak monosaturated dalam kacang pecans bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Jadi jangan takut untuk lebih sering makan kacang pecans.

  1. Masukkan Brokoli Sebagai Sayuran Favorit

Brokoli bisa menjadi sayuran yang akan menurunkan level kolesterol secara alami. Brokoli mengandung beberapa nutrisi yang bisa menurunkan kolesterol seperti asam lemak omega 3, serat larut, beta karoten, dan sterol. Semua nutrisi ini penting untuk mengatasi kolesterol yang tinggi dan membantu agar empedu bisa mengeluarkan cairan yang penting untuk proses pencernaan. Brokoli juga mengandung kalium yang bisa membantu meningkatkan aliran oksigen dari jantung lewat darah ke semua bagian tubuh. Sehingga brokoli juga akan membantu meningkatkan kadar kolesterol yang sehat dan pembuluh darah yang sehat.


  1. Makan Kembang Kol Lebih Sering

Kembang kol memang menyerupai brokoli namun memiliki warna putih dan tekstur yang lebih padat. Kembang kol juga mengandung bahan anti peradangan yang disebut dengan sulforaphane dan glukoraphanin. Bersama dengan beberapa jenis nutrisi lain maka kembang kol akan menurunkan level kolesterol dan meningkatkan kadar HDL dalam darah. Bahkan kembang kol juga mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menyehatkan pembuluh darah.

  1. Makan Apel Setiap Hari

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami dengan apel adalah jalan terbaik, karena telah digunakan sebagai buah untuk diet super ampuh. Jika Anda sedang memiliki target untuk menurunkan kolesterol maka cobalah untuk makan apel setiap hari. Buah yang memiliki rasa yang manis ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, menjaga jantung lebih sehat dan mengandung bahan antioksidan alami yang bisa mencegah kanker. Bahan antioksidan alami inilah yang akan menetralkan lemak dalam tubuh dan membuat pembuluh darah menjadi lebih sehat. Selain itu apel juga mengandung sterol yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi akan apel setiap hari akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih sehat dan jantung yang kuat. Apel juga mengandung serat yang sangat penting untuk menurunkan berat badan.

  1. Makan Buah Alpukat

Buah alpukat banyak dihindari karena ada mitos yang berkembang bahwa alpukat akan membuat kenaikan berat badan. Anggapa ini sama seperti ketika alpukat juga mengandung jumlah kolesterol buruk. Namun hal ini tidak benar karena ternyata alpukat mengandung vitamin E, sterol dan asam lemak omega 3. Semua nutrisi ini membantu menurunkan berat badan dan level kolesterol dalam tubuh. Hanya saja Anda harus mengkonsumsi alpukat dengan cara yang lebih modern. Campurkan alpukat dengan beberapa jenis buah untuk menjadi hidangan salad. Jika Anda minum jus alpukat yang ditambah dengan gula dan susu coklat maka sama saja itu menambahkan lemak dalam alpukat yang sehat.

  1. Makan Tomat Setiap Hari

Jika Anda ingin menurunkan level kolesterol dengan cara yang mudah,maka cobalah untuk makan tomat matang setiap hari. Tomat mengandung sterol dan lycopene yang bisa mencegah pembentukan kolesterol dari makanan lain. Bahkan tomat bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena menghambat penyerapan kolesterol buruk itu sendiri. Anda bisa mencampur tomat dengan jenis makanan lain seperti apel atau stroberi untuk mendapatkan manfaat yang menyehatkan.

  1. Masukkan Bluebery sebagai Buah Favorit

Blueberry bisa menjadi buah yang sangat menyehatkan untuk penderita kolesterol tinggi. Buah ini mengandung serat dan bahan antioksidan yang bisa menghilangkan kolesterol dalam tubuh. Karena itu buah ini juga sangat baik untuk penderita penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Senyawa sterol dalam buah ini juga akan membantu menjaga agar tubuh Anda semakin sehat karena memiliki otot jantung yang sehat pula.

  1. Makan Buah Stroberi

Stroberi merupakan buah yang cantik dan penuh dengan nutrisi. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah stroberi lebih rajin. Buah ini diperkaya dengan beberapa jenis nutrisi seperti asam folat, bahan antioksidan, vitamin C, vitamin B dan serat yang sangat sehat. Nutrisi ini bisa membantu menurunkan level kolesterol yang terlalu tinggi dan bisa menyehatkan pembuluh darah. Bahkan nutrisi inilah yang sangat penting untuk membuat otot jantung semakin kuat dan sehat.

  1. Masukkan Anggur Sebagai Buah Harian Anda

Apakah Anda suka makan buah anggur? Ya, ini adalah jenis buah yang sangat baik untuk mencegah terjadinya proses pembekuan darah. Buah ini sangat penting untuk menjaga agar otot jantung tetap sehat. Selain itu kandungan bahan antioksidan dalam buah anggur sangat penting untuk mencegah penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh. Anggur banyak mengandung flavonoid yang bisa membantu membantu mencegah tubuh dari berbagai penyakit peradangan. Anggur juga mengandung bahan resveratrol dan quercetin yang bisa berperan untuk menurunkan kolesterol dan mencegah pembentukan plak kolesterol di dalam arteri.

  1. Minum Jus Jeruk Secara Rutin

Jus jeruk adalah minuman yang bisa membantu menurunkan kolesterol yang terlalu tinggi. Minuman ini sangat penting untuk menurunkan kolesterol buruk dan meningkatkan penyerapan kolesterol baik. Jeruk mengandung vitamin C dan sterol yang sangat tinggi. Kedua zat ini penting untuk pembuluh darah untuk mencegah penyakit seperti plak dalam pembuluh darah dan kolesterol yang sangat tinggi. Jadi Anda bisa minum jus jeruk tanpa gula untuk memerangi kolesterol. Tapi cobalah untuk tidak menambahkan gula dalam jus jeruk alami Anda.

  1. Minum Yogurt Rendah Lemak

Yogurt bukan hanya minuman yang mengandung probiotik alami dan sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan kita. Namun yogurt yang terbuat dari susu sapi atau susu kambing murni juga bisa menurunkan level kolesterol. Yogurt mengandung senyawa alami yang memang bisa menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Tapi perhatikan untuk tetap memilih jenis yogurt alami yang tidak mengandung bahan pengawet maupun gula buatan.

  1. Mengkonsumsi Makanan Olahan Kedelai

Kedelai adalah makanan super yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh. Kedelai tidak mengandung lemak jenuh sehingga sangat menyehatkan. Kedelai hanya memiliki kandungan jenis lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Selain itu kedelai juga mengandung protein tinggi yang bisa membantu tubuh agar bisa mendapatkan energi yang cukup. Untuk menurunkan kolesterol dengan makanan olahan dari kedelai maka sebaiknya hindari konsumsi produk dengan digoreng. Lebih baik jika Anda menggoreng produk kedelai dengan minyak zaitun. Olahan susu kedelai juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol, namun hindari untuk menambahkan banyak gula.

  1. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Manfaat olahraga juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka cobalah untuk melakukan olahraga secara rutin. Usaha ini sangat penting untuk mendukung agar tubuh Anda semakin sehat setelah mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Olaharaga bisa dilakukan selama dua atau tiga kali dalam seminggu. Berbagai jenis olahraga ringan sangat penting untuk tubuh. Anda bisa mencoba beberapa jenis gerakan seperti senam, lari, berenang atau sekedar  jalan kaki. Jika dilakukan secara rutin maka kondisi tubuh Anda akan semakin sehat.

  1. Jangan Merokok dan Hindari Lingkungan Perokok

Semua orang yang merokok biasanya memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi. Asap rokok tidak hanya akan terserap ke bagian paru-paru saja. Tapi juga bisa masuk ke dalam aliran darah. Kandungan nikotin dalam rokok akan membuat tubuh Anda menjadi lebih berat. Nikotin akan menumpuk dalam pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah tidak bisa bekerja dengan baik. Terkadang penumpukan plak dari campuran nikotin dan kolesterol akan menyebabkan arteri mengeras. Jika sudah seperti ini maka beberapa resiko seperti penyakit jantung  dan stroke akan lebih mudah terjadi. Karena itu penting untuk tidak tinggal dalam lingkungan perokok maupun merokok secara aktif.

Baca : Cara menghindari asap rokok – Akibat berhenti merokok – Bahaya nikotin – Bahaya merokok bagi remaja – Cara berhenti merokok – Bahaya merokok

  1. Memasak Makanan dengan Benar dan Sehat

Kebiasaan memasak makanan juga bisa mempengaruhi level kolesterol dalam tubuh Anda. Pedoman untuk memasak yang benar adalah hindari untuk tidak menggoreng makanan atau lauk. Memang banyak orang yang lebih senang dengan cara ini, tapi minyak sayur yang digunakan untuk menggorang bisa menyebabkan peningkatkan level kolesterol. Anda bisa mencoba memasak lauk dan sayuran dengan cara direbus, dipanggang, atau dibakar. Jika terpaksa Anda harus menggorengnya maka gunakan minyak yang sehat seperti minyak zaitun atau minyak canola.

  1. Kurangi Konsumsi Daging Merah

Daging merah bisa meningkatkan jumlah kolesterol dengan cepat. Untuk menghindari hal ini maka lebih baik jika Anda mencoba untuk makan lebih banyak ikan segar dibandingkan dengan daging merah. Daging merah banyak mengandung lemak hewani yang bisa berubah menjadi kolesterol dalam tubuh. Sementara itu beberapa jenis ikan yang dimasak dengan benar justru bisa menurunkan kolesterol dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

  1. Makan Daging Ayam Tanpa Kulit

Hindari kebiasaan makan ayam dengan kulit. Sebaiknya Anda mulai meninggalkan kulit dan tidak ikut dimasak menjadi satu. Kulit mengandung banyak lemak jenuh dan minyak lemak yang sangat buruk untuk tubuh Anda. Kulit ayam bisa meningkatkan kadar kolesterol dengan cepat. Jadi pertimbangkan untuk mengkonsumsi ayam tanpa kulit. Anda tidak bisa menggantikan jenis protein dari ayam karena itu ayam sangat penting untuk kesehatan Anda.

  1. Hindari Terlalu Sering Konsumsi Makanan Cepat Saji

Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji karena bahaya makanan cepat saji sangat mematikan sebaliknya makanan rendah kolesterol jahat dapat menjadi pilihan anda. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk memasak maka jangan mengandalkan makanan cepat saji. Lebih baik Anda mencoba untuk memasak sayuran sederhana yang memang bisa meningkatkan nutrisi sehat dan bisa menurunkan level kolesterol. Makanan cepat saji  banyak mengandung lemak dan minyak yang bisa menyebabkan kenaikan kolesterol dengan cepat

  1. Minum Obat Penurun kolesterol Anda

Jika Anda melakukan pemeriksaan rutin ke dokter dan mendapatkan obat untuk menurunkan kolesterol, maka minumlah secara rutin. Pemeriksaan tingkat kolesterol tidak hanya bisa diketahui dari tanda atau gejala. Pemeriksaan darah secara rutin akan membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain obat yang diberikan oleh dokter biasanya bersifat untuk mencegah atau mengelola tingkat kolesterol. Anda tidak boleh meninggalkan obat ini tapi juga harus mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol secara alami.

  1. Memasak Sayuran secara Benar dan Tepat

Untuk penderita kolesterol tinggi maka mengkonsumsi sayuran harus dilakukan dengan benar. Sayuran yang bisa membantu menurunkan kolesterol mengandung sterol. Untuk mempertahankan nutrisi ini sebaiknya sayuran dimasak dengan suhu yang tidak terlalu tinggi. Jika Anda ingin memasak sayuran dengan cara ditumis maka pastikan menambahkan minyak sayuran yang sehat seperti minyak zaitun atau minyak canola.

Baca : Ciri ciri kolesterol tinggi –Tanda kolesterol tinggi – Gejala kolesterol – Jenis penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi – Pantangan Kolesterol tinggi – Makanan untuk menurunkan kolesterol dan asam urat – Makanan penurun kolesterol

Ada banyak cara untuk mengelola kondisi kolesterol level tinggi. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja asal dilakukan dengan tekat yang kuat. Pengendalian kolesterol yang tinggi hanya bisa dilakukan dengan merubah pola kebiasaan makan, gaya hidup yang sehat dan melakukan olahraga. Dengan beberapa strategi ini sudah banyak orang yang berhasil keluar dari level kolesterol tinggi.

,
Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi