3 Cara Makan Buah Alpukat Yang benar

Cara makan buah alpukat yang benar adalah mengkonsumsi alpukat tanpa ada yang terbuang dengan tahap tahap sesuai aturan yang berlaku.

Sebelum mengetahui cara makan buah alpukat yang benar  maka harus diawali dengan pemilihan buah yang tepat yaitu  matang dan tidak busuk atau tidak matang karena dikarbit (dipaksa matang), Agar didapat jus dengan citarasa yang lezat dan kondisi yang masih segar.

Kandungan pada alpukat

Mengandung beberapaa vitamin penting seperti:

Cara makan buah alpukat

Banyak  masyarakat umum yang belum memahami cara makan buah alpukat yang benar sehingga ketika jus alpukat telah siap dikonsumsi ternyata cita rasanya kurang memuaskan.

Tahap tahap cara makan buah alpukat yang benar ada 3 cara,  Tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu  dapat menikmati cita rasa alpukat hingga tetes yang terakhir tanpa ada rasa pahit atau menyebabkan mual diperut.

Cara pertama:

Cara makan buah alpukat yang benar bisa dengan cara dibuat menjadi jus harian yang gunanya untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

  1. Cucilah kedua tangan dan buah alpukat yang masih utuh dengan air bersih yang mengalir.
  2. Keringkan tangan lalu ambilah pisau tajam untuk memotong buah alpukat menjadi dua bagian.
  3. Pilihlah buah alpukat yang matang dengan ciri ciri warna kulit kehitaman dan ketika digoyangkan akan terasa jika biji yang ada didalamnya tidak menyatu dengan kulit.
  4. Buang biji alpukat secara hati hati dengan sendok  dan angkatlah daging alpukat perlahan lahan dengan sendok.
  5. atau bisa dengan memotong beberapa daging alpukat tanpa harus membuatnya lepas dari kulitnya.
  6. Lalu ambil dan angkatlah daging dengan sendok secara perlahan lahan.
  7. Senbaiknya ketika mencongkel daging alpukat dengan  sendok tidak sampai pada daging yang terdekat dengan kulit bagian dalam, Karena akan terasa pahit.
  8. Taburi alpukat dengan  sedikit garam lalu haluskan dengan menggunakan bahu sendok beberapa saat untuk kemudian masukan kedalam blender dan tambahkan susu bubuk secukupnya dan bukan susu kental manis agar manfaat lemak nabati dan protein dalam alpukat tidak berkurang. Susu bubuk hanya bisa 1 sendok makan saja  yang sebelumnya telah dicampurkan dengan setengah gelas air matang.  Alpukat siap untuk diblender dan dikonsumsi .
  9. Untuk meningaktkan cita rasa alpukat menjadi lebih segar dan nikmat bisa diberi beberapa tetes air lemon atau madu jika tidak menggunakan susu bubuk dimana zat antioksidannya mampu meningkatkan manfaat dari buah alpukat tersebut untuk kesehatan jantung, Kulit, Kolagen dan lain lain.

Cara kedua :

Buah alpukat bisa dijadikan sebagai makanan yang menyerupai bubur dengan penambahan sedikit bahan alami lain guna meningkatkan cita rasanya. Cara makan buah alpukat yang benar dengan cara ini terbilang yang paling sederhana.

  1. Tahukah anda daging alpukat yang sebelumnya telah dipotong menjadi dua bagian untuk kemudian diambil dagingnya dengan menggunakan sendok, Maka untuk mengkonsumsinya tidak harus di jus.
  2. Letakkan daging alpukat didalam mangkok atau gelas yang nantinya bisa ditaburi dengan madu murni secukupnya
  3. kemudian dilumatkan dengan menggunakan punggung sendok tanpa atau boleh dengan tambahan susu bubuk (bukan susu kental manis) atau tanpa susu Sesuai selera anda.
  4. Alpukat yang telah dilumatkan dan diaduk bersama madu dan susu cbubuk atau madu siap dimakan . Makanan sehat ini bisa diberika pada balita tetapi dengan porsi yang sedang.
  5. Untuk orang dewasa alpukat tersebut bisa diletakkan terlebih dahulu didalam lemari es sekitar  10 hingga 15 menit saja untuk kemudian dimakan. Dalam keadaan dingin alpukat akan terasa lebih nikmat dan cepat mengenyangkan.

Cara ketiga :

Salah satu cara makan buah alpukat yang benar dan banyak disukai kalangan adalah dijadikan es campur atau sop buah, Dimana rasanya  sangat lezat dan mengenyangkan.


  1. Buah alpukat tua yang telah dipotong menjadi dua bagian dan dibuang bijinya,
  2. Dapat dikerok dengan sendok sampai didapat bentuk daging alpukat yang bulat menggelembung menyerupai bentuk sendok.
  3. Pengangkatan daging alpukat bisa juga dengan menggunakan sendok khusus dengan bentuk yang berbeda agar daging alpukat bisa diubah bentuknya sesuai selera anda.
  4. Letakkan didalam mangkok lalu letakkan potongan es batu berbentuk dadu atau yang berbentuk kecil kecil  atau es batu yang diserut dengan alat khusus.
  5. Kemudian disiram dengan air  matang secukupnya yang sebelunya telah diaduk bersama sedikit santan kental dan tambahan madu sedikit atau gula merah yang telah dihaluskan dan diambil sarinya.
  6. Disarankan untuk tidak menggunakan gula pasir atau tambahan susu kental manis apapun alasannya karena susu dan gula dapat merusak manfaat dari nutrisi yang ada didalam buah tersebut. Gula merah atau madu cocok  sebagai penambah cita rasa untuk mencegah terjadinya peningkatan gula darah pada penderita gejala diabetes.
  7. Tambahkan rumput laut warna putih arau warna lain sesuai selera dimana bahan tersebut sudah siap jadi dan mudah diperoleh diberbagai pasar tradisional atau supermarket terdekat sebagai pelengkap tampilan
  8. Jangan lupa untuk menambahkan buah lain misalnya beberapa potongan buah nangka, Pepaya yang dipotong kecil kecil atau strawberry untuk meningkatkan cita rasanya menjadi lebih bernutrisi, lezat dan segar.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Buah Sehat