Ternyata 8 Makanan Yang Tidak Mengandung Karbohidrat Dan Gula dan Sehat Banget

2961

Mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat dan gula dengan konssisten dan disiplin dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit yang berhubungan dengan naiknya kadar gula dalam darah, Kerusakan pankreas, Tekanan darah tinggi hingga masalah obesitas.

Jenis makanan

Daftar makanan rendah kalori dalam tabel kesehatan yang juga disebut sebagai makanan rendah karbohidrat dan gula yang direkomendasikan para ahli gizi untuk dikonsumsi setiap hari adalah:

1. Jenis Daging

Pada dasarnya daging merupakan salah satu makanan yang tidak mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi jika daging tidak dimasak bersama kulit, Lemak/gajih.

Misalnya daging domba, Daging rusa, Daging Ayam, Daging unta, Daging sapi , Daging kalkun atau bebek, Dimana semua daging tersebut tinggi zat protein tetapi sangat rendah akan zat karbohidrat serta gula.

Daging ini layak untuk dikonsumsi setiap hari dengan olahan menggunakan minyak jagung atau zaitun saat menggoreng atau untuk lebih amannya bisa direbus atau ditumis untuk kemudian diolah menjadi sup, Gulai, Rendang dan lain lain dimana pemakaian bumbu yang berat, Misalnya santan, Gula pasir, Minyak, Bimbu penyedap rasa /Msg dan lain lain  bisa  dihindari atau diminimaliskan sesuai selera agar makanan tetap dalam kondisi yang baik dan sehat untuk tubuh.

2. Jenis makanan laut

Makanan berasal dari laut dapat pula dijadikan sebagai pilihan makanan yang tidak mengandung karbohidrat dan gula tinggi . Misalnya:  Kepiting rebus, Udang , Kerang, Tiram dan Cumi.

3. Jenis Ikan

Apapun jenis ikan pada dasarnya memiliki kandungan zat protein yang tinggi selain asam lemak omega 3. Ikan merupakabn salah satu makan paling sehat untuk anak, Dewasa dan orangtua karena kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan daya ingat otak terbaik.

Makan ikan setiap hari apakah sehat? ini penjelasannya! Didalam daging ikan tidak mengandung karbohidrat dan gula sehingga aman dan diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh segala umur bahkan untuk penderita diabetes sekalipun. Contohnya ikan salmon, Ikan sarden, ikan trout.

4. Jenis Sayuran

Sayuran adalah bahan makanan adalah makanan yang kaya zat mineral, Vitamin dan besar kandungan air didalamnya sehingga sangat rendah zat gula apalagi karbohidrat. Namun perlu dipahami bahwa ternyata tidak semua jenis sayuran tidak mengandung karbohidrat dan gula. Anda harus berhati hati jika menyukai jenis sayuran

Jenis sayuran yang bisa dijadikan sebagai makanan yang tidak mengandung karbohidrat dan gula tinggi adalah daun bayam, Selada, Kemangi, Daun mete, Lobak, Asparagus, Jenis jamur jamuran, kembang kol, brokoli, paprika merah atau hijau, kubis.

5. Jenis biji-bijian

Makanan yang tidak mengandung karbohidrat dan gula terbaik adalah jenis biji bijian misalnya kacang Kacang hijau, almond, walnut, kacang mente, kacang tanah dan biji bunga matahari.

6. Jenis produk olahan

Produk susu rendah karbohidrat yang dapat dijadikan salah dsatu pelengkap makanan yang tidak mengandung karbohidrat dan gula terbaik adalah jenis produk susu rendah kalori/lemak misalnya  keju asli , Jenis probiotik misalnya yogurt tawar (plain) dan krim asam.

7. Jenis buah buahan

Buah buahan merupakan makanan yang tidak mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi. Gula yang ada pada buah buahan pada dasarnya adalah adalah gula yang diproses secara alamiah oleh struktur dan serat serat alamiah tumbuhan sehingga aman untuk tubuh.

Jenis buah buahan yang direkomendasiukan para ahli gizi adalah timun, Belimbing wuluh, Asam kawak/jawa, Kiwi, Sirsak, Jeruk nipis , Jeruk bali,  atau jeruk  lemon, Apukat dan lain lain. Buah buahan lebih baik dimakan langsung arau bisa juga dibuat menjadi jus sehat tanpa penambahan gula buatan dan susu tinggi kalori/lemak.

Hindari menyantap  buah semangka, Apel, Durian, Mangga , Melon, Strawberry atau blackberry secara berlebihan karena buah buahan tersebut mengandung kalori dan gula yang cukup tinggi.

8. Keluarga padi padian

Daftar makanan rendah kalori dan mengeyangkandari keluarga padi padian misalnya Jagung, beras merah, Gandum utuh tanpa penambahan madu dan susu serta jenis sereal yang diolah bersama buah dan sayur serta menggunakan susu rendah lemak.

Kurangi konsumsi makanan jenis lain  yang dapat mengganggu kesehatan jaringan tubuh yaitu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan kadar gula yang cukup melonjak misalnya makanan permen, Es krim, Pudding, Kue kue kering atau basah.