19 Makanan yang Mengandung Amilum Super Tingi

11758

Amilum adalah nama lain dari pati yang dihasilkan dari semua tanaman yang memiliki klorofil. Amilum memiliki sifat seperti warna yang putih, lembut dan tidak larut dalam air dan alkohol. Amilum disimpan oleh tumbuhan hijau sebagai sisa dari proses fotosintesis dan akan digunakan sebagai zat cadangan makanan. Amilum banyak ditemukan dalam beberapa bagian tanaman seperti umbi, empulur batang sagu, benih jagung, beras, tanaman tapioka, gandum dan jagung.

Proses Pengolahan Amilium Dalam Tubuh

Pengolahan Amilum dalam Tubuh

Amilum dalam tubuh manusia akan mengalami berbagai macam tahap pencernaan. Amilum yang masuk ke tubuh sebagai zat makanan akan dirubah menjadi gula sebagai cadangan energi tubuh. Ketika amilum mulai masuk ke tubuh dari mulut maka akan dirubah oleh air liur menjadi molekul zat pati kompleks. Ai liur akan memecah karbidrat menjadi maltosa. Maltose akan masuk ke bagian usus kecil dan dirubah menjadi glukosa. Glukosa akan diserap oleh darah lewat dinding usus dan akhirnya bisa menjadi energi untuk mendukung pekerjaan sel tubuh dan sel otak manusia.

Fungsi Amilum

Manfaat Amilum untuk Tubuh

Amilum yang didapatkan tubuh dari berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat akan disimpan dalam tubuh menjadi glukosa. Hal inilah yang membuat tubuh selalu merasa kuat meskipun Anda sedang berpuasa. Berikut ini manfaat amilum untuk tubuh.

  • Amilum menjadi zat utama untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh.
  • Amilum bisa dirubah menjadi glukosa yang digunakan oleh tubuh untuk menjaga sistem kerja syaraf, otot dan sumber tenaga bagi tubuh.
  • Glukosa yang dihasilkan dari pengolahan amilum dalam tubuh bermanfaat sebagai sumber energi untuk sistem syaraf dan otak.

Makanan Sumber Amilum

Tubuh memerlukan amilum untuk mendukung sistem kerja tubuh. Banyak orang yang sedang diet dan menghindari asupan karbohidrat yang mengandung amilum. Tubuh orang dewasa memerlukan sekitar 2000 kalori perhari. Dari asupan kalori tersebut tubuh membutuhkan sekitar 220 – 320 gram per hari. dari total kebutuhan karbohidrat tersebut tubuh memerlukan sekitar sepertiga amilum. Berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang mengandung amilum.

Sumber Amilum dari Sayuran

  1. Jagung

Jagung yang telah dirubah menjadi bentuk tepung biasanya banyak digunakan untuk campuran masakan. Pemakaian tepung jagung digunakan untuk pembuatan kue atau campuran sup. Konsumsi tepung jagung di Indonesia rata-rata lebih rendah daripada jenis makanan lain. Tepung jagung bisa mencukupi kebutuhan amilum yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Kandungan kalori per 100 gram tepung jagung mencapai 490 kalori. Berikut ini manfaat mengkonsumsi tepung jagung dalam menu sehari-hari.

  • Kandungan karbohidrat total dalam 100 gram tepung jagung bisa mencapai 118 gram. Hal ini membuat tepung jagung bisa menjadi sumber energi untuk tubuh.
  • Tepung jagung tidak mengandung lemak trans sehingga sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.
  • Kandungan rendah protein dalam jagung bisa membantu tubuh untuk mengobati penyakit tertentu seperti asam urat yang tinggi, penyakit hati dan ginjal.
  • Tepung jagung juga memiliki kadar sodium yang sangat rendah sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit darah tinggi.
  1. Lobak

Lobak merupakan jenis sayuran yang termasuk dalam tanaman persilangan atau kubis-kubisan. Lobak bisa diolah menjadi berbagai olahan seperti jus, campuran sayuran dan dipanggang. Dalam setiap lobak ditemukan senyawa glukosinates yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari perkembangan dan potensi sel kanker. Dalam setiap 90 gram lobak juga ditemukan vitamin C sebesar 17,9 mg. Hal ini membuat lobak bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memelihara kesehatan pembuluh darah dan juga produksi protein dalam darah. Berikut ini manfaat mengkonsumsi lobak sebagai asupan sayuran.

  • Lobak mengandung serat yang termasuk dalam jenis amilum. Kandungan amilum dalam lobak bisa meningkatkan jumlah asupan kalori sehingga baik untuk tubuh karena bisa menjadi sumber energi.
  • Kandungan serat dalam lobak juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan usus, menurunkan kolesterol dan melindungi tubuh dari serangan jantung.
  1. Kacang hijau

Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang yang paling sering diolah menjadi bubur atau campuran camilan. Kacang hijau memiliki tekstur rasa yang manis dan lezat. Kacang hijau juga menjadi sumber folat yang sangat baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan mengatasi masalah gangguan memori. Selain itu kacang hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan jenis serat itu menghasilkan amilum sehingga baik untuk sumber energi tubuh. Anda bisa mengolah kacang hijau menjadi berbagai macam masakan seperti kue, bubur atau camilan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kacang hijau secara teratur.

  • Kandungan serat yang dirubah menjadi amilum dalam kacang hijau bisa menjadi sumber energi untuk tubuh, melindungi tubuh dari resiko penyakit diabetes dan memberikan efek kenyang.
  • Mengkonsumsi kacang hijau secara teratur juga bisa membantu menurunkan berat badan karena sumber amilum yang mudah masuk dalam sistem metabolisme tubuh.
  • Kacang hijau mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit dan rambut.
  • Kandungan vitamin K dalam kacang hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  1. Kentang

Kentang adalah jenis sayuran yang memiliki umbi. Kentang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan seperti campuran sup, di goreng, kue maupun jenis sayuran lain. Kentang bisa memberikan efek kenyang sehingga sangat baik untuk program diet. Tanaman kentang banyak tumbuh di wilayang dengan suhu udara dingin sehingga mudah ditemukan di semua daerah di Indonesia. berikut ini manfaat mengkonsumsi kentang secara teratur.

  • Kentang mengandung serat tinggi yang bisa diolah tubuh menjadi amilum sehingga baik untuk menurunkan kolesterol, menjadi sumber energi tubuh, memberikan efek kenyang dan menurunkan resiko penyakit diabetes.
  • Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan dan meningkatkan perasaan yang baik karena tubuh terus merasa kuat dan berenergi.
  • Kandungan kalium dalam kentang sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan tulang.
  • Kentang juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, menjaga kesehatan mata, kulit dan rambut.
  1. Labu Kuning

Labu kuning adalah tanaman yang sangat mudah kita jumpai. Labu yang telah dipetik dari pohon biasanya akan disimpan dalam waktu lama. Semakin lama penyimpanan maka daging buah labu akan terasa semakin padat dan kaya dengan kandungan serat dan karbohidrat. Labu kuning bisa diolah menjadi berbagai macam olahan seperti kue, agar-agar dan berbagai jenis masakan daerah lain. Pada umumnya jenis labu ini sudah memiliki rasa manis alami, namun Anda tetap bisa menambahkan gula sebagai perasa tambahan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi labu kuning untuk kesehatan.

  • Labu kuning memiliki kandungan tepung atau amilum yang cukup tinggi. kandungan amilum ini bisa menjadi sumber energi dalam tubuh dan membantu pemecahan protein menjadi tenaga.
  • Labu kuning mengandung kalium sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otot tubuh.
  • Labu kuning juga mengandung vitamin B6 dan zat antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk mencegah potensi sel kanker, meningkatkan memori dan menjaga kesehatan rambut, mata serta kulit.
  1. Ubi jalar

Ubi jalar bisa ditemukan dengan berbagai macam jenis. Setiap jenis ubi jalar bisa memiliki warna yang berbeda seperti jenis ubi ungu, ubi putih dan ubi kuning. Semua jenis labu memiliki kandungan jumlah serat atau sumber amilum yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Ubi bisa dikonsumsi dengan cara dibakar, direbus atau di kukus. Bahkan ubi juga bisa diolah menjadi tepung dan menjadi bahan kue yang lezat. Berikut ini manfaat mengkonsumsi ubi untuk kesehatan.

  • Ubi jalar mengandung serat dan sumber amilum sehingga bermanfaat sebagai sumber energi untuk tubuh, mengurangi kandungan kolesterol dalam tubuh dan menurunkan resiko diabetes.
  • Ubi jalar bisa mempengaruhi suasana hati dan memberikan efek mengenyangkan karena kandungan sumber pati dan tepung dalam ubi.
  • Kandungan beta karoten dalam ubi jalar yang bisa menjadi antioksidan, membantu mengurangi penyakit tulang dan memelihara kesehatan rambut, mata dan kulit.

Sumber Amilum Dari Buah

  1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah padat yang memiliki tekstur daging yang lunak dan rasa yang sangat lezat. Olahan alpukat bisa menjadi jus, salad atau campuran minuman buah. Alpukat mengandung asam oleat tak jenuh tunggal yang bisa mengurangi kandungan kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu alpukat juga menjadi sumber vitamin E yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan organ reproduksi. Berikut ini manfaat mengkonsumsi alpukat.

  • Alpukat mengandung amilum yang berasal dari kandungan serat dan asam lemak oleat yang sangat tinggi. Semua jenis zat ini bisa dirubah menjadi sumber energi dan mendorong pembakaran lemak dalam tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan.
  • Kandungan sumber energi yang tinggi dalam buah alpukat bisa menjadi cadangan energi dalam tubuh dan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes dan juga untuk menurunkan kandungan kolesterol.
  • Alpukat mengandung zat antiinflamasi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  1. Mangga

Mangga menjadi buah yang paling mudah ditemukan. Di Indonesia persediaan buah mangga selalu ada sepanjang musim meskipun terkadang jumlahnya sangat kecil. Buah mangga  memiliki serat alami yang bisa kita dapatkan dari daging buah. Mangga memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah mangga sangat baik untuk melindungi tubuh dari infeksi virus seperti penyakit flu dan demam. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah mangga secara teratur.

  • Kandungan beta karoten dalam buah mangga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.
  • Mangga mengandung jumlah kalium yang cukup tinggi sehingga baik untuk menjaga tekanan darah, mengatur kesehatan jantung dan menjaga keseimbangan jumlah cairan dalam tubuh.
  • Mangga bisa menjadi sumber energi untuk tubuh karena mengandung amilum yang bisa dirubah oleh tubuh menjadi energi dan sumber glukosa untuk tubuh.
  1. Jeruk

Jeruk menjadi buah yang sangat disukai oleh semua orang. Buah jeruk bisa memberikan efek yang menyegarkan untuk tubuh. Selain itu buah jeruk memiliki kandungan air dan serat yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi buah yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Jeruk yang biasa dijadikan buah adalah jeruk konsumsi dengan rasa yang manis dan sedikit asam. Persediaan buah jeruk bisa kita dapatkan sepanjang musim. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah jeruk secara rutin.

  • Jeruk mengandung limonoid yang bisa membantu tubuh dalam mencegah pertumbuhan sel kanker dan sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, usus dan paru-paru.
  • Jeruk mengandung serat larut dan amilum sehingga bisa menjadi cadangan energi untuk tubuh dan mudah dalam proses metabolisme tubuh serta menurunkan kandungan kolesterol.
  • Kandungan kalium dalam jeruk sangat baik mendukung kesehatan jantung, mengatur keseimbangan elektrolit tubuh dan mengurangi masalah denyut jantung.
  1. Apel

Apel menjadi buah yang sangat menyegarkan untuk tubuh. Daging buah apel banyak mengandung serat, amilum dan air sehingga bisa membuat tubuh seperti kembali bertenaga. Apel juga sangat mudah ditemukan sepanjang musim. Di Indonesia ada berbagai macam jenis apel yang tumbuh sesuai dengan daerah asal. Berikut ini manfaat mengkonsumsi apel untuk kesehatan.

  • Apel mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah serangan radikal bebas dan melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit yang disebabkan karena infeksi virus dan bakteri.
  • Apel mengandung senyawa pektin, serat dan amilum sehingga sangat baik untuk dirubah menjadi energi, menurunkan kolesterol dan memberikan manfaat kesehatan yang penuh untuk tubuh.
  • Apel memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga membantu tubuh dalam melindungi penyakit yang disebabkan karena gangguan memori dan fungsi otak dan syaraf.
  1. Nanas

Nanas adalah buah yang memiliki rasa manis dan sangat menyegarkan. Nanas juga mengandung air yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi dehidrasi saat musim panas. Nanas bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai campuran buah. Bahkan di beberapa daerah nanas juga dipakai sebagai bumbu masakan karena memberikan kombinasi rasa manis dan asam yang sangat menyegarkan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah nanas secara teratur.

  • Nanas adalah salah satu jenis buah yang menyediakan vitamin dalam jumlah yang sangat tinggi. Setiap 100 gram nanas mengandung sekitar 40 persen vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit infeksi kuman dan virus seperti flu.
  • Nanas mengandung amilum yang bisa dirubah menjadi energi dalam tubuh sehingga sangat baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dan bisa memberikan efek kenyang dalam waktu yang lebih lama.
  • Nanas juga mengandung bromelain yang bermanfaat untuk mengobati luka, mencegah penyakit usus dan mengobati radang sendi.
  1. Anggur

Anggur menjadi buah yang memiliki rasa manis. Potongan dan bentuk buah anggur yang bisa langsung dimakan juga memberikan efek yang menyegarkan. Buah anggur juga bisa diolah menjadi sirup sehinggga bisa disimpan dalam waktu yang lama. Jenis anggur merah memiliki kandungan amilum yang lebih tinggi dibandingkan jenis anggur lain. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah anggur untuk kesehatan.

  • Kandungan resveratrol dalam buah anggur memiliki manfaat yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dan membantu tubuh mengurangi kemampun dalam menyimpan lemak sehingga juga baik untuk menurunkan kolesterol.
  • Kandungan serat dan amilum dalam buah anggur bisa menjadi cadangan energi untuk tubuh dan mengurangi resiko penyakit diabetes.
  • Resveratrol dalam buah anggur juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung karena bisa melebarkan saluran pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.
  1. Melon

Melon memiliki rasa manis dan mengandung air dalam jumlah yang cukup tinggi. melon mengandung serat, vitamin, mineral dan poli fenolik. Musim panen melon biasanya terjadi saat musim kemarau sehingga rasa buah melon akan sangat manis. Melon bisa dikonsumsi secara langsung sebagai camilan. Berikut ini manfaat buah melon untuk kesehatan.

  • Melon menyediakan vitamin A dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga sangat baik sebagai antioksidan dan mendukung kesehatan mata.
  • Melon juga mengandung flavonoid yang berperan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan memberikan perlindungan untuk kesehatan usus, paru-paru dan pankreas.
  • Melon mengandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan detak jantung, tekanan darah dan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.
  • Melon juga mengandung amilum yang bisa menjadi sumber energi untuk tubuh dan memberikan efek yang mengenyangkan.

Sumber Amilum Dari Kacang-kacangan

  1. Kacang Hitam

Kacang hitam adalah salah satu jenis kacang dengan ukuran yang kecil dan rasa yang lebih gurih. Kacang hitam banyak diolah menjadi cemilan dan campuran sayur. Kacang hitam memiliki warna kulit yang hitam dan bentuk seperti kacang hijau. Manfaat mengkonsumsi kacang hitam untuk kesehatan antara lain adalah:

  • Kacang hitam sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet karena mengandung amilum dan serat sehingga bisa meningkatkan cadangan energi dalam tubuh, memberikan efek yang mengenyangkan dan menyediakan protein yang sangat tinggi.
  • Kandungan kalium dan zat besi dalam kacang hitam sangat berpotensi untuk membantu produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung.
  • Kandungan serat dalam kacang hitam sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.
  1. Buncis

Buncis adalah salah satu jenis sayuran hijau dan memiliki tektur lunak. Buncis bisa dimasak dalam berbagai macam olahan seperti campuran sup atau jenis masakan lain. Buncis mengandung jumlah serat yang cukup tinggi dan kaya dengan kandungan amilum. Bahkan buncis juga menyediakan berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti sumber mineral dan vitamin. Manfaat mengkonsumsi buncis adalah sebagai berikut.

  • Buncis mengandung amilum yang bisa dirubah menjadi glukosa sehingga bisa menjadi cadangan energi, menurunkan berat badan dan mengatasi masalah pencernaan.
  • Buncis mengandung vitamin B6 dan B12 yang baik untuk menjaga sistem metabolisme tubuh dan mengurangi kandungan lemak dalam tubuh.
  • Buncis juga mengandung isoflavon yang bertindak sebagai penyerang radikal bebas sehingga bisa mengurangi resiko penyakit kanker.
  1. Kacang Merah

Kacang merah adalah salah satu jenis tanaman kacang yang banyak diolah sebagai sup. Kacang merah memiliki bentuk yang lebih besar bila dibandingkan dengan jenis kacang sayur lain. Rasa dari kacang merah sangat padat dan cenderung lebih manis. Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang yang masih di impor. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kacang merah untuk kesehatan tubuh.

  • Kacang merah mengandung protein yang mampu menjadi cadangan energi dalam tubuh dan mengontrol pertumbuhan sel-sel sehat dalam tubuh.
  • Kacang merah mengandung serat dan amilum yan bisa menghasilan energi untuk tubuh, membantu tubuh dalam menghasilan insulin dan mencegah resiko penyakit diabetes.
  • Kacang merah juga mengandung asam folat yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa mendukung kesehatan janin dan mencegah masalah cacat otak dan syaraf pada bayi.

Sumber Makanan Amilum dari Biji-Bijian

  1. Gandum

Gandum merupakan salah satu tanaman biji-bijian yang diolah menjadi tepung. Berbagai macam jenis makanan dari olahan tepung adalah seperti roti dan kue. Bahan gandum memiliki kandungan vitamin B yang sangat baik untuk menjaga sistem kesehatan tubuh. Gandum juga bisa menjadi alternatif makanan untuk orang yang sedang diet atau ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Berikut ini manfaat mengkondumsi gandum atau makanan olahan gandum untuk kesehatan.

  • Gandum memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk ibu hamil dan perempuan yang masuk dalam usia subur.
  • Kandungan vitamin B komplek dan mineral dalam gandum sangat penting untuk memperlancar proses metabolisme tubuh dan menjaga tubuh agar tidak mudah lelah.
  • Gandum menjadi sumber amilum yang sangat tinggi sehingga gandum bisa memberikan efek mengenyangkan dalam waktu yang lama, menjadi sumber energi dalam tubuh dan membatasi timbunan lemak dalam tubuh.
  1. Beras Merah

Beras merah adalah salah satu jenis beras yang sama seperti jenis putih namun memiliki warna serat dan kulit yang merah. Beras merah memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mengurangi berbagai macam penyakit jantung. Rasa dari beras merah memang tidak semanis beras putih dan biasanya memikiki tekstur yang agak keras. Berikut ini manfaat mengkonsumsi beras merah untuk kesehatan.

  • Beras merah mengandung amilum dari sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi dan sistem ketahanan tubuh.
  • Beras merah mengandung zat besi dan mangan yang bisa membantu tubuh dalam mendorong produksi sel darah merah.
  • Kandungan mangan dalam beras merah sangat baik untuk mendukung sistem kesehatan syaraf, memperlancar proses pencernaan dan membantu tubuh dalam penyerapan lemak sehingga tubuh menjadi lebih sehat.
  1. Beras Putih

Beras putih adalah salah satu jenis beras yang umum di konsumsi di Indonesia. Beras ini menjadi komoditi makanan pokok dan sulit untuk ditinggalkan. Beras putih memiliki rasa yang lebih manis dan tekstur yang lebih lunak daripada jenis beras merah. Konsumsi beras putih sebenarnya harus dibatasi dalam jumlah tertentu untuk mencegah penyakit diabetes. Namun beras putih juga memiliki manfaat untuk kesehatan, antaralain adalah:

  • Beras putih menjadi sumber karbohidrat dan amilum yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi sumber tenaga untuk tubuh. Namun cadangan energi yang berlebihan dalam tubuh terkadang bisa menghasilkan glukosa yang sangat tinggi sehingga konsumsi beras putih harus dibatasi.
  • Beras putih memiliki kandungan vitamin B yang sangat besar sehingga baik untuk mendukung sistem metabolisme tubuh dan mengatasi tubuh dari kelelahan.
  • Beras putih mengandung kalori yang lebih tinggi sehingga cenderung memiliki efek yang mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama.

Sumber makanan yang mengandung amilum memang sering dihindari oleh orang yang sedang diet. Hal ini disebabkan karena kandungan amilum bisa meningkatkan asupan kalori yang berlebihan. Cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan energi dalam tubuh dari makanan sumber amilum adalah mengkonsumsi makanan sumber amilum secara seimbang. Jadi, Anda bisa mengatur asupan amilum dari buah, sayur, kacang dan makanan yang mengandung tepung dalam menu sehari-hari.