Konsumsi 6 Makanan Penurun Kadar Bilirubin Berlebihan Dalam Tubuh !

622

Dalam tubuh setiap manusia tentunya memroduksi bilirubin, khususnya saat terjadi pemecahan protein hemoglobin dalam sel darah merah yang tua. Bilirubin ini sendiri dikenal sebagai pigmen kuning yang agak kecoklatan yang ada pada feses, darah dan empedu manusia. Pada beberapa kasus, kadar bilirubin dapat terlalu tinggi sehingga mampu menghambat hati untuk melakukan proses pada bilirubin.

Itulah kenapa kemudian terjadi peradangan maupun sumbatan pada organ hati dan sebagai efeknya pun, gejala seperti kulit dan bagian putih mata menguning terjadi. Salah satu penyakit yang berkaitan dengan bilirubin berkadar lebih dari normal adalah hepatitis. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan penurun kadar bilirubin seperti  berikut ini.

  1. Buah

Buah-buahan yang kaya serat tinggi adalah yang paling dibutuhkan ketika kadar bilirubin terlalu banyak di dalam tubuh. Kadar bilirubin yang meningkat dan juga penyakit liver atau hati dapat disebabkan oleh obesitas. Jadi, mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah akan dapat menjaga kesehatan hati sekaligus menormalkan kembali kadar bilirubin.

  1. Sayur

Selain buah-buahan, sayuran adalah sumber makanan kaya serat yang siap untuk mengatasi masalah obesitas di mana obesitas sendiri kerap menjadi peningkat risiko kadar bilirubin berlebih sekaligus memicu hati berlemak. Daripada mengasup makanan-makanan yang kaya garam, gula dan makanan yang mengandung lemak jenuh, sayuran bisa Anda konsumsi setiap hari demi kadar bilirubin kembali normal.

  1. Sereal

Makanan tinggi serat lainnya yang dapat Anda rutin konsumsi agar kadar bilirubin yang berlebihan dapat menurun adalah sereal. Sarapan sereal setiap hari atau menjadikannya sebagai camilan di kala lapar bisa membantu Anda menstabilkan berat badan karena ini termasuk makanan yang bisa dikonsumsi sebagai bagian dari tips diet sehat.

  1. Oatmeal

Sumber makanan yang biasanya baik untuk para penderita jenis-jenis penyakit jantung ini dapat juga Anda konsumsi sebagai penambah asupan serat yang dibutuhkan ketika kadar bilirubin dalam tubuh mengalami kenaikan. Baik orang dewasa maupun anak-anak yang berbilirubin tinggi bisa mencoba mengasup oatmeal agar bilirubin turun secara alami.

  1. Makanan Matang

Pastikan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang sudah pasti matang. Sebab selain makanan berlemak tinggi, bergaram tinggi dan bergula tinggi, makanan mentah maupun setengah matang mampu membahayakan kesehatan organ hati dan dapat berisiko memperburuk kondisi kadar bilirubin yang sudah terlalu berlebihan.

  1. Makanan Rebus, Kukus atau Panggang

Karena makanan yang digoreng termasuk di dalam pantangan para pemilik kadar bilirubin tinggi, Anda perlu mulai memilih makanan yang olahannya tidak dengan cara digoreng. Ya, makanan yang dipanggang, dikukus atau direbus jauh lebih baik bagi kesehatan dan mampu menurunkan bilirubin secara alami. Hanya saja, pastikan hasil kukusan, rebusan dan panggangan juga matang sempurna.

Penting untuk diketahui bahwa jumlah kadar bilirubin normal pada orang dewasa totalnya adalah 0,3 hingga 1,0 mg/dL. Kadar bilirubin total 0,3 hingga 1,9 mg/dL pun dianggap normal pada orang dewasa. Sementara itu, bayi dengan kadar bilirubin kurang dari 5,2 mg/dL justru dianggap normal, khususnya pada bayi baru lahir di 24 jam pertama setelah si kecil dilahirkan.

Banyak bahaya mengancam kesehatan tubuh bayi, anak-anak dan orang dewasa ketika kadar bilirubin tinggi, seperti halnya kondisi gangguan kesehatan ini:

Oleh karena itu, asupan makanan penurun kadar bilirubin di atas menjadi asupan penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda apabila Anda sadar dan telah mengetahui bahwa kadar bilirubin sedang di atas normal. Periksakan dan konsultasikan dengan dokter untuk segala detil akibat kelebihan bilirubin berikut cara mengatasi selain dengan asupan makanan tersebut.