Home Featured Ini Lho 4 Manfaat Minum Madu Setelah Olahraga Wajib Diketahui

Ini Lho 4 Manfaat Minum Madu Setelah Olahraga Wajib Diketahui

by Erlita

Siklus hipoglikemia atau kondisi di mana kadar gula dalam darah tubuh kita di bawah normal menjadi satu hal yang kerap dialami oleh banyak orang, khususnya ini adalah kondisi karbohidrat pasca olahraga yang sangat umum. Karena efek hipoglikemia terjadi, banyak orang kemudian menjadi berlebihan dalam mengonsumsi gula atau makanan/minuman manis setelah olahraga.

Padahal sebenarnya, ada lho sumber makanan maupun minuman yang bisa membuat tubuh tetap bugar dan menghilangkan efek hipoglikemia secara aman, yaitu madu. Bagi para pecinta madu, boleh mengintip apa saja manfaat minum madu setelah olahraga berikut ini.

1. Memulihkan Tubuh Lebih Baik

Kebanyakan orang suka dengan secangkir susu coklat hangat untuk memulihkan diri pasca latihan fisik. Padahal setelah olahraga menurut sebuah studi pada tahun 2015 yang dipublikasikan dalam Asian Journal of Sports Medicine, minum madu malah jauh lebih efektif dalam memulihkan fisik pasca olahraga lho.

Madu adalah minuman pasca olahraga yang bisa dikonsumsi setelah olahraga, khususnya olahraga di kala cuaca panas agar pemulihan tubuh lebih maksimal namun tetap alami. Menurut studi tersebut, minuman madu dan akasia adalah yang terefektif, namun minum madu saja sebenarnya juga sudah berpengaruh baik kok pada tubuh.

2. Menghindari Lonjakan Gula Darah

Siklus hipoglikemia kebanyakan diatasi dengan mengonsumsi karbohidrat sederhana yang padahal walau bisa mengisi bahan bakar, penyerapan dan pencernaannya terlalu cepat sehingga hasilnya malah membuat gula darah melonjak. Usai lonjakan gula darah, kadarnya bisa menurun cepat juga yang justru berisiko membahayakan tubuh nantinya.

Nah, madu adalah pilihan yang baik untuk dikonsumsi setelah olahraga agar mencegah hipoglikemia dan membuat kadar glukosa darah bertahan tetap normal. Madu adalah solusi bagi yang ingin secara lebih efektif mempertahankan gula dalam darah daripada maltodekstrin dan sukrosa.

3. Menyebabkan Kenaikan Gula Darah Lebih Lama

Melansir dari LiveStrong, madu disebut menjadi makanan atau minuman yang paling baik dalam proses pemulihan karbohidrat dalam tubuh karena kadar indeks glikemiknya yang rendah. Dari 0-100 di mana angka yang tinggi merujuk pada kadar gula darah yang melonjak, madu ada pada angka 43. Jika karbohidrat sederhana bisa membuat kenaikan glukosa darah super cepat dan turun juga super cepat, maka madu bisa memicu kenaikan kadar gula darah lebih lama dan membuatnya stabil.

4. Mengisi Glukosa Darah

Pasca olahraga, dianjurkan mengonsumsi madu karena memang mengonsumsi karbohidrat setiap sehabis latihan fisik itu sangat baik untuk proses pemulihan. Ini karena kadar gula darah kita selama berolahraga akan mengalami penurunan disebabkan oleh otot yang memakai persediaan glukosa yang ada untuk diubah menjadi tenaga. Madu adalah bahan alami yang aman dikonsumsi agar glukosa darah terisi kembali.

Tak hanya segudang manfaat minum madu setelah olahraga saja yang bisa didapat, karena meminum madu sebelum olahraga pun sangat baik. Jadi bagi yang suka berolahraga dan suka mengonsumsi madu, konsumsilah pasca latihan secara rutin, bahkan boleh setiap sebelum latihan.

You may also like